17 Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Dengan Cepat Secara Alami

Gigi merupakan salah satu organ yang memiliki peran penting bagi makhluk hidup, terutama bagi manusia. Organ inilah yang berfungsi untuk menghaluskan makanan sehingga nantinya akan lebih mudah dicerna oleh organ pencernaan. Mengetahui cara mengobati sakit gigi berlubang, ada diantaranya yang pergi ke dokter atau secara alami. Terutama pada anak, sangatlah penting untuk dilakukan mengingat mereka akan sangat rewel jika mengalami penyakit ini.sakit-gigi

Perlu diketahui bahwa gigi berlubang umumnya disebabkan karena aktivitas bakteri dan kuman yang menguraikan sisa makanan menjadi zat asam, sehingga akan merusak lapisan gigi. Akibatnya, gigi akan berlubang dan terus semakin dalam hingga mencapai syaraf. Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena ada 17 cara cepat untuk mengobatinya. Simak tips-tips berikut ini!

17 Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang

  1. Mencabut Gigi Berlubang

Mencabut gigi berlubang tentu menjadi solusi permanen dan terbaik apalagi untuk anak-anak dan dewasa. Terutama pada gigi anak, akan kembali tumbuh selang beberapa waktu tertentu. Tetapi perlu diingat, proses pencabutan gigi tidak akan pernah dilakukan oleh dokter ketika sedang mengalami sakit gigi karena khawatir akan mengganggu syaraf lain. Untuk itu, perlu menunggu sampai sakit gigi reda, kemudian bawalah ke spesialis gigi untuk dilakukan prosedur pencabutan gigi yang berlubang.

  1. Menyikat Gigi

Gigi berlubang yang sakit kemungkinan karena aktivitas bakteri dan kuman yang sedang bersemangat. Untuk itu, Anda dapat menggosok gigi lebih sering, terutama pada bagian yang berlubang. Gosokkan perlahan untuk menghindari iritasi. Menyikat gigi tentu akan mengurangi aktivitas bakteri dan kuman penyebab sakit gigi.

  1. Berkumur Dengan Obat Kumur

Berbagai merk obat kumur tersedia di toko dan apotik. Tapi ingatlah bahwa obat kumur anak tidak sama dengan obat kumur dewasa, terutama dalam hal dosis. Pilihlah obat kumur yang memang ditujukan untuk anak atau sesuai dengan dosis pemakaian pada anak. Berkumurlah secara rutin (terutama saat sakit gigi) untuk membunuh kuman di dalam mulut.

  1. Menggunakan Bawang Putih

Bukan hanya menyedapkan makanan, bawang putih ternyata mujarab untuk mengobati sakit gigi pada anak-anak dan dewasa. Adalah zat anti bakteri, suatu zat penting yang efektif membunuh kuman. Haluskan satu siung bawang putih, lalu kunyahlah pada gigi yang sakit atau berlubang. Kunyah terus secara perlahan sampai rasa sakitnya berkurang. Kemudian berkumurlah dengan air hangat. Lakukan secara teratur untuk memberi hasil yang lebih baik.

  1. Perasan Jeruk Nipis

Siapa sangka buah kecil ini bisa sangat membantu dalam mengurangi sakit gigi berlubang. Memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, jeruk nipis tentu bisa menghilangkan rasa nyeri pada gigi berlubang. Caranya yaitu peraslah jeruk nipis secukupnya kemudian teteskan pada gigi yang berlubang atau sakit setiap 20 menit sekali. Rasakan perbedaannya.

  1. Cengkeh

Rempah-rempah harum ini tidak hanya terkenal sebagai campuran rokok, berbagai bahan makanan, tetapi juga sudah teruji untuk obat sakit gigi. Ada dua cara yang dapat dilakukan. Pertama dengan membeli minyak cengkeh di pasar, kemudian mencampurkannya dengan air hangat. Gunakan larutan ini untuk berkumur setiap 25 menit sekali. Kedua, tumbuklah cengkeh sampai halus, kemudian tempelkan pada gigi yang berlubang. Tunggu sampai beberapa menit dan nyeri pada gigi akan berkurang.

BACA JUGA  17 Cara Mengobati Amandel Secara Alami Pada Anak Tanpa Operasi
  1. Minyak Batok Kelapa

Batok kelapa? Ya. Bahan ini sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Caranya sangat sederhana yaitu dengan membakar batok kelapa sampai keluar minyaknya. Setelah keluar minyak, usapkan pada kain kasa atau kapas lalu tempelkan pada gigi berlubang yang sakit. Resep kuno ini sudah digunakan secara turun temurun, dan kini bisa Anda coba praktikan sendiri.

  1. Asam Jawa

Untuk yang hobi rujak, rempah ini tentu sudah sangat familiar. Buah kecoklatan ini memiliki biji hitam kecoklatan mengkilat yang cukup keras. Untuk memanfaatkannya sebagai obat sakit gigi, tumbuklah beberapa biji asam jawa sampai benar-benar halus. Sangrailah di atas wajan sampai warnanya kehitaman. Bubuhkan pada gigi yang berlubang, maka nyeri akan perlahan menghilang.

Artikel Terkait : 18 Obat Sakit Gigi Alami dan Paling Ampuh

  1. Bunga Matahari

Mungkin tidak semua orang menanam bunga matahari, tetapi Anda dapat dengan mudah menjumpainya di toko bunga. Bunag berwarna kuning cerah ini memiliki khasiat juga untuk mengobati sakit gigi. Campurlah jahe dan bunga matahari kemudian rebuslah sampai mendidih dan air didihan tinggal separuh. Minum air rebusan ini selagi hangat untuk mengurangi ketegangan syaraf pada gigi yang sakit.

  1. Bawang Merah

Saudara “tiri” bawang putih ini siapa sangka berperan efektif dalam pengobatan sakit gigi. Caranya sangat simpel yaitu hanya dengan mengupas bawang merah dari kulit arinya, kemudian mengunyahnya secara perlahan sampai lembut. Rasanya memang akan aneh dimulut anak, tetapi Anda bisa mensiasati dengan mengalihkan perhatian anak agar fokus kepada Anda bukan berfokus pada rasa bawang merah.Rempah ini mampu mengurangi sakit gigi sekaligus mencegah infeksi pada mulut.

  1. Merica

Bumbu dapur bercita rasa pedas ini ampuh sebagai obat alami sakit gigi. Haluskan merica bersama garam secukupnya kemudian tambahkan air untuk membuatnya menyerupai pasta. Masukkan pada gigi berlubang dan biarkan untuk beberapa saat. Berkumurlah dengan air hangat untuk menghilangkan siswa ramuan dari mulut Anda.

  1. Daun Inggu

Daun inggu juga dapat diterapkan dalam proses penyembuhan sakit gigi berlubang pada anak dan orang dewasa. Daun inggu yang akan digunakan adalah daun inggu yang kerig, jadi pilihlah daun yang kering atau keringkan daun yang masih basah. Didihkan air sekitar dua gelas lalu masukkan daun inggu yang kering kedalamnya. Gunakan air rebusan ini untuk berkumur setiap 30 menit sekali.

  1. Biji Jarak Cina

Untuk Anda yang belum pernah menemukan tanaman jarak cina, Anda bisa pergi ke pedesaan atau pasar tradisional. Buahnya berwarna hijau saat masih muda dan akan menguning ketika sudah masak. Didalamnya ada sekitar  sampai  biji jarak cina berwarna hitam dan inilah yang akan kita gunakan. Haluskan biji jarak cina dan masukkan kedalam segelas air panas. Saring ramuan ini kemudian gunakan untuk berkumur ketika sudah mendingin.

  1. Cabai Rawit

Tumbuk halus cabai rawit serta tambahkan air secukupnya. Bubuhkan pada kapas dan oleskan pada gigi yang berlubang. Sensasi pedasnya akan mengurangi rasa nyeri pada gigi.

  1. Akar Meniran

Cabut beberapa tanaman meniran kemudian bersihkan akarnya dengan air. Kunyahlah akar meniran tersebut secara perlahan. Bilaslah dengan air bersih dan lakukan setiap malam sebelum tidur.

  1. Akar Kangkung

Potonglah segenggam akar kangkung dan rebus bersama setengah sendok teh cuka. Diamkan agar menjadi dingin kemudian gunakan untuk berkumur.

  1. Serai

Rebus 2 gelas air bersama 40 gram serai. Setelah mendidih, pastikan air tersisa setengahnya. Dinginkan dan gunakan sebagai cairan untuk berkumur.

BACA JUGA  17 Gejala Dan Cara Menurunkan Darah Tinggi Dengan Cepat

Itulah 17 cara mengobati sakit gigi berlubang dengan cepat secara alami. Tidak perlu mencari obat-obatan yang mahal karena Anda bisa membuatnya sendiri.

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *