28 Cara Menghilangkan Keputihan Secara Alami Dan Cepat

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata keputihan berarti penyakit tentang kelamin wanita yang ditandai dengan keluar lendir putih yang menyebabkan rasa gatal. Menurut pakar kesehatan, keputihan bukanlah suatu jenis penyakit. Namun kondisi ini merupakan sebuah sinyal bahwa ada sesuatu yang tidak beres pada organ reproduksi wanita.cara-menghilangkan-keputihan

Keputihan akan menimbulkan lendir yang berasal dari sel mati yang membawa bakteri yang keluar dari alat reproduksi wanita. Ada dua jenis keputihan, yaitu keputihan biasa (tidak menimbulkan rasa sakit), dan satu lagi keputihan yang disertai rasa gatal, rasa sakit, bahkan rasa terbakar. Keputihan jenis ini juga biasanya akan disertai dengan bau dan warna yang aneh. Hal ini tentu akan menimbulkan kekhawatiran serta perasaan tidak percaya diri bagi para penderitanya. Untuk itu, inilah beberapa cara alami menghilangkan keputihan dengan cepat yang bisa Anda coba kapan saja.

Cara Alami Menghilangkan Keputihan:

  1. Daun Sirih

Daun sirih mengandung zat anti-bakteri yang mampu membunuh dan mencegah bakteri untuk timbul lagi. Dalam pengobatan keputihan, penggunaan daun sirih dapat dimulai dengan mempersiapkan air hangat di dalam baskom kecil. Kemudian masukkan beberapa lembar daun sirih kedalamnya agar semua sari-sarinya keluar. Diamkan selama 1 jam dan gunakan air rendaman ini untuk membersihkan alat reproduksi wanita.

  1. Akar Bayam

Selain pada daun sirih, zat anti-bakteri juga banyak terdapat dalam akar bayam. Haluskan akar bayam menjadi sangat halus menggunakan blender. Untuk mengurangi aroma yang kurang sedap, Anda bisa menambahkan madu atau sedikit gula. Minum jus ini dua kali sehari untuk penyembuhan keputihan secara optimal.

  1. Jangan Memakai Produk Pembersih Vagina

Dibalik iklannya yang sepertinya menawarkan keefektifan tinggi, cairan pembersih vagina ternyata mempunyai sisi negatif dimana akan merusak pH murni pada area kewanitaan. Hal ini tentu akan berakibat buruk pada kematian bakteri-bakteri baik yang menjaga pH di sekitar vagina. Pemakaian produk ini bahkan bisa memperparah kondisi keputihan Anda. Jadi, jika keputihan terjadi, hindari pemakaian produk pembersih vagina (kecuali yang diramu secara alami).

  1. Pisang

Ya, mungkin segelintir orang bertanya-tanya. Mengapa pisang? Jawabannya adalah karena pisang mampu menyeimbangkan hormon di dalam tubuh manusia. Selain melakukan perawatan dari luar, ada baiknya Anda juga membantu percepatan proses penyembuhan keputihan dari dalam menggunakan pisang. Konsumsi buah pisang dua buah dalam satu hari dan rasakan manfaatnya.

  1. Jahe

Adalah menangkal radikal bebas dan melawan infeksi bakteri dalam vagina, dua kemampuan jahe yang banyak orang belum ketahui. Tanaman rimpang ini bisa Anda gunakan sebagai alternatif penyembuhan keputihan. Caranya adalah dengan merebus segelas air bersama satu ruas jahe. Tunggu sampai mendidih dan minumlah selagi hangat.

  1. Yoghurt

Kandungan probiotik yang tinggi dalam yoghurt diyakini mampu melawan bakteri jahat dalam tubuh dan tentu saja alat reproduksi. Mengkonsumsi yoghurt secara rutin menjadi pilihan enak bagi Anda yang mengalami masalah keputihan.

  1. Jus Anggur

Jus anggur segar setiap hari untuk pengobatan? Siapa yang bisa menolaknya. Blender beberapa butir anggur bersama es batu sampai halus. Jus ini sangat baik dikonsumsi pasalnya anggur telah terbukti mampu memelihara bahkan meningkatkan pH alami pada organ resproduksi wanita.

  1. Katakan Tidak pada Makanan Berminyak

Makanan berminyak dan gorengan memang sangat menggoda selera. Warnanya yang menarik disertai aroma yang menggugah selera membuat banyak orang tidak kuasa untuk menolaknya. Padahal lemak pada gorengan akan memperparah problema keputihan Anda. Hal ini karena lemak mampu membuat kadar hormon menjadi tidak seimbang karena metabolisme terhambat. Jadi, untuk mempercepat penyembuhan keputihan, Anda harus “mengerem” kebiasaan ngemil makanan berminyak.

  1. Kurangi Kopi

Ada mitos bahwa terlalu banyak kopi bisa membuat rahim kering. Hal ini bukan tanpa dasar karena memang kafein dalam kopi dapat menurunkan dan menaikkan hormon esterogen dengan tidak stabil. Hal ini tentu akan menyebabkan keputihan pada organ kewanitaan Anda. Jadi, dalam proses penyembuhan, kurangi kopi sementara.

BACA JUGA  16 Gejala Dan Obat Tradisional Asam Urat
  1. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih memang murah, tetapi manfaatnya tidak murahan. Air putih mampu mengeluarkan racun dan residu dari ginjal dengan baik. Jika racuk keluar dari tubuh, maka proses metabolisme akan lancar. Metabolisme yang lancar juga akan memperbaiki keseimbangan pH yang akan mempercepat penyembuhan keputihan.

  1. Yoga

Yoga pada intinya adala sebuah olahraga yang menyeimbangkan stres. Jika Anda bisa mengendalikan stres, maka akan tercipta pula keseimbangan hormon dalam tubuh. Ikutlah kelas yoga secara rutin untuk menghilangkan keputihan.

  1. Menjaga Kebersihan Organ Kewanitaan

Organ kewanitaan yang kotor tentu merupakan ladang basah bagi kuman dan bakteri untuk berkembang. Untuk itu, menghilangkan keputihan akan sangat efektif jika dimulai dengan membersihkan organ kewanitaan secara rutin.

  1. Menghindarkan Diri dari Makanan Peningkat Suhu Badan

Ada beberapa makanan yang mampu meningkatkan suhu badan Anda seperti nanas, daging, ikan laut, terong, cabai, dan lain-lain. Makanan jenis ini tentu akan mengganggu keseimbangan hormon dan pH yang mengakibatkan keputihan. Oleh karena itu, stop mengkonsumsi makanan-makanan tersebut sekarang.

  1. Jus Lemon

Untuk penyuka jus, memperbanyak konsumsi jus lemon sangat dianjurkan saat mengalami keputihan. Jus lemon kaya akan antioksidan yang sudah terbukti mampu mencegah radikal bebas dalam tubuh. Bawalah jus ini dalam kemasan dan minumlah secara rutin.

  1. Air Rebusan Beras

Siapa sangka sesuatu yang dianggap biasa ini mampu menghilangkan keputihan. Saat rebusan beras mendidih, ambil sedikit air rebusannya. Minumlah selagi hangat secara rutin untuk mempercepat penghilangan keputihan Anda.

  1. Alpukat

Alpukat memiliki cara unik dalam hal penanganan keputihan. Buah ini membantu keebalan tubuh, jadi jika tubuh Anda kebal, segala jenis bakteri tidak akan mudah tumbuh dan berkembang.

  1. Perbanyak Yodium

Rendahnya yodium dalam tubuh membuat bakteri dengan mudah berkembang. Untuk itu, memperbanyak asupan yodium untuk meningkatkan kekebalan tubuh sangat baik dilakukan.

  1. Sayuran Hijau

Zat besi, klorofil alami, mineral, dan vitamin sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh, dan semua itu bisa didapatkan pada berbagai macam sayuran hijau.

  1. Jauhi Stres

Tidak ada masaah yang tidak bisa diselesaikan. Untuk itu, kendalikan stres dan selesaikan masalah agar kestabilan hormon terjaga.

  1. Pembalut Tipis

Untuk membuat Anda menjadi nyaman menjalani hari, gunakan pembalut tipis yang mampu menyerap lendir keputihan. Langkah ini penting agar luapan lendir tidak melampaui batas sehingga menghalangi aktivitas.

  1. Basil

Basil mampu menjaga kesehatan rongga kewanitaan dan menyeimbangkan pH. Haluskan beberapa lembar basil yang dicampur madu atau susu dan minumlah dua kali sehari.

  1. Delima

Jus lain yang bisa dikonsumsi adalah jus delima. Zat dalam delima mampu menjegal perkembangan bakteri jahat dan menyeimbangkan hormon dalam tubuh.

  1. Cuka Sari Apel

Minumlah cuka sari apel yang telah dicampurkan pada air hangat secara teratur. Rasakan manfaatnya pada tingkat keseimbangan pH organ kewanitaan Anda.

  1. Biji Fenugreek

Rendam biji fenugreek dalam air hangat kemudian saring. Minumlah ramuan ini sebelum sarapan pagi untuk meningkatkan jumlah pH dalam vagina.

  1. Menjaga Kebersihan Pakaian Luar dan Dalam

Bisa jadi penyebab keputihan adalah banyaknya bakteri pada pakaian Anda (pakaian dalam). Oleh karena itu, untuk menghilangkan keputihan agar tidak bertambah parah, maka Anda wajib memastikan pakaian yang Anda kenakan bersih.

  1. Bawang Putih

Potong satu siung bawang putih menjadi dua. Letakkan di atas organ kewanitaan Anda dan tutuplah dengan pembalut. Zat anti-bakterinya akan bekerja untuk membunuh kuman penyebab keputihan.

  1. Ketumbar

Rendam biji ketumbar semalaman. Minumlah pada pagi hari ketika perut Anda kosong.

  1. Lidah Buaya

Selain memberikan sensari segar, lidah buaya (aloe vera) kaya akan vitamin E, C, dan antioksidan yang bagus untuk penyembuhan keputihan. Oleskan bagian dalam lidah buaya pada organ kewanitaan Anda dan biarkan sapai meresap sempurna. Bilas dengan air hangat dan keringkan.

BACA JUGA  20 Penyebab serta Obat Diare Alami untuk Anak, Bayi dan Ibu Hamil

Itulah 28 cara menghilangkan keputihan secara alami dan cepat. Agar keputihan tidak bertambah parah, segeralah mengambil tindakan dan tips di atas bisa menjadi pedoman untuk Anda.

cara alami menghilangkan keputihan com,Caramenghilangkankeputihan,buah alpukat menhilangkan bau keputihan,Cara hilangkan keputihan,cara menghilangkan keputihan,cara menyembuhkan keputihan yg kaya biji beras,jus buah untuk menghilangkan keputihan,penghilangan keputihan
Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *