Kisaran Harga dan Biaya Membersihkan Karang Gigi di Puskesmas

Pernahkah Anda mendengar tentang karang gigi? Tahukah Anda apa sebenarnya karang gigi itu, bagaimana dia dapat terbentuk, dan apa akibatnya bagi kesehatan Anda? Semua pertanyaan tersebut akan terjawab dalam rangkaian artikel kesehatan kali ini yang sebenarnya hanya akan berfokus pada harga dan biaya membersihkan karang gigi di Puskesmas. Sebelum membahas tentang estimasi biaya untuk membersihkan karang gigi, ada baiknya untuk mengulas lebih dalam lagi mengenai fenomena ini.

Sekarang cobalah lihat gigi Anda masing-masing, adakah suatu lapisan keras yang berwarna kuning kecoklatan yang menutupi permukaan gigi? Jika ada, itulah sekilas gambaran tentang karang gigi. Namanya juga karang, jadi bentuknya juga akan keras seperti karang. Sebetulnya, karang gigi terbentuk akibat tumpukan sisa-sisa makanan pada permukaan gigi yang bercampur dengan protein dan bakteri sehingga akan membentuk suatu lapisan yang keras yang akan menutupi sebagian atau seluruh permukaan gigi. Bisa dibayangkan, jika gigi Anda tertutup oleh karang gigi, maka manfaat dari sikat gigi dan obat kumur tidak bisa dirasakan secara optimal. Hal ini karena karang gigi menghalangi masuknya zat-zat pembersih gigi dan akan mengakibatkan kondisi gigi semakin buruk.gigi-sehat

Jika dibiarkan terlalu lama, maka karang gigi akan menjadi lebih parah dan lebih keras dari sebelumnya. Tentu ini akan menjadi rumah yang sangat nyaman bagi bakteri untuk bersarang. Banyak sekali penyakit yang bisa timbul hanya karena masalah karang gigi lho! Sebut saja gingivitis atau yang biasa disebut dengan radang gusi. Gangguan kesehatan ini terjadi karena biasanya karang gigi menempel pada sepanjang garis gusi dan akan membuatnya mengalami iritasi dan rusak. Penyakit ini akan menimbulkan semacam kanton berisi nanah yang muncul pada area gusi dan gigi. Ketika penyakit ini datang, rasanya cukup sakit dan tentu akan mengganggu proses pencernaan mekanik pada mulut.

BACA JUGA  Tahukah, Berapa Biaya Operasi Usus Buntu Terbaru ?

Gangguan kesehatan kedua adalah penyakit stroke dan jantung. Sekilas memang terlihat tidak ada hubungannya antara kesehatan gigi dengan jantung dan syaraf. Padahal secara kinis hal ini bisa saja terjadi. Dikatakan demikian karena bakteri pada karang gigi akan larut dalam aliran darah dan akan membuat penyumbatan pada jaringan darah. Ketika aliran darah tersumbat, bukan tidak mungkin akan terjadi penyakit stroke dan jantung, atau setidaknya akan meningkatkan resiko untuk terkena kedua penyakit ini menjadi lebih besar.

Gangguan kesehatan yang selanjutnya adalah menipisnya kekuatan gigi. Hal ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh berusaha sangat keras untuk melawan bakteri yang ada di karang gigi dan kantong nanah. Ketika sistem pertahanan melepaskan zat pertahanan diri, maka tulang gigi akan berkurang fungsinya. Jika hal ini dibiarkan terlalu lama, bukan tidak mungkin Anda akan kehilangan gigi Anda. Bagi sebagian orang mungkin kehilangan gigi bukanlah suatu hal yang menyedihkan, tetapi hal ini akan mengurangi estetika dan kendahan strktur wajah apalagi ketika Anda tersenyum.

Bagaimana, cukup mengerikan juga ya ternyata akibat yang dapat ditimbulkan dari karang gigi. Nah, sekarang penulis akan mengulas beberapa penyebab timbulnya karang gigi yang sering kita abaikan dalam kehidupan sehari-hari.

Penyebab Karang Gigi

  1. Malas Sikat Gigi

Faktor penyebab utama timbulnya karang gigi adalah malasnya menyikat gigi. Sudah tidak ada kompromi lagi ketika Anda malas untuk menyikat gigi, sisa-sisa makanan akan tertinggal pada sela-sela maupun permukaan gigi. Jika hal ini terjadi pada waktu lama, sudah dapat dipastikan jika karang gigi akan timbul pada permukaan gigi Anda. Sikatlah gigi dua kali setiap hari selama paling sedikit dua menit untuk membersihkan gigi secara optimal. Gunakan pasta gigi atau odol yang mengandung flouride yang akan memperbaiki enamel yang rusak. Juga jika memungkinkan, pilihlah pasta gigi yang mengandung triclosan yang efektif membunuh bakteri.

  1. Tidak Menjaga Pola Makan

Pasti Anda dulu pernah dilarang untuk makan permen terlalu banyak sewaktu kecil. Larangan ini bukan tanpa alasan karena dibalik rasanya yang manis, ternyata permen dan zat tepung adalah kesukaan bakteri. Bakteri akan mengeluarkan semacam zat asam yang kemudian akan berkombinasi untuk merusak gigi maupun menyebabkan karang gigi. Solusinya adalah batasi diri untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan-kandungan tersebut untuk meminimalisir resiko terjadinya karang gigi.

  1. Merokok

Kebiasaan yang satu ini dapat dengan mudah ditemukan dimana saja. Tinggal keluar dari rumah dan mampirlah sebentar di pinggir jalan. Pasti akan banyak ditemui para perokok dari berbagai kalangan umur. Padahal merokok selain bisa membangkitkan sel kanker, ternyata juga meningkatkan resiko untuk terkena karang gigi.

BACA JUGA  Tahukah, Berapa Biaya Operasi Katarak Terbaru ?

Cara Membersihkan Karang Gigi

Akan sangat sulit untuk menghilangkan dan melepaskan karang gigi walaupun jumlahnya sedikit. Anda pasti akan membutuhkan bantuan dari dokter gigi untuk merontokkan karang gigi. Ada sedikitnya dua macam cara untuk membersihkan karang gigi, yaitu menggunakan alat ultrasonik dan alat manual. Alat ultrasonik atau lebih kerennya disebut ultrasonic scaller bekerja sangat optimal dalam membersihkan karang gigi walaupun pada bagian atau area yang sulit dijangkau. Ujungnya berbentuk runcing dan memanfaatkan gelombang ultrasonik untuk memecah karang. Bagian ujungnya juga akan mengeluarkan air untuk mengurangi sensasi panas yang dihasilkan. Ada kekhawatiran jika penggunaan alat ini dapat merusak email pada gigi. Ya, segala sesuatu memang ada resikonya. Namun jika tenaga medis yang melakukan prosedur ini sudah kompeten dan profesional, maka segala resiko akan kecil untuk terjadi. Jadi, tidak perlu khawatir tentang adanya efek samping.

Kedua, tenaga medis mungkin mengaplikasikan scaler manual atau alat pembersih manual. Namun biasanya alat pembersih manual digunakan setelah penggunaan ultrasonic scaler. Alat ini dirancang khusus untuk mengevaluasi dan memastikan kalau hasil kerja ultrasonic scaler sudah maksimal dan bagus.

Biaya Membersihkan Karang Gigi di Puskesmas

Nah, sekarang kita kembali pada topik utama yaitu tentang harga membersihkan karang gigi di Puskesmas. Rasanya memang sensitif ketika membicarakan mengenai biaya. Tetapi inilah fakta yang harus dihadapi. Jarang sekali ada yang gratis di dunia ini. Biaya untuk melakukan pembersihan karang gigi di Puskesmas tentu akan berbeda dengan pembersihan karang gigi di rumah sakit besar. Kisaran biayanya yaitu sekitar Rp 50.000,00 sampai Rp 150.000,00. Tarif tersebut akan bergantung pada lokasi atau letak Puskesmas tempat Anda melakukan pembersihan karang gigi, subsidi pemerintah, dan tingkat kesulitan pengerjaan prosedur pemecahan karang gigi. Namun patut diketahui jika biaya mungkin saja berubah tanpa sepengetahuan Anda. Untuk itu bertanyalah pada bagian pendaftaran untuk mengetahui kisaran biaya, jangan sampai Anda kaget dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk membersihkan karang gigi.

BACA JUGA  Tahukah, Berapa Biaya Operasi Katarak Terbaru ?

Itulah pembahasan mengenai harga dan biaya membersihkan karang gigi di Puskesmas. Kini saatnya bagi Anda untuk melakukan tindakan pada masalah karang gigi Anda. Rasanya memang agak sedikit ngilu, namun manfaatnya akan dapat Anda rasakan setelahnya.

biaya bersihkan karang gigi,Puskesmas d bandung yg punya alat menghilangkan karang gigi,biaya pembersihan karang gigi comdi kebumen,biaya membersihkan nanah pada gigi,biaya membersihkan karang gigi di kapuas,biaya bersikan karang gigi,biaya bersihkan karang gigi diwilayah colomadu,biaya bersihkan karang gigi di dokter gigi elia darma air molek,bersihkan karang gigi sukajadi bandung,bersihkan karang gigi di pacitan
Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *