25 Khasiat Dan Manfaat Buah Delima Putih Dan Merah

Buah delima menjadi salah satu buah yang dicari oleh banyak orang. Selain karena rasanya yang manis, buah ini laku keras karena sensasinya yang unik dan berbeda ketika berada di dalam mulut. Tahukah Anda jika terdapat sedikitnya tiga jenis delima berdasarkan warna biji buahnya? Terdapat delima merah, delima putih, dan delima ungu. Dan masing-masing delima memiliki kandungan dan manfaat yang berbeda. Artikel kali ini akan berfokus pada khasiat dan manfaat buah delima putih dan merah untuk kesehatan.

Buah delima dalam bahasa Latin disebut dengan Punica granatum, sedangkan bahasa Inggrisnya adalah pomegranate. Pohon buah delima tidak terlalu besar dan cenderung tidak terlalu tinggi juga. Daunnya berwarna hijau dengan ukurannya yang kecil. Sangatlah mudah untuk membedakan mana delima yang sudah masak atau yang masih mentah. Caranya dengan melihat ukuran dan warna kulit buah. Buah delima yang sudah masak memiliki ukuran yang reatif besar dengan warna yang lebih cerah. Warna kulit buah akan menyesuaikan dengan warna dan jenis biji buah delima.Khasiat Buah Delima

Buah delima sudah dimanfaatkan dalam bidang kesehatan bahkan sejak 8000 tahun yang lampau khususnya oleh bangsa Persia. Kini penyebaran buah ini sudah hampir ke seluruh dunia dan semakin banyak orang yang bisa memanfaatkannya untuk berbagai kepentingan. Lalu apa saja khasiat dan manfaat buah delima putih dan merah? Simak ulasannya berikut ini.

Daftar Isi Artikel

BACA JUGA  24 Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Khasiat Dan Manfaat Buah Delima Merah

  1. Mencukupi Kebutuhan Nutrisi

Tubuh memerukan asupan nutrisi yang cukup untuk tetap bisa melakukan fungsinya dengan baik. Dan buah delima merah memberikannya untuk Anda mulai dari fiber, protein, vitamin C, vitamin K, folat, potassium, gula, kalori, dan lainnya.

  1. Sebagai Antioksidan

Sudah rahasia umum lagi jika buah delima merah menjadi antioksidan yang ampuh. Adalah kandungan punicalagin yang banyak ditemukan dalam kulit dan jus buah delima merah.

  1. Mencegah Peradangan Saluran Cerna

Kabar gembira untuk Anda yang sedang mengalami masalah pencernaan. Mungkin salah satu faktornya adalah karen timbulnya peradangan pada saluran cerna Anda. Delima merah bekerja efektif mengatasi peradangan melalui kandungan zat anti inflamasinya yang tinggi.

  1. Mengatasi Diabetes

Siapa sangka jika buah yang termasuk dalam jenis beri ini memberikan dampak positif bagi diabetes Anda. Dengan mengkonsumsi jus delima secara rutin selama 12 minggu, maka akan terjadi penurunan interleukin-6 dan CRP sebanyak 30%.

  1. Melawan Kanker Prostat

Penelitian menggunakan POMx, salah satu ekstrak buah delima mampu memperlambat perkembangan kanker prostat 54 bulan lebih lama. Tentu ini merupakan kabar menggembirakan untuk Anda.

  1. Membantu Penyembuhan Kanker Payudara

Kanker payudara masih menjadi hantu menakutkan bagi wanita dan pria karena resiko kematian yang begitu tinggi. Rutin mengkonsumsi buah delima akan memberikan manfaat punicalagin yang mampu melawan kanker payudara.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Studi mengatakan baha konsumsi buah delima 150 ml selama dua minggu mampu mengendalikan tekanan darah tinggi Anda.

  1. Melawan Peradangan Sendi

Sendi yang meradang tidak hanya dialami oleh mereka yang lanjut usia, namun bisa terjadi pada siapa saja yang memiliki gangguan pada sendinya. Tidak perlu khawatir karena zat anti inflamasi pada buah delima merah akan bekerja untuk Anda.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Penelitian pada 51 orang menggunakan minyak biji delima merah menunjukkan penurunan drastis pada trigliserida dan kolesterol dalam tubuh. Tentu Anda bisa membayangkan sendiri dampak positifnya bagi kesehatan jantung Anda.

BACA JUGA  21 Manfaat Buah Apel Merah Dan Hijau Bagi Kesehatan Dan Ibu Hamil
  1. Menurunkan Lemak Jahat

Jangan biarkan lemak jahat untuk terus bersarang pada tubuh Anda. Turunkan kadar LDL Anda segera dengan konsumsi jus delima secara rutin.

  1. Mengatasi Disfungsi Ereksi

Kabar gembira untuk Anda yang mengalami permasalahan hubungan suami istri. Jus buah delima merah bisa menjadi salah satu alternatif obat alami untuk mengatasi masalah disfungsi ereksi Anda.

  1. Melawan Peradangan Gusi

Gusi yang meradang tentu akan memberikan rasa yang tidak nyaman. Tetapi tidak perlu panik karena dengan meminum jus delima merah mampu menyembuhkan radang gusi. Pasalnya dengan kandungan anti jamur dan anti bakteri di dalamnya, buah delima mampu melakukan tugas ini dengan baik.

  1. Meningkatkan Memori

Jangan sampai Anda mengalami masalah kepikunan dini. Teratur minum jus delima merah setiap hari akan mencegah penyakit Alzheimer dan kepikunan dini.

  1. Meningkatkan Vitalitas

Kandungan nitrat dalam buah delima merah akan memperlambat munculnya kelelahan. Hal ini bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk hubungan suami istri Anda.

  1. Mencegah Sariawan

Tentu dengan kandungan vitamin C yang tinggi pada buah delima merah, Anda akan terhindar dari sariawan maupun gusi berdarah.

Khasiat Dan Manfaat Buah Delima Putih

  1. Mencukupi Asupan Nutrisi Tubuh

Fakta mengejutkan dari buah delima putih adalah ternyata buah ini mengandung energi, protein, serat, karbohidrat, gula, riboflavin, lemak, kalium, thiamine, niacin, asam pantotenat, vitamin B6, folat, vitamin C, kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, seng, dan lainnya.

  1. Mengobati Cacingan

Jangan sampai cacing menggerogoti nutrisi dalam tubuh Anda. Atasi dengan manfaat penisin dan tanin yang efektif melawan cacingan.

  1. Sumber Energi

Tidak mudah lelah dengan kandungan energi dalam buah delima putih. Anda bisa memilihnya menjadi makanan pendamping menu utama sehari-hari.

  1. Mencegah Osteoporosis

Kandungan kalsium yang cukup tinggi pada buah delima putih bisa Anda manfaatkan sebagai penguat tulang. Jadi, Anda akan tetap bugar kini dan nanti.

  1. Memperlancar Pencernaan

Jangan sampai masalah pencernaan menghalangi penyerapan nutrisi dalam tubuh. Rutinlah mengkonsumsi jus delima putih agar tubuh Anda tercukupi akan kebutuhan serat.

  1. Menyembuhkan Diare

Kandungan anti bakteri dalam buah delima putih merupakan musuh utama bagi bakteri dalam tubuh, khususnya pada saluran pencernaan. Ketika diare menghampiri, segera atasi dengan jus delima putih.

  1. Mengatasi Penyakit Kuning

Penyakit kuning timbul karena penumpukan bilirubin dalam darah. Jika dibiarkan maka akibatnya bisa fatal. Selain rutin mengkonsumsi buah delima putih, Anda juga bisa menggunakan rebusan daun delima sebagai obat alami untuk penyakit kuning.

  1. Mengobati Keputihan

Keputihan pada wanita memang mengganggu. Siapa sangka ekstrak kulit buah delima putih mampu melawan bakteri penyebab keputihan.

  1. Menghambat Sel Kanker

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Cegah sel kanker untuk berkembang dengan kandungan polifenl pada buah delima putih. Mengkonsumsi secara rutin adalah cara yang paling mudah dilakukan.

  1. Menyembuhkan Sakit Gigi

Jangan buang kulit buah delima putih. Rebuslah sampai mendidih lalu saring. Gunakan sebagai obat kumur maka sakit gigi akan menghilang.

BACA JUGA  21 Manfaat Kolang Kaling Untuk Lutut, Asam Urat, Kecantikan dan Tulang

Itulah 25 Khasiat Dan Manfaat Buah Delima Putih Dan Merah yang dirangkum dari berbagai sumber terpercaya. Kini saatnya Anda untuk mempraktikannya sendiri dan rasakan manfaatnya bagi kesehatan.

buah delima putih atau merah yg paling berkhasiat,khasiat delima k,khasiat buah delima putih untuk kesehatan,khasiat buah delima putih,khasiat bagi pria mengkussumsi buah delima putih,kasiat buah delima hijau,delima putih untuk kanker prostat,delima putih dan merah manis mana,delima merah com,Warna Buah Delima
Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *