18 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami Dengan Cepat

Sering sekali kita mendengar istilah kolesterol dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tahukah Anda apa itu kolesterol? Kolesterol dapat diartikan sebagai senyawa bertekstur lembek yang terdapat diantara lemak yang menyatu dengan aliran dalam semua sel tubuh (hewan dan manusia). Kolesterol pada dasarnya dibedakan menjadi dua yaitu LDL dan HDL. LDL merupakan kepanjangan dari Low Densityy Lipoprotein atau biasa disebut sebagai kolestreol jahat. Sedangkan HDL adalah kepanjangan dari High Density Lipoprotein yang biasa disebut sebagai kolesterol baik. Tinggi rendahnya kadar kolesterol erat hubungannya dengan level trigliserida dalam tubuh. Banyak kasus dimana kolesterol di dalam tubuh terlalu tinggi karena pola makan dan gaya hidup yang tidak sesuai. Anda tidak perlu khawatir karena beberapa cara menurunkan kolesterol secara alami dengan cepat tanpa bahan kimia apapun.menurunkan-kolesterol

18 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami Dengan Cepat

  1. Memperbanyak Konsumsi Sayuran

Untuk yang tidak suka makan sayur secara langsung, Anda bisa mengolahnya terlebih dahulu. Misalnya dengan membuat smoothies sayuran, salad, pizza sayur, dan lain-lain. Sayuran kaya akan vitamin C, vitamin E, betakaroten, dan antioksidan. Antioksidan dapat dimanfaatkan oleh tubuh untuk menangkal radikal bebas dimana bisa menimbulkan penyakit berbahaya.

  1. Olahraga Teratur

Menurunkan kolesterol berarti Anda harus menurunkan berat badan Anda. Olahraga dimaksudkan untuk membakar lemak dan kalori dalam tubuh. Tidak perlu ke tempat kebugaran untuk Anda yang berkantong pas-pasan karena berbagai macam olahraga sederhana dapat menjadi pilihan yang tepat. Misalnya bersepeda, berlari, yoga, berjalan ke kantor, senam, push up, dan sebagainya. Intinya, Anda harus rutin meluangkan waktu untuk berolahraga kapanpun dan dimanapun.

  1. Mengubah Cara Masak

Makanan yang digoreng memang jauh lebih nikmat dibanding makanan yang direbus atau dikukus. Namun, demi turunnya kolesterol, Anda harus berani berkorban dengan mengubah cara masak makanan Anda. Cobalah untuk mengganti makanan yang digoreng dengan cara mengukus atau merebusnya. Alasannya sederhana, minyak yang Anda gunakan untuk menggoreng akan menjadi lemak jenuh dalam tubuh Anda.

  1. Hindari Makanan Kaya Lemak Jenuh

Gajih sapi, daging sapi, gajih kambing, memang sedap ketika dicampurkan dalam sup. Namun inilah awal mula kolesterol tinggi dalam tubuh Anda. Untuk menurunkan kolesterol dengan cepat, jauhi makanan kaya lemak sebisa mungkin. Tetapi asupan lemak tetap dibutuhkan oleh tubuh lho. Jadi Anda bisa mengkonsumsi makanan tersebut kadang kala.

  1. Stop Merokok

Nikotin mampu mengikat lemak dalam tubuh dan hasilnya, Anda cenderung akan lebih gemuk ketika sudah candu akan rokok. Merokok tidak akan memberikan apa-apa melainkan sebuah investasi penyakit di masa depan. Jadi, sudah sewajarnya Anda mengurangi bahkan berhenti dari kebiasaan merokok mulai sekarang.

  1. Kacang-kacangan

Untuk yang sedang diet tetapi ingin tetap ngemil, kacang-kacangan menjadi solusi terbaik untuk Anda. Tahukah Anda bahwa kacang-kacangan kaya akan Omega 3 yang mampu mengurangi resiko penyakit jantung sekaligus menurunkan kolesterol dalam tubuh? Ini merupakan cara enak untuk menurunkan kolesterol.

  1. Perbanyak Konsumsi Buah

Buah kaya akan serat dan berbagai vitamin yang mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Pilih buah-buahan seperti apel, apricot, alpukat, maupun anggur untuk rencana pengurangan kolesterol. Selain kolesterol free, buah-buahan juga kaya akan serat yang akan meningkatkan metabolisme tubuh.

BACA JUGA  16 Gejala Dan Obat Tradisional Asam Urat
  1. Teh

Zat yang bernama epigallocatechin gallate dalam teh sudah terbukti mencegah percepatan oksidasi LDL atau kolesterol jahat. Minum teh secara rutin setiap hari mampu mengurangi resiko penyumbatan pembuluh darah yang nantinya akan menghantarkan Anda pada masalah jantung. Tetapi akan lebih baik jika Anda menggunakan gula rendah kalori untuk konsumsi teh setiap hari.

  1. Ikan

Penelitian di Norwegian University of Science and Technology membuktikan bahwa orang yang selama sembilan minggu mengkonsumsi ikan, mampu menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh. Hal ini berkaitan erat dengan zat yang bernama omega 3 yang sangat melimpah pada berbagai jenis ikan. Untuk itu, perbanyak konsumsi ikan-ikanan baik ikan air tawar, laut, maupun payau.

  1. Kayu Manis

Dibalik baunya yang wangi, kayu manis mampu menekan angka trigliserida, kolesterol jahat dan kolesterol total di dalam tubuh. Cara memanfaatkannya sangat mudah yaitu dengan menghaluskan kayu manis kemudian mencampurkannya dalam makanan kesukaan Anda.

  1. Anggur Merah

Cara enak lainnya untuk menurunkan kolesterol adalah dengan rutin mengkonsumsi buah anggur merah secara langsung maupun olahannya. Boston University Medical School mengatakan bahwa oranga yang selama 14 hari rutin mengkonsumsi anggur merah, kadar kolesterol baiknya akan meningkat.

  1. Lemon Juice

Peneitian di American Dietetic Association mengatakan bahwa zat limonoids dalam buah lemon berperan penting dalam penurunan kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, lemon kaya akan vitamin C yang sudah termasyhur akan kekuatannya sebagai antioksidan yang kuat. Minumlah jus lemon secara rutin setiap pagi dan rasakan manfaat paralelnya.

  1. Merubah Pola Makan

Pola makan yang salah bukan hanya akan  berakibat buruk pada kenaikan kolesterol, tetapi juga pada kesehatan tubuh secara umum. Sudah saatnya Anda untuk merubah mindset bahwa makan tidak hanya melulu asal kenyang dan enak. Makan yang sesungguhnya adalah bagaimana kita memenuhi asupan gizi dan nutrisi yang cukup bagi tubuh agar mampu bekerja optimal. Kurangi karbohidrat dan lemak serta perbanyak vitamin, protein, kalsium, serat, dan mineral.

  1. Oatmeal

Gandum utuh sangat dianjurkan dipilih sebagai menu sarapan Anda. Kandungan karbohidratnya yang cukup tinggi namun rendah lemak sangat tepat dikonsumsi oleh mereka yang menginginkan rasa kenyang lebih lama namun tetap ingin menjaga level kolesterolnya tetap terjaga.

  1. Tomat

Buah atau sayur yang berwarna merah ini kaya akan senyawa likopen yang mampu menurunkan kolesterol jahat serta mencegah terjadinya serangan jantung. Cukup dengan mengkonsumsi tomat 50 gram tomat setiap hari , maka Anda akan merasakan bagaimana tomat bekerja pada penurunan kolesterol Anda.

  1. Delima

Kandungan polifenol yang melimpah pada buah delima merupakan suatu kabar gembira bagi Anda yang ingin menurunkan kolesterol jahat. Selain itu, antioksidan dalam delima juga mampu menangkal radikal bebas penyebab berbagai jenis penyakit.

  1. Alpukat

Alpukat telah terbukti kaya akan potasium, vitamin B6, vitamin C, serat, dan folat. Kandungan lemak tak jenuh dan pitosterol didalamnya juga mampu menaikkan HDl yang akan menggeser level kolesterol jahat pada tubuh Anda.

  1. Minyak Zaitun

Jika Anda ingin tetap makan makanan yang digoreng, gantilah minyaknya dengan minyak zaitun. Minyak ini kaya akan antioksidan serta lemak tak jenuh yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat.

BACA JUGA  16 Gejala Dan Obat Tradisional Asam Urat

Itulah 18 cara menurunkan kolesterol secara alami dengan cepat. Kini Anda dapat menurunkan kolesterol dengan cara yang enak, nikmat, dan tidak membebani. Karena sejatinya apa yang disediakan oleh alam itu baik bila Anda tahu bagaimana memanfaatkannya. Sudah siapkah Anda menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh? Mulailah dari sekarang!

cara menurun kn kolestrol đgn cpt,cara menurunkan kolesterol,cara menurunkn kolesterol dengan tema
Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *