12 Bahaya Mengkonsumsi Es Bagi Kesehatan Tubuh

Di siang hari cuaca terasa begitu panas menikmati segelas es atau minuman dingin memang terasa begitu nikmat. Tubuh terasa menjadi lebih segar dan menghilangkan rasa haus dan panas.

Sebagian besar orang menyukai minuman dingin atau es dengan berbagai macam olahan. Bahkan ada orang yang enggan minum jika bukan minuman dingin atau tanpa es.

Tahukah Anda jika mengkonsumsi minuman dingin atau es memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh Anda? Lalu apa saja bahaya yang ditimbulkan akibat mengkonsumsi es atau minuman dingin?Bahaya Mengkonsumsi Es Bagi Kesehatan Tubuh

Efek Buruk Mengkonsumsi Es Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut ini bahaya mengkonsumsi es atau minuman dingin bagi kesehatan tubuh.

  1. Mempersempit usus

Saat mengkonsumsi makanan baik itu yang mengandung minyak tinggi maupun tidak biasanya minuman dingin atau es menjadi pendamping makanan tersebut. Tapi tahukah Anda jika mengkonsumsi minuman dingin atau es saat setelah makan terlebih makanan tersebut mengandung minyak yang cukup tinggi dapat berdampak buruk bagi kesehatan pencernaan Anda?

Suhu dingin pada es menyebabkan kandungan minyak pada makanan yang dikonsumsi yang masuk ke dalam usus mengalami pembekuan. Hal tersebut akan berdampak pada penyempitan usus akibat penumpukan lemak di saluran usus. Sehingga proses pencernaan seperti penyerapan makanan yang terjadi di dalam usus akan terganggu.

  1. Membuat perut buncit

Selain dapat menyebabkan penyempitan pada usus, mengkonsumsi minuman dingin atau es menyebabkan pembekuan dan penumpukan lemak dalam tubuh. Penumpukan lemak pada saluran usus akan menyebabkan perut menjadi buncit. Untuk itu hindari mengkonsumsi minuman dingin atau es saat setelah makan atau kurangi konsumsi es.

  1. Mengakibatkan pusing

Bahaya mengkonsumsi es atau minuman dingin berikutnya yaitu dapat menyebabkan kepala menjadi pusing. Saat Anda mengalami pusing atau sakit kepala bukan berarti Anda kekurangan darah. Pusing yang terjadi bisa saja diakibatkan karena mengkonsumsi es atau minuman dingin. Mengkonsumsi es dapat menyebabkan suhu tubuh mengalami perubahan secara signifikan.  Perubahan suhu yang terjadi dalam waktu cepat dapat menyebabkan zat penting seperti oksigen dan zat lainnya pada organ tubuh berkurang. Kurangnya oksigen pada organ tubuh menyebabkan pusing atau sakit kepala karena oksigen yang ada pada tubuh hanya sedikit yang sampai ke otak.

  1. Menyebabkan rasa haus berlebih

Saat cuaca panas, tubuh akan mengeluarkan keringat lebih banyak. Keringat yang keluar terlalu banyak dapat menyebabkan tubuh membutuhkan cairan dan tenggorokan pun akan terasa kering dan haus. Saat haus banyak orang yang memilih untuk mengkonsumsi es atau minuman dingin untuk menghilangkan rasa haus nya tersebut. Namun tahukan Anda, mengkonsumsi es atau minuman dingin hanya akan memperparah dan menambah rasa haus Anda. Tubuh lebih cepat kehilangan cairan akibat suhu dingin dari es atau minuman dingin tersebut. Hilangnya cairan pada tubuh akan menyebabkan dehidrasi dan membuat Anda justru lebih haus.

BACA JUGA  31 Bahaya Megkonsumsi Coklat Secara Berlebihan Bagi Kesehatan Tubuh
  1. Kehilangan nutrisi tubuh

Bahaya mengkonsumsi es berikutnya yaitu dapat menyebabkan tubuh kehilangan nutrisi. Suhu dingin dari es atau minuman dingin membuat suhu tubuh mengalami ketidakstabilan. Untuk mengatur serta menormalkan kembali suhu tubuh, tubuh  memerlukan energi. Kurangnya energi tubuh akibat proses normalisasi suhu tubuh dapat menyebabkan tubuh tidak menyerap nutrisi secara maksimal pada proses pencernaan sehingga tubuh akan mengalami kehilangan nutrisi.

  1. Detak jantung jadi pelan

Bahaya mengkonsumsi es berikutnya yaitu dapat menyebabkan masalah pada kesehatan jantung Anda. Detak jantung akan mengalami penurunan sehingga detak jantung menjadi pelan dibandingkan dengan biasanya. Hal ini terjadi karena terjadi gangguan pada saraf vagus akibat mengkonsumsi es atau minuman dingin. Dimana saraf vagus sendiri memiliki fungsi mengontrol aktifitas tak sadar tubuh seperti detak jantung.

  1. Memicu radang tenggorokan

Tidak hanya akan mengganggu suhu tubuh dan sistem pencernaan, mengkonsumsi es atau minuman dingin akan berdampak pada kesehatan organ lainnya seperti tenggorokan. Suhu dingin yang diakibatkan dari es atau minuman dingin dapat memicu keluarnya lendir pada bagian kerongkongan dan menyebabkan masalah tenggorokan seperti radang tenggorokan.

  1. Tubuh Menjadi Tidak Nyaman

Dalam proses pencernaan, tubuh membutuhkan suhu panas untuk melancarkan proses pencernaan dalam tubuh. Suhu dingin dari es yang masuk ke dalam tubuh dapat menghambat sistem pencernaan bahkan dapat menimbulkan rasa tidak nyaman di dalam tubuh.

  1. Menyebabkan Perut Kembung

Mengkonsumsi air dingin atau es dapat menyebabkan kerja organ pada perut menjadi tidak stabil bahkan berubah. Perubahan sistem kerja organ pada perut akan berdampak bahaya pada kesehatan seperti otot perut menjadi tegang dan keram, terjadi pengerutan dibagian lambung akibat kontraksi selaput lendir bahkan menyebabkan tubuh memproduksi gas yang dapat menyebabkan perut kembung.

  1. Hindari Minum Dingin Setelah Olahraga

Perubahan suhu tubuh secara tiba-tiba setelah berolahraga dari suhu yang panas menjadi tiba-tiba dingin secara mendadak karena meminum minuman dingin, dapat menyebabkan gangguan pada sistem metabolisme tubuh.

  1. Pembekuan Pada Otak

Pendinginan secara mendadak akan menganggu fungsi fisiologis pada tubuh. Serta tidak jarang untuk orang yang sedang mempunyai suhu tubuh tinggi, pusing mendadak setelah minum minuman dingin atau es.

  1. Membuat gigi menjadi ngilu

Bagi anda yang mempunyai gigi sensitive tentunya akan merasa ngilu ketika mengkonsumsi es secara langsung. Untuk mengatasi hal ini anda disarankan untuk menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif.

BACA JUGA  19 Akibat Buruk Mengkonsumsi Minuman Bersoda Bagi Kesehatan Tubuh

Semoga Bermanfaat !!!

 

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *