17 Gejala Dan Cara Menurunkan Darah Tinggi Dengan Cepat

Darah tinggi atau hipertensi merupakan suatu kondisi dimana tekanan darah dalam tubuh manusia melebihi ambang batas tekanan darah normal. Banyak orang yang beranggapan bahwa hipertensi hanya dapat terjadi pada orang-orang yang sudah lanjut usia saja. Padahal faktanya, darah tinggi juga dapat menimpa orang-orang dengan usia yang relatif muda kalau mereka tidak bisa menjaga diri.gejala-darah-tinggi

Masih banyak orang di sekitar kita yang awam mengenai gejala awal dan cara menurunkan darah tinggi dengan cepat. Padahal, mengetahui gejala suatu masalah kesehatan sangatlah penting karena dapat menjadi suatu patokan pengambilan pengobatan pada tahap selanjutnya. Memang diakui bahwa gejala darah tinggi pada setiap individu berbeda-beda dan kadang tak bisa dilihat secara langsung. Namun, ada beberapa gejala universal yang sering dialami oleh orang umum yang menderita darah tinggi. Simak beberapa pemaparan berikut.

Gejala Darah Tinggi

  1. Rasa Sakit dan Pusing

Jika Anda sering mengeluhkan pusing dan sakit kepala, bisa jadi ini merupakan suatu tanda awal dari darah tinggi. Dikatakan demikian karena tekanan darah yang terlalu tinggi mampu membuat syaraf menjadi tegang dan bisa menjalar sampai syaraf kepala.

  1. Mimisan

Mulai sekarang, jangan anggap sepele masalah mimisan. Hidung mimisan memang sering terjadi karena flu, kelelahan, atau mungkin luka pada syaraf hidung. Namun, mimisan juga bisa dijadikan suatu indikator darah tinggi. Mimisan terjadi karena tekanan darah yang terlalu tinggi sehingga menyebabkan pecahnya pembuluh darah. Hal ini akan sangat berbahaya jika pembuluh darah yang pecah ada di bagian kepala karena dapat menyebabkan penyakit stroke.

  1. Detak Jantung Meningkat

Jantung akan bekerja sangat keras untuk memompa darah yang berlebhan. Hal ini bisa kita rasakan dengan munculnya atau meningkatnya intensitas detak jantung atau biasanya disebut dengan deg-degan. Tentu Anda bisa membedakan antara deg-degan karena grogi dengan deg-degan yang muncul tiba-tiba dan dalam jangka waktu yang cukup lama.

  1. Pegal di Leher

Jika leher bagian belakang terasa pegal dan berat, maka bisa jadi ini adalah suatu gejala awal tekanan darah tinggi. Darah yang tidak bisa mengalir dengan baik akan melaju pelan sehinga leher akan terasa tidak nyaman dan berat. Rasa pegal di leher ini juga yang nantinya akan mengantarkan Anda pada situasi sakit kepala.

  1. Kesemutan

Sering mengalami kesemutan di kaki, tangan, dan anggota badan lain? Jangan abaikan, karena seringnya kesemutan bisa menjadi pertanda bahwa mungkin tekanan Anda diluar kendali. Kesemutan terjadi karena darah tidak dapat mengalir dengan baik karena pembuluh arteri penuh oleh tekanan darah yang tinggi. Oleh karena itu, seseorang dengan darah tinggi bisa menunjukkan gejalanya yaitu dengan seringnya kesemutan.

  1. Pingsan

Ya, pingsan mungkin banyak dianggap sebagai kondisi badan yang lemah dengan tekanan darah yang rendah. Tetapi faktanya, pingsan juga bisa menggambarkan bahwa seseorang sedang berada dalam tekanan darah yang tinggi. Karena syaraf menegang dan darah tidak bisa mengalir dengan baik, maka tubuh tidak mampu mengendalikan diri dan akhirnya mulai kehilangan kesadaran.

  1. Titik Darah pada Mata

Coba perhatikan mata Anda masing-masing. Jika terdapat terlalu banya titik merah pada area putih mata, bisa jadi itu merupakan titik darah yang membeku akibat adanya hipertensi di dalam tubuh.

  1. Mati Rasa

Hampir sama dengan kesemutan, mati rasa muncul karena kerusakan atau gangguan syaraf yang terjadi pada tubuh akibat tekanan darah yang tidak terkontrol. Bagian tubuh yang mengalami mati rasapun beragam tergantung area syaraf mana yang terganggu.

  1. Mual dan Muntah

Sulit memang membedakan antara mual dan muntah yang diakibatkan oleh masuk angin dengan mual dan muntah yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Intinya, Anda harus waspada jika kedua hal ini terjadi pada diri Anda.

  1. Pandangan Kabur dan Konsentrasi Menurun

Lagi, hal ini terjadi karena gangguan pada syaraf Anda.

BACA JUGA  16 Obat Dan Penyebab Sakit Kepala Belakang

Itulah 10 gejala darah tinggi yang biasa terjadi secara umum pada para penderita hipertensi. Segera sadari dan selalu waspada karena hipertensi mampu menyerang siapa saja. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena selain berkonsultasi dengan dokter, beberapa cara menurunkan darah tinggi dengan cepat berikut akan sangat berguna untuk diterapkan.

Cara Menurunkan Darah Tinggi Dengan Cepat

  1. Olahraga

Olahraga secara rutin dan teratur akan membantu Anda untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Tidak perlu melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat jika Anda tidak mampu melakukannya. Olahraga ringan seperti yoga, senam, lari dan jalan-jalan santai bisa menjadi alternatif yang baik.

  1. Atur Menu Makan

Jika sudah mengalami hipertensi, maka wajib hukumnya untuk mengurangi semua jenis makanan yang mengandung minyak dan lemak. Makanan-makanan kaya serat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran diharapkan untuk dikonsumsi setiap hari karena rendah lemak.

  1. Turunkan Berat Badan

Berat badan yang terlalu berlebih bisa menyebabkan tekanan darah meningkat. Semakin gemuk tubuh Anda, semakin besar pula resiko untuk terkena hipertensi. Untuk itu, lakukan diet ketat dan diet sehat untuk menurunkan berat badan Anda. Cobalah untuk mengatur pola, menu, dan waktu makan Anda dan berkomitmenlah untuk mentaatinya.

  1. Jauhi Rokok

Rokok akan membuat darah Anda menjadi lebih kental dan cenderung menggumpal. Hal ini tentu akan mengakibatkan meningginya tekanan darah dalam tubuh. Bukan hanya untuk Anda yang mengalami hipertensi saja rokok harus dijauhi, tetapi untuk Anda yang berbadan sehat, menjauhi rokok adalah langkah yang baik.

  1. Kurangi Kafein

Kafein memang masih diperdebatkan dalam pengaruhnya pada peningkatan tekanan darah. Namun, banyak penelitian yang mengatakan bahwa kafein bisa menjadi salah satu faktor hipertensi. Apalagi untuk Anda yang sensitif terhadap kafein, efeknya pasti akan signifikan dapat dirasakan.

  1. Redakan Stres

Tidak ada manusia yang tidak mempunyai masalah dan beban hidup, tetapi percayalah jika masalah terus dipikirkan, maka yang ada hanyalah stres yang berkepanjangan. Selesaikan masalah Anda, jika perlu mintalah bantuan rekan sebaya maupun keluarga. Dilanda stres telah terbukti dapat menyebabkan peningkata tekanan darah yang cukup serius.

  1. Kurangi Garam, Gula, dan Daging Merah

Garam berlebih dalam tubuh mampu membuat darah cenderung mengental. Sedangkan gula akan menaikkan kolesterol yang akan menghambat laju peredaran darah. Dan konsumsi daging merah yang terlalu berlebihan akan menaikkan kandungan darah dalam tubuh. Untuk itu, jauhi ketiga jenis makanan ini demi menurunnya tekanan darah tinggi Anda.

BACA JUGA  16 Gejala dan Obat Asam Lambung Alami Tradisional

Itulah 17 gejala dan cara menurunkan darah tinggi dengan cepat. Beberapa gejala yang telah disebutkan harus diwaspadai dan penting untuk segera dilakukan pengecekan mendalam. Untuk Anda yang mengalami hipertensi, beberapa tips di atas bisa menjadi suatu patokan atau saran untuk menurunkan tekanan darah Anda yang tinggi. Semoga berhasil!

17 cara mengobati darah tinggi
Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *