13 Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras secara Alami

Tak sedikit orang yang bermasalah dengan gigi karena karang gigi yang menempal dan mengeras, Sebenarnya banyak cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras dan membandel. Lebih baik membersihkan karang gigi dengan bahan alami saja karena dengan yang alami hasilnya akan lebih baik. Karang gigi memang sangat menggangu kepercayaan diri dalam berbicara, pastinya kita akan menjadi minder untuk berbicara serta tertawa lepas.gigi-sehat

Biasaya karang gigi muncul pada bagian – bagian gigi yang jarang dibersihkan karena lokasinya yang tidak memungkinkan untuk bisa dibersihkan sikat gigi. Namun, alangkah baiknya karang gigi tersebut cepat dibersihkan karena jika dibiarkan akan menumpuk dan menambah tebal  karang gigi sehingga malah sulit untuk dibersihkan. Sebelum terlambat bersihkan plak dan karang gigi Anda dari sekarang. Berbagai macam cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras secara alami dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

Cara Alami Menghilangkan Karang Gigi

  1. Mengkonsumsi Buah Apel

Apel merupakan buah yang mudah ditemu, dan biasanya tersedia di meja makan. Buah Apel memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh dan bagus untuk Anda yang sedang diet.  Namun, apel memiliki manfaat yang lain yaitu dapat menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras. Apel mengandung zat yang sewaktu dikunyah atau dimakan akan mengurangi karang gigi Anda. Konsumsilah apel secara rutin maksimal satu buah apel setiap harinya.

  1. Kulit Jeruk

Saat Anda memakan jeruk, jangan langsung buah kulitnya karena kulit jeruk memiliki banyak sekali manfaatnya. Selain bermanfaat untuk mencerahkan kulit, ternyata kulit jeruk juga dapat mengurangi karang gigi loh. Pertama, Anda harus membersihkan gigi terlebih dahulu dengan cara berkumur atau dengan cara menyikat gigi. Setelah itu, ambillah potongan kulit jeruk. Lalu tempelkanlah kulit jeruk bagian dalam ke darah gigi yang berkarang menjelang tidur dan agak digosok perlahan. Lakukanlah cara ini secara rutin unk hasil yang maksimal.

  1. Campuran Baking Soda dan Garam

Baking soda dibutuhkan untuk mengembangkan roti agar empuk namun selain itu manfaat lain baking soda juga terbukti untuk memutihkan gigi, namun apabila dipadukan dengan garam dapat mengatasi plak ataupun karang gigi. Campuran kedua bahan ini dapat berguna untuk mengurangi karang gig yang sudah mengeras. Caranya cukup mudah dengan cara mencelupkan sikat gigi Anda ke dalam campuran baking soda dan garam. Lalu, gosokkan pada gigi yang berkarang hingga bersih dan jika sudah selesai berkumur – kumurlah.

  1. Sikatlah Gigi dengan Benar

Perlu diketahui bahwa menyikat gigi tidak boleh asal – asalan, menyikat gigi pun juga perlu teknik dan aturan. Alangkah baiknya rajinlah menyikat gigi secara rutin dengan cara yang benar setiap Anda selesai makan, hal tersebut untuk mencegah karang gigi tumbuh di gigi Anda. Jangan menyikat gigi terlalu keras karena akan merusak lapisan luar gigi Anda. Gunakanlah sikat gigi yang lembut untuk meyikat semua bagian dan sudut serta dicelah – celah yang tidak dapat dijangkau. Jika perlu gunakanlah benang gigi untuk membersihkan sela – sela gigi.

  1. Mengunyah Buah dan Sayuran

Pastinya buah dan sayuran sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Selain itu juga mengunyah buah dan sayuran mentah dapat mengatasi karang gigi yang membandel. Misalnya mengunyah apel, wortel, melon, atau batang seledri. Kunyahlah buah dan sayuran satu jam setelah makan, hal itu dilakukan untuk membersihkan sisa – sisa makanan dan membersihkan gigi Anda. Hal tersebut dilakukan juga dapat untuk memperkuat gusi.

BACA JUGA  17 Cara Memanjangkan Rambut Dengan Cepat Secara Alami
  1. Mengunyah Biji Wijen

Selain untuk menaburi makanan ternyata biji wijen juga apat menghilangkan karang gigi. Cara lain untuk menghilangkan karang gigi yang membandel adalah dengan mengunyah biji wijen. Caranya mudah kok, cukup kunyah sejimit biji wijen , tapi ingat loh jangan ditelan. Kemudian sikat gigi secara perlahan – lahan menggunakan sikat gigi yang kering dan tanpa pasta gigi dengan wjien yang masih dikunyah di dalam mulut.

  1. Gel Lidah Buaya dan Lemon Esensial

Campurkanlah 10 tetes minyak lemon esensial, setengah cangkir baking soda, dan satu sendok teh gel lidah buaya. Campurkanlah dalam sebuah wadah yang diisi dengan segelas air, lalu diaduk hingga tercampur rata. Campuran tersebut akan membentuk pasta. Oleskanlah pada gigi yang berplak. Lakukanlah cara ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.

  1. Cengkih

Cengkih ampuh untukmengobati sakit gigi namun cengkih memiliki manfaat lain untuk gigi yaitu untuk membersihkan plak pada gigi. Caranya tumbuk kurang lebih 7 butir cengkih. Gunakanlah tumbukan cengkih tersebut menjadi scrub untuk karang gigi. Selain itu berkumurlah dengan air atau bubuk cengkeh untuk menghilangkan bau mulut

  1. Rutin Minum Air Putih

Air putih sangat banyak manfaatnya untuk tubh mulai dari melancarkan pencernaan, mencegah dehirasi, menyeimbangkan kadar dalam tubuh, meningkatkan konsentrasi dan kerja otak, dan dapat melarutkan vitamin dalam tubuh. Selain itu, perbanyaklah minum air putih untuk menjaga kesehatan tubuh, membersihkan gigi dan mencegah karang. Hindari meminum kopi yang dapat meningglakan noda kuning pada gigi Anda.

  1. Menyikat Gigi dengan Siwak

Siwak merupakan ranting tananaman miswak yang pada zaman nabi digunakan untuk membersihkan dan menyikat gigi. Siwak memiliki kandungan zat yang penting untuk membersihkan plak – plak atau karang gigi. Kandungannya seperti natrium, kalsium, kalium, dan sodium bikarbonat.

  1. Strawberry

Strawberry buah yang berwarna merah dan bentuknya yang mungil ini ternyata kaya akan vitamin C. Vitamin C dapat membantu membersihkan karang gigi yang menempel pada gigi.

  1. Tomat

Bauh yang satu ini juga banyak mengandung vitamin C. Oleh sebab itu dapat digunakan untuk membersihkan karang gigi. Caranya hanya mengiris tomat secara tipis lalu oleskan irisan tomat tersebut pada karang gigi. Biarkan beberapa menit. Untuk hasil yang maksimal setelah itu berkumurlah dengan baking soda untuk membunuh bakteri dalam mulut Anda.

  1. Biji Asam Kawak

Alternatif lain yang efektif untuk menangkal karang gigi adalah dengan biji asam kawak.  Biji asam kawak cukup sulit untuk didapatkan. Namun tak ada salahnya mengetahui hal ini. Bagaimana cara untuk menghilangkan karang gigi dengan biji asam kawak? Caranya seduhlah biji asam kawak dengan air hangat. Larutan ini dapat Anda gunakan sebagai pasta gig. Scrub biji asam kawak dapat membersihkan karang  gigi sehingga cepat hilang dan gigi menjadi bersih kembali.

BACA JUGA  20 Cara Menghilangkan Tahi Lalat Dengan Cepat dan Alami

Jagalah kesehatan gigi Anda. Gigi yang sehat dan bersih pasti akan meningkatkan kepercayaan diri Anda untuk berpenampilan. Pastinya Anda tak malu untuk tertawa lebar dan berbicara kepada orang lain. Oleh sebab itu jangan sampai gigi kita ditempeli oleh plak ataupun karang gigi. Berbagai cara diatas merupakan cara alami untuk membersihkan karang gigi dengan cepat. Semoga bermanfaat.

cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras,cara membersihkan karang gigi yang sudah mengeras,cara menghilangkan karang gigi yang membandel,cara menghilangkan karang gigi dengan garam,cara membersihkan karang gigi yang tebal,menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras,cara menghilangkan plak pada gigi yang sudah mengeras,cara menghilangkan karang gigi,cara menghancurkan karang gigi,cara menghilangkan plak gigi yang keras
Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *