29 Makanan Untuk Diet Sehat Dan Cepat Secara Alami

Tidak dipungkiri bahwa makanan yang kita konsumsi sehari-hari ditujukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Berbagai macam sumber pangan, lauk, sayur, dan buah yang dipilih akan menentukan bagaimana hasilnya dalam tubuh. Saat makanan yang dikonsumsi mengandung nutrisi seimbang, maka akan membentuk tubuh yang sehat dan proporsional. Sebaliknya, terlalu banyak mengkonsumsi jenis makanan yang berlemak dan cepat saji tidak akan memberikan dampak positif bagi tubuh, melainkan mendatangkan kegemukan dan obesitas. Lalu apa saja makanan untuk diet sehat dan cepat secara alami?Menu Makanan Untuk Diet

Diet pada dasarnya bertujuan untuk mengurangi berat badan dengan cara-cara tertentu. Banyak orang yang rela tidak makan selama beberapa waktu tertentu demi mendapatkan tubuh yang lebih kurus. Padahal, tubuh membutuhkan asupan energi dan nutrisi yang penting untuk keberlangsungan proses metabolisme. Diet yang benar adalah mengurangi porsi makanan serta memilah mana makanan yang tepat untuk menurunkan berat badan dan mana yang tidak. Berikut beberapa makanan untuk diet sehat dan cepat secara alami yang dirangkum dari berbagai sumber terpercaya.

Makanan Untuk Diet Sehat Dan Cepat Secara Alami

  1. Buah Jeruk

Sekarang Anda tahu mengapa kebanyakan orang memilih buah jeruk sebagai makanan pembuka atau penutup. Pasalnya, buah ini mengandung serat serta rendah kalori yang mampu mengatur glukosa dalam darah.

  1. Oatmeal

Ketika Anda sedang diet, sebaiknya hindari nasi. Gantilah dengan oatmeal atau gandum utuh. Anda bisa bebas berkreasi dengan olahan gandum untuk menyesuaikan selera lidah Anda.

  1. Lada Hitam

Diet erat kaitannya dengan olahraga. Dukung aktivitas fisik Anda dengan menambahkan lada hitam pada menu makanan Anda. Lada hitam akan berperang melawan lemak dan kalori saat olahraga.

  1. Kentang

Selain gandum, Anda bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat harian dengan kentang. Umbi ini kaya akan vitamin B6, vitamin C, kalium, dan serat yang baik untuk mendukung diet Anda.

  1. Apel

Kandungan sodium, lemak, kalori yang rendah, dan serat pangan pada buah apel merupakan makanan pendamping diet yang tepat. Anda bebas untuk mengkonsumsi buah ini secara langsung atau mengolahnya menjadi jus.

  1. Kacang Mede

Jangan ragu untuk ngemil saat diet, asalkan camilan yang Anda pilih rendah lemak dan kalori. Kacang mede menjadi salah satu camilan sehat saat Anda diet maupun tidak.

  1. Kacang Kenari

Kacang kenari memang mengandung lemak, tetapi lemak yang dikandung adalah jenis lemak baik (HDL). Jadi, tidak perlu takut untuk menjadi lebih gemuk dengan mengkonsumsi kacang kenari.

  1. Dada Ayam

Jangan sampai masa diet justru membuat Anda menjadi kekurangan protein. Memilih dada ayam sebagai sumber protein merupakan langkah yang tepat. Terlebih bagian daging ini juga rendah lemak dan kaya serat yang akan menurunkan bobot badan Anda.

  1. Buncis

Buncis memiliki fungsi yang patut diacungi jempol karena mampu mengontrol kadar gula dalam darah. Anda bisa menjadikan buncis sebagai tumis dengan sedikit minyak.

  1. Buah Delima

Pomegranat atau buah delima juga menjadi buah yang tidak ramah terhadap lemak dan kolesterol. Anda bisa secara rutin mengkonsumsi jus buah delima tanpa gula setiap hari untuk mendukung suksesnya diet Anda.

  1. Buah Pisang

Tahukah Anda jika buah pisang termasuk ke dalam salah satu superfood diet yang telah diakui dunia. Anda bisa menjadikan pisang sebagai bagian dari menu makanan sehari-hari atau sebagai pendamping aktivitas fisik.

  1. Buah Pir

Siapa yang bisa menolak segar dan manisnya buah pir? Buah yang satu ini memang digemari oleh banyak orang khususnya yang sedang menjalani program diet. Bukan tanpa alasan karena kandungan serat di dalamnya secara aktif menurunkan berat badan.

  1. Kacang Pinus

Mengkonsumsi kacang pinus secara teratur terbukti akan menghambat nafsu makan Anda. Sudah dapat dibayangkan bagaimana kacang-kacangan ini memberikan dampak yang positif pada diet Anda.

  1. Jamur Kancing

Bingung memilih sayuran untuk diet Anda? Jamur kancing hadir sebagai salah satu alternatif yang tepat. Kandungan vitamin yang tinggi namun sangat rendah kalori membuat jamur kancing menjadi menu wajib dalam diet Anda.

  1. Kacang Lentil

Kacang yang satu ini mungkin masih sedikit asing di telinga orang Indonesia. Kacang lentil berasal dari Mesir tetapi kini sudah ada di pasaran berkat impor. Kandungan protein dalam kacang lentil akan membantu pemrosesan karbohidrat serta menjaga level kolesterol dalam tubuh.

  1. Brokoli

Sup brokoli atau jus brokoli adalah dua jenis makanan yang mampu melepaskan lemak jenuh. Seperti yang diketahui bahwa lemak jenuh merupakan musuh utama dari lemak jahat dan kolesterol dalam tubuh.

  1. Tomat

Tidak terbantahkan memang manfaat tomat untuk kesehatan. Selain rendah kalori, buah tomat juga diperkaya dengan serat yang memberikan dampak positif dalam penurunan berat badan Anda.

  1. Melon

Buah melon mengandung salah satu antioksidan penting yang disebut dengan katekin. Senyawa inilah yang akan mendukung kinerja serat dalam daging buah melon yang semakin terlihat fungsinya dalam menurunkan berat badan Anda.

  1. Teh Hijau

Bingung memilih minuman saat diet? Teh hijau hadir sebagai pilihan yang tepat. Seduh teh hijau secukupnya dalam cangkir. Minumlah selagi hangat dan rasakan zat antioksidan di dalamnya bekerja membakar lemak jahat dan kalori yang berlebih.

  1. Bayam

Bayam bisa menjadi sayuran pendamping nasi saat diet. Tentu dengan porsi sayuran yang lebih banyak daripada nasi. Campurkan bayam dengan jagung dan wortel dan konsumsi sayur ini saat diet.

  1. Kayu Manis

Tidak perlu repot mengolah kayu manis karena Anda bisa menggunakan cara yang paling sederhana yaitu dengan mencampurnya pada minuman atau makanan yang Anda konsumsi.

  1. Asparagus

Asparagus memberikan dampak positif bagi tubuh seperti menjaga jumlah bakteri yang baik dalam usus, mengeluarkan racun dari tubuh, serta mengontrol berat badan. Sup asparagus dengan gandum kental merupakan contoh menu yang sehat.

  1. Alpukat

Jangan sampai Anda tergoda dengan segarnya minuman bersoda karena jus alpukat tidak kalah menyegarkan dan menyehatkan. Buah ini mengandung jenis lemak jenuh yang baik untuk melawan kandungan lemak jahat dalam tubuh.

  1. Selai Kacang

Olahan dari kacang ini menjadi pilihan tepat untuk toping roti dibanding dengan gula pasir, mentega, dan susu cokelat. Selai kacang bekerja efektif menghilangkan lemak yang menggunung sekalipun.

  1. Salmon

Pilihan lauk selama diet adalah ikan salmon. Ikan ini kaya akan omega 3 yang mencukupi kebutuhan lemak baik bagi tubuh. Selain itu, salmon mampu membuat otak lebih cerdas.

  1. Minyak Zaitun

Dalam kondisi diet, gantilah minyak goreng Anda dengan minyak zaitun. Minyak jenis ini kaya akan antioksidan tinggi yang salah satu fungsi utamanya untuk melawan lemak dan kolesterol tinggi. Anda juga bisa mencampurkannya dalam salad untuk mendapatkan manfaat yang lebih baik.

  1. Blueberry

Semua buah yang terkandung dalam jenis berry memberikan manfaat antioksidan yang baik. Blueberry bekerja efektif untuk memecah glukosa dalam darah sehingga bagus untuk program diet Anda.

  1. Putih Telur

Selain bagus untuk kulit, putih telur juga mampu mencukupi kebutuhan protein tanpa membuat Anda menjadi lebih gemuk. Rebus putih telur dan jadikan sebagai lauk selama diet.

  1. Kubis

Tidak perlu diragukan lagi jika serat dalam sayuran, termasuk kubis baik untuk menurunkan berat badan Anda. Pasalnya, di dalam kubis terkandung serat yang cukup tinggi sehingga akan menjaga bera tubuh tetap seimbang bahkan menurun.

BACA JUGA  20 Manfaat Buah Pepaya Untuk Diet,Ibu Hamil Dan Kesehatan

Itulah 29 makanan untuk diet sehat dan cepat secara alami yang bisa Anda coba terapkan. Namun perlu dipahami bahwa diet tidak akan berarti tanpa diimbangi dengan aktivitas fisik yang memadai. Selamat mencoba…

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *