10 Cara Menghilangkan Cegukan Terus Menerus Pada Bayi

Memiliki bayi adalah momen yang tak terlupakan. Terlebih bagi mereka yang baru pertama kali memilikinya. Banyak hal baru dan lucu yang terjadi karena rata-rata pengetahuan orang tua baru belum terlalu mendalam tentang bagaimana merawat bayinya. Dibilang susah memang susah, dibilang ringan ya sebenarnya ringan asalkan kita tahu ilmunya.

Banyak sekali hal yang harus dipelajari oleh orang tua bayi. Waktu belajar bisa kapan saja, namun lebih utama saat memulai pernikahan, karena bayi mengandung dan memiliki bayi bisa terjadi kapan saja. Salah satu permasalahan yang  sering dihadapi oleh orang tua baru adalah kebingungan saat bayinya cegukan. Nah, pada artikel kali ini, penulis akan membahas tuntas mengenai cara menghilangkan cegukan terus menerus pada bayi dengan aman dan cepat.

Apa sih sebenarnya yang terjadi pada bayi saat cegukan? Cegukan terjadi karena udara masuk ke dalam sistem pencernaan bayi. Kelainan ini biasanya terjadi selama beberapa menit dan akan hilang dengan sendirinya. Namun, bisa Anda bayangkan jika hal ini terjadi pada bayi Anda. Pasti akan menangis dan rewel.Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi

Sebelum membahas cara menghilangkan cegukan pada bayi, terlebih dahulu Anda sadari beberapa hal yang mampu menjadi peyebabnya. Pertama adalah teknik menyusui yang salah, penurunan suhu yang ekstrim, bayi sedang stres, dan lainnya. Berikut penulis rangkumkan beberapa cara menghilangkan cegukan terus menerus pada bayi yang disadur dari beberapa sumber yang terpercaya.

Daftar Isi Artikel

BACA JUGA  14 Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Kering Secara Alami

Cara Menghilangkan Cegukan Terus Menerus Pada Bayi

  1. Menepuk Punggung Bayi

Ketika bayi tiba-tiba cegukan, cobalah untuk menggendong bayi dengan kepalanya di pundak Anda. Berikan tepukan sedang (tidak terlalu lambut dan tidak terlalu keras) selama beberapa saat. Langkah ini bertujuan untuk mengeluarkan udara dalam perut.

  1. Mengubah Posisi Menyusui dimana

Posisi menyusi yang salah kerap menjadi penyebab utama munculnya cegukan pada bayi. Langkah sederhana yang bisa Anda lakukan adalah mengubah posisi menyusui dimana resiko udara masuk bersama air susu ibu akan berkurang. Anda bisa mencoba posisi bayi tengkurap atau miring.

  1. Membimbing Bayi untuk Sendawa

Ketika cegukan, maka udara dalam perut bayi akan ikut keluar. Untuk itu, cobalah dengan mengusap punggung dan dada bayi secara perlahan dan jangan terlalu keras.

  1. Menenangkan Bayi

Bayi yang cegukan mungkin sedang dalam kondisi stres akibat cuaca, keramaian, atau hal lain. Bawalah bayi Anda menjauh keramaian ketika sendawa dan biarkan mereka tidur dengan sendirinya.

  1. Memberi Penghangat

Salah satu faktor penyebab cegukan adalah karena suhu yang menurun ekstrim. Kecepatan Anda bertindak merupakan kunci utama untuk penyembuhan cegukan pada bayi. Segeralah pakaikan jaket, kaos kaki, dan penutup kepala agar suhu badan bayi tetap hangat dan cegukan cepat hilang.

  1. Memeluk Bayi

Tidak ada yang bisa mengkhianati ikatan batin antara orang tua dengan bayinya. Ketika cegukan datang menghampiri, coba peluk erat bayi Anda. Selain memberikan sensasi hangat, pelukan juga mampu meredakan syaraf yang tegang dan stres.

  1. Mengatur Jadwal Makan

Cegukan juga bisa terjadi ketika bayi terlalu lapar sehingga terlalu terburu-buru untuk menyusu ibunya. Padahal makan dan minum dengan terburu-buru tidak baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, sudah sepantasnya seorang ibu mengatur jadwal makan bayi agar jangan sampai si buah hati menjadi terlalu kelaparan.

  1. Mengalihkan Perhatian

Agar pikiran bayi tidak fokus kepada cegukan yang dialaminya, mengalihkan perhatian si kecil adalah salah satu langkah yang tepat. Anda bisa menggunakan berbagai macam mainan atau lagu agar bayi berfokus pada Anda dan melupakan cegukannya.

  1. Mengentikan Pemberian ASI

Segera setelah bayi mengalami cegukan, hentikan pemberian ASI. Hal ini ditujukan untuk menghindari resiko bayi tersedak. Pemberian makanan dan minuman saat bayi cegukan justru akan memperparah kondisi cegukannya.

  1. Memeriksakan ke Dokter

Jika semua langkah di atas telah Anda tempuh tetapi cegukan pada bayi tak kunjung mereda, segera rujuk ke pusat kesehatan terdekat untuk diberikan pertolongan. Langkah ini dilakukan juga dengan tujuan agar Anda mengetahui apa yang terjadi sebenarnya dengan buah hati Anda.

BACA JUGA  17 Cara Menghilangkan Bau Badan Dan Keringat Berlebih Secara Alami

Itulah 10 cara menghilangkan cegukan terus menerus pada bayi yang mudah dan cukup efektif untuk diaplikasikan. Jangan anggap sepele masalah cegukan karena akan membuat bayi merasa tidak nyaman. Selamat mencoba..

 

bayi cegukan terus menerus
Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *