23 Gejala, Obat Dan Penyebab Pembengkakan Jantung

Jantung bengkak? Mungkin ini tergolong salah satu gangguan kesehatan yang masih kurang familiar di telinga kebanyakan orang. Pembengkakan memang pada umumnya terjadi pada permukaan kulit karena kecelakaan atau lebam. Namun faktanya jantung manusia juga bisa mengalami suatu pembengkakan. Lalu apa gejala, obat dan penyebab pembengkakan jantung?Pembengkakan Jantung

Kardiomegali adalah istilah kedokteran dari pembengkakan jantung. Secara sederhana, pembengkakan jantung didefinisikan sebagai membengkaknya ukuran jantung yang melebihi ukuran normal. Mengapa bisa terjadi pembengkakan pada jantung? Temukan jawabannya di bawah ini.

Penyebab Pembengkakan Jantung

  1. Hipertensi

Pada kasus hipertensi, jantung harus memompa darah lebih keras agar darah mengalir ke seluruh tubuh. Tekanan darah yang terlalu tinggi mampu membuat vetrikel kiri menjadi lebih besar. Hal ini menyebabkan melemahnya otot jantung dan menyebabkan suatu pembengkakan pada atrium jantung.

  1. Kelainan Katup Jantung

Empat ruang dalam jantung mengatur aliran darah dengan sedemikian rupa sehingga peredaran darah akan berjalan dengan sistematis. Apabila terdapat salah satu kerusakan atau kelainan pada katup jantung, maka akibatnya akan terjadi pembengkakan pada jantung.

  1. Akumulasi Cairan

Mengumpulnya cairan dalam perkardium sudah pasti akan menyebabkan ukuran jantung lebih besar daripada sebelumnya.

  1. Anemia

Ternyata anemia atau kekurangan sel darah merah berkaitan erat dengan pembengkakan jantung. Pasalnya jantung harus memompa darah lebih keras sehingga kekurangan oksigen dalam darah dapat terpenuhi.

  1. Gangguan Tiroid

Kelenjar tiroid yang terlalu aktif atau terlalu pasif juga menjadi salah satu penyebab pembengkakan pada jantung.

  1. Hemochromatosis

Hemochromatosis adalah kondisi berlebihnya kandungan zat besi dalam tubuh. Akibatnya zat besi akan disimpan dalam berbagai organ dalam tubuh termasuk jantung sehingga cenderung menyebabkan pembengkakan.

  1. Kelainan Otot Jantung

Bila terjadi suatu kelainan pada otot jantung, maka organ yang satu ini bisa menjadi lebih tebal dan kaku dari biasanya.

BACA JUGA  28 Cara Menghilangkan Keputihan Secara Alami Dan Cepat

Itulah beberapa penyebab umum pembengkakan pada jantung. Semua gangguan kesehatan tentu akan menunjukkan gejala atau ciri tertentu yang membedakannya dari penyakit lain. Berikut ulasan beberapa gejala yang muncul saat pembengkakan jantung terjadi pada Anda.

Gejala Pembengkakan Jantung

  1. Sesak Nafas

Jantung yang ukurannya membesar akan mendesak posisi paru-paru. Akibatnya sudah pasti saluran pernafasan Anda akan terganggu, sehingga muncullah sesak nafas.

  1. Jantung Berdebar

Detak jantung tak menentu dan cenderung tinggi merupakan salah satu indikator bahwa ada yang tidak beres dengan jantung Anda. Biasanya ini terjadi karena organ jantung memompa darah dengan keras sehingga sensasi berdebar kerap muncul.

  1. Pembengkakan Pada Tangan atau Kaki

Hebatnya, pembengkakan jantung juga diikuti oleh berbagai pembengkakan pada area kaki atau tangan. Hal ini terjadi karena darah tidak mampu kembali menuju jantung disebabkan oleh gangguan sistem kinerja jantung.

  1. Sakit Kepala

Gangguan sakit kepala jangan dianggap remeh karena bisa jadi ini merupakan akibat dari tidak optimalnya kinerja jantung dalam memompa darah khususnya yang menuju area kepala.

  1. Tubuh Mudah Memar

Permukaan kulit yang berubah menjadi lebih sensitif juga bisa menjadi indikator pembengkakan jantung.

  1. Kulit Pucat

Waspadai perubahan warna kulit Anda. Jika Anda terlihat lebih pucat dari biasanya, bisa jadi itu disebabkan oleh pasokan darah yang tidak mencukupi tubuh. Perubahan mendasar akan terlihat pada kulit dan kemudian diikuti oleh kuku yang membiru.

  1. Batuk Darah

Dalam kondisi kronis, pembengkakan jantung dapat menyebabkan batuk darah. Ya, batuk darah diartikan sebagai batuk yang mengeluarkan darah segar melalui mulut. Gejala ini terjadi karena darah pada jantung tidak mampu tertampung lagi dan mengalir menuju paru-paru.

Melihat gejala-gejala yang ditimbulkan, cukup ngeri memang bagaimana pembengkakan jantung mengubah hidup Anda. Tapi tidak perlu khawatir secara berlebihan karena setiap penyakit pasti ada obatnya. Berikut beberapa pengobatan pembengkakan jantung yang bisa coba Anda terapkan.

BACA JUGA  20 Ciri-Ciri Gejala dan Penyebab Penyakit Gagal Ginjal

Obat Pembengkakan Jantung

  1. Diuretik

Diuretik diartikan sebagai upaya untuk menurunkan level natrium dalam tubuh. Hasilnya akan dapat dilihat dengan menurunnya tekanan darah dan beban pada jantung.

  1. ACE

ACE atau angiotensin converting enzyme, adalah upaya penurunan tekanan darah serta meningkatkan kinerja jantung dalam memompa darah.

  1. ARB

Angiotensin receptor blocker atau disingkat ARB merupakan alternatif bagi mereka yang memiliki alergi tertentu.

  1. Beta Blockers

Langkah ini ditujukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi sekaligus meningkatkan kinerja jantung agar optimal.

  1. Digoxin

Digoxin adalah suatu pengobatan untuk meningkatkan fungsi pemompaan pada organ jantung.

  1. Antikoagulan

Antikoagulan ditujukan untuk mengatasi penggumpalan darah yang menjadi pemicu utama stroke dan serangan jantung.

  1. Olahraga Ringan

Olahraga akan membantu melancarkan peredaran darah serta mengeluarkan racun melalui keringat. Pilihlah olahraga yang sesuai dengan kemampuan Anda serta jangan memaksakan diri.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Mengingat hipertensi merupakan salah satu penyebab pembengkakan jantung, maka sudah barang tentu Anda harus menurunkannya. Kurangi konsumsi daging dan garam, serta perbanyak cairan.

  1. Membatasi Berat Badan

Berat badan yang jauh melampaui berat normal akan membatasi ruang jantung. Ketika jantung terdesak, maka pembengkakanpun tidak bisa dihindari.

Itulah 23 gejala, obat dan penyebab pembengkakan jantung yang harus Anda ketahui. Dengan mengetahui ketiga hal tersebut, maka diharapkan bagi Anda untuk bisa mengatasinya sejak dini. Melakukan pemeriksaan secara rutin khususnya pada organ jantung Anda merupakan langkah preventif yang patut diapresiasi. Jaga jantung kita karena organ ini merupakan organ terpenting dalam tubuh.

penyebab daripada pembengkakan jantung adalah,pembekakan pada jantung jago petarung
Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *