20 Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Cepat Secara Alami

Banyak orang yang mengalami bau mulut yang tidak sedap dan mencari berbagai cara menghilangkan bau mulut dengan cepat. Menghilangkan bau mulut lebih baik dengan cara yang alami. Bau mulut sendiri dapat terjadi ketika kita tidak memperhatikan kebersihan gigi dan mulut kita ataupun karena sariawan.

menghilangkan-bau-mulut

Bau mulut merupakan salah satu masalah yang sulit untuk diketahui oleh diri sendiri, maka untuk mengeceknya,kita seringkali menghembuskan nafas ke tangan kemudia mencium baunya. Setiap orang ingin mendapatkan bau nafas yang sedap dan segar. Oleh karena itu kami akan membagikan cara – cara untuk menghilangkan bau mulut dengan cepat secara alami.

20 Tips Menghilangkan Bau Mulut Cepat dan Secara Alami :

  1. Rutin Gosok Gigi

Menggosok gigi minimal 2 kali sehari adalah hal paling dasar yang dapat Anda lakukan untu menjaga kesehatan gigi dan mulut, termasuk bau mulut Anda. Gosoklah gigi Anda minimal pada pagi hari setelah tidur dan sebelum tidur, Namun ketika Anda menggosok gigi jangan terlalu kasar / agresif karena dapat menghancurkan enamel gigi Anda yang mempermudah gigi berlubang dan dapat menyebabkan luka pada gusi yang malah menimbulkan luka sariawan.

  1. Menggunakan Benang Gigi Jika Perlu

Menggosok gigi saja memang membuat gigi terlihat lebih bersih, namun pada sela – sela gigi pasti masih ada sisa – sisa makanan yang menempel pada gigi yang tidak bisa terjamah oleh siakt gigi. Parahnya apabila sisa – sisa makan tidak dibersihkan, akan menempel terus pada gigi dan menyebakan karang gigi dan plak pada gigi, serta pastinya dapat . Oleh sebab itu gunakananlah benang gigi untuk menghilangkan sisa – sisa makanan yang tidak bisa dijangkau oleh sikat gigi, namun jangan terlalu sering menggunakan benang gigi ini karena dapat menyebabkan gigi renggang jika dipakai terlalu sering.

  1. Menggunakan Baking Soda

Baking soda merupakan bahan alami untuk mencegah sekaligus menghilangkan bau mulut. Baking soda menyeimbangkan kadar asam dalam mulut yang menyebabkan bau pada mulut. Caranya mencampurkan setengah sendok teh baking soda dalam air hangat dan gunakanlah untuk berkumur. Cara lainnya adalah dengan menyikat gigi dengan baking soda. Selain untuk memutihkan gigi baking soda akan mencegah bakteri di lidah, mengurangi keasaman pada mulut sehingga mulut tidak bau.

  1. Kayu Manis

Kayu manis mengandung aldehida cinnamic (minyak esensial) yang mengurangi bakteri dalam mulut sekaligus mencegah dan mengatasi bau mulut. Caranya mendidihkan satu sendok teh bubuk kayu manis dalam cangkir dan dapat pula ditambah kapulaga. Kemudian saring airnya saja dan gunakanlah sebagai obat kumur. Lakukan hal tersebut secara rutin agar bau mulut menghilang.

  1. Green Tea

Seperti yang sudah banyak orang ketahui bahwa green tea atau teh hijau mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Selain itu teh hijau juga bermanfaat alam mengatasi bau mulut yang tidak sedap. Minumlah 2 sampai 3 gelas teh hijau dalam sehari.

  1. Konsumsi yang Mengandung Vitamin C

Cara mengatasi bau mulut yang lain adalah dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin C. Banyak yang beranggapan bahwa buah jeruk adalah sumber vitamin C yang paling tinggi, padahal tahukah Anda menurut penelitian yang telah dilakukan buah jambu yang memiliki kandungan vitamin C paling tinggi. Rutinlah mengkonsumsi yang mengandung vitamin C untuk menjaga kesehatan tubuh dan menghilangkan bau mulut.

  1. Rutin dan Rajin Konsumsi Air putih

Air putih berfungsi untuk mencegah panas dalam dan dehidrasi. Dehidrasi atau keadaan mulut yang kering dapat menimbulkan bau mulut yang tidak sedap. Oleh sebab itu perbanyaklah konsumsi air putih karena banyak sekali manfaatnya. Konsumsilah minum air putih 8 sampai 10 gelas per hari.

  1. Permen Karet Non Gula

Hindari memakan permen karet yang manis dan mengandung gula sintetis. Permen manis akan memicu timbulnya bakteri pada bagian mulut. Gantilah permen karet manis tersebut dengan permen karet tanpa gula. Manfaat permen karet bebas gula menurut penelitian dapat memberikan pertahanan alami terhadap asam plak yang menyebabkan bau mulut dan kerusakan pada gigi. Permen karet tersebut akan meningkatkan produksi air liur pada mulut yang mencegah bau mulut. Lalu bagaimana caranya? Kunyahlah beberapa biji cengkeh hingga hancur selama beebrapa menit. Cara lainnya didihkan air lalu tambahkan satu sendok teh cengkeh, rebuslah 5 hingga 10 menit. Minumlah teh terebut atau gunakanlah untuk obat kumur saja.

  1. Membersihkan Kotoran dan Bakteri Pada Lidah

Penyebab bau mulut tidak hanya karena sisa – sisa makanan pada sela – sela gigi namun juga karena bakteri dan kotoran yang menempel pada lidah yang tidak dibersihkan. Oleh karena itu gosoklah permukaan lidah dengan sikat gigi atau belilah alat pembersih yang khusus untuk lidah yang dirancang khusus.

  1. Menyediakan Buah – Buahan Segar

Kandungan nutrisi dan vitamin dalam buah dipercaya dapat membunuh kuman dan bakteri pada mulut. Oleh sebab itu buah sangat efektif untuk menghilangkan bau mulut yang kurang sedap. Konsumsilah buah – buahan secara rutin. Buah – buahan penghilang bau mulut antara lain : alpukat, stroberi, lemon, buah pir, dan jambu biji.

  1. Stop merokok

Untuk sebagain orang mungkin memang sulit untuk berhenti merokok karena sudah merupakan kebiasaannya. Namun apabila Anda ingin mendapatkan nafas yang sedap dan segar. Berhentilah merokok. Lebih baik menghindari rokok daripada dihindari orang – orang karena bau mulut Anda. Motivasilah diri Anda untuk berhenti dari kebiasan merokok.

  1. Kawat Gigi Dibersihkan Secara Berkala

Bagi Anda yang berbehel atau berkawat gigi dengan tujuan kesehatan bukan untuk mengikuti trend. Kawat gigi yang menempel pada gigi harus dibersihkan secara berkala dan menyeluruh tiap kali menggosok gigi. Usahakanlah agar semua celah dan sudut – sudut dibersihkan dengan sikat gigi khusus untuk orang yang berbehel.

  1. Berhati – Hati dengan Penyakit Gusi

Penyakit gusi dapat diakibatkan karena luka yang diakibatkan oleh sikat gigi, saat kita menggosokkan gigi terlalu keras atau dapat juga karena banyak bakteri yang tidak dibersihkan secara menyeluruh. Kondisi pada gusi seperti ini dapat menyebakan bau mulut yang tidak seda. Jika kondisi gusi sudah cukup parah sampai mengalami peradagan dan pembengkakan lebih baik kosultasi ke dokter ahli agar segera ditangani oleh ahlinya.

  1. Kunyah Perterseli

Perterseli ini berisikan klorofil yang mampu menetralkan baumulut. Kunyahlah setangkai petereli untuk menyegarkan nafas Anda sehingga Anda terbebas dari bau mulut yang mengganggu. Anda juga dapat menjadikan jus daun peterseli dan meminumnya untuk menyegarkan bau mulut Anda.

  1. Minum Jus Lemon

Di negara – negara maju, jus lemon digunakan untuk membantu mencegah dan menghilangkan bau mulut. Selain bermanfaat sebagai pemutih alami, lemon mengandung asam yang berguna untuk mencegah pertumbuhan bakteri dalam mulut. Lemon memilki bau yang segar sehingga menutupi bau mulut Anda.

  1. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel berguna untuk menyimbangkan pH dalam mulut sehingga dapat mengatasi bau mulut yang tidak sedap. Caranya campurkan cuka sari apel ke dalam segelas air minum untuk diminum setiap kali sebelum makan.

  1. Berkumur

Berkumur dapat membantu untuk membersihkan sisa – sisa makan dalam mulut. Gunakanlah obat kumur yang berkualitas dan higienis tanpa kandungan alkohol. Usahakanlah berkumurlah dengan bagan – bahan alami yang sudah disebutkan diatas.

  1. Minum Jus Jeruk / Nanas

Konsumsilah jus jeruk ataupun jus nanas untuk mengusir bau mulut yang tidak sedap. Buatlah jus jeruk atau jus nanas dengan air hangat sebelum tidur. Tambahkanlah sedikit kayu manis atau madu untuk menambah rasa manis. Meminum jus jeruk ataupun nanas sebelum tidur dapat membuat napas segar di pagi harinya.

  1. Hindari Makan Jengkol dan Petai

Jengkol dan petai bagi kebayakan orang merupakan makanan favorit, karena kedua makaanan tersebut dapat meningkatkan nafsu makan dan menambah kenikmatan saat makan. Namun Anda juga perlu tahu kondisi kapan harus makan petai dan jengkol. Hindari makanan tersebut apabila Anda akan bertemu dengan banyak orang karena pasti akan menimbulkan bau mulut yang tidak sedap.

  1. Minum Yoghurt

Minumlah yoghurt tanpa gula setiap pagi hari, karena cukup efektif membunuh bakteri penyebab bau mulut. Apabila Anda ingin terbebas dari bau mulut, lebih baik konsumsilah yoghurt tersebut sebelum melakukan aktivitas.

BACA JUGA  7 Cara Menggunakan Dan Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah Berjerawat

Itulah beberapa cara menghilangkan bau mulut dengan cepat secara alami. Lakukanlah cara – cara di atas secara konsisten agar mendapat hasil yang maksimal. Selamat mencoba dan semoga hasilnya memuaskan.

arti kedutan sudut mata kiri atas,green tea prnghilang bau mulut,kayu manis dapat menghilangkan bau mulut
Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *