12 Cara Membersihkan Wajah Yang Benar

Memiliki kulit yang sehat, cerah berseri merupakan impian bagi banyak orang. Namun hanya sedikit dari mereka yang tahu bagaimana cara mendapatkannya. Sebenarnya, mendapatkan kulit idaman tidaklah sesulit itu. Yang harus Anda ketahui pertama kali adalah tentang bagaimana cara membersihkan wajah yang benar. Pasalnya, wajah yang bersih merupakan kunci dari kulit yang sehat dan terawat. Anda datang pada tempat yang tepat karena artikel ini akan membahas secara lengkap beberapa cara membersihkan wajah yang benar dan simpel. Simak ulasannya berikut ini.Cara Membersihkan Wajah yang Benar

Cara Membersihkan Wajah Yang Benar

  1. Pertimbangkan Kondisi Kulit

Jangan membersihkan kulit ketika Anda sedang berkeringat. Tunggulah sampai keringat sedikit mereda. Hal ini dimaksudkan agar keringat dapat keluar dengan maksimal sehingga tidak mengganggu proses keluarnya keringat.

  1. Kucir Rambut

Langkah membersihkan wajah dimulai dengan mengucir rambut ke belakang bagi Anda yang memiliki rambut yang cukup panjang. Namun untuk kebanyakan pria, Anda hanya cukup menata rambut untuk lebih ke atas sehingga tidak menutupi wajah. Mengucir rambut dimaksudkan untuk mencegah cairan pembersih untuk terkontaminasi dengan rambut.

  1. Cuci Tangan

Pastikan kedua tangan Anda bersih sebelum menyentuh wajah. Tangan yang bersih tidak akan ditempeli bakteri yang kemudian akan menempel pada kulit wajah. Jadi, cucilah tangan Anda sebelum memulai proses selanjutnya.

  1. Bersihkan Make Up

Kemudian angkat semua make up yang Anda gunakan mulai dari bedak, lipstick, pensil alis, blush on, bulu mata palsu, dan lainny. Gunakan susu pembersih untuk mempermudah langkah ini. Namun jika Anda tidak memilikinya, Anda bisa melakukannya dengan bantuan tissue atau kapas halus. Pastikan semua make-up sudah dapat hilang dari kulit wajah sehingga tidak mengganggu proses pembersihan total.

  1. Pilih Pembersih

Pilih pembersih yang sesuai dengan tipe kulit Anda. Untuk tipe kulit berminyak, pilihlah produk yang banyak mengandung oil absorber sehingga minyak akan terangkat sempurna. Tentu produk yang digunakan untuk setiap tipe kulit akan berbeda mengikuti kebutuhan kulit Anda. Bijaklah dalam memilih pembersih kulit dengan memperhatikan komposisi agar tidak terjadi efek sampin yang tidak diinginkan.

  1. Basahi Wajah

Sesudah make up terangkat sempurna, kini saatnya Anda untuk mulai membasahi wajah. Basuhlah wajah Anda menggunakan air bersih secukupnya. Membasahi wajah bertujuan untuk membuka pori sehingga kotoran dalam pori akan mudah dibersihkan.

  1. Bersihkan Dengan Lembut

Aplikasikan pembersih yang Anda pilih pada wajah. Pastikan sudah berbentu busa agar lebih optimal dalam membersihkan wajah. Gosok dengan halus dan lembut wajah Anda dengan disertai pijatan yang merelaksasi. Pijatan ringan ini selain untuk mengangkat kotoran dan sisa make up membandel juga akan melancarkan sirkulasi darah pada area wajah dengan baik.

  1. Lama Cuci Muka

Hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah lama waktu untuk membersihkan wajah. Jangan Anda pikir bahwa semakin lama menggosok wajah dengan pembersih maka semakin bagus pula hasilnya. Faktanya, hal ini justru akan menghilangkan kelembapan alami pada kulit yang berakibat pada kulit kusam. Jadi, baca aturan pakai dengan teliti karena di situ sudah pasti ada aturan pakai dan lama waktu pembersihan.

  1. Bilas Air Hangat

Bilaslah dengan air hangat. Air hangat dipilih karena mampu meluruhkan sisa pembersih beserta kotoran pada wajah dengan efektif. Air hangat juga memiliki khasiat untuk membunuh kuman dan bakteri yang tertinggal pada wajah. Namun jika tidak tersedia air hangat, air biasa juga tidak kalah ampuh untuk membilas wajah pasca pembersihan.

  1. Keringkan Dengan Kain Halus

Keringkan kulit wajah yang telah selesai dibersihkan menggunakan handuk lembut atau kain yang halus. Selalu pilih bahan yang lembut untuk wajah Anda untuk menghindarkan diri dari iritasi kulit. Biasanya terdapat tissue di dalam toilet, nah Anda bisa menggunakannya.

  1. Waktu Cuci Muka

Perlu diketahui bahwa kulit juga membutuhkan waktu untuk merawat dirinya sendiri dengan mengeluarkan berbagai hormon pada kulit. Ketika Anda terlalu sering membersihkan muka dengan pembersih, dikhawatirkan justru kelembapan dan kesehatan kulit akan terganggu. Untuk itu, Anda hanya diperkenankan untuk membersihkan wajah dua kali setiap harinya.

  1. Mengoleskan Moisturizer

Tutup seluruh rangkaian proses pembersihan wajah dengan mengaplikasikan moisturizer atau pelembab. Lagi, Anda harus jeli melihat berbagai produk pelembap yang sesuai dengan tipe kulit wajah Anda. Penolesan moisturizer diperlukan untuk mengembalikan kelembapan alami kulit Anda setelah seharian harus memikul beban berat akibat make up, paparan matahari, dan debu.

BACA JUGA  18 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami Dengan Cepat

Itulah 12 cara membersihkan wajah yang benar yang bisa Anda terapkan sehari-hari. Tidaklah sulit untuk mendapatkan kulit wajah yang senantiasa bersih. Praktikkan langkah-langkah di atas setiap kali Anda membersihkan wajah dan rasakan dampak positifnya.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *