17 Cara Menghilangkan Bau Badan Dan Keringat Berlebih Secara Alami

Bau badan dan kringat berlebihan memang sangatlah mengganggu. Bahkan ada saatnya keadaan ini dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang. Orang yang mengalami hal ini akan minder dan cenderung untuk menjauh dari orang-orang sekitar karena perasaan takut untuk diejek dan diolok. Apakah yang harus dilakukan ketika hal ini terjadi pada Anda? Satu langkah terbaik yang harus dilakukan adalah dengan menghilangkan bau badan dan keringat berlebih menggunakan cara alami.bau-badan

Cara Menghilangkan Bau Badan Dan Keringat Berlebih Secara Alami

Bisa saja proses penghilangan bau dan keringat dilakukan dengan bantuan bahan kimiawi atau kosmetik, tetapi Anda tidak akan pernah tahu apakah mereka memiliki efek samping atau tidak. Berikut adalah beberapa langkah sederhana yang pembaca dapat lakukan di mana saja.

  1. Mandi Minimal Dua Kali Sehari

Keringat dan bau badan berlebih timbul karena aktivitas kuman pada permukaan kulit yang berkeringat. Untuk menghilangkannya, Anda bisa mengaplikasikan mandi miniml dua kali sehari atau beberapa kali saat dibutuhkan. Perhatikan kebersihan air yang digunakan untuk mandi karena mandi dengan menggunakan air yang tidak bersih justru akan menambah masalah bau badan.

  1. Menghindari Makanan Penyebab Bau Badan dan Keringat Berlebih

Ada beberapa makanan yang menyebabkan bau badan dan keringat berlebih diantaranya daging merah, rempah-rempah, alkohol, kopi, junkfood, fastfood, tembakau, dan lain-lain. Perlu pula mengurangi makanan pedas karena akan memicu keringat.

  1. Memperbanyak Konsumsi Buah

Mengkonsumsi buah-buahan segar dipercaya dapat memperlancar kerja usus sehingga akan mengurangi bau pada keringat. Berbagai jenis apel, pepaya, jeruk, jambu biji, dan lain sebagainya merupakan pilihan tepat untuk dikonsumsi oleh para pengidap bau badan dan keringat berlebih.

  1. Memanfaatkan Daun Kemangi

Mungkin sebagian dari kita mengetahui daun kemangi biasa digunakan untuk lalapan. Tetapi daun ini ternyata juga sangat mujarab untuk mengurangi bahkan menghilangkan pengidap bau badan dan keringat berlebih. Caranya sangat gampang yaitu dengan cara mengkonsumsi daun kemangi secara rutin (setiap hari) baik secara langsung maupun melalui proses pengolahan. Kandungan antibakteri dan mineral adalah dua kandungan penting yang banyak terdapat pada daun ini.

  1. Mentimun

Kandungan air dan antibakterial pada mentimun bukan hanya membuat kulit menjadi lembab, tetapi juga mampu membantu menghilangkan bau badan dan keringat. Caranya yaitu dengan memotong mentimun menjadi beberapa bagian, kemudian mengoleskannya pada bagian-bagian tertentu misalnya ketiak dan sekitar paha. Tunggulah sampai mengering lalu bilaslah dengan air bersih.

  1. Lemon atau Jeruk Nipis

Buah kecil dengan sejuta manfaat, jeruk nipis, memang sudah sangat terkenal sejak dulu. Adalah senyawa antibakterial, suatu zat yang terdapat pada sari jeruk nipis yang mampu membunuh kuman penyebab bau keringat. Peraslah beberapa jeruk nipis pada mangkok yang bersih. Kemudian campurkan sari jeruk nipis tersebut dengan kapur sirih sehingga menjadi krim. Oleskan pada ketiak secara rutin dan diamkanlah sampai mengering. Bilaslah dengan air hangat dan keringkan sampai benar-benar kering.

  1. Cengkeh

Tidak hanya dimiliki oleh jeruk nipis, antibakterial serum juga dimiliki oleh cengkeh. Buah dengan bau yang sangat harum ini juga memberikan sensasi segar ketika dikunyah. Selain antibakterial, cengkeh juga kaya akan senyawa anti-inflamasi yang mampu mencegah peradangan dan luka. Untuk menghilangkan bau badan dan keringat berlebih, seduh cengkeh dalam air panas, kemudian minumlah seduhan tersebut tiga kali seminggu. Bisa juga diaplikasikan sebagai air pembasuh badan.

BACA JUGA  13 Cara Menggemukan Badan Secara Cepat Dan Alami
  1. Jahe

Jahe tidak hanya bermanfaat sebagai bahan penyedap makanan. Rempah ini akan terasa hangat dalam tubuh dan memberikan efek yang menyegarkan. Cobalah untuk rutin meminum wedang jahe hangat 2 kali sehari pagi dan malam hari. Tambahkan sedikit gula atau madu agar lebih nikmat.

  1. Mengganti Pakaian Dengan Rutin

Pakaian yang telah basah oleh keringat menjadi ladang subur untuk perkembangan kuman dan bakteri penyebab bau badan dan keringat. Jika hal ini dibiarkan saja, bukan tidak mungkin Anda akan terlihat lusuh disertai dengan bau yang tidak sedap. Oleh karena itu, siapkan lap dengan bahan katun untuk mengeringkan keringat. Kemudian, gantilah baju ketika diperlukan agar memberikan rasa nyaman pada kulit.

  1. Memperbanyak Olahraga

Mungkin ada anggapan jika olahraga justru akan memperbanyak produksi keringat, tetapi inilah intinya. Ketika Anda berolahraga, keringat akan banyak dikeluarkan. Keringat ini juga akan membawa kuman dan bakteri dari dalam pori kulit keluar dari badan Anda. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan karena selain badan menjadi sehat, kulit juga akan terjaga kebersihannya.

  1. Daun Sirih

Orang pada zaman dahulu sering menggunakan daun sirih untuk membersihkan mulut. Hal ini bukan tanpa sebab karena sirih kaya akan antiseptik dan antibakterial yang efektif dalam mengatasi bau badan dan keringat berlebih. Anda bisa merendam daun sirih pada air panas untuk mengeluarkan sarinya. Minumlah secara teratur dan gunakanlah untuk membasuh ketiak Anda dan rasakan perbedaannya.

  1. Cuka Putih

Teteskan beberapa tetes cuka putih pada perukaan kain kasa, tissue, atau kapas. Oleskan pada ketiak, lipatan lutut, paha, dan lain-lain dan gosoklah dengan halus. Biarkan cuka putih meresap menembus jaringan kulit untuk membunuh bakteri dan kuman penyebab bau badan.

  1. Kurangi Aktivitas di Luar Ruangan

Matahari membuat keringat bercucuran dan menjadikan gerah pada badan. Jika tidak perlu sekali, maka tidak disarankan untuk Anda yang mengidap bau badan dan keringat berlebih. Hal ini ditujukan untuk mengurangi produksi keringat yang nantinya akan berakar pada bau badan. Jika memang terpaksa, gunakanlah payung, topi, atau pelindung lain yang memadai.

  1. Air Mawar

Mawar tidak hanya mempesona dengan kelopaknya yang indah. Tetapi juga menyimpan keharuman yang semerbak. Menyadari hal ini, Anda dapat menggunakan bunga ini untuk mengurangi bau badan dan keringat berlebih. Rendamlah kelopak-kelopak mawar di dalam air dingin. Anda bisa menambahkan aroma lain dari bunga-bunga sejenis agar aromanya bertambah tajam. Gunakanlah air rendaman ini untuk membasuh permukaan kulit Anda atau mandi.

  1. Menggunakan Bedak Dingin

Pernahkan Anda menemui bedak dingin bayi? Komposisi daun kenanga, melati, mawar, dan kapur sirih memberikan sensasi “adem” pada kulit. Bedak ini juga akan menyerap keringat berlebih serta mengurangi bau. Cobalah untuk membeli atau membuat sendiri bedak dingin ini.

  1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Keringat berlebih dan bau badan mungkin timbul karena metabolisme yang terganggu. Untuk itu, Anda perlu memperbaikinya salah satunya dengan memperbanyak konsumsi air putih.

  1. Daun Beluntas

Tumbuk daun beluntas yang baru dipetik dari pohonnya. Paparkan pada permukaan ketiak, paha, perut, dan bagian-bagian yang mudah berkeringat. Diamkan dan biarkan dia meresap sempurna.

BACA JUGA  15 Penyebab dan Cara Mengatasi Mimisan Pada Anak

Itulah 17 cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih secara alami. Berbagai cara di atas akan aman untuk diterapkan pada waktu yang lama karena tidak menggunakan bahan kimia berbahaya.

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *