11 Bahaya Mengkonsumsi Telur Terlalu Banyak Bagi Kesehatan Tubuh

Bahaya Mengkonsumsi Telur Terlalu Banyak – Telur merupakan salah satu bahan makanan yang biasa dimasak sebagai lauk maupun sebagai bahan tambahan dalam pembuatan makanan lainnya seperti kue dan lain-lain.

kuning telur menjadi salah satu faktor yang membuat telur menjadi makanan yang bergizi untuk dikonsumsi karena memiliki kandungan protein yang begitu tinggi.

Meskipun begitu, mengkonsumsi telur secara berlebihan ternyata memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan tubuh. Bahkan cara mengolah yang salah pun akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan.Bahaya Mengkonsumsi Telur Terlalu Banyak Bagi Kesehatan Tubuh

Lalu apa saja bahaya yang dapat ditimbulkan akibat terlalu banyak mengkonsumsi telur? Berikut ini beberapa bahaya mengkonsumsi telur terlalu banyak bagi kesehatan tubuh.

  1. Kolesterol

Salah satu bagian telur yang banyak digemari orang yaitu kuning telur. Selain memiliki rasa yang lezat, kuning telur mengandung protein yang cukup tinggi. Akan tetapi tahukah Anda, mengkonsumsi kuning telur terlalu banyak memberikan efek buruk bagi kesehatan. Mengkonsumsi kuning telur terlalu banyak dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Kolesterol yang terlalu banyak dalam tubuh dapat menyebabkan stroke. Bagi orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi diharapkan untuk tidak mengkonsumsi kuning telur secara berlebihan.

  1. Tumbuh Bisul

Salah satu hal yang banyak terjadi akibat mengkonsumsi telur terlalu banyak yaitu tumbuh bisul dibagian muka maupun tubuh lainnya. Kandungan lemak yang terlalu tinggi pada telur dapat menyebabkan tubuh kelebihan minyak dan membuatnya tidak stabil. Ketidakstabilan jumlah minyak pada lapisan kulit terdalam dapat menjadi pemicu timbulnya bisul.

  1. Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang disebabkan oleh pembuluh darah pada arteri meningkat. Banyak hal yang dapat menyebabkan penyakit tekanan darah tinggi ini salah satunya yaitu mengkonsumsi telur dalam jumlah yang terlalu banyak. Kandungan lemak yang cukup tinggi pada telur dapat menyebabkan pembuluh darah tersumbat dan dapat menjadi pemicu meningkatnya tekanan darah.

  1. Asam urat

Asam urat merupakan penyakit dimana terjadi penumpukan asam urat pada sendi yang dapat menyebabkan rasa sakit dan ngilu pada persendian. Salah satu faktor yang dapat menyebabkan penyakit asam urat yaitu mengkonsumsi telur terlalu banyak. Kandungan lemaknya yang begitu tinggi pada telur dapat menjadi penyebab meningkatnya jumlah asam urat pada tubuh. Bahkan jumlah asam urat pada persendian dapat terganggu akibat kandungan lemak dan zat fosfor yang terdapat pada telur.

BACA JUGA  11 Bahaya Mengkonsumsi Makanan Pedas Bagi Kesehatan Tubuh
  1. Mual

Mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang terlalu banyak memang kurang baik bagi kesehatan tubuh. Banyak dampak buruk yang akan terjadi jika mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak. Begitu pun dengan telur, salah satu dampak buruk dan bahaya yang muncul akibat terlalu banyak mengkonsumsi telur yaitu perut akan menjadi mual.

  1. Iritasi Lambung

Berbagai macam makanan yang mengandung kadar asam yang tinggi serta gas memang kurang baik dikonsumsi karena akan mengganggu dan merusak organ dalam tubuh yakni lambung. Telur merupakan salah satu bahan makanan yag mengandung gas, apabila dikonsumsi terlalu banyak, kandungan gas yang terdapat pada telur akan menyebabkan kerusakan pada organ pencernaan yakni iritasi lambung.

  1. Bobot tubuh mudah naik

Setiap orang menginginkan tubuh yang langsing dan ideal. Salah satu makanan yang harus dijaga untuk tidak dikonsumsi secara berlebihan yaitu telur. Telur selain mengandung protein ternyata mengandung lemak dan karbohidrat yang begitu tinggi. Jika dikonsumsi secara terus menerus setiap hari atau dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan bobot tubuh meningkat atau menyebabkan kegemukan. Penumpukan lemak akibat mengkonsumsi telur terlalu banyak dapat menyebabkan metabolisme tubuh melambat. Jika tidak dihindari lama kelamaan akan memicu penyakit lainnya seperti obesitas.

  1. Kadar gula dalam darah meningkat

Diabetes merupakan penyakit yang terjadi akibat kadar gula darah yang terlalu tinggi pada tubuh. Diabetes merupakan penyakit yang cukup serius apabila tidak diobati secara serius dapat berakibat pada kematian. Salah satu penyebab kadar gula darah meningkat yaitu makanan atau minuman yang mengandung kadar gula terlalu tinggi. Bagi penderita diabetes disarankan untuk tidak mengkonsumsi telur dalam jumlah yang banyak. Kadar gula yang terkandung pada telur dapat menyebabkan kadar gula meningkat apabila dikonsumsi secara berlebihan.

  1. Mengganggu hormon pria dan wanita

Di dalam satu buah butir telur mengandung lemak dan kolesterol yang cukup tinggi. Apabila dikonsumsi secara berlebihan, selain dapat menyebabkan kegemukan ternyata dapat memicu masalah kesuburan. Kandungan lemak dan kolesterol yang begitu tinggi dari mengkonsumsi telur dalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan hormon baik pria dan wanita terganggu dan tidak stabil.

  1. Timbul Jerawat

Munculnya jerawat baik pada muka atau pun tubuh salah satunya disebabkan oleh kadar minyak yang terlalu tinggi pada lapisan kulit sehingga dapat menyebabkan tersumbat nya pori-pori dan memicu timbulnya jerawat. Kadar minyak yang tinggi disebabkan oleh lemak dan kolesterol yang tinggi pada tubuh. Nah, mengkonsumsi telur terlalu banyak dapat memicu timbulnya jerawat akibat kandungan lemak dan kolesterol yang cukup tinggi pada telur.

  1. Membuat Tersedak

Mengkomsumsi telur apalagi kuningnya saja, tanpa didampingi dengan nasi dapat membuat seret, karena pada kuning telur sangat sedikit mengandung air. Oleh karena itu jangan terlalu banyak memakan kuning telurnya saja.

BACA JUGA  19 Akibat Buruk Mengkonsumsi Minuman Bersoda Bagi Kesehatan Tubuh

Itulah tadi beberapa bahaya yang dapat timbul jika terlalu banyak mengkonsumsi telur. Jika artikel ini bermanfaat untuk anda, mohon bantu share ke teman, saudara atau sahabat supaya dapat memberikan informasi yang berguna untuk orang terdekat anda. Terimakasih !

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *