7 Macam Behel Gigi Beserta Harga Pasangnya

Kawat gigi atau dalam istilah kerennya disebut behel dalam Bahasa Ingris disebut dengan dental braces. Pada intinya, behel digunakan untuk meratakan gigi. Artikel kali ini akan membahas suatu tema yang menarik pada era kekinian yaitu macam behel gigi dan harganya. Pada era sekarang kini, orang-orang sudah mulai memikirkanpenampilan fisiknya mulai dari yang terlihat sampai yang tak terlihat, dari ujung kaki sampai ujung rambut. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan penampilan paripurna yang tidak hanya membuat seseorang percaya diri namun juga bisa memberikan aura positif bagi orang-orang di sekitarnya.

Bagian dari tubuh manusia yang sering menjadi fokus dari perawatan adalah rambut, kulit, dan gigi. Gigi menempati posisi penting dalam tubuh manusia, selain sebagai organ pencernaan mekanik, gigi juga mampu mempengaruhi suara yang dihasilkan oleh seseorang. Gigi bahkan disebut sebagai bunga seseorang karena mempengaruhi kualitas senyuman. Namun, gigi bisa menjadi bumerang bagi sebagian orang karena bentuk dan strukturnya yang tidak rata seperti yang Anda inginkan.behel gigi

Orang akan cenderung malu untuk menampakkan seluruh gigi pada senyuman mereka karena ketidak percayaan diri pada gigi. Sementara bagi mereka yang memiliki gigi yang indah, rapi, dan teratur, cenderung akan mengembangkan senyuman sejuta dolar lengkap dengan giginya yang indah kepada setiap orang. Memang tidak ada yang perlu disalahkan dan disesali dengan hadirnya gigi yang tidak rata karena hal ini terjadi diluar kendali manusia.

Ada dua penyebab utama ketidakteraturan pada gigi yaitu penyebab langsung dan penyebab tidak langsung. Penyebab langsung meliputi gigi susu yang tanggal sebelum waktunya, gigi yang tidak tumbuh, gigi yang berlebih, tanggalnya gigi tetap, gigi susu tidak tanggal walaupun gigi tetap penggantinya telah tumbuh, bentuk gigi tetap tidak normal, dan kebiasan buruk seperti bernafas lewat mulut, mengisap jari, dan proses penelanan yang salah.Sedangkan untuk faktor penyebab yang tidak langsung, gigi yang tidak rata akan timbul karena faktor keturunan, faktor gangguan sewaktu masih janin, gangguan keseimbangan kelenjar endokrin, dan lain-lain.

BACA JUGA  7 Cara Menggunakan Dan Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah Berjerawat

Untuk Anda yang tidak memiliki gigi yang teratur, kini hadir suatu metode perawatan gigi yang disebut dengan behel. Pada mulanya, pemasangan behel dilakukan untuk tujuan kesehatan yaitu dengan merapatkan gig agar tidak terlalu renggang sehingga akan lebih mudah mengunyah makanan, mengembalikan bentuk rahang atas dan bawah ang tidak simetris, dan menata gigi yang berdesakan agar terlihat lebih rapih. Namun pada perkembangannya, banyak orang yang memasang behel untuk tujuan keindahan semata. Bahkan untuk kalangan ABG dan remaja, memasang behel dianggap sebagai suatu tren yang sangat keren untuk diikuti. Apapun itu alasannya, pemasangan behel tidak boleh dilakukan secara sembarangan apalagi oleh orang yang bukan ahlinya. Jangan sampai hanya karena tergiur oleh biaya yang murah, Anda kemudian terburu untuk melakukan prosedur ini.

Perlu diketahui bahwa ada beberapa macam behel gigi berdasarkan cara pemasangannya.

Macam-macam Behel Gigi Ditinjau Dari Cara Pemasangan

  1. Behel Gigi Permanen

Behel gigi jenis ini adalah suatu metode pemasangan behel pada gigi yang melekat pada waktu yang cukup lama untuk mendapatkan susunan gigi seperti yang diinginkan. Bahkan jangka waktunya bisa mencapai dua tahunan lebih. Tentu perlu kesabaran lebih ketika Anda menerapkan behel gigi jenis ini.

  1. Behel Gigi Lepasan

Begel gigi lepasan, seperti namanya, behel jenis ini dapat dipasang dan dilepas sewaktu-waktu. Dibuat dari penampang plastik, behel gigi lepasan dicetak menyesuaikan bentuk gigi dan rahang pemakai. Behel ini dapat dilepas ketika Anda makan, menggosok gigi, ataupun aktivitas lain, lalu dipasangkan kembali ketika aktivitas tersebut telah selesai.

  1. Retainer

Retainer adalah suatu behel gigi yang berbentuk kawat yang diaplikasikan pada akhir perawatan gigi. Penggunaan behel jenis ini mampu menstabilkan posisi gigi yang cenderung akan terus mengalami pergeseran seiring waktu. Sehingga pada intinya, retainer perlu secara teratur dilakukan.

BACA JUGA  44 Manfaat Madu Untuk Wajah, Ibu Hamil dan Kesehatan

Macam-macam Behel Gigi Ditinjau Dari Bahan Penyusun Behel Gigi

  1. Behel Gigi Metal

Behel gigi metal terbuat dari biji-biji kecil yang terbuat dari logam dan menempel kuat pada gigi yang kemudian dihubungkan dengan kawat penghubung. Karena terbuat dari metal, maka behel gigi jenis ini akan bertahan lebih lama tanpa karatan. Namun perlu Anda pahami bahwa tidak semua orang bisa mengaplikasikan behel metal karena ada sebagian lainnya yang alergi terhadap logam. Jadi, pertimbangkan semua kemungkinan sebelum memilih satu jenis behel.

  1. Behel Gigi Keramik

Behel gigi keramik memiliki beberapa keunggulan seperti warnanya yang menyerupai gigi asli, sehingga tidak terlihat seperti memakai behel gigi. Kemudian si pengguna tidak akan merasa canggung unuk makan maupun berbicara karena behel gigi jenis ini relatif lebih nyaman. Behel gigi keramik merupakan pilihan tepat untuk mereka yang mengidap alergi logam.

  1. Behel Gigi Demon

Behel gigi demon cukup mirip dengan behel metal akan tetapi memiliki pengunci tersendiri pada masing-masing biji-bijinya. Tentu hal ini akan memberikan sensasi lebih nyaman bagi para pengguna untuk menggerakkan gigi secara leluasa. Selain itu, behel jenis ini juga cenderung tidak memerlukan pengawasan yang terlalu ketat seperti behel jenis lainnya.

  1. Invisalign

Behel gigi jenis invisalign terbuat dari plastik transparan yang dapat dilepas dan dipasang sesuai dengan keinginan penggunanya. Behel jenis ini dicetak dengan menyesuaikan bentuk gigi dengan metode khusus dengan bantuan teknologi tiga dimensi. Namun, Anda harus membayar lebih karena behel invisalign harus diganti kira-kira setelah dua minggu mengikuti alur pergeseran gigi Anda. Dan yang terakhir, behel invisalign hanya direkomendasikan untuk mereka yang memiliki ketidakteraturan gigi yang sifatnya ringan.

BACA JUGA  19 Cara Menghilangkan Komedo Di Hidung Secara Alami

Harga Pasang Behel Gigi

Itulah beberapa macam behel gigi yang bisa Anda aplikasikan untuk memperbaiki susunan dan struktur yang tidak rapi. Sekarang waktunya untuk membuka rahasia tentang biaya pemasangan behel yang umum diterapkan oleh beberapa klinik. Untuk harga behel gigi permanen berkisar antara Rp 5.000.000,00 sampai dengan Rp 12.000.000,00. Perbedaan harga ini ditentukan oleh jenis logam yang dipakai, tingkat ketransparanan behel, serta warna-warni logam yang akan membuat behel jenis ini lebih mahal. Kemudian, untuk behel lepasan, biaya yang harus dikeluarkan adalah berkisar Rp 500.000,00 sampai dengan Rp 4.000.000,00. Biaya yang harus dikeluarkan disesuaikan dengan bahan pembuat behel dan dan bagaimana kesulitan pembetulannya.

Itulah Macam Behel Gigi dan Pasangnya yang bisa menjadi sebuah informasi dan patokan bagi Anda. Kini tidak perlu minder lagi karena memiliki gigi yang kurang rapi. Behel gigi hadir sebagai solusi nyata bagi Anda dengan harga yang cukup terjangkau. Namun, hal yang harus disadari adalah untuk memilih klinik yang terpercaya agar semua proses dilakukan secara profesional dan memberikan rasa aman.

behel,harga behel gigi,harga behel,harga pasang behel,behel gigi,macam macam behel,daftar harga behel gigi,harga pasang kawat gigi,biaya pasang behel,harga behel permanen
Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *