25 Ciri-Ciri , Obat, dan Penyebab Penyakit Vertigo

Membicarakan penyakit dan gangguan kesehatan memang seperti tidak ada habisnya. Berbagai macam jenis penyakit baru ditemukan setiap saat dan menambah deretan masalah pada kehidupan manusia. Pada kesempatan kali ini, penulis akan mencoba mengulas lebih mendalam mengenai vertigo yaitu tentang ciri-ciri, obat, dan penyebab penyakit vertigo yang penulis rangkum dari berbagai sumber dan literatur yang terpercaya.

Ketiga aspek dalam judul artikel akan berkaitan satu dengan yang lain karena ciri-ciri atau sinyal yang diberika oleh tubuh akan menentukan suatu jenis penyakit atau gangguan kesehatan. Dan dengan mengetahui penyebabnya, Anda dan ahli medis bisa melakukan tindak lanjut berasarkan data yang ada.Penyakit Vertigo

Pernahkah Anda mendengar istilah vertigo? Vertigo merupakan suatu keadaan dimana munculnya rasa pusing secara tiba-tiba bahkan membuat area di sekeliling penderita seolah berputar. Bisa Anda bayangkan sendiri bagaimana jadinya bagaimana jika Anda melihat lingkungan di sekitar Anda berputar. Namun, vertigo bisa jadi berhubungan dengan penyakit atau gangguan kesehatan lain pada tubuh. Tingkat keparahan perputaran objek akan tergantung pada kondisi tubuh Anda. Semakin parah kondisi berputar, maka indikasi untuk mengidap kelainan tertentu akan semakin menyeruak.

Ciri-ciri Penyakit Vertigo

  1. Objek di sekitar serasa berputar

Ketika Anda mengalami vertigo, maka kepala akan serasa berputar dan begitupun obyek di sekitar Anda. Kejadian ini bisa terjadi secara tiba-tiba atau didahului oleh rasa pusing terlebih dahulu.

  1. Mual

Rasa mual dan hendak muntah timbul karena sensasi berputar tersebut membuat Anda menjadi pusing. Seperti halnya naik kendaraan, mual yang dirasakan akan menyerupai mabuk.

  1. Gangguan Pendengaran

Ketika Anda mengalami vertigo, maka kualitas dan kemampuan pendengaran Anda akan cenderung menurun. Hal ini mungkin bisa diakibatkan karena gangguan pada saraf pendengaran Anda.

  1. Pusing

Sudah jelas rasa pusing akan melanda Anda yang mengidap vertigo. Rasa pusing ini kerap muncul dalam intensitas yang berbeda.

  1. Susah Makanan

Ciri berikutnya adalah gejala susah untuk menelan makanan, penderita vertigo akan mengalami kesulitan menelan makan karena rasa mual yang dialami. Jika makan tertelan, penderita akan merasakan mual dan ingin muntah.

  1. Kehilangan Keseimbangan

Kehilangan keseimbangan terjadi karena adanya masalah pada sistem saraf Anda. Anda akan merasa sempoyongan dalam berdiri, berjalan, maupun dalam memegang sesuatu.

  1. Sering Berkeringat

Yang dimaksud keringat disini bukan keringat ketika aktifitas olahraga, akan tetapi keluar keringat dingin disertai pusing dan mual.

  1. Pingsan

Ciri-ciri yang terakhir adalah pingsan. Pingsan akibat vertigo memang mirip dengan pingsan karena faktor cuaca, kelelahan, atau perut yang kosong. Diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk meneliti apakah pingsan ini disebabkan oleh vertigo atau bukan.

BACA JUGA  18 Obat Radang Tenggorokan Anak yang Alami dan Paling Ampuh

Itulah 8 ciri-ciri penyakit vertigo yang umum terjadi. Namun Anda tidak perlu khawatir atau mengenerelalisasikan bahwa jika Anda pernah mengalami hal-hal tersebut, Anda terkena gejala vertigo. Mungkin saja gangguan kesehatan tersebut terjadi akibat faktor lain. Setelah mengetahui beberapa ciri penyakit vertigo, kini penulis akan mengulas beberapa penyebab mengapa vertigo bisa terjadi pad tubuh Anda. Simak penjelasan berikut.

Penyebab Penyakit Vertigo

  1. Gangguan Sistem Saraf Pusat

Saraf pusat adalah penanggung jawab keseimbangan tubuh. Namun jika ada kerusakan pada leher, stroke, tumor, dan multiple sclerosis, kinerja saraf pusat bisa jadi akan menurun.

  1. Infeksi atau Peradangan Akibat Bakteri dan Virus

Flu, pilek, atau peradangan lain bisa mengganggu keseimbangan tubuh dan meicu penyakit vertigo.

  1. Gangguan Telinga Bagian Dalam

Ketika Anda mengubah posisi kepala secara tiba-tiba, resiko untuk terkena vertigo. Vertigo tipe ini disebabkan karena adanya masalah atau gangguan pada telinga khususnya bagian dalam.

  1. Migrain

Anda mungkin akan menganggap sepele migrain, karena gangguan kesehatan ini mampu mempengaruhi penglihatan Anda. Vertigo jenis ini diakibatkan karena migrain yang berlangsung selama beberapa waktu.

  1. Masalah Penglihatan

Ketika terdapat masalah pada penglihatan, maka keseimbangan tubuh akan terganggu. Jika keseimbangan tubuh terganggu, maka resiko untuk terkena vertigo akan meningkat.

  1. Cedera Pada Kepala

Kepala yang terbentur, terjatuh, atau terkena pukulan dapat membuat cedera pada kepala. Namun tidak semua jenis cedera pada kepala akan menimbulkan vertigo. Hal ini hanya berlaku jika cedera terjadi pada bagian-bagian tertentu pada kepala Anda.

  1. Merokok

Merokok akan mengikat oksigen dan menghambat peredaran darah. Hampir dapat dipastikan jika peredaran darah tidak lancar, maka Anda akan merasa lemas, pusing, bahkan pingsan.

  1. Stres

Beban hidup memang selalu datang, namun Anda tidak harus terlalu memikirkannya. Yang harus Anda lakukan adalah menyelesaikan masalah agar tidak berlarut-larut dan menjadi beban pada kepala Anda.

  1. Sering Mengkonsumsi Obat Tertentu

Jika Anda sedang dalam tahap pengobatan, pastikan untuk menanyakan apakah obat yang dikonsumsi berefek samping untuk menimbulkan vertigo. Obat-obatan dengan kandungan kimia tertentu diyakini menjadi salah satu faktor penyebab vertigo.

  1. Kurang Tidur

Tubuh manusia bukanlah robot yang bisa melakukan apa saja tanpa beristirahat. Kekurangan waktu untuk tidur dan beristirahat bisa mengaburkan konsentrasi dan pandangan serta membuat kepala pusing bahkan berputar.

  1. Sering Marah

Nah, untuk yang satu ini memang sudah sangat jelas. Ketika Anda marah, tekanan darah akan naik secara spontan dan itu jelas tidak bagus dampaknya bagi kesehatan Anda.

BACA JUGA  15 Penyebab, Obat, dan Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar

Itulah beberapa penyebab penyakit vertigo yang sering dijumpai oleh sebagian besar penderitanya. Namun seperti angin segar, kini Anda dapat mengatasi gangguan kesehatan ini dengan berbagai cara medis maupun non medis. Berikut beberapa obat penyakit vertigo yang dipandang efektif untuk dilakukan.

Obat Penyakit Vertigo

  1. Mengkonsumsi Obat

Cara paling mudah dan simpel untuk menyembuhkan suatu penyakit adalah dengan minum obat. Pilih obat-obatan yang mengandung antihistamin dan prochlorperazine untuk mengatasi vertigo Anda. Namun, bijaklah dalam penggunaan obat karena mampu memperberat kinerja ginjal dan hati.

  1. Terapi Rehabilitasi Vestibular

Terapi rehabilitasi vestibular dilakukan untuk membantu otak agar mampu untuk beradaptasi dengan sinyal yang dianggap membingungkan dari organ telinga yang menjadi penyebab penyakit vertigo. Setelah melakukan rehabilitasi ini, diharapkan frekuensi kebingungan akan berkurang.

  1. Manuver Epley

Manuver epley ditujukan untuk menangani BBPV. Anda bisa mendapatkan penjelasan selanjutnya dengan berdiskusi dengan dokter spesialis saraf.

  1. Istirahat Cukup

Tidak ada obat yang lebih penting daripada istirahat cukup. Istirahat dapat dilakukan dengan mengistirahatkan organ fisik maupun pikiran dan perasaan Anda. Pilihlah jenis istirahat total seperti tidur untuk mengembalikan fungsi tubuh seperti semula.

  1. Melatih Pemicu Vertigo

Mungkin ini terdengar aneh, tetapi dengan berulang kali melatih dan melakukan hal-hal yang dapat menimbulkan vertigo, tubuh menjadi terbiasa dan menurunkan frekuensi munculnya vertigo.

  1. Pola Hidup Sehat

Menerapkan pola hidup sehat adalah kunci untuk terhindar dari berbagai macam penyakit. Konsumsilah makanan dengan asupan nutrisi seimbang agar tubuh selalu dalam kondisi prima dan sehat.

Itulah ciri-ciri , obat, dan penyebab penyakit vertigo yang tentu akan membuka wawasan Anda. Semua penyakit ada sebabnya, tetapi segala penyakit pasti ada solusinya. Jangan terjebak dalam vertigo yang Anda derita, segeralah berkonsultasi dengan dokter agar penyakit tidak berlarut dan semakin serius.

BACA JUGA  16 Cara Menghilangkan Varises Di Kaki Secara Alami Dengan Cepat
ciri ciri vertigo,macam macam obat yang berefek samping vertigo,penyebab penyakit vertigo
Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *