13 Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat Secara Alami

Menurunkan berat badan terkadang sulit, apalagi dengan cepat. Banyak orang yang sudah mencoba, baik secara alami maupun dengan berobat ke dokter. Berat badan ideal merupakan dambaan setiap orang, terlebih lagi bagi orang – orang yang kurang percaya diri dengan bentuk tubuh dan berat badan mereka,berat badan yang ideal juga akan menghindarkan kita dari resiko penyakit yang membahayakan, oleh sebab itu beribu carapun mereka tempuh untuk mendapatkan keidealan tersebut. Tidak perlu dengan cara diet ketat yang malah menyiksa Anda. Tidak perlu juga menggunakan obat – obatan pelangsing atau bahan – bahan kimia untuk menurunkan berat badan, karena itu juga akan merusak tubuh dan menjerumuskan Anda kedalam hidup tidak sehat. Oleh sebab itu kami akan memberikan tips untuk menurunkan berat badan dengan cepat dengan cara alami :

menurunkan-berat-badan-dengan-cepat-alami

Cara -Cara Menurunkan Berat Badan :

  1. Jangan Melewatkan Sarapan

Sebagian orang berpresepsi salah mengenai sarapan pagi dan sering mengabaikannya. Entah karena terburu – buru atau megira tidak sarapan akan mempercepat proses melangsingkan tubuh. Padahal sarapan memiliki manfaat yang sangat besar bagi tubuh antara lain :

Sebagai sumber energi awal untuk modal memulai aktivitas, yang kedua menekan makan berlebih karena jika kita mlewatkan sarapan pagi makan kemungkinan besar kita akan mudah merasa lapar sehingga akan makan dalam porsi yang banyak pada siang harinya, yang ketiga dengan sarapan pagi akan mempercepat kinerja otak kita. Sarapan pagi juga harus dengan menu sarapan sehat, seperti: Telur, ikan, ayam, nasi, roti, sereal atau oatmeal, dan buah-buahan.

  1. Makanlah dalam Porsi Kecil

Jika Anda ingin makan gunakanlah piring atau mangkuk dengan ukuran yang kecil dari yang biasanya kita gunakan. Apabila hal itu dilakukan secara berturut – turut maka akan menjadi kebiasaan. Hal tersebut merupakan salah satu cara menurunkan berat badan karena makan dengan porsi kecil berarti kalori yang masuk ke dalam tubuh juga berkurang. Walaupun Anda makan dalam porsi kecil tetapi Anda masih bisa merasakan kenyang yatiu dengan cara makan perlahan – lahan atau lebih lambat dari biasanya karena hal itu dapat merangsang orak kita bahwa kita sudah merasakan kenyang.

  1. Minum Air Putih Sebelum Makan

Minum air putih sebulum makan merupakan suatu hal yang sangat penting dan wajib dilakukan untuk menurunkan berat badan. Mengapa? Karena dengan minum air putih sebelum makan akan memberikan efek kenyang sehingga kita tidak akan makan dengan porsi yang banyak dan sebagai hasilnya mengkonsumsi kalori lebih sedikit yang berdampak pada penurunan berat badan. Tetapi ingat minumlah air putih secara bertahap, jangan berlebihan, dan secukupnya saja. Dianjurkan minum air putih kurang lebih 2 liter per hari.

  1. Konsumsi makanan berserat dan berprotein tinggi

Konsumsilah makanan yang berserat tinggi dan berprotein. Serat mempunyai peran besar dalam mengusir lemak. Semakin banyak serat yang masuk dalam tubuh maka volume feses akan membesar semakin cepat lantaran serat yang berbentuk menyerap air. Protein dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Selain itu, protein bisa membantu membakar lemak dalam tubuh. Makanan sumber protein anatra lain : yoghurt, keju, kedelai, kacang – kacangan, gandum, tuna. Sedangkan makanan atau buah – buahan yang memiliki serat tinggi yaitu apel, pisang, pir, papaya, jambu biji merah.

  1. Jangan Makan Setelah Jam 6 Sore

Salah satu cara untuk menurunkan berat badan yang lain adalah dengan cara menghindari makan malam, karena pada malam hari kita jarang beraktivitas dan akan menimbulkan tumpukan lemak di tubuh semakin menimbun. Usahakanlah tidak makan malam setelah pukul 6 sore. Menurut hasil penelitian makan malam mendekati waktu tidur akan membuat membuat metabolisme tubuh menjadi buruk. Makan malam akan  menurunkan metabolisme lemak menjadi energi dan akan meningkatkan kadar kolesterol jahat.

  1. Pola Tidur yang Baik

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Mayo Clinic, profesor kedokteran kardiovaskular ,Dr Virend Somers dan rekan-rekannya, menemukan bahwa tidur merupakan regulator atau pengatur yang  penting dari metabolisme dan pengeluaran energi. Ketika kurang tidur, hormon pengatur  metabolisme akan membuat kita merasa lapar dan merangsang kita untuk mengkonsumi kalori yang mengakibatkan penambahan berat badan. Tetapi ingat, tidur yang berlebihan juga tidak baik karena akan membuat kita malas untuk bergerak dan beraktivitas.

BACA JUGA  14 Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Kering Secara Alami
  1. Kurangilah Makanan Manis

Makanan manis memang enak dan memberi energy lebih besar dari kalori ataupun protein, Tapi jangan salah dulu makanan manis apalagi manis karena bahan sintetik atau tidak alami hanya akan meningkatkan glukosa dalam tubuh yang mengakibatkan tubuh akan mengalami kenaikan berat badan dan membuat tidak sehat.

Usahakanlah  mengurangi makanan yang manis-manis. Gantilah desert untuk penutup makan tanpa dengan yang manis. Hindari makanan atau minuman seperti teh manis, kue brownies, donut, minuman bersoda, dan sejenisnya.

  1. Makanlah Secara Teratur dan Tepat Waktu

Kita harus membiasakan makan secara teratur dan tepat waktu.Makan tepat waktu dan teratur sangat penting untuk dilakukan dan bahkan harus dibiasakan. Orang-orang yang melewatkan sarapan paginya cenderung memiliki tubuh yang lebih gemuk dan dibandingkan yang rutin sarapan, orang yang tidak sarapan memiliki kadar kolestrol darah yang tinggi. Tidak teratur dalam pola makan juga akan bermasalah terhadap insulin. Selain itu makan yang tidak teratur dapat memicu gula darah menjadi tak terkendali yang berakibat terjadinya diabetes. Makanlah dengan teratur yaitu 3 kali sehari yaitu  sarapan, makan siang dan makan malam. Makanlah jika Anda benar – benar merasa lapar. Aturlah jam makan Anda seperti sarapan sekitar jam 6 pagi sampai 8 pagi, makan siang sekitar jam 12 siang sampai 1 siang dan makan malam antara jam 6 sore sampai 7 malam. Ingat makan malam lebih baik dimajukan dan jangan memakan makanan yang berkarbohidrat dan mengandung glukosa tinggi. Jika kondisi tertentu menambah jumlah makan sebelum dan sesudah olahraga tetap dianjurkan. Tidak usah terlalu khawatir dengan frekuensi makan.  Jika makanan yang kita konsumsi tepat, asupan kalori tetap bisa diatur dengan menyeimbangi asupan gizi seperti protein, serat, lemak esensial vitamin dan mineral.

  1. Jangan Malas Bergerak dan Beraktivitas

Olahraga menjadi salah satu cara sehat untuk menurunkan berat badan secara alami. Menurut penelitian, olahraga bisa membantu memangkas lemak berlebih dalam tubuh. Terbakarnya lemak inilah yang dapat membuat berat badan kamu menjadi lebih ideal. Olahraga yang cepat membakar lemak antara lain : Aerobic, lari, berenang, dan lompat tali. Jadikanlah olahraga mejadi hobi dan kegiatan yang rutin dilakukan setiap harinya. Olahraga saja tidak cukup untuk menurunkan berat badan Anda harus memiliki dan taat terhadap aturan – aturan untuk menunjang program penurunan berat badan.

  1. Memakan Makanan Rendah Lemak

Anda harus tahu tentang kandungan kalori disetiap makanan yang dikonsumsi. Makan makanan yang memiliki kalori yang rendah. Anda harus mengurangi semua makanan yang dimasak dengan cara digoreng, lebih baik makan yang dimasak dengan direbus. Gantilah kebiasaan makan nasi yang banyak sampai menggunung, sebaiknya ganti dengan gandum ataupun beras merah yang yang akan membuat efek lebih cepat kenyang.

  1. Kontrol Emosi dan Stress

Kontrol tingkat emosi dan stress Anda karena pada saat kita stress tingkat emosi kita kan melonjak yang menyebabkan perasaan tertekan, Nah, pada sebagian orang dengan kondisi tersebut akan menyebabkan secara tanpa sadar melampiaskannya pada makanan, membuat nafsu makan meningkat. Kelolah stress dan emosi Anda dengan baik yaitu bisa dengan cara meditasi ataupun menyalurkan energi Anda untuk olahraga dan beraktivitas positif.

  1. Komimtmen Yang Kuat

Kita harus membangun komitmen yang kuat bahwa Anda sedang berusaha untuk menurunkan berat badan Anda karena itu demi kehidupan Anda sendiri. Kalau perlu Anda bisa meyewa jasa pelatih kebugaran atau konsultan kesehatan untuk membantu program penurunan berat badan yang sedang dilakukan.

  1. Motivasi dan Niat

Motivasi merupakan hal yang terpenting karena motivasi berdasarkan pada niat kita untuk melakukan sesuatu, salah satunya adalah menurunkan berat badan. Dengan adanya niat dan motivasi yang kuat untuk mendapatkan berat badan ideal makan kita akan melakukan hal – hal yang dapat mewujudkan tujuan kita tersebut.

BACA JUGA  16 Cara Memutihkan Kulit Secara Alami Dengan Cepat

Itulah  13 cara menurunkan berat badan dengan Cepat dan Alami. Lakukanlah tips di atas untuk mendapat hasil yang terbaik sehingga mendapat tubuh ideal Anda yang sehat dengan Cepat dan Alami. Tidak ada hasil tanpa usaha yang maksimal, tidak ada hasil yang maksimal tanpa pengorbanan. Semoga bermanfaat !

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *