11 Bahaya Mengkonsumsi Makanan Pedas Bagi Kesehatan Tubuh

 Bahaya Mengkonsumsi Makanan Pedas – Makanan pedas merupakan salah satu makanan yang paling banyak digemari oleh kebanyakan orang termasuk masyarakat Indonesia. Makan tanpa sambal atau tidak memiliki rasa pedas kurang lengkap rasanya.

Itu sebabnya banyak rumah makan yang menyuguhkan makanan dengan rasa yang begitu pedas. Bahkan banyak makanan yang dibuat dan diolah dengan rasa pedas yang begitu tinggi membuat orang yang mengkonsumsinya sampai mengeluarkan air mata saking pedasnya.

Tidak hanya makanan berat, beberapa cemilan pun banyak yang menggunakan rasa pedas bahkan terdapat level tertentu untuk menentukan tingkat kepedasan makanan atau cemilan tersebut.Bahaya Mengkonsumsi Makanan Pedas Bagi Kesehatan Tubuh

Namun tahukah Anda? Meskipun memberikan rasa yang lebih nikmat dan sensasi yang lebih seru saat makan, mengkonsumsi makanan pedas ternyata dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan.

 Bahaya Mengkonsumsi Makanan Pedas Berlebihan :

Lalu apa saja bahaya mengkonsumsi makanan pedas bagi kesehatan tubuh? Berikut ini beberapa bahaya mengkonsumsi makanan pedas bagi kesehatan tubuh.

  1. Sakit Perut

Salah satu bahaya mengkonsumsi makanan pedas bagi kesehatan tubuh yang pertama yaitu dapat menyebabkan sakit perut. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas biasanya dapat mengakibatkan perut menjadi  mules bahkan melilit.

  1. Maag Akut

Saat mengkonsumsi makanan pedas dalam jumlah yang banyak, biasanya dapat menyebabkan sistem pencernaan bermasalah. Selain dapat menyebabkan sakit perut, terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas dapat menyebabkan penyakit maag akut atau gastristis. Kesehatan organ pencernaan seperti lambung menjadi bermasalah dan menyebabkan perut terasa sakit dan kembung, bahkan menimbulkan rasa mual, muntah dan diare.

  1. Naiknya Asam Lambung

Mengkonsumsi makanan pedas terlalu sering bahkan dalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan lambung menjadi terluka dan iritasi akibat asam lambung yang meningkat. Tidak heran jika saat mengkonsumsi makanan pedas tiba-tiba perut terasa sakit dan perih luar biasa bahkan sampai mengeluarkan air liur dan rasa mual ingin muntah.

  1. Insomnia

Tahukah Anda ternyata mengkonsumsi makanan pedas terlalu sering atau dalam jumlah yang banyak tidak hanya berakibat buruk pada kesehatan organ pencernaan Anda. mengkonsumsi makanan pedas terutama di malam hari dapat menyebabkan dan memicu insomnia. Dimana Anda akan mengalami susah tidur akibat mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas.

BACA JUGA  21 Bahaya Mengkonsumsi Mie Instan Bagi Kesehatan Tubuh
  1. Diare

Selain dapat menyebabkan iritasi ataupun infeksi pada lambung, mengkonsumsi makanan pedas ternayata dapat merusak organ pencernaan lainnya yaitu usus. Usus akan mengalami iritasi karena zat capsium yang terdapat pada makanan pedas sehingga kinerja usus pun terganggu saat proses pencernaan yang berakibat pada masalah buang air besar, perut akan mengalami mulas-mulas dan diare.

  1. Perut Terasa Panas dan Melilit

Bahaya berikutnya yang diakibatkan karena terlalu banyak atau terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas yaitu dapat menyebabkan perut terasa panas dan melilit. Perut mules dan melilit terjadi karena terjadi masalah pada lambung dan usus akibat mengkonsumsi makanan pedas terlalu banyak dan sering. Zat capsium yang terkandung pada cabai menjadi penyebab masalah usus dan lambung yang dimana salah satu gejala nya dapat menyebabkan perut menjadi panas dan melilit.

  1. Radang Tenggorokan

Selain dapat menyebabkan rusaknya organ pencernaan seperti iritasi pada usus serta infeksi pada lambung, zat capsium yang terkandung pada cabai yang terdapat pada makanan pedas apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan radang tenggorokan. Zat capsium pada cabai meyebabkan kerongkongan menjadi iritasi sehingga dapat memicu penyakit radang tenggorokan.

  1. Badan Kurus

Bagi Anda yang sedang menjalankan program untuk menaikkan berat badan lebih baik hindari mengkonsumsi makanan pedas. Makanan pedas selain dapat menyebabkan sakit perut dan radang tenggorokan juga dapat menyebabkan berat badan menjadi turun sehingga tubuh Anda akan menjadi kurus.

  1. Sakit Kepala

Telah disebutkan diatas bahwa mengkonsumsi makanan pedas dalam jumlah yang banyak dan waktu yang sering dapat menyebabkan maag akut atau penyakit gastritis. Selain dapat menyebabkan gejala sakit dan perih pada perut, penyakit ini juga dapat menyebabkan sakit pada kepala.

  1. Bahaya untuk Ibu Hamil

Saat masa kehamilan, kadang kala ibu hamil ngidam ingin mengkonsumsi rujak atau makanan yang cenderung masam atau pun pedas. Meskipun begitu, bukan berarti ibu hamil harus mengkonsumsi makanan yang ia idamkan terlebih makanan pedas. Saat masa kehamilan, ibu hamil diharuskan untuk menjaga pola makan agar nutrisi dan gizi bagi dirinya maupun si bayi terpenuhi. Sehingga apabila mengkonsumsi makanan pedas disaat hamil dapat menimbulkan resiko yang tidak baik bagi kesehatan tubuh si ibu maupun bayi dalam kandungannya. Mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas pada masa kehamilan dapat menyebabkan kontraksi lebih dini.

  1. Dan Lain-Lain

Tentu saja masih banyak lagi bahaya yang ditumbulkan dari mengkosumbi cabe, apalagi mengkonsumsinya secara berlebihan pasti tidak akan baik untuk tubuh.

BACA JUGA  12 Bahaya Mengkonsumsi Es Bagi Kesehatan Tubuh
apkh mkn cabe brlebihn brakbat tdk baik bg tbuh trutama lmbung,bahaya makan pedas selain diare,kebanyakn makan pedas baik untuk kesehatan,kedutan sebentar ujung mata kiri atas dan bawah
Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *