11 Bahaya Mengkonsumsi Santan Bagi Kesehatan Tubuh

Bahaya Mengkonsumsi Santan – Santan merupakan bahan tambahan yang biasa digunakan untuk membuat makanan seperti opor, kolak, minuman seperti es buah dan masih banyak lagi jenis makanan lain yang menggunakan santan sebagai bahan tambahannya.

Santan merupakan sari pati dari buah kelapa yang diparut ditambahkan air lalu diperas. Air hasil perasan buah kelapa tersebut lah yang disebut santan.

Santan selain membuat makanan terasa lebih nikmat dan gurih juga mengandung beberapa gizi yang baik untuk tubuh. Meskipun begitu makanan yang mengandung santan ternyata memberikan dampak buruk bagi kesehatan apabila dikonsumsi terus menerus dalam jumlah yang banyak.Bahaya Mengkonsumsi Santan Bagi Kesehatan Tubuh

Bahkan sebagian orang tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi santan karena dapat memberikan efek buruk bahkan memperparah kesehatan tubuh orang tersebut.

Lalu apa saja bahaya yang ditimbulkan akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung santan? Berikut ini beberapa bahaya mengkonsumsi santan bagi kesehatan tubuh.

  1. Gangguan jantung

Bahaya yang ditimbulkan dari mengkonsumsi santan yang pertama yaitu dapat menyebabkan gangguan jantung. Hal ini terjadi karena santan dapat berubah menjadi lemak jahat. Proses pemanasan yang terus menerus pada santan membuat tekstur santan yang awalnya cair menjadi lebih kental dan padat. Pemadatan pada santan mengakibatkan jumlah lemak pada santan meningkat dan menjadi lemak jenuh atau lemak jahat yang berdampak buruk bagi kesehatan. Semakin banyak mengkonsumsi santan tersebut tentunya akan terjadi penumpukan lemak pada tubuh. Penumpukan lemak jahat pada tubuh akan mengakibatkan terjadinya masalah atau gangguan pada jantung.

  1. Keropos tulang

Selain dapat menyebabkan timbulnya gangguan pada kesehatan jantung, mengkonsumsi santan dengan jumlah yang banyak dengan skala waktu yang sering dapat menyebabkan gangguan kesehatan tubuh lainnya khususnya tulang. Kandungan kolesterol yang begitu tinggi pada santan dapat menyebabkan kesehatan tulang terganggu. Hal ini terjadi karena kolesterol yang masuk ke dalam tubuh akibat mengkonsumsi santan terlalu banyak dapat menghambat kepadatan tulang sehingga tulang akan mudah keropos karena lapisannya yang tidak padat dan terlalu rapuh.

  1. Asam lambung naik

Bagi Anda yang memiliki masalah lambung seperti penderita penyakit maag, alangkah lebih baik untuk berhati hati dan menghindari untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung santan. Mengkonsumsii santan atau makanan yang mengandung santan dapat memicu peningkatan asam lambung sehingga perut akan terasa sakit dan perih. Bagi Anda yang tidak memiliki gangguan kesehatan pada lambung alangkah lebih baik untuk menghindari dan tidak mengkonsumsi makanan bersantan saat keadaan perut masih kosong. Jika tidak akan memicu penyakit maag sehingga Anda akan mengalami masalah pada lambung.

BACA JUGA  21 Bahaya Mengkonsumsi Mie Instan Bagi Kesehatan Tubuh
  1. Radang Tenggorokan

Selain dapat menyebabkan asam lambung meningkat, bahaya berikutnya yang ditimbulkan akibat mengkonsumsi santan yaitu dapat menyebabkan radang tenggorokan. Santan yang terbuat dari buah kelapa dapat menyebabkan gatal pada tenggorokan apabila mengkonsumsi nya terlalu banyak. Gatal pada tenggorokan akan menyebabkan batuk batuk bahkan radang pada tenggorokan.

  1. Diare

Mengkonsumsi santan terlalu banyak dapat menyebabkan asam lambung meningkat. Selain asam lambung meningkat, jumlah gas pada organ tubuh akan meningkat. Selain dapat menyebabkan maag kambuh dan semakin parah, kambuhnya maag akan berujung pada diare atau mencret-mencret juga perut menjadi nyeri dan begah.

  1. Stroke

Gangguan pada jantung merupakan salah satu masalah kesehatan yang akan menyebabkan penyakit lainnya yaitu stroke. Kandungan kolesterol serta lemak jahat yang begitu tinggi pada santan dapat menyebabkan gangguan jantung bahkan berujung pada stroke. Hal ini terjadi karena terdapat penumpukan kolesterol dan lemak jahat akibat mengkonsumsi santan terlalu banyak sehingga menyumbat aliran darah yang menjadi pemicu penyakit stroke.

  1. Hipertensi

Bahaya mengkonsumsi santan berikutnya yaitu dapat menyebabkan hipertensi. Hal ini terjadi karena kandungan zat pada santan dapat menyebabkan meningkatnya zat trigliserida dimana zat ini dapat menjadi penyebab terjadinya penyakit hipertensi atau penyakit darah tinggi.

  1. Munculnya jerawat

Makanan apapun yang mengandung lemak jahat dapat menyebabkan tubuh mengeluarkan kadar minyak yang berlebih. Begitu pun dengan mengkonsumsi santan. Terlalu banyak mengkonsumsi santan dapat menyebabkan penumpukan lemak pada tubuh. Penumpukan tersebut menyebabkan meningkatnya produksi minya pada tubuh sehingga dapat memicu timbulnya jerawat pada tubuh .

  1. Obesitas

Kolesterol serta lemak jahat merupakan salah satu penyebab utama timbulnya penyakit obesitas. Ditambah lagi dengan malasnya berolahraga membuat timbunan lemak dan kolesterol pada tubuh semakin meningkat. Santan merupakan salah satu makanan yang mengandung kolesterol serta lemak jahat yang tinggi. Apabila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan bertambahnya berat badan dan memicu timbulnya penyakit obesitas.

  1. Kerusakan organ empedu

Hati merupakan organ tubuh yang memiliki fungsi untuk menyerap racun yang masuk dalam tubuh. Sedangkan empedu memiliki fungsi menyerap lemak yang masuk ke dalam tubuh dan menstabilkan nya. Mengkonsumsi makanan bersantan dalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan empedu bekerja terlalu keras bahkan dapat menyebabkan kerusakan pada empedu.

  1. Dapat Menimbulkan Alergi

Untuk anda yang mempunyai anak kecil sebaiknya batasi untuk mengkonsumsi santan secara belebihan karena sebagian anak dapat mengalami reaksi berupa alergi yang dapat menimbulkan batuk dan gatal pada tenggorokan.

BACA JUGA  22 Bahaya Mengkonsumsi Makanan Cepat Saji Bagi Kesehatan

Nah, bagaimana menurut Anda tentang artikel efek bahaya mengkosumsi santan bagi kesehatan secara berlebihan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk pembaca sekalian untuk hidup sehat dan tidak berlebihan dalam mengkonsumsi sesuatu terutama santan.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *