24 Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Apa buah kesukaan Anda? Dapat dipastikan banyak sekali suara untuk pisang, mangga, dan jeruk. Ada beberapa buah yang luput dari cakupan buah favorit Anda seperti salah satunya adalah buah duku. Nah, kebetulan sekali kare penulis kali ini akan membicarakan buah duku yang terangkum dalam manfaat buah duku untuk kesehatan dan ibu hamil.

Sebelum menuju kepada inti pembahasan, alangkah baiknya bagi Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai buah imut yang satu ini. Buah duku memiliki nama keren (Latin) Lansium parasiticum. Daunnya majemukdan terdapat pada cabang-cabang batang. Pohonnya berkayu keras dengan bintik warna colat dan dominasi warna abu-abu. Bentuknya silindris monopodial tegak lurus dan tumbuhnya condong ke atas. Memiliki jenis akar tunggang, akar pohon duku menancap kuat ke tanah untuk menopang berdirinya batang. Buahnya kenyal, manis, dan berwarna putih dengan diselimuti oleh kulit buah yang tipi dan kadang bergetah.Khasiat Buah Duku

Tahukah Anda jika duku memang buah-buahan asli Asia Tenggara? Jadi jangan heran jika Anda dapat dengan mudah menemuinya di negara-negara tetangga Indonesia. Di negara kita tercinta ini terdapat beberapa jenis duku yang terkenal sebagai komoditas perdagangan seperti duku condet duku metesih, dan duku kalikajar. Bahkan ada spesies buah yang mirip sekali dengan duku yang biasanya orang menyebutnya lansep.

Nah, bagaimana perkenalannya? Setelah mengetahui susunan morfologi buah duku, kini mari kita kupas apa saja manfaat buah duku untuk kesehatan dan ibu hamil. Simak ulasannya berikut ini.

Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan

  1. Mencegah Kanker Kolon

Untuk manfaat yang satu ini masih berkaitan dengan dengan dietary fiber pada buah duku. Jika proses pencernaan lancar, maka organ pencernaanpun juga akan berada dalam kondisi sehat. Ketika kesehatan organ pencernaan terjaga, maka resiko untuk terkena kanker kolon akan berkurang.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Jangan pernah meremehkan khasiat buah kecil seperti duku. Siapa sangka di dalamnya terkandung kandungan vitamin C yang lumayan tinggi yang telah terbukti manfaatnya dalam menangkal radikal bebas. Tentu polusi dan racun bisa masuk ke tubuh setiap hari, namun tidak perlu dikhawatirkan karena kandungan antioksidan di dalamnya mampu mencegah kerusakan pada tubuh.

  1. Menguatkan Gigi

Buah duku dapat dipilih sebagai salah satu buah yang mampu memenuhi kebutuhan fosfor. Ketika kandungan fosfor di dalam tubuh dalam kondisi yang proporsional, maka kesehatan tulang dan gigi akan terjamin. Tentu Anda tidak menginginkan untuk memiliki gigi yang keropos bukan? Jadi, konsumsilah buah duku secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Polusi, paparan sinar UV, debu, dan racun mampu membuat kulit Anda menjadi kusam dan cenderung terlihat lebih tua dari umur Anda yang sebenarnya. Nah, kali ini buah duku akan terlihat sekali manfaatnya dalam menjaga tubuh Anda dari serangan radikal bebas dan berbahaya. Adalah kandungan vitamin C yang bekerja dibalik ini semua.

  1. Menjaga Berat Badan

Walaupun Anda bukanlah model atau publik figur, tidak ada salahnya bukan untuk terlihat tetap bugar dan fit? Semuanya dapat dengan mudah Anda dapatkan dengan mengkonsumsi buah duku secara rutin. Kandungan carnitine di dalamnya akan menggiring molekul lemak agar terbakar di dalam jaringan pembakaran lemak. Dengan terbakarnya lemak di dalam tubuh, tidak mengejutkan lagi jika Anda akan terlihat selalu langsing dan seksi.

  1. Melawan Berbagai Penyakit

Masih seputar vitamin C dalam buah duku, vitamin ini mampu berperan sebagai penjaga dan benteng bagi tubuh Anda untuk menjegal berbagai macam penyakit. Bukan hanya dapat dimanfaatkan oleh orang yang sehat, khasiat ini juga bagus untuk diterapkan bagi Anda yang sedang dalam tahap pemulihan pasca sakit.

  1. Mengatasi Diare

Diare selain akan mengganggu aktivitas, juga akan menguras tenaga Anda. Bagaimana tidak, Anda harus bolak-balik kamar mandi untuk buang air. Kini ada satu trik untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan menyangrai biji buah duku yang telah dipisahkan dari dagingnya sampai kering. Tumbuk biji ini sampai halus lalu campurkan dengan air hangat secukupnya. Minum sebanyak satu kali setiap hari sampai diare Anda sembuh.

  1. Menyehatkan Kulit

Sudah barang baru lagi jika pria dan wanita selalu menginginkan kulitnya dalam keadaan yang sehat bercahaya. Buah duku hadir dengan kandungan vitamin E nya yang melimpah yang bisa Anda jadikan sebagai salah satu perawatan kulit alami. Bahkan Anda tidak perlu khawatir dengan perawatan kulit dengan duku karena tidak akan memberikan efek samping karena tidak menggunakan bahan kimia.

  1. Menjaga Kesehatan Gusi

Gusi sehat, senyumpun memikat. Selain pada buah jeruk, lemok, dan jeruk nipis, kandungan vitamin C yang tinggi juga terdapat pada buah duku. Vitamin ini dipercaya mampu menjaga kesehatan gusi dan mencegah gusi berdarah. Cukup dengan mengkonsumsi buahnya dengan cara yang Anda sukai, maka manfaat ini bisa Anda dapatkan.

BACA JUGA  20 Manfaat Buah Pepaya Untuk Diet,Ibu Hamil Dan Kesehatan
  1. Mengatasi Radang Pada Kulit

Gigitan serangga kadang menimbulkan efek samping pada kulit Anda. Rasa gatal dan bercak kemerahan pada kulit tidak dapat dihindari karena kulit bereaksi terhadap zat atau senyawa yang dianggap asing. Cobalah untuk menggosokkan kulit buah duku pada kulit yang gatal dan meradang.

  1. Mengendalikan Kolesterol

Kadar kolesterol jahat atau LDL pada tubuh yang melampaui batas akan mengganggu peredaran darah. Tentu hal ini bukanlah suatu ancaman yang biasa-biasa saja karena efeknya bisa begitu serius. Mengkonsumsi buah duku secara rutin mampu mengendalikan laju kolesterol dalam tubuh.

Baca Juga : 18 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami Dengan Cepat

  1. Mengusir Nyamuk

Pada musim penghujan seperti ini, reproduksi nyamuk mengalami perkembangan terlebih karena banyaknya kubangan air yang menjadi tempat paling nyaman bagi nyamuk untuk bertelur. Nah, ketika nyamuk sudah menetas dan dapat terbang, maka bukan tidak mungkin nyamuk-nyamuk tersebut akan menyerang Anda. Nah, selain buahnya yang memberi manfaat, kulit buahnya juga dapat Anda manfaatkan untuk mengusir nyamuk. Caranya sangat mudah, keringkan kulit buah duku lalu bakar. Tempatkan pada tempat dengan resiko nyamuk datang.

  1. Mengobati Cacingan

Cacingan akan menghambat pertumbuhan anak Anda karena nutrisi dari makanan sudah sebagian besar diserap oleh cacing dalam perut. Obai segera dengan biji buah duku. Keringkan biji buah duku secukupnya lalu tumbuk sampai halus. Campur dengan seperempat gelas air lalu minum dua kali sehari.

  1. Obat Jerawat Alami

Tidak perlu stres memikirkan jerawat karena sudah banyak cara mengatasinya secara alami. Salah satu yang efektif adalah dengan menggunakan buah duku. Kandungan vitamin C dalam buah duku mampu mempercepat penyembuhan jerawat dari dalam.

  1. Pelembab Rambut Alami

Buah satu ini juga dapat digunakan sebagai masker alami untuk rambut untuk menjaga dan merawat rambut termasuk menjaga kelembaban rambut.

  1. Menyehatkan Kuku

Kuku yang terawat akan cenderung mmbuat jari jemari lebih menarik. Buah duku hadir sebagai bahan alami untuk membuat kuku Anda lebih sehat, bersih, halus, dan berkilau dari sebelumnya. Caranya pun sangat sederhana yaitu dengan menggosokkan daging buah duku yang sudah masak pada permukaan kuku setiap hari.

  1. Menurunkan Panas Demam

Demam biasanya merupakan reaksi penolakan dan perlawanan tubuh untuk membunuh virus atau bakteri dalam tubuh. Kini Anda bisa mengobatinya dengan cara sederhana yaitu dengan memanfaatkan biji buah duku. Tumbuk biji buah duku sampai benar-benar halus lalu masukkan dalam secangkir air. Aduk sampai merata lalu minum dua kali sehari sampai demam turun.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Duku merupakan sumber vitamin A alami selain wortel dan tomat. Vitamin A pada duku mampu bekerja efektif dalam menjaga kesehatan mata kini dan nanti. Untuk kamu yang ingin mempunyai mata sehat, jangan ragu untuk makan buah duku

  1. Menabah Stamina / Energi

Stamina sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, untuk menjalani aktifitas sehari – hari, untuk itu kita perlu mengkonsumsi makan yang dapat menambah stamina kita. Duku adalah salah satunya, buah ini datap menambah stamina tubuh karena terdapat kandung Vitamin B1 (Thiamine) yang dapat mengubah gula menjadi sumber energi.

  1. Menjaga Kesehatan Sistem Syaraf

Selain untuk sumber tenaga, ternyata duku juga mempunyai manfaat yang tak kalah baik untuk tubuh yaitu menjaga kesehatan sistem syaraf. Manfaat ini didapatkan karena duku juga mengandung Vitamin B2 (Riboflavin).

  1. Memecah Gula Dalam Tubuh

Tidak mudah memang untuk terhindar dari diabetes. Butuh pola hidup sehat dan pola makan yang seimbang. Manfaatkan vitamin B1 dalam buah duku yang berfungsi untuk memecah gula dalam tubuh sehingga Anda akan terhindar dari diabetes.

  1. Mempercepat Pemulihan

Pulih sepenuhnya dari sakit kini bisa Anda dapatkan lebih cepat dengan buah duku. Pasalnya buah ini kaya akan vitamin C yang mampu memulihkan fungsi dan kinerja tubuh

BACA JUGA  21 Manfaat Buah Kurma Untuk Ibu Hamil, Diet Dan Kesehatan

Manfaat Buah Duku Untuk Ibu Hamil

  1. Melancarkan Pencernaan

Tidak hanya ibu hamil yang rentan terkena masalah pencernaan, setiap orang juga bisa memiliki resiko yang sama. Hal paling umum yang dapat menyebabkan terjadinya gangguan pencernaan adalah kurangnya asupan serat dalam tubuh. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mengandalkan kandungan dietary sugar yang terdapat dalam daging buah duku.

  1. Mendukung Pertumbuhan Janin

Kandungan thiamin dalam buah duku mampu mendukung proses pertumbuhan janin. Dampak positifnya bisa Anda rasakan dengan perubahan pertumbuhan pada janin dari waktu ke waktu yang menunjukkan prospek yang baik.

Itulah 24 Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan dan Ibu Hamil yang bisa Anda terapkan mulai sekarang. Untuk ibu hamil, Anda bisa mengkonsumsi buah duku ketika nafsu makan sedang turun. Dengan kandungan kalori, zat besi, protein, karbohidrat, lemak, dan mineral yang seimbang, buah duku memang layak untuk dijuluki kecil-kecil cabai rawit. Salam hidup sehat…!

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *