16 Gejala Dan Obat Tradisional Asam Urat

Penyakit asam urat cukup terkenal gaungnya pada kalangan masyarakat Indonesia. Artikel ini akan membahas gejala asam urat beserta obat tradisional seara alami untuk asam urat. Namun, tahukah Anda apa sebenarnya yang terjadi dengan tubuh Anda ketika terkena penyakit ini? Asam urat terbentuk akibat dari sisa metabolisme zat purin dari beberapa makanan yang Anda konsumsi. Zat purin adalah suatu zat yang berasal dari makhluk hidup yang sangat mudah kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya terdapat pada tumbuhan, zat purin juga terdapat pada beberapa tumbuhan. Jadi, secara sederhana, jika Anda makan ayam, maka zat yang ada pada ayam juga akan masuk ke dalam tubuh Anda.gejala-asam-urat

Pada tubuh orang normal, jika ada zat purin yang masuk ke dalam tubuh, maka akan secara otomatis ikut dikeluarkan melalui proses ekskresi dan sekresi. Namun, jika jumlahnya terlampau banyak, maka tubuh cenderung tidak bisa mengeluarkannya sehingga akan tersimpan pada persendian. Lama kelamaan, sendi akan membengkak karena asam urat yang terkumpul sudah terlalu banyak dan tentu akan memberikan rasa nyeri bahkan susah untuk berjalan. Tapi kini Anda tidak perlu khawatir, dengan mengetahui gejalanya sedari awal, maka Anda bisa melakukan pengobatan secara tepat sasaran.

7 Gejala Penyakit Asam Urat :

  1. Rasa Ngilu, Kesemutan, dan Nyeri

Seperti yang sudah penulis sebutkan di pendahuluan, asam urat akan mengakibatkan rasa ngilu dan nyeri pada persendian. Bisa jadi pada lutut, kaki, tangan, leher, dan bagian manapun tergantung pada lokasi tempat purin mengapur. Pada beberapa kasus, gejala asam urat bisa juga ditandai dengan seringnya terkena kesemutan.

  1. Nyeri Periodik

Jika Anda merasakan nyeri pada persendian tetapi hanya pada waktu malam hari atau pagi hari saja, Anda patut waspada karena mungkin itu adalah gejala awal asam urat. Nyeri jenis ini hanya bersifat sementara dan akan sembuh sendirinya namun akan kambuh pada waktu yang relatif sama.

  1. Nyeri Berulang

Tentu nyeri berulang-ulang akan sering mengampiri Anda yang terkena asam urat. Nyeri dan ngilu bisa menyerang satu tempat saja namun pada beberapa kasus justru akan berpindah bagian nyeri. Misalnya ketika Anda sedang melakukan aktivitas kemudian terasa nyeri pada suatu persendian, namun seketika sembuh. Tetapi nyeri akan datang lagi selang waktu yang tidak bisa ditentukan.

  1. Nyeri Pada Persendian Tertentu

Gejala asam urat yang selanjutnya adalah perasaan nyeri pada tangan, kaki, siku, serta tumit. Keempat persendian ini memang sangat rawan untuk menjadi tempat pengapuran purin dalam tubuh. Oleh karenanya, Anda patut bertanya jika keempat persendian ini sering terasa nyeri dan ngilu.

  1. Susah Bergerak

Jika ada suatu organ tubuh Anda yang susah untuk digerakkan, bisa jadi itu karena penyakit asam urat.

  1. Pembengkakan Sendi

Akibat dari menumpuknya purin, maka sendi akan membengkak. Pembengkakan ini dapat dilihat secara kasat mata karena cenderung akan menampilkan indikasi kulit memerah dan membesar dikarenakan sendi yang terinfeksi.

  1. Rasa Panas pada Sendi

Pernahkah Anda merasakan pemanasan pada suatu persendian tertentu padahal tidak melakukan aktivitas fisik yang berat? Bisa jadi itu karena adanya penyakit asam urat. Pemanasan pada sendi terjadi karena level asam urat yang terlalu tinggi dalam aliran darah.

BACA JUGA  16 Obat Dan Penyebab Sakit Kepala Belakang

Itulah beberapa gejala asam urat yang biasanya muncul dan bisa dirasakan serta dilihat. Namun, bukan berarti Anda bisa langsung menghakimi diri sebagai penderita asam urat jika ada beberapa poin yang terjadi pada diri Anda. Segera lakukan pemeriksaan mendetail pada dokter sebagai langkah tindak lanjut. Setelah mengetahui beberapa gejala asam urat, kini saatnya bagi Anda untuk memulai pengobatan menggunakan bahan alami. Selain menggunakan resep dokter, Anda juga bisa mendukung proses penyembuhan dengan membuat berbagai ramuan alami yang sudah terbukti efektif untuk mengurangi dan menyembuhkan asam urat Anda.

9 Obat Tradisional Asam Urat

  1. Jus Cerry

Siapa sangka buah berukuran kecil ini mampu mengatasi masalah serius pada asam urat Anda. Masukkan setengah gelas buah cerry kedalam blender dan tambahkan dua sendok madu. Haluskan buah cerry hingga benar-benar halus dan minumlah selagi segar. Cerry mampu membantu urin dan darah dalam mengimbangi sifat keasaman purin. Selebihnya, buah ini juga terbukti mampu memberi nutrisi dam kalium yang akan sangat bermanfaat untuk mengatasi rasa pegal dan nyeri pada sendi.

  1. Jus Lemon

Kandungan vitamin C yang melimpah pada buah lemon akan sangat membantu kerja ginjal dalam mensekresikan asam urat dari dalam tubuh kita. Lemon juga mampu merangsang tubuh untuk memproduksi kalsium karbonat dimanat nutrisi ini berfungsi sebagai penetral asam urat. Peras buah lemon, tambahkan dua sendok madu. Minumlah jus ini secara rutin dan rasakan perbedaannya pada tubuh Anda.

  1. Jus Nanas

Buah dengan rasa masam ini menyimpan khasiat dalam penyembuhan penyakit asam urat lho! Nutrisi pada buah nanas akan berfokus pada pengurangan nyeri dan pegal yang diakibatkan oleh asam urat. Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung atau membuatnya sebagai jus.

  1. Kurangi Makanan Tinggi Purin

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa purin merupakan salah satu penyebab utama asa urat. Untuk itu, wajib hukumnya bagi Anda untuk mengurangi dengan sangat makanan-makanan tinggi zat purin seperti jeroan, abon, seafood, makanan kaleng, dan lain-lain.

  1. Sayuran

Sayuran mengandung senyawa basa yang mampu menyeimbangkan kadar keasaman dalam tubuh. Tentu hal ini akan berefek bagus pada kinerja ginjal Anda. Perbanyak konsumsi sayuran untuk menambah kadar basa dalam tubuh.

  1. Biji-bijian

Biji-bijian yang rendah lemak seperti oatmeal, gandum utuh, kedelai dan beras merah dapat menjadi alternatif terbaik untuk menetralkan asam dalam tubuh.

  1. Daun Sirsak

Kandungan vitamin A dan C yang tingg pada daun sirsak mampu mengeluarkan racun dari tubuh Anda. Juga, daun ini membantu mengurangi rasa nyeri pada persendian sehingga akan mengurangi penderitaan Anda. Rebus 5 lembar daun sirsak pada 3 gelas air. Tunggu hingga mendidih dan airnya tinggal 2 gelas. Minum saat air sudah tidak terlalu panas.

  1. Daun Seledri

Seledri terbukti kaya akan klorin, sulfur, mangan, potasium, vitamin B1, seng, vitamin A, selenium, asam lemak esensial, dan lain-lain. Anda bisa menggunakan seledri sebagai obat asam urat. Caranya yaitu dengan merebus 3 gram seledri sampai mendidih kemudian menyaringnya. Minum ramuan ini sekali setiap hari secara rutin.

  1. Jahe Merah

Jahe merah mampu menghancurkan asam urat pada persendian dengan melancarkan sirkulasi darah. Geprek jahe merah secukupnya lalu tuangkan air panas bersama 2 sendok madu. Minumlah secara rutin setiap pagi.

BACA JUGA  25 Ciri-Ciri , Obat, dan Penyebab Penyakit Vertigo

Itulah beberapa gejala dan obat tradisional asam urat yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Kini Anda tidak perlu khawatir dan risau, karena disamping dapat mengkonsumsinya setiap hari, bahan-bahan tradisional di atas juga tidak akan memberikan efek samping. Sehat tidak harus mahal kan..

damn dalam obat asam urat,16 gejala dan obat tradisional asam urat
Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *