22 Kumpulan Menu Resep Makanan Bayi 7 Bulan

Ketika si kecil sudah memasuki usia 7 bulan, banyak ibu yang sudah mulai memberikan makanan pendamping ASI. Hal ini dilakukan karena mempertimbangkan bahwa bayi membutuhkan nutrisi untuk tumbuh kembangnya. Sedikitnya ada 4 nutrisi penting yang harus terkandung dalam makanan pendamping ASI yang ibu berikan, yaitu karbohidrat, lemak sehat, mineral, dan vitamin. Karbohidrat diperlukan agar si buah hati bisa kenyang dalam waktu yang cukup lama. Lemak berperan sebagai pembentuk daging, sehingga berat badan bayi akan proporsional. Mineral dan vitamin juga tak kalah penting untuk mendukung metabolisme tubuh bayi. Berikut beberapa kumpulan menu resep makanan bayi 7 bulan yang bisa ibu coba.Kumpulan Menu Resep Makanan Bayi 7 Bulan

Kumpulan Menu Resep Makanan Bayi 7 Bulan

  1. Nasi Tim Hati Ayam

Anda akan membutuhkan sedikitnya 20 gram beras, 25 gr hati ayam, 25 gr tempe, 50 gr labu kuning, 25 gr tomat matang, dan air secukupnya. Campurkan semua bahan lalu masak sampai matang. Setelah dingin, masukkan semua bahan dalam blender lalu haluskan sampai benar-benar lembut. Saring dengan saringan kawat agar diperoleh nasi tim yang lembut.

  1. Bubur Beras MerahAlpukat

Masak satu sendok makan tepung beras merah dalam 10 mililiter air minum. Gunakan api sedang saat memasak agar beras merah benar-benar matang sempurna. Masukkan alpukat yang sudah dihaluskan dalam blender ke dalamnya, lalu aduk sampai asapnya hilang. Sajikan saat hangat.

  1. Bubur Melon Jeruk Manis

Kupas melon yang sudah matang dan lunak lalu potong kecil-kecil. Masukkan dalam blender lalu haluskan sampai halus. Saring dengan saringan besi. Campurkan perasan setengah buah jeruk manis ke dalamnya bersama dengan ASI secukupnya. Aduk sampai semua bahan tercampur dengan rata.

  1. Pure Pepaya Pisang

Pure pepaya pisang juga tak kalah lezat dan bernutrisi tinggi. Kupas pisang ambon dan buah pepaya lalu potong kecil-kecil. Masukkan ke dalam kukusan selama 5 menit atau sampai empuk. Angkat kedua bahan ini lalu blender sampai halus. Saring pure pepaya pisang lalu tambahkan beberapa sendok makan ASI agar nutrisinya menjadi lengkap.

  1. Pure Alpukat Mangga

Pilih mangga varietas manalagi karena tekstur daging buahnya lembut dan rasanya manis. Kupas lalu potong kecil-kecil. Ambil bagian yang matang saja pada buah alpukat lalu campurkan kedua bahan ini pada blender. Setelah cukup halus, tuang jus alpukat mangga pada saringan untuk mengambil purenya. Tambahkan ASI untuk mengubah teksturnya menjadi lebih halus.

  1. Pure Blewah Melon

Campuran blewah dengan melon juga tak kalah efektif sebagai makanan pendamping bayi usia 7 bulan. Kupas dan potong kecil-kecil buah blewah dan melon. Masukkan kedua bahan ini pada blender. Saring pada saringan besi dan buang ampasnya. Tambahkan beberapa sendok ASI untuk mencukupi nutrisinya.

  1. Bubur Brokoli

Potong brokoli kecil-kecil lalu cuci bersih pada air mengalir. Kukus tanpa bumbu sampai bertekstur lembut. Blender sampai halus lalu saring pada saringan besi. Anda akan mendapatkan pure brokoli yang lembut dan bernutrisi.

  1. Pure Apel Labu

Apel dan labu mengandung serat halus yang bagus karena sesuai dengan kemampuan pencernaan bayi. Kupas apel dan buah labu yang sudah matang. Potong kecil-kecil lalu kukus sampai empuk. Masukkan dalam blender dan haluskan sampai benar-benar halus. Saring menggunakan saringan untuk mendapatkan pure apel dan labu yang super halus.

  1. Kuning Telur dan kacang Polong

Kuning telur kaya akan protein, sedangkan kacang polong diperkaya dengan berbagai vitamin dan mineral. Kukus kuning telur dan kacang polong sampai kacang polong menjadi lunak. Haluskan dalam blender sampai kacang polong tercampur rata dengan kuning telur. Saring dengan saringan besi untuk memisahkan antara ampas dengan sarinya.

BACA JUGA  20 Penyebab serta Obat Diare Alami untuk Anak, Bayi dan Ibu Hamil
  1. Oatmeal

Oatmeal juga bagus digunakan sebagai makanan pendamping ASI. Haluskan oatmeal pada blender sampai menjadi bubuk halus. Masak dalam air putih secukupnya sampai agak mengental. Setelah dingin, tambahkan beberapa sendok makan ASI untuk melengkapi nutrisinya.

  1. Ayam dan Ubi Jalar

Haluskan beberapa potong daging ayam yang dicampur dengan ubi jalar ungu sampai halus. Setelah itu, didihkan dengan air secukupnya sampai kedua bahan ini matang sempurna. Jangan lupa untuk menyaringnya agar menjadi pure yang halus. Tambahkan sedikit ASI agar tidak terlalu kental.

  1. Bubur Apel Kubis

Bersihkan kubis yang telah dikupas sampai bersih dengan air mengalir. Pilihlah kubis yang muda agar bertekstur tidak terlalu keras. Kukus bersama apel yang telah dikupas sampai matang. Haluskan dalam blender kemudian saring ampasnya.

  1. Pure Pir Alpukat

Campuran buah pir dan alpukat juga cocok menjadi makanan bayi usia 7 bulan. Ambil bagian yang berwarna kuning dari buah alpukat secukupnya. Haluskan dalam blender bersama potongan buah pir. Masukkan dalam saringan untuk menghasilkan pure yang sempurna.

  1. Bubur Sumsum

Jangankan bayi, Andapun pasti akan tergoda dengan lembutnya bubur sumsum. Masak tepung beras dengan air secukupnya. Aduk terus jangan sampai menggumpal. Campurkan sedikit madu dan ASI agar nutrisi di dalamnya menjadi lengkap.

  1. Tim Beras Merah dan Hati

Sebagai selingan nasi tim putih, Anda bisa mencoba mengaplikasikan nasi tim dari beras merah. Masak tumbukan lembut beras merah dan hati ayam dalam air secukupnya. Pastikan Anda memasaknya sampai matang agar ramah pencernaan bayi.

  1. Pure Pisang

Siapa bisa menolak pulennya pure pisang. Anda hanya membutuhkan sedikit pisang dan ASI. Kukus pisang Ambon yang telah dipotong kecil-kecil sampai empuk. Tumbuk sampai halus lalu tambahkan beberapa sendok makan ASI. Aduk sampai rata agar menjadi pure pisang yang sempurna.

  1. Ikan Salmon

Potong ikan salmon menjadi beberapa potongan kecil. Pisahkan durinya, pastikan langkah ini Anda kerjakan dengan teliti agar tidak ada duri yang tertinggal. Kukus sampai matang lalu haluskan dengan blender. Saring sarinya lalu buang ampasnya.

  1. Kacang Merah

Cuci segenggam kacang merah lalu mulailah mengukusnya. Pastikan Anda mengukusnya sampai matang. Haluskan dalam blender lalu saring. Setelah dingin, tambahkan tiga sendok makan ASI untuk membuatnya lebih cair lagi.

  1. Jagung Manis

Pilihlah jagung manis yang masih muda lalu pipil segenggam. Cuci sampai bersih lalu masukkan dalam kukusan. Setalh matang, masukkan dalam blender bersama beberapa sendok makan ASI. Pastikan teksturnya tidak terlalu padat atau cair agar si buah hati tidak tersedak.

  1. Kentang

Kentang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga memberikan tenaga yang cukup untuk si buah hati. Kupas kentang, cuci bersih, potong kecil, lalu kukus sampai matang. Haluskan secara manual lalu campurkan dengan ASI hingga menjadi pure yang lembut.

  1. Wortel

Wortel memberikan manfaat vitamin A dan C yang tinggi. Ini akan mencegah si kecil untuk gampang sakit sekaligus menjaga kesehatan penglihatannya. Kupas wortel lalu potong kecil-kecil. Kukus sampai empuk dan matang kemudian haluskan bersama 5 sendok ASI dalam blender. Saring hasil blenderan untuk mendapatkan pure yang sempurna.

  1. Pepaya

Kandungan vitamin E, C, A, serat, dan mineral dalam buah pepaya tentu tidak akan Anda lewatkan untuk memberikannya pada si buah hati. Haluskan buah pepaya manis pada blender bersama 5 sendok makan ASI. Untuk mendapatkan pure yang lembut, Anda harus menyaringnya terlebih dahulu.

BACA JUGA  10 Cara Menghilangkan Cegukan Terus Menerus Pada Bayi

Itulah 22 kumpulan menu resep makanan bayi  7 bulan yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda. Nutrisi yang tepat akan mencetak generasi yang cemerlang.

kumpulan resep makanan bayi 7 bulan,22 resep kumpulan makanan bayi umur 7 bulan,bubur sumsum alpukat,makanan bayi 7 bulan,Makanan bayi untuk 7 bulan,share bayi 8 bulan
Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *