12 Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Rambut, Wajah dan Bayi

Apa yang terlintas di pikiran Anda ketika mendengar nama bawang merah? Untuk pecinta dongeng dan cerita fiksi, sudah pasti langsung akan teringat akan kejamnya perlakuannya pada saudara tirinya, bawang putih. Tetapi, bagi kalangan pecinta masakan, saat mendengar kata bawang merah maka akan langsung teringat salah satu rempah di dapur. Nah, pada artikel kali ini, penulis tidak akan membahas kekejaman karakter bawang merah dalam dongeng, melainkan akan mengulas secara lengkap mengenai kebaikan bawang merah di dunia nyata.khasiat bawang merah

Bawang merah memang hampir selalu mewarnai sebagian masakan Indonesia. Jadi, rempah ini sudah tidak asing untuk sebagian besar orang. Baunya yang khas sering digunakan untuk taburan beberapa makanan seperti soup, nasi goreng, soto, gulai, dan lain-lain. Namun, tahukah Anda bahwa bawang merah tidak hanya bisa dirasakan manfaatnya oleh lidah?

Tentu saja. Semua yang diciptakan oleh Tuhan membawa manfaat bagi makhluknya, tidak terkecuali bawang merah. Sesuai dengan judul artikel kali ini, sebelum memasuki kedalam inti pembahasan, ada baiknya untuk berkenalan lebih dekat dengan umbi yang satu ini. Bawang merah merupakan salah satu umbi-umbian tanah yang diduga berasal dari Asia Tenggara. Dalam bahasa Inggris, bawang merah disebut sebagai garlic, sedangkan bahasa Latinnya adalah Allium cepa. Hampir mirip dengan bawang putih sebenarnya, namun, bawang merah tersusun atas beberapa lapis. Semakin kedalam, warnanya akan semakin memudar. Lapisan kulit terluar biasanya berwarna ungu kecoklatan dan berubah menjadi merah muda atau ungu muda pada lapisan paling dalam.

Bawang merah masuk kedalam kingdom Plantae, subkingdom Tracheobinta, super divisi Magnoliophyta, kelas Liliopsida, sub kelas Lilidae, ordo Lililales, famili Liliaceae, dan genus Allium. Akarnya berbentuk serabut dengan rambut-rambut halus di bawahnya. Akar bawang putih mampu menembus sampai 15 cm di bawah permukaan tanah. Daunnya berwarna hijau terang dengan panjang mencapai 70 cm. Bunganya berbentuk kuncup dan jika mekar akan menyerupai payung lengkap dengan selaputnya. Bunga bawang merah mampu melakukan penyerbukan sendiri.

BACA JUGA  15 Manfaat Kunyit Untuk Wajah, Kesehatan dan Kencantikan

Nah, sudah lebih memahami umbi bawang merah bukan? Sekarang, kita kupas satu persatu kandungan apa saja yang terdapat dalam umbi serba guna ini. Dalam setiap 100 gram bawang merah, sedikitnya terdapat energi, air, karbohidrat, serat, kalium, magnesium, vitamin B6, vitamin C, folat, zat besi, tiamin, niasin, riboflavin, pirdoksin, vitamin A, seng, fosfor, nitrogen, dan lainnya. Sekilas bisa dibilang bahwa walaupun bentuknya kecil, bawang merah mengandung nutrisi yang luar biasa kompitnya bagi tubuh Anda. Setelah mengetahui kandungan-kandungan pentingnya, kini pertanyaan Anda mengenai apa saja manfaat bawang merah untuk kesehatan rambut, wajah dan bayi akan segera terjawab.

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Rambut

  1. Mengatasi Kebotakan

Rambut adalah mahkota diri, jadi ketika kebotakan mulai nampak, segeralah mencari solusi agar tidak semakin parah. Cobalah untuk menghaluskan beberapa siung bawang merah sampai halus. Usapan pada kulit rambut Anda dan beri sedikit pijatan. Kandungan sulfur pada umbi ini mampu merangsang pertumbuhan rambut.

  1. Menguatkan Rambut

Haluskan beberapa siung bawang merah bersama madu secukupnya. Oleskan pada rambut Anda sampai merata. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih dan shampo. Lakukan langkah ini secara rutin dan rasakan perubahannya pada rambut Anda.

  1. Mengatasi Ketombe

Ketombe membuat hari-hari Anda penuh dengan rasa gatal dan rasa tidak nyaman. Campuran perasan jeruk nipis dan bawang merah mampu mengurangi intensitas ketombe Anda.

BACA JUGA  22 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Wajah
  1. Mengatasi Infeksi Kulit Kepala

Infeksi kulit kepala timbul karena beberapa faktor, salah satunya adalah tersumbatnya folikel rambut. Jamur juga mampu menyebabkan infeksi pada kulit kepala Anda. Jangan khawatir karena jus bawang merah yang diaplikasikan rutin pada kulit kepala Anda mampu menanganinya dengan baik.

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Wajah

  1. Mencerahkan Kulit

Tidak perlu mahal-mahal ke salon karena bawang merah juga mampu mencerahkan kulit. Kandungan flavonoid yang cukup tinggi di dalamnya akan memelihara kecerahan kulit untuk jangka waktu yang lama.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Tidak ada seorangpun yang ingin terlihat jauh lebih tua dari usia yang sebenarnya. Tetapi kadang kita harus bekerja di bawah paparan sinar matahari langsung yang syarat akan sinar UV dan berbagai polusi lainnya. Bawang merah datang dengan kandungan zat antioksidannya yang tinggi yang selalu siap siaga menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini.

  1. Mengobati Jerawat

Lagi, masalah kulit yang satu ini menduduki ranking satu sebagai masalah kulit paling dibenci, apalagi oleh kalangan anak baru gede (ABG). Jerawat timbul karena bakteri atau kuman yang bercampur dengan keringat dan kotoran yang tercebak dala pori-pori kulit. Tidak perlu sampai stres memikirkan jerawat Anda. Segeralah pergi ke dapur, ambil beberapa siung bawang merah. Belah menjadi dua lalu oleskan pada bagian kulit yang berjerawat. Lakukan pada malam hari dan bilas pada keesokan harinya dan biarkan zat anti inflamasi dan anti bakterialnya bekerja secara optimal.

Baca Juga : 31 Manfaat Bawang Putih Untuk Wajah, Pria dan Kesehatan

  1. Menyamarkan Flek Hitam

Flek hitam dan masalah pigmentasi pada kulit memang susah untuk dihilangkan. Cobalah untuk mengoleskan bawang putih pada area yang menghitam. Diamkan selama 15 menit lalu cucilah wajah Anda dengan sabun cuci muka yang cocok dengan tipe kulit Anda.

BACA JUGA  25 Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan Pria dan Wanita

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Bayi

  1. Mengatasi Perut Kembung

Mungkin sebagian dari Anda pernah melihat bayi diolesi menggunakan parutan bawang merah ketika rewel. Bisa jadi itu karena perut kembung atau masuk angin sehingga membuatnya menangis tiada henti. Cobalah untuk memarut kasar bawang merah lalu oleskan pada area perut, dada, punggung dan jidat bayi untuk membuang angin dalam perut dan memberi efek hangat.

  1. Memperlancar Sirkulasi Darah

Pemijatan pada bayi dilakukan untuk merangsang perkembangan syarafnya. Selain menggunakan minyak kayu putih, Anda juga bisa menggunakan bawang putih yang tela dihaluskan dalam pemijatan bayi.

  1. Menyembuhkan Gigitan Nyamuk dan Gatal

Gigitan nyamuk akan membekas menjadi benjolan kecil disertai dengan sensasi gatal. Hal ini muncul sebagai reaksi penolakan tubuh akan zat yang ada pada liur nyamuk. Jika bayi Anda digigit nyamuk atau mengalami penyakit gatal, mengoleskan sari bawang merah yang sudah diperas adalah salah satu langkah yang tepat. Biarkan zat antiseptic dan anti bakterinya bekerja optimal.

  1. Mencerdaskan Bayi

Siapa sangka umbi kecil ini menyimpan kandungan folat di dalamnya. Selain menurunkan resiko bayi cacat lahir, folat dipercaya mampu meningkatkan kecerdasan bayi.

Itulah 12 manfaat bawang merah untuk kesehatan rambut, wajah dan bayi yang diharapkan mampu menambah khasanah pengetahuan Anda. Memanfaatkan bawang merah untuk kesehatan tidaklah susah, ditambah lagi harganya yang relatif murah serta mudah untuk didapat. Selamat mencoba !

manfaat bawang merah,manfaat bawang merah untuk wajah,manfaat bawang merah untuk kulit,manfaat bawang merah untuk rambut,khasiat bawang merah,Bawang merah untuk rambut,Manfaat bawang merah untuk kecantikan,bawang merah,khasiat bawang merah untuk kulit,manfaat bawang merah untuk kulit wajah
Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *