22 Bahaya Mengkonsumsi Makanan Cepat Saji Bagi Kesehatan

Makanan cepat saji atau biasa disebut  fast food merupakan salah satu jenis makanan yang banyak digemari banyak orang baik dewasa maupun anak-anak. Rasanya yang lezat serta praktis tanpa harus menunggu lama menjadi salah satu faktor yang membuat makanan ini banyak digemari banyak kalangan. Bahaya Mengkonsumsi Makanan Cepat Saji

Seperti nama nya makanan cepat saji ini tentunya lebih praktis untuk dikonsumsi dibandingkan dengan makanan lainnya. Meskipun lebih praktis, makanan cepat saji atau fast food memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Apa saja bahaya yang ditimbulkan akibat mengkonsumsi makanan cepat saji? Berikut ini beberapa bahaya mengkonsumsi makanan cepat saji bagi kesehatan tubuh :

Dampak Buruk Mengkomsumsi Makanan Cepat Saji

  1. Menyebabkan obesitas

Salah satu bahaya yang diakibatkan dari mengkonsumsi makanan cepat saji atau fast food yaitu obesitas. Obesitas merupakan penyakit yang terjadi akibat tubuh terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak atau kalori yang begitu tinggi. Salah satu makanan yang dapat menyebabkan obesitas yaitu makanan cepat saji. Di dalam makanan cepat saji mengandung sodium atau garam yang berlebih, pengawet serta minyak dimana beberapa kandungan ini akan menjadi lemak jenuh yang susah untuk diuraikan oleh tubuh.

  1. Menyebabkan Kerusakan Hati

Bahaya mengkonsumsi makanan cepat saji berikutnya yaitu dapat menyebabkan kerusakan hati. Makanan cepat saji atau fast food selain praktis dan cepat juga memiliki ketahanan lebih lama atau awet. Dibalik proses cepat saji serta keawetan makanan fast food ini terdapat kandungan pengawet serta minyak trans  yang membuat makanan ini tidak mudah rusak dan lebih tahan lama. Zat-zat berbahaya tersebut tentunya berpengaruh buruk terhadap  kesehatan tubuh. Untuk menyerap zat-zat berbahaya ini organ tubuh kita yaitu hati akan bekerja lebih keras, oleh sebab itu mengkonsumsi makanan cepat saji dapat menyebabkan kerusakan hati.

  1. Menyebabkan Penyakit Kardiovaskular

Selain dapat menyebabkan obesitas, kandungan sodium serta kolesterol yang tinggi pada makanan cepat saji seperti Burger, Kentang Goreng, Ayam Goreng serta minuman bersoda dapat memicu berbagai penyakit lainnya salah satu nya yaitu dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular yakni suatu penyakit yang menyangkut jantung dan pembuluh darah.

BACA JUGA  34 Bahaya Mengkonsumsi Kopi Bagi Kesehatan Tubuh

Tekanan darah yang meningkat akibat kandungan sodium yang begitu tinggi pada makanan cepat saji merupakan salah satu penyebab serta gejala penyakit kardiovasular. Kerja jantung akan melemah bahkan jika terus-terusan berlanjut dapat menyebabkan kematian.

  1. Menjadi Penyebab Utama Diabetes Tipe 2

Obesitas merupakan salah satu penyakit yang dapat memicu berbagai penyakit lainnya, salah satunya yaitu diabetes tipe 2. Kandungan sodium atau garam pada makanan cepat saji serta gula yang tinggi pada minuman bersoda yang dijadikan sebagai pendamping makanan cepat saji dapat menyebabkan obesitas pada tubuh. Apabila makanan cepat saji ini dikonsumsi secara berlebihan dan setiap hari, selain dapat menyebabkan obesitas dapat menyebabkan penyakit diabetes. Bagi penderita diabetes usahakan untuk menghindari makanan cepat saji. Karena meskipun dapat menghemat waktu dan praktis, makanan cepat saji tidak baik bagi kesehatan tubuh.

  1. Menyebabkan Radang pada Dinding Lambung

Pizza merupakan salah satu jenis makanan cepat saji yang memiliki rasa yang nikmat serta aneka toping yang bisa kita pilih sesuka kita. Tapi tahukah Anda jika makanan cepat saji seperti pizza  bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan lambung Anda? Kandungan zat berbahaya pada makanan cepat saji dapat mengakibatkan timbulnya peradangan pada lambung Anda yang akan menimbulkan rasa sakit dan perih pada bagian lambung.

  1. Menyebabkan Hilangnya Nafsu Makan

Makanan cepat saji merupakan salah satu makanan yang harus dihindari untuk anak-anak. Kandungan sodium atau garam pada makanan cepat saji yang menimbulkan rasa gurih membuat anak-anak menyukai nya, namun rasa gurih serta asin pada makanan cepat saji dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan. Anak-anak jadi lebih suka mengkonsumsi makanan cepat saji dibandingkan mengkonsumsi nasi atau makanan sehat.

  1. Menyebabkan Tubuh Kekurangan Nutrisi

Makanan cepat saji meskipun memiliki rasa yang nikmat namun tidak mengandung nutrisi apapun yang baik untuk kesehatan tubuh sedangkan salah satu fungsi makanan bagi tubuh yaitu untuk mencukupi kebutuhan nutrisi serta gizi yang kemudian diolah sebagai energi maupun untuk kesehatan tubuh.

BACA JUGA  11 Bahaya Mengkonsumsi Santan Bagi Kesehatan Tubuh

Jika tubuh kekurangan nutrisi dan gizi, organ tubuh akan mengalami gangguan yang berdampak pada memburuknya kondisi kesehatan tubuh. Khususnya bagi ibu hamil serta anak-anak, nutrisi dan gizi menjadi asupan penting untuk perkembangan tubuh serta kesehatan tubuh.

Untuk itu sebisa  mungkin hindari makanan cepat saji atau fast food, konsumsi makanan sehat agar nutrisi serta gizi yang dibutuhkan tubuh tercukupi.

  1. Menjadi Penyebab Stress

Stress tidak hanya terjadi akibat masalah yang rumit yang tidak bisa dipecahkan. Timbulnya stress juga ternyata dipicu dari apa yang kita konsumsi. Makanan yang mengandung lemak tinggi menjadi salah satu penyebab atau memicu timbulnya stress. Makanan cepat saji merupakan salah satu makanan yang mengandung banyak lemak serta kolesterol sehingga makanan cepat saji atau fast food apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan stress.

  1. Dapat membuat kecanduan

Pasti diantara kita banyak yang merasa pengen dan ingi makan terus dengan makanan cepat saji, karena pada makanan ini banyak terkandung gula dan pemanis buatan yang dapat menganggu selera makan kita.

  1. Membuat Sistem Pencernaan Tidak Normal

  2. Menyebabkan Hipertensi

  3. Pemicu Rada Sendi

  4. Karsinogenik

  5. Mengganggu Sistem Respirasi

  6. Penyebab Kerusakan Sistem Syaraf Pusat

  7. Penyeban Timbulnya Jerawat

  8. Merusak Lapisan Email Gigi

  9. Penyebab Pengeroposan Tulang

  10. Tidak Dapat Mengendalikan Perasaan Haus

  11. Sindrom Metabolism

Sidrom ini disebabkan karena tingginya lemak trans pada makanan cepat saji yang menumpuk pada tubuh.

  1. Mempercepat Tumbuh Ubab

  2. Membuat rambut rontok

Bagaimana menurut anda tentang artikel tentang efek dari makanan cepat saji yang dapat membahayan kesehatan tubuh anda. Karena pada dasarnya makanan sehat itu kita yang menentukan sendiri dan dimasak dengan sepenuh hati.

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *