Kenali, 12 Ciri-Ciri dan Gejala Awal Penyakit Jantung

Penyakit jantung bukanlah tergolong pada penyakit baru. Pasalnya sudah banyak orang yang sudah pernah mengalami gangguan kesehatan ini tidak pandang pria atau wanita, tua maupun muda. Lalu, sebenarnya apa yang terjadi pada jantung Anda ketika mengalami penyakit jantung? Penyakit jantung timbul akibat matinya sel jantung yang kemudian menghambat supplai darah menuju jantung. Penyebab lain penyakit jantung adalah karena tersumbatnya pembuluh darah sehingga pasokan darah menuju jantung tidak optimal.

Berbicara mengenai penyakit jantung, maka Anda juga akan lebih sering mendengar mengenai penyakit jantung koroner. Apa bedanya? Penyakit jantung koroner terjadi ketika pasokan darah menuju jantung terhalang oleh lemak dalam pembuluh darah. Jantung koroner dipengaruhi oleh plak lemak pada arteri yang biasa disebut dengan aterosklerosis. Selain aterosklerosis, penyebab penyakit jantung pada umunya adalah kolesterol tinggi, merokok, gaya hidup tidak sehat, hipertensi, diabetes, obesitas, usia, dan riwayat keluarga.Ciri-Ciri Dan Gejala Penyakit Jantung

Semua penyakit pastilah muncul dengan disertai gejala atau ciri-ciri. Begitupun dengan penyakit jantung yang menunjukkan ciri-ciri khas yang akan nampak. Berikut beberapa ciri-ciri dan gejala penyakit jantung yang dirangkum dari berbagai sumber terpercaya.

Ciri-Ciri Dan Gejala Penyakit Jantung

  1. Nyeri Pada Dada

Mengingat letak jantung manusia berada di area dada, sudah pasti Anda akan merasakan nyeri pada dada. Hal ini karena ada penyumbatan pada pembuluh koroner besar. Rasa sakit biasanya akan terjadi beberapa saat namun kemudian akan menghilang.

  1. Lelah Berlebih

Lelah setelah beraktivitas memanglah wajar. Namun bagi penderita penyakit jantung, rasa lelah yang luar biasa padahal Anda tidak melakukan apa-apa patut diwaspadai.

  1. Pembuluh Darah Kaku

Pembuluh darah seketika menjadi kaku karena penyumbatan darah oleh kolesterol. Penyumbatan ini juga bisa terjadi karena diabetes yang sudah cukup parah.

  1. Berkeringat Lebih Banyak

Telapak tangan sering berkeringat padahal Anda tidak melakukan pekerjaan yang berat? Hati-hati bisa jadi itu gejala awal bahwa ada yang tidak beres pada jantung Anda.

BACA JUGA  16 Cara Menghilangkan Varises Di Kaki Secara Alami Dengan Cepat
  1. Sesak Napas

Apa hubungan antara sesak napas dengan penyakit jantung? Jawabannya karena ketika jantung berkontraksi dengan tidak normal, efeknya akan bisa dirasakan pada paru-paru. Tentu Anda akan merasakan sesak pada napas tidak seperti proses pernapasan yang normal.

  1. Jantung Berdebar

Jantung yang berdebar lebih kencang dari biasanya tanpa suatu sebab yang pasti akan muncul ketika jantung Anda berkontraksi dengan susah payah. Rasanya bisa diibaratkan seperti sehabis melakukan aktivitas lari.

  1. Cemas

Perasaan cemas biasanya muncul akibat kekhawatiran seseorang akan masalah kesehatannya. Rasa cemas umumnya muncul setelah Anda mengalami beberapa gejala awal penyakit jantung.

  1. Sakit Kepala

Rasanya seperti mustahil jika penyakit jantung mampu berimbas pada kepala Anda. Tetapi fakta berkata demikian. Faktor penyebab utamanya adalah karena suplai darah menuju otak dari jantung terganggu oleh menyempitnya pembuluh darah. Sensasi sakit kepala muncul selama beberapa waktu lalu akan menghilang dan datang kembali.

  1. Menurunnya Nafsu Makan

Nafsu makan seketika menurun ketika Anda terkena penyakit jantung. Hal ini terjadi akibat proses metabolisme yang tidak sempurna sebagai dampak dari peredaran darah yang tidak normal.

  1. Mual dan Muntah

Mual dan muntah juga tidak dapat dihindari sebagai gejala penyakit jantung. Namun Anda tidak bisa mengeneralisasikan semua mual dan muntah yang terjadi dengan penyakit jantung.

  1. Terjadi Pembengkakan

Tidak hanya mengganggu kinerja organ dalam Anda, penyakit jantung juga akan menampakkan dirinya pada pembengkakan tubuh. Bisanya pada permukaan kulit wajah, lengan, dan kaki. Waspadalah jika Anda mengalami pembengkakan yang tiba-tiba.

  1. Sering Pingsan

Jantung yang tidak tersuplai darah akan menjadi lemah sehingga mudah sekali bagi penderitanya untuk mengalami pingsan mendadak. Biasanya ini banyak terjadi pada wanita, namun tidak bisa dipungkiri bahwa pria juga bisa mengalaminya.

BACA JUGA  25 Ciri-Ciri , Obat, dan Penyebab Penyakit Vertigo

Itulah beberapa ciri-ciri dan gejala penyakit jantung yang harus diwaspadai. Segera konsultasikan dengan dokter spesialis organ dalam untuk mengetahui apa yang terjadi sehingga segala kemungkinan buruk bisa diminimalisir.

ciri ciri penyakit jantung kualat,cara meninggikan badan tetapi ada gejala kelainan jantung,ciri ciri segala penyakit,ciri khas penyakit jantung,gejala yang nampak akan terkena serangan jantung,gerakan awal penyakit jantung,nyeri pada dada berkeringat cemas lelah berlebihan sesak nafas
Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *