27 Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Ada banyak sekali hal yang mempengaruhi prestasi dan kesuksesan seseorang. Dua diantaranya adalah daya ingat dan konsentrasi. Kedua faktor ini menjadi penting karena berhubungan langsung dengan daya pikir dan kemampuan seseorang dalam memproses suatu informasi. Lalu, bagaimana cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi ? Simak penjelasannya berikut ini.Cara Meningkatkan Daya Ingat Dan Konsentrasi

Cara Meningkatkan Daya Ingat

  1. Olahraga

Orang yang gemar olahraga akan cenderung lebih sehat. Dibalik itu, ternyata melakukan aktivitas fisik mampu menhambat produksi hormon stres kortisol yang mampu membunuh sel dalam otak. Pilihlah olahraga yang Anda sukai dan lakukan setiap hari.

  1. Tidur Cukup

Tidur cukup membuat otak beristirahat secara optimal. Selain itu, kualitas tidur tentu akan mempengaruhi fungsi otak. Untuk itu, atur waktu tidur Anda agar tidak terlalu sedikit maupun terlalu banyak.

  1. Konsumsi Cokelat

Mengapa cokelat? Karena dark chocolate atau cokelat hitam kaya akan procyanidins yang membantu meningkatkan daya ingat dan memori. Anda bisa mengkonsumsinya dalam secangkir cokelat hangat atau sebagai camilan setiap hari.

  1. Relaksasi

Relaksasi bisa mengurangi ketegangan syaraf dalam otak. Luangkan waktu sejenak dari aktivitas dan kesibukan yang menumpuk untuk sekedar menarik nafas panjang sembari memikirkan sesuatu yang positif. Dengan demikian maka tubuh dan jiwa Anda akan menjadi lebih relaks dari sebelumnya.

  1. Bersosialisasi

Siapa sangka dengan memperluas jaringan pertemanan dan kekeluargaan, daya ingat kita akan semakin kuat. Bersosialisasi akan menurunkan stres sekaligus mencegah perkembangan hormon kortisol dalam otak.

  1. Latihan Mental dan Neurobics

Pilihlah mainan yang mendidik otak Anda. Permainan seperti teka teki silang, tebak kata, sudoku, mahjong, dan lainnya dapat melatih otak untuk tetap berpikir dan berkembang.

  1. Buang Pikiran Tidak Penting

Hal-hal yang tidak penting sebaiknya jangan terlalu dipikirkan. Hal ini ditujukan agar memori dalam otak tidak terkuras hanya untuk menyimpan sesuatu yang tidak bermanfaat.

  1. Terus Belajar

Salah satu kunci untuk meningkatkan daya ingat adalah belajar. Dengan belajar, waasan akan semakin terbuka dan pengalaman baru akan didapatkan.

  1. Menulis

Percaya atau tidak, dengan menulis atau merangkum suatu bacaan, maka kesempatan untuk mengingatnya akan lebih tinggi. Pasalnya menulis mampu menghantarkan aliran oksigen ke area otak yang dampak positifnya akan dirasakan pada penguatan daya ingat.

  1. Cukupi Vitamin B12

Vitamin B12 berpengaruh banyak pada performa otak terutama pada daya ingat. Kekurangan vitamin B12 membuat daya ingat menjadi rendah. Cukupi asupn vitamin B12 dengan banyak mengkonsumsi susu, daging, telur, ikan, dan lainya.

  1. Kembangkan Kebiasaan Baru

Berpikir dinamis terbukti mampu memperkuat daya ingat. Cobalah untuk memulai hal-hal baru yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya. Misalnya bepergian ke tempat baru, mengubah lay out rumah, mencoba warna dinding baru, mengkonsumsi makanan yang aneh, dan lainnya.

  1. Memvisualisasikan sesuatu Dengan Gambar

Ketika Anda mendapatkan pelajaran baru, cobalah untuk merubah kata-kata guru dalam bentuk gambar atau bagan. Karena ini akan jauh lebih mudah diingat daripada bentuk bacaan non verbal. Bisa Anda praktikan sendiri, membaca komik bergambar akan lebih menyenangkan dan mudah diingat daripada membaca novel penuh huruf.

BACA JUGA  20 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami Dan Permanen
  1. Mengajarkan Pada Orang Lain

Dengan membagikan ilmu yang Anda miliki pada orang lain, maka justru ilmu yang Anda miliki akan bertambah dan akan semakin terpatri kuat dalam ingatan. Jadi, jangan pelit dalam masalah ilmu.

  1. Mendengarkan

Mendengarkan lebih efektif daripada hanya sekedar membaca. Tetapi Anda tidak boleh mengesampingkan praktik membaca karena ini juga merupakan langkah yang baik untuk meningkatkan daya ingat.

  1. Kurangi Makanan Yang Manis

Makanan yang manis berisiko meningkatkan diabetes. Tentu ini akan berdampak negatif pada kemampuan daya ingat Anda. Untuk itu, kurangi penambahan gula pada makanan atau minuman, serta sebisa mungkin meminimalisir jajanan dengan cita rasa manis.

  1. Praktik

Kalau hanya teori, maka manfaatnya akan mudah hilang. Tetapi jika dipraktikkan, maka akan muda untuk diingat. Contohnya ketika Anda mempelajari bab pertumbuhan. Ada baiknya untuk melakukan praktik sederhana misal pada kecambah. Maka ilmu di dalamnya akan selalu tersimpan dalam otak.

Cara Meningkatkan Konsentrasi

  1. Sarapan

Perut yang lapar cenderung membuat Anda berfokus pada jajanan di kantin sehingga melalaikan akan pekerjaan di depan Anda. Untuk itu, penting rasanya menempatkan sarapan sebagai suatu prioritas sebelum melakukan sesuatu.

  1. Jangan Melamun

Jangan pernah melamun. Ketika Anda melamun, maka konsentrasi akan terpecah sehingga Anda tidak lagi tersambung dengan apa yang ada di sekitar Anda.

  1. Istirahat

Kurang istirahat juga akan menurunkan kemampuan berkonsentrasi. Jangan pernah memforsir sesuatu hal karena cenderung akan membutuhkan waktu yang panjang untuk menyelesaikannya. Istirahatkan tubuh Anda secara cukup agar konsentrasi kembali pulih.

  1. Cukupi Asupan Air

Ada A*ua? Jargon ini bukan tanpa sebab karena tubuh yang kekurangan asupan air akan susah untuk berkonsentrasi. Hal ini karena tubuh manusia 80%nya adalah air. minum sedikitnya delapan gelas setiap hari agar pikiran tetap fokus dan konsentrasi terjaga.

  1. Ice Breaking

Ketika bosan dan konsentrasi menurun, lakukan ice breaking. Ice breaking bisa diwujudkan dalam berbagai permainan menyenangkan seperti menyanyi, tebak-tebakan, bercerita, dan lainnya.

  1. Fokus

Fokuslah pada apa yang Anda kerjakan demi tercapainya tujuan yang ditetapkan. Ketika pikiran Anda fokus pada satu hal, maka konsentrasi penuh akan tercurah juga pada hal itu.

  1. Memposisikan Diri

Jangan melakukan suatu pekerjaan di tempat yang ramai. Meski sebagian orang bisa melakukannya dengan baik, banyak diantara kita yang justru akan berfokus pada keramaian. Pilihlah tempat yang tenang dan senyap untuk menyelesaikan suat pekerjaan agar konsentrasi tetap terjaga.

  1. Hindari Multitasking

Meningkatkan konsentrsi juga bisa didapatkan dengan menghindari kegiatan jamak. Maksudnya akan berfokus pada satu pekerjaan dahulu, lalu berganti pada pekerjaan lain setelah pekerjaan sebelumnya selesai.

  1. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik juga bisa dipilih sebagai upaya peningkatan konsentrasi. Namun Anda harus bijak dalam memilih jenis musik. Musik-musik beralunan tenang cocok dipilih ntuk meningkatkan konsentrasi.

  1. Terapkan Pola Hidup Sehat

Menerapkan pola hidup sehat juga akan berdampak langsung pada terjaganya konsentrasi. Anda bisa mendapatkannya dengan melakukan olahraga dan pemilihan makan yang bergizi seimbang setiap hari.

  1. Liburan

Kurang piknik bikin panik. Kalimat populer remaja tersebut memang terbukti adanya. Jangan terlalu fokus pada apa yang Anda kerjakan sampai lupa untuk memberikan nutris pada batin Anda. Luangkan sedikit waktu untuk berlibur dan pada saat Anda kembali, dijamin konsentrasi akan sangat prima.

BACA JUGA  34 Cara Meninggikan Badan dengan Cepat Secara Alami

Itulah 27 cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi dengan mudah dan efektif. Mengingat pentingnya dua hal ini, tentu ada baiknya bagi Anda untuk mulai mencoba mempraktikannya sekarang.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *