17 Cara Mengobati Amandel Secara Alami Pada Anak Tanpa Operasi

Amandel, pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Amandel adalah salah satu bagian bagian organ pencernaan yang terletak di belakang mulut. Penyakit amandel muncul ketika banyak kuman yang bersarang dalam lipatan belakang mulut. Kuman dapat masuk dengan berbagai cara, salah satu diantaranya yaitu melalui makanan atau minuman dan mengendap dalam lipatan belakang mulut. Lalu, bagaimana cara mengobatinya? Berikut ulasan beberapa cara mengobati amandel secara alami pada anak tanpa operasi.

Sebelum menuju ke topik utama, ada baiknya Anda mengetahui beberapa gejala munculnya penyakit amandel seperti nafas terasa sesak, sakit kepala, pembengkakan pada kelenjar getah bening, menggigil, demam, sakit saat menelan, bau mulut, muntah, bahkan sakit perut. Ada beberapa penyebab penyakit amandel yang sering dijumpai yaitu minuman dingin, makanan berminyak, gorengan, makanan penas, virus, kuman, dan lainnya.

Cara Mengobati Amandel Secara Alami Pada Anak

Cara Mengobati Amandel Secara Alami Pada Anak

Banyak orang yang sudah terpaku pengetahuannya bahwa amandel hanya dapat disembuhkan dengan cara operasi. Anggapan ini muncul karena sebagian besar penderita amandel menempuh jalur operasi sebagai bagian dari penyembuhannya. Tentu akan membutuhkan biaya yang lumayan untuk melakukan prosedur operasi amandel. Bukan lagi resiko rasa sakit yang mungkin diderita pasca operasi. Kabar gembira, kini Anda dapat mengatasi masalah amandel secara alami dengan bahan-bahan yang telah disediakan oleh alam. Pengobatan amandel menggunakan bahan alami lebih murah dan cenderung tanpa efek samping. Tetapi Anda harus bersabar karena efek penyembuhan akan dapat dirasakan setelah selang beberapa waktu. Berikut beberapa cara mengobati amandel secara alami pada anak tanpa operasi.

Daftar Isi Artikel

BACA JUGA  17 Gejala Dan Cara Menurunkan Darah Tinggi Dengan Cepat

Cara Mengobati Amandel Secara Alami Pada Anak Tanpa Operasi

  1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Air putih akan melarutkan toksin yang terdapat dalam amandel anak Anda. Selain itu, air putih juga akan mengurangi sensasi susah menelan saat terjadi gangguan pada amandel anak Anda. Berilah pengertian pada anak Anda untuk konsisten meminum sedikitnya delapan gelas air putih setiap hari.

  1. Menghindarkan Anak dari Asap

Ketika ada masalah pada amandel, sebisa mungkin jauhkan anak Anda dari segala jenis asap. Asap rokok, asap kendaraan, asap pembakaran, dan lainnya harus diminimalisir agar kondisi amandel tidak semakin parah.

  1. Mengurangi Bicara

Agar amandel cepat pulih, cegah anak Anda untuk terlalu banyak mengeluarkan suara atau berbicara. Anda bisa mengalihkannya dengan memberikan kegiatan yang menyita perhatiannya sehingga anak tidak terlalu banyak berbicara.

  1. Bonggol Pisang

Jangan remehkan bonggol pisang. Bagian dari tanaman pisang ini juga efektif untuk membantu menyembuhkan amandel anak Anda. Caranya sangat mudah yaitu dengan memarut bonggol pisang sampai halus lalu peras untuk mengambil sarinya. Minumkan pada anak Anda tiga kali sehari.

  1. Daun Cocor Bebek

Daun cocor bebek memiliki nama berbeda-beda untuk setiap wilayah. Coba cari di mesin pencari agar Anda lebih memahami bentuk tanaman ini. Daun tanaman cocor bebek juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati amandel anak Anda. Tumbuk atau blender daun cocor bebek secukupnya lalu peras untuk mengambil sarinya. Gunakan perasannya sebagai obat kumur bagi anak.

  1. Jeruk Nipis

Bukan rahasia lagi jika jeruk nipis mengandung vitamin C yang tinggi. Tentu ini menjadi kabar menggembirakan bagi penyembuhan amandel anak Anda. Langkah pertama yaitu dengan memeras jeruk nipis secukupnya. Capurkan dengan sedikit ar dan kapur sirih. Aduk sampai merata lalu berikan pada akan untuk diminum tiga kali dalam sehari.

BACA JUGA  15 Penyebab dan Cara Mengatasi Mimisan Pada Anak
  1. Mengkudu

Buah dengan penampilan kurang menarik ini tidak disangka efektif juga untuk menyembuhkan amandel. Haluskan mengkudu yang matang sempurna sampai benar-benar halus menggunakan blender. Peras sarinya lalu tambahkan madu secukupnya. Minumkan pada anak tiga kali sehari.

  1. Madu

Madu kaya akan anti bakteri yang mampu melawan berbagai macam bakteri penyebab amandel. Selain itu, madu juga diperkaya akan anti radang yang akan secara bertahap mengempeskan radang pada amandel anak. Berikan madu satu sendok makan selama tiga kali sehari pada anak. Pastikan Anda memilih madu murni untuk manfaat yang lebih baik.

  1. Daun Saga

Jika Anda belum pernah mendengar jenis daun ini, cobalah Anda ketikkan pada mesin pencari. Rebus daun saga dalam air secukupnya. Saring dan biarkan menjadi dingin. Tambahkan madu secukupnya untuk menghindarkan rasa getir sehingga disukai oleh anak Anda. Minumkan air rebusan ini secara rutin untuk mengatasi infeksi virus maupun bakteri penyebab radang pada amandel.

  1. Jahe

Kandungan zat anti inflamasi dalam jahe efektif dipilih untuk menyembuhkan amandel anak. Cara pemanfaatannyapun sangat sederhana yaitu dengan merebus jahe dalam air secukupnya. Tambahkan madu untuk memberi sensasi manis dan manfaat lain. Minumkan pada anak ketika larutan sudah dingin.

  1. Kulit Manggis

Anda bisa menggunakan kulit manggis asli ataupun ekstraknya untuk mengatasi masalah amandel. Rebus kulit manggis kering pada air secukupnya hinggamendidih. Biarkan air menjadi dingin lalu gunakan untuk berkumur.

  1. Daun Benalu

Benalu yang dianggap liar ternyata memiliki manfaat luar biasa untuk penyembuhan amandel. Ambil benalu pada pohon jeruk nipis dan tumbuk bersama daun adas pulo waras. Tambahkan sedikit air lalu peras untuk mengambil sarinya. Seduh dengan air panas lalu minum ketika dingin secara rutin. Untuk menambah rasa, Anda bisa menambahkan sedikit gula merah.

  1. Bawang Merah

Bawang merah juga kaya akan zat anti inflamasi yang akan mengatasi peradangan amandel Anda. Cara ini mungkin akan kurang disukai oleh anak Anda. Tinggal pintar-pintar Anda sebagai orang tua untuk memberikan pengertian pada anak bahwa bawang merah akan mampu menyembuhkan amandel. Bimbing anak Anda untuk mengunyah bawang merah lalu telanlah.

  1. Kunyit

Parut satu ruas kunyit berukuran ibu jari lalu peras sarinya. Seduh dengan air panas secukupnya dengan ditambahi madu dan jeruk nipis. Minum ketika sudah dingin untuk penyembuhan amandel secara optimal.

  1. Mengurangi Makanan Pedas

Tentu kunci untuk mengurangi peradangan adalah mengurangi makanan dengan rasa sensasi pedas.

  1. Bayam

Cara mengatasi amandel dengan bayam adalah dengan membuat sayur bayam yang dicampur dengan lada hitam bubuk. Selain menyegarkan dan mengenyangkan, sayur bayam ternyata daun bayam mampu bekerja efektif melawan radang amandel.

  1. Cengkeh

Cengkeh diperkaya akan zat anti inflamasi yang akan berpengaruh positif pada pengempesan radang amandel. Caranya geprek cengkeh lalu tambahkan pada minuman favorit anak Anda seperti susu, teh, atau coklat hangat. Anda juga bisa menambahkan bubuk cengkeh pada makanan yang Anda buat.

BACA JUGA  Kenali, 12 Ciri-Ciri dan Gejala Awal Penyakit Jantung

Itulah 17 cara mengobati amandel secara alami pada anak tanpa operasi. Semua tergantung Anda, metode mana yang akan ditempuh. Namun disarankan ketika beberapa cara alami di atas sudah dipraktikkan, namun tidak memberikan perubahan signifikan, maka langkah operasi mungkin memang harus diambil. Selamat mencoba..

 

apakah kunyit madu bisa menyebuhkan toksin amandel anak ?,cara menghilangkan farises dan amandel,cara mengobati amandel,cara menyembuhkan amandel dengan murah,cara untuk menyembuhkan penyakit amandel dari daun bayam,kolang kaling obat amandel
Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *