20 Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Kesehatan Dan Ibu Hamil

Siapa yang tidak kenal dengan kelengkeng? Buah berbentuk bulat kecil dengan rasa yang sangat manis ini memang dicintai oleh banyak orang. Selain itu, buah kelengkeng terkenal dengan aromanya yang harum sehingga menyegarkan napas. Nah, pada kesempatan kali ini penulis akan menggaris bawahi beberapa manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan dan ibu hamil.

Buah kelengkeng dalam bahasa latin disebut dengan Dimocarpus longan. Buah ini mampu tumbuh dengan baik pada kondisi alam yang tropis. Batangnya ada yang sampai menjulang tinggi ataupun pendek, tergantung pada varietas tanaman yang ditanam. Daunnya hijau lonjong agak panjang dengan ketebalan yang lumayan. Hingga kini pohon kelengkeng sudah banyak dikembangkan sehingga sudah mampu berbuah walaupun belum terlalu tua atau tumbuh terlalu tinggi.Khasiat Buah Kelengkeng

Lalu, apa sajakah kandungan yang terdapat dalam buah kelengkeng? Dalam 100 gram daging buah kelengkeng sedikitnya terdapat kalori, karbohidrat, protein, serat, air, thiamine, riboflavin, niacine, vitamin C, kalsium, zat besi, mangan, magnesium, fosfor, kalium, seng, sukrosa, vitamin A, dan lain-lain. Tentu dengan kandungan nutrisi yang lengkap seperti tersebut di atas, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan dari buah ini. Berikut beberapa manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan dan ibu hamil yang dirangkum dari berbagai sumber terpercaya.

Daftar Isi Artikel

BACA JUGA  19 Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan Dan Ibu Hamil

Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Kesehatan Dan Ibu Hamil

  1. Membuat Awet Muda

Untuk Anda yang tidak ingin terlihat cepat tua, mengkonsumsi buah kelengkeng bisa menjadi salah satu cara yang efektif. Hal ini karena buah kelengkeng kaya akan vitamin C yang akan menjaga kesehatan kulit kini dan nanti.

  1. Menyehatkan Mata

Tidak kalah dengan wortel, buah kelengkeng juga mengandung vitamin A yang bekerja optimal untuk menjaga kesehatan mata.

  1. Mengatasi Insomnia

Insomnia atau susah tidur timbul karena berbagai faktor, salah satunya adalah syaraf yang tegang. Tidak perlu panik memikirkannya karena Anda bisa mengatasi permasalahan ini dengan buah kelengkeng. Kandungan anti depresan pada buah kelengkeng akan merilekskan syaraf sehingga Anda bisa tidur dengan nyenyak.

  1. Membantu Kerja Jantung

Masih berkaitan manfaat nomor 3, syaraf yang rileks akan meringankan kerja jantung. Hal ini bisa menjadi kabar gembira bagi Anda untuk terhindar dari stroke maupun kardiovaskuler.

  1. Mendukung Diet

Ingin makan banyak tanpa takut gendut? Kelengkeng bisa menjadi salah satu jawaban yang tepat. Tahukah Anda jika setengah mangkok daging buah kelengkeng hanya menandung sebanyak 35 kalori. Sebuah pilihan tepat bagi diet Anda bukan?

  1. Mengobati Gigitan Ular

Sebuah gigitan ular harus segera diatasi sebelum racunnya menyebar keseluruh tubuh. Siapa sangka jika Anda bisa mengatasinya dengan biji buah kelengkeng. Caranya dengan mengururt area gigitan ular dengan biji kelengkeng untuk menghisap racun di dalamnya.

  1. Menjaga Kesehatan Rambut

Adalah zat saponin yang mampu berbicara banyak untuk menyehatkan rambut. Zat inilah yang menjadi salah satu bahan dasar pembuatan shampoo. Kini Anda bisa mendapatkan manfaatnya hanya dengan mengkonsumsi buah kelengkeng secara langsung.

  1. Mengatasi Luka Bakar

Terkena luka bakar? Segera bakar cangkang buah kelengkeng dan bubuk menjadi arang halus. Campurkan sedikit minyak tung lal bubuhkan pada area yang terbakar.

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Kandungan polifenol dalam buah kelengkeng akan mencegah kerusakan sel sekaligus mempercepat proses penyembuhan pada luka. Cukup dengan mengkonsumsinya secara langsung dan lihatlah perbedaannya.

  1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Menjaga stamina dan kekebalan tubuh memang sangatlah penting untuk dilakukan. Hal ini agar tubuh tidak mudah terserang oleh berbagai jenis penyakit. Konsumsilah buah kelengkeng secara rutin untuk meningkatkan sistem imunitas Anda.

  1. Memulihkan Badan

Pemulihan tubuh setelah sakit wajib mendapatkan perhatian ekstra. Selain mengkonsumsi makanan dengan nutrisi cukup, Anda bisa memilih buah kelengkeng untunk mempercepat pemulihan diri dari sakit.

  1. Menyehatkan Usus

Kandungan serat dalam daging buah kelengkeng akan menjaga kesehatan usus Anda. Dengan terjaganya kesehatan usus, maka manfaatnya akan bisa Anda rasakan dalam kesehatan pencernaan yang selalu terjaga.

  1. Sumber Gula Alami

Rasa manis pada buah kelengkeng bersumber dari sukrosa, jenis gula yang mudah diserap oleh tubuh. Keuntungan ini bisa dimanfaatkan oleh Anda pecinta rasa manis namun tetap ingin sehat.

  1. Mencegah Osteoporosis

Tidak ada yang menyangka jika dalam buah kelengkeng terkandung zat kalsium yang sudah terbukti mampu mempertahankan kekuatan tulang kini dan nanti.

BACA JUGA  21 Manfaat Kolang Kaling Untuk Lutut, Asam Urat, Kecantikan dan Tulang

Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Ibu Hamil

  1. Mencegah Stres

Ibu hamil rawan akan berbagai macam gejolak akibat perubahan produksi hormon. Tentu jika ini tidak diantisipasi maka akan berakibat buruk pada kesehatan janin. Konsumsi buah kelengkeng secara rutin akan memberikan manfaat fitokimia yang akan menenangkan Anda sehingga stres akan mudah dikendalikan.

  1. Mencegah Dehidrasi

Tubuh yang kekurangan air akan mengakibatkan terganggunya metabolisme. Cukupi dengan konsumsi air putih minimal delapan gelas setiap hari serta didampingi dengan asupan air dari buah kelengkeng.

  1. Mengantisipasi Anemia

Anemia pada ibu hamil meningkat drastis. Jangan sampai kekurangan darah karena bisa berimbas pada kesehatan dan kebugaran tubuh Anda. Dalam hal ini, buah kelengkeng membantu meningkatkan produksi sel darah merah dengan kandungan zat besinya.

  1. Sumber Tenaga

Menurunnya nafsu makan pada ibu hamil bisa saja terjadi karena kelelahan ataupun lemas. Anda bis mengambil buah kelengkeng sebagai camilan setiap hari karena mengandung kalori dan karbohidrat yang lumayan untuk menjadi cadangan energi bagi tubuh.

  1. Mencegah Kerusakan Sel

Kandungan polifenol pada buah kelengkeng akan mencegah kerusakan pada sel. Pada ibu hamil, manfaat ini jelas sangat berarti untuk mencegah kelainan sel pada ibu hamil dan si buah hati.

  1. Mengatasi Kurang Selera Makan

Jangan khawatir untuk tidak memberikan bayi Anda cukup nutrisi. Cegah nafsu makan menurun dengan mengkonsumsi buah kelengkeng sesuai dengan cara yang Anda sukai.

Itulah 20 manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan dan ibu hamil yang perlu Anda ketahui. Tidak susah untuk mendapatkan buah ini karena selain harganya yang terjangkau, buah kelengkeng juga banyak diproduksi dari berbagai wilayah di Indonesia maupun dunia.

kadar kalori buah lengkeng,klengkeng buat ibu hamil,manfaat makan buah lengkeng buat bayi dalam kandungan
Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *