16 Gejala dan Obat Asam Lambung Alami Tradisional

Jika Anda diberi dua pilihan, mempunyai badan sehat atau memiliki uang 5 Milyar, mana yang akan Anda pilih? Tentu banyak yang memilih memiliki badan yang sehat. Akan sangat percuma memiliki uang banyak tetapi kita menanggung rasa sakit akibat dari suatu penyakit sehingga tidak bisa menikmati hasil jerih payah selama bekerja. Berbicara tentang penyakit, pada kesempatan kali ini penulis akan membicarakan mengenai salah satu penyakit yang cukup banyak dialami oleh kebanyakan orang yaitu asam lambung. Apakah gejala dan obat asam lambung secara alami dan tradisional? Simak penuturan berikut ini.

Naiknya asam lambung ke kerongkongan dalam istilah medis disebut dengan GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease. Tetapi kebanyakan masyarakat Indonesia menyebutnya dengan penyakit asam lambung, merujuk pada penyebab gangguan kesehatan ini yang memang berasal dari asam lambung.Gejala dan Obat Asam Lambung

Penyebab utama asam lambung adalah karena tidak berfungsinya LES (Lower Esophageal Sphincter) dengan baik. LES sendiri adalah suatu lingkaran otot pada area bawah esofagus. Bagian ini berfungsi sebagai pintu otomatis yang akan membuka ketika makanan dan minuman masuk ke dalam lambung. Setelah makanan dan minuman masuk, LES akan menutup untuk mencegah naiknya asam langgung kembali menuju kerongkongan.Nah, jika LES tidak menutup dengan baik akan berakibat keluarnya asam lambung menuju kerongkongan yang disebut sebagai penyakit asam lambung.

Ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya asam lambung seperti obesitas atau kelebihan berat badan, terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak, terlalu banyak mengkonsumsi alkohol, rokok, coklat, dan kopi, perubahan hormon saat hamil, hernia hiatus, stres, diabetes, terlalu banyak mengkonsumsi obat penghambat kalsium, dan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung nitrat.

Tentu setiap penyakit akan menampakkan gejala-gejalanya sesuai dengan level keseriusan. Gejala yang muncul juga akan sangat dipengaruhi oleh tingkat kekuatan sistem pertahanan tubuh melawan penyakit. Berikut adalah beberapa gejala umum dari asam lambung yang penulis rangkum dari berbagai sumber terpercaya.

BACA JUGA  20 Ciri-Ciri Gejala dan Penyebab Penyakit Gagal Ginjal

Daftar Isi Artikel

Gejala Penyakit Asam Lambung

  1. Regurgitasi

Munculnya rasa pahit dan asam pada mulut jelas akan dirasakan oleh penderita asam lambung. Hal ini sudah jelas disebabkan karena asam lambung naik menuju kerongkongan dan tidak menutup kemungkinan untuk dapat dirasakan oleh mulut.

  1. Sensasi Terbakar

Gejala yang kedua ini menggambarkan lebih jelas lagi bahwa ada sesuatu yang tidak beres dalam tubuh Anda yaitu munculnya rasa nyeri dan sensasi terbakar terutama pada ulu hati dan tulang dada. Rasa tidak nyaman ini cenderung akan bertambah ketika setelah makan dan saat posisi badan membungkuk.

  1. Kesulitan Menelan

Seperti ada sesuatu yang mengganjal dalam kerongkongan Anda yang membuat makanan atau minuman yang Anda konsumsi tidak dapat masuk dengan lancar dan sempurna ke dalam perut.

  1. Muncul Sensasi Seperti Benjolan

Aneh memang, ketika asam lambung naik, akan muncul perasaan seperti ada suatu benjolan dalam kerongkongan Anda. Sensasi ini lebih dirasakan ketika Anda menelan makanan dan minuman.

  1. Laringitis

Sudah barang tentu ketika asam lambung naik maka akibatnya akan timbul peradangan pada pita suara atau laring. Ketika radang ini sudah dalam level yang serius maka akan menyebabkan tenggorokan menjadi sakit dan membuat suara menjadi parau.

  1. Sakit Dada

Nyeri pada dada tidak dapat dihindarkan ketika cairan asam lambung naik menuju kerongkongan. Rasa nyeri akan semakin kuat dirasakan ketika Anda membungkuk.

  1. Kerusakan Pada Gigi

Seperti yang kita ketahui bahwa asam menjadi salah satu penyebab kerusakan gigi. Nah, jika kerusakan pada gigi terjadi dan semakin parah setiap waktu, Anda patut curiga kalau hal ini disebabkan karena asam lambung yang naik menuju gigi Anda.

  1. Bau Napas Tidak Sedap

Bau napas yang tidak sedap dapat menjadi tolak ukur kesehatan pencernaan Anda. Ketika Anda sudah menggosok gigi tetapi masih timbul bau yang tidak sedap, bisa jadi itu merupakan tanda ada yang tidak beres dengan lambung Anda.

  1. Meningkatnya Intensitas Air Liur

Meningkatnya produksi air liur juga erat hubungannya dengan penyakit asam lambung. Gejala ini terjadi dalam waktu yang relatif cukup lama sehingga Anda harus menyadari perubahannya.

  1. Sering Merasa Lapar

Ketika Anda merasa sering lapar daripada sebelumnya, patut diwaspadai kalau ini gejala awal asam lambung.

  1. Perut Kembung

Perut kembung erat kaitannya dengan gangguan kesehatan pada bagian pencernaan. Waspadalah jika perut Anda sering mengalami kembung karena itu bisa jadi menjadi indikator munculnya asam lambung.

BACA JUGA  17 Gejala Dan Cara Menurunkan Darah Tinggi Dengan Cepat

Itulah beberapa gejala penyakit asam lambung yang biasanya dialami oleh mereka penderitanya. Namun Anda tidak perlu mengeneralisasikan satu gejala dengan memastikan diri bahwa Anda terkena gangguan asam lambung. Perlu pengecekan lebih mendetail. Untuk itu, segera lakukan pemeriksaan ketika ada beberapa gejala yang terjadi pada tubuh Anda.

Setiap penyakit tentu ada obatnya, termasuk penyakit asam lambung. Anda dapat menempuh pengobatan medis yang menggunakan obat-obatan kimia atau dengan memanfaatkan apa yang ada di alam. Pada dasarnya kedua jenis pengobatan tersebut baik dan bermanfaat, tinggal bagaimana Anda berkomitmen dengan kesembuhan penyakit asam lambung Anda. Berikut beberapa obat asam lambung alami tradisional yang bisa Anda coba di rumah.

Obat Asam Lambung Alami Tradisional

  1. Permen Karet

Siapa sangka permen karet mampu mengurangi kadar asam dalam lambung? Ya, dengan mengunyah permen karet, maka produksi ludah akan semakin banyak. Ludah mengandung basa yang mampu menetralkan asam pada lambung.

  1. Jahe

Iris jahe sekitar 3 gram lalu masukkan dalam cangkir. Tuang air panas kemudian tambahkan sedikit madu. Aduk dan minum ketika sudah hangat. Jahe mampu menetralkan asam lambung, namun jangan dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Minum sekali setiap hari untuk hasil yang optimal.

  1. Pisang

Pisang mengandung antasida, suatu zat yang mampu meredam kadar HCL yang berlebihan dalam lambung. Konsumsi pisang minimal dua kali sehari dan rasakan bedanya.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya akan memberikan sensai dingin yang akan meredakan nyeri dan sensasi panas pada dada. Selain itu, tanaman ini juga mampu menteralisir asam lambung secara efektif. Ambil beberapa sendok gel lidah buaya lalu konsumsi secara langsung atau dibuat jus.

  1. Kunyit

Siapkan satu ruas kunyit ukuran sedang lalu rebus dalam 1 gelas air. didihkan hingga airnya tersisa setengah gelas. Saring lalu tambahkan gula merah secukupnya. Minum selagi hangat.

BACA JUGA  20 Penyebab serta Obat Diare Alami untuk Anak, Bayi dan Ibu Hamil

Itulah 16 gejala dan obat asam lambung alami tradisional yang patut Anda ketahui. Tidak perlu panik jika ada beberapa gejala yang sering terjadi pada Anda, karena itu belum pasti Anda terkena gangguan asam lambung. Selain menjaga pola makan dan pola hidup, Anda bisa melakukan pemeriksaan secara berkala untuk mengontrol kesehatan Anda sehingga sekecil apapun resiko penyakit bisa segera diantisipasi sebelum bertambah parah.

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *