21 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan dan Untuk Ibu Hamil

Kita hampir semua setuju bahwa tidak ada sesuatupun di dunia ini yang diciptakan secara kebetulan. Semua hal sudah diatur sedemikian rupa dengan peran dan tugasnya masing-masing. Begitupun dengan tumbuhan. Ada yang berperan sebagai perindang, penyedia kebutuhan pangan, penghias taman, bahkan ada yang berfungsi sebagai penyembuh penyakit. Nah, pada kesempatan kali ini, penulis akan mencoba mengulas lebih dalam mengenai manfaat buah alpukat bagi kesehatan dan untuk ibu hamil.

Siapa yang tidak kenal dengan buah alpukat. Buah ini populer khusunya pada kalangan penikmat jus, karena alpukat memberikan sensari rasa dan aroma yang tiada duanya. Benarkah selain rasanya yang lezat, alpukat kaya akan kandungan nutrisi yang lengkap? Apakah buah alpukat cocok dikonsumsi bagi ibu hamil? Semuanya akan dikupas secara lengkap dan menyeluruh pada artikel ini.khasiat-buah-alpukat

Namun, sebelum menuju kepada pokok pembahasan, marilah kita mengenal lebih dekat buah yang satu ini. Alpukat atau Persea Americana berasal dari negara Meksiko dan negara-negara di Amerika Tengah. Buah ini kemudian menyebar hampir keseluruh dunia dan baru sampai di negara kita tercinta ini sekitar tahun 1877. Buah ini masuk bersama dengan masuknya orang Belanda ke Indonesia. Tahukah Anda jika alpukat pertama di tanam di Indonesia di Kebun Raya Bogor ? Nah sekarang Anda mengetahuinya.

Alpukat dalam bahasa Inggris berarti avocado, yang diserap dari bahasa suku Aztek “ahuacatl” yang artinya pahit. Suku Aztek yang memang suku asli negara-negara Amerika Tengah menganggap buah alpukat pahit dan banyak dari mereka yang tidak menyukainya.

Pohon alpukat mampu tumbuh sampai 20 meter tingginya. Daunnya cukup lemar dengan panjang 25 cm. Ketika berbunga, bunganya akan berwarna hijau agak kekuningan dengan ukuran maksimal 10 milimeter. Buah alpukat memiliki ukuran yang bervariasi mulai dari 7 cm sapai 20 cm atau bahkan lebih. Bijinya agak besar yaitu sekitar 5 sampai 7 centimeter. Buah alpukat bertekstur lembut dan agak padat dengan warna hijau sampai ungu kecoklatan tergantung pada varietas buah alpukat itu sendiri.

BACA JUGA  16 Manfaat Daun Kenikir Untuk Ibu Hamil dan Kesehatan

Bagaimana, sudah lebih memahami buah alpukat lebih mendalam bukan? Nah, sekarang mari kita kupas apa saja kandungan nutrisi di dalam buah ini berdasarkan penelitian yang telah terpercaya. Dalam 150 gram buah alpukat, terdapat 240 kalori, 34% lemak, 0% kolesterol, 0% sodium, 4% karbohidrat, 40% serat pangan, 1 gram gula, 3 gram gula, 4% vitamin A, 2% kalsium, 25% vitamin C, 5% iron, dan kandungan lainnya.

Setelah mengetahui kandungan nutrisi di dalamnya, kini kita akan membahas hubungan nutrisi tersebut dengan khasiat buah alpukat bagi kesehatan dan untuk ibu hamil. Berikut beberapa manfaat buah alpukat bagi kesehatan dan untuk ibu hamil yang telah penulis rangkum dari berbagai literatur.

Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan

  1. Mencegah Sariawan

Sudah bukan barang baru lagi jika tubuh terpenuhi kebutuhan vitamin C nya maka tubuh akan terbebas dari sariawan dan gusi berdarah.

  1. Mencukupi Kebutuhan Lemak

Eits jangan salah, tubuh kita memerlukan lemak untuk keberlangsungan proses metabolisme. Tetapi lemak yang dibutuhkan dalam taraf tertentu karena jika terlalu tinggi maka akan membuat obesitas. Untuk masalah ini, alpukat kaya akan lemak baik yang mampu mencukupi kebutuhan lemak tak jenuh Anda.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit yang terawat sudah pasti akan membuat penampilan Anda menjadi lebih menarik. Dengan curahan vitamin E yang tinggi pada buah alpukat, Anda bisa memanfaatkannya untuk perawatan kulit dari luar maupun dalam.

  1. Meencegah Stroke

Selain memiliki kandungan kolesterol yang sangat rendah (hampir 0%), buah alpukat juga kaya akan folat. Kedua keuntungan ini mampu mengantarkan Anda untuk memperkecil resiko stroke.

  1. Menurunkan Kolesterol

Adalah senyawa beta sitosterol yang berfungsi sebaga penurun kolesterol dalam tubuh.

  1. Menyehatkan Mata

Jika Anda perhatikan, buah alpukat memiliki kandungan vitamin A dalam jumlah yang cukup untuk menyehatkan mata.

  1. Menyehatkan Jantung

Jantung merupakan sumber kehidupan, ketika jantung fungsinya terganggu, maka kesehatan manusiapun cenderung akan mengalami penurunan. Kandungan asam folat dan vitamin B6 pada buah alpukat mampu mengontrol kadar homocysteine yang menjadi penyebab utama penyakit jantung.

Baca Juga : 21 Manfaat Buah Apel Merah Dan Hijau Bagi Kesehatan Dan Ibu Hamil

  1. Mengatasi Peradangan

Alpukat kaya akan senyawa phytonutrisi yang akan membantu mengurangi gangguan degeneratif dan inflamasi.

  1. Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan potasium dan kalium pada alpukat sangat baik untuk mengontrol tekanan darah Anda. Jadi, alpukat cocok untuk dikonsumsi oleh Anda yang mengidap hipertensi.

  1. Mencegah Kanker

Hal menakjubkan yang bisa didapat dari alpukat bahwa buah ini mampu mencegah kanker. Ini berkat kandungan asam oleatnya yang cukup tinggi yang akan menurunkan resiko bagi sel kanker untuk berkembang.

  1. Mengatasi Bau Mulut

Bau mulut bisa timbul jika organ pencernaan, khusunya usus Anda kotor. Dengan memanfaatkan kandungan seratnya, buah alpukat merupakan pilihan tepat sebagai makanan pencuci mulut Anda.

  1. Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Penelitian mengungkapkan jika rajin mengkonsumsi alpukat maka akan terjadi peningkatan penyerapan nutrisi lima kali lebih banyak dari biasanya.

  1. Mengurangi Resiko Pestisida

Kulit buah alpukat yang cenderung keras akan membuat pestisida susah untuk masuk ke dalam buahnya. Nah, hal ini tentu bagus untuk mencegah terjadinya kanker ataupun keracunan makanan.

  1. Mencegah Sembelit

Alpukat kaya akan serat sehingga cocok dikonsumsi untuk mencegah maupun menanggulangi sembelit.

BACA JUGA  7 Cara Menggunakan Dan Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah Berjerawat

Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil

  1. Mencegah Anemia

Zat besi pada buah alpukat mampu meningkatkan produksi eritrosit dalam darah sehingga kecil kemungkinan untuk anemia.

  1. Mengobati Kram

Kram pada ibu hamil intensitasnya cenderung meningkat. Tidak perlu khawatir karena Anda dapat meminimalisirnya dengan rajin mengkonsumsi buah alpukat.

  1. Mencegah Cacat Lahir

Bagi ibu hamil, memiliki anak yang sempurna merupakan sebuah keinginan yang wajar. Anda bisa membantu perkembangan janin agar terlahir sempurna nantinya dengan rajin mengkonsumsi buah alpukat. Dengan curahan vitamin B dan folat, janin di dalam perut akan memiliki resiko rendah untuk cacat lahir.

  1. Melancarkan BAB

Kandungan serat pangan yang tinggi selain akan melancarkan pencernaan, juga akan mencegah sembelit. Konsumsi buah alpukat secara rutin dan rasakan nikmatnya bisa membuang sisa metabolisme setiap hari.

  1. Memberi Makanan Otak

Yups, omega 3 dan vitamin E bagus sekali untuk kecerdasan otak dan mencegah penyakit alzheimer. Tentu ini akan sangat baik untuk diterapkan pada ibu hamil karena akan menciptakan generasi cerdas pada masa mendatang.

  1. Menyehatkan Janin

Hubungannya dengan ibu hamil, buah alpukat akan memberikan kandungan folatnya untuk mendukung perkembangan janin. Jika janin berkembang dengan baik, maka kelak akan menjadi bayi yang sehat dan pintar.

  1. Sumber Energi Tambahan

Kandungan karbohidrat pada buah alpukat cocok untuk dijadikan sebagai sumber energi tambahan. Apalagi untuk ibu hamil yang biasanya malas untuk makan makanan yang berat.

Itulah 21 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Dan Untuk Ibu Hamil. Kini Anda sudah mengetahui rahasia-rahasia dalam buah alpukat beserta beberapa manfaatnya. Sedia selalu buah alpukat dalam lemari es Anda dan konsumsilah secara rutin untuk memetik khasiatnya.

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *