21 Manfaat Buah Kurma Untuk Ibu Hamil, Diet Dan Kesehatan

Siapa yang tidak kenal dengan buah kurma. Buah asli negara-negara arab ini memiliki rasa manis yang alami dan tidak meninggalkan rasa pahit di tenggorokan. Sepintas pohon kurma mirip dengan pohon kolang kaling dan kelapa karena mereka bertiga memang masih tergolong dalam satu famili Palmae. Lalu apa saja manfaat buah kurma untuk ibu hamil, diet, dan kesehatan?Khasiat Buah Kurma

Sebelum membahas manfaatnya, ada baiknya untuk mengupas berbagai macam kandungan yang ada di dalam daging buah kurma. Kurma mengandung air, energi, prtein, karbohidrat, serat, gula, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, sodium, seng, vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, B12, C, E, dan K, beta karoten, beta kriptoxantin, lutein, zeaxantin, dan likopen. Sangat mengejutkan memang buah sekecil ini namun memberikan manfaat nutrisi yang luar biasa. Tidak heran jika Rasulullah SAW menyarankan pada kita untuk mengkonsumsi buah kurma setiap hari.

Manfaat Buah Kurma Untuk Ibu Hamil

  1. Menguatkan Kekebalan Tubuh

Jangan sampai masa kehamilan Anda terganggu akibat terserang penyakit. Bantu cegah dengan vitamin C dalam buah kurma. Vitamin ini akan bekerja melawan virus dan bakteri penyebab sakit.

  1. Melancarkan Pencernaan

Tidak perlu khawatir menghadapi masalah pencernaan saat masa kehamilan. Pasalnya serat dalam buah kurma baik untuk melancarkan pencernaan, menyehatkan usus, dan mendukung perkembangan bakteri baik dalam saluran cerna.

  1. Mencegah Kanker

Ketidakseimbangan hormon pada ibu hamil memang wajar terjadi. Tetapi Anda perlu mewaspadai timbulnya kanker jenis tertentu. Manfaat antioksidan dalam kurma merupakan pilihan terbaik untuk pencegahan berbagai macam jenis kanker.

  1. Mencegah Anemia

Jangan sampai Anda menjadi lemah, letih, dan lesu karena kekurangan produksi sel darah merah. Buah kurma mampu mencegah anemia melalui kandungan kalsium dan zat besi di dalamnya yang meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Daya Kerja Otak

Kabar gembira untuk ibu hamil bahwa Anda bisa mendapatkan keturunan yang lebih pintar dengan rutin mengkonsumsi buah kurma. Pasalnya buah yang satu ini kaya akan folat yang efektif meningkatkan daya ingat dan kecerdasan otak ibu dan bayi.

  1. Menghindari Insomnia

Gangguan tidur pada ibu hamil bisa meningkat drastis. Akibatnya, kesehatan dan keseimbangan tubuh akan terganggu. Cegah segera dengan vitamin B3 dalam buah kurma. Vitamin ini secara efektif mengurangi insomnia.

BACA JUGA  19 Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Kurma Untuk Diet

  1. Sumber Energi Rendah Lemak

100 gram daging buah kurma mampu memenuhi kebutuhan energi harian sebesar 15 persen. Tentu ini merupakan kabar gembira bagi penggiat diet dimana kurma memberikan curahan energi yang besar tetapi dengan lemak yang sangat rendah.

  1. Camilan Bebas Lemak

Kegemaran ngemil memang susah dihindari. Untuk Anda yang sedang menjalani program diet, namun timbul rasa ingin ngemil, buah kurma dapat dipilih sebagai camilan sehat untuk Anda. Kurma bebas akan lemak jenuh sehingga tidak membuat gendut.

  1. Menambah Massa Otot

Saat diet, ada baiknya bagi Anda untuk melakukan banyak olahraga. Nah, pada kesempatan ini, buah kurma melalui kandungan lysine nya akan membantu membentuk otot secara efektif. Konsumsi buah kurma sebelum dan setelah olahraga untuk hasil yang maksimal.

Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan

  1. Menghindari Kanker Otak

Kandungan sulfur, magnesium, kalsium, potassium dalam buah kurma akan bekerja bersama dalam mencegah terjadinya kanker otak. Mengkonsumsi 15 butir kurma setiap hari adalah langkah paling mudah yang bisa Anda lakukan.

  1. Menyembuhkan Demam Berdarah

Demam berdarah menjadi hantu yang menakutkan bagi kebanyakan orang karena akibatnya bisa fatal. Untuk masalah ini, buah kurma memberi manfaat xilosa, arabinosa, galaktosa, dan manosa yang aktif meningkatkan jumlah trombosit dalam darah.

  1. Melindungi Jantung

Jantung yang sehat akan dapat dirasakan oleh kesehatan seluruh anggota badan. Cukupi kebutuhan kalium Anda dengan rutin mengkonsumsi buah kurma. Kalium berguna untuk mengaktifkan kontraksi otot jantung, menstabilkan denyut jantung, sekaligus mengatur desakan darah.

  1. Menghindari Stroke

Buah kurma mampu menurunkan resiko terkena stroke sebanyak 40%. Cara mendapatkannya pun sangat mudah hanya dengan mengkonsumsi jus buah kurma asli buatan ssendiri setiap hari.

  1. Aman Bagi Hipertensi

Untuk Anda yang mengidap penyakit tekanan darah tinggi, namun rindu camilan manis, kurma menjadi solusi nyata untuk Anda. Kurma kaya akan kalium namun rendah natrium sehingga aman bagi penderita hipertensi.

  1. Mencegah Alzheimer

Jangan sampai memori indah dalam kepala hilang karena penyakit Alzheimer. Kandungan polifenol dalam buah kurma akan secara optimal mencegah terjadinya penyakit ini.

  1. Menghindari Penggumpalan Darah

Penggumpalan darah merupakan masalah serius bagi kesehatan. Akibatnya bisa fatal karena pasokan darah akan melambat seiring dengan lemahnya peredaran darah. Manfaatkan kandungan asam salisilat dalam buah kurma untuk mengatasi masalah ini.

  1. Mengatasi Jerawat

Kini jerawat bukan lagi masalah yang serius karena Anda bisa mencegah dan mengatasinya dengan buah kurma. Cobalah untuk rutin mengaplikasikan masker berbahan kurma untuk memberikan wajah manfaat vitamin C yang akan membunuh bakteri penyebab jerawat.

  1. Menguatkan Tulang

Melalui kandungan kalsium di dalamnya, buah kurma mengambil bagian penting dalam kesehatan tulang dan gigi. Tulang yang terjaga kekuatannya akan terhindar dari osteoporosis sehingga Anda tetap tegap kini dan nanti.

  1. Mencegah Alergi

Alergi debu, alergi obat, alergi makanan, dan alergi lain kini bisa diminimalisir dengan kurma. Pasalnya, buah kurma kaya akan sulfur yang akan berperang melaan alergi musiman yang berpotensi mengganggu hidup Anda.

  1. Menambah Berat Badan

Kurma membantu pembentukan otot yang cenderung akan membuat berat badan Anda lebih proporsional dari sebelumnya. Ini menjadikan buah kurma makanan pendamping yang efektif bagi mereka yang menginginkan tubuh lebih berisi.

  1. Menyehatkan Syaraf

Kandungan potassium dalam buah kurma efektif untuk menjaga kesehatan syaraf. Dapat dibayangkan jika kesehatan syaraf terjaga maka koordinasi masing-masing anggota tubuh dapat dilakukan dengan baik.

BACA JUGA  25 Khasiat Dan Manfaat Buah Delima Putih Dan Merah

Itulah 21 manfaat buah kurma untuk ibu hamil, diet, dan kesehatan. Hal ini tentu menjadikan buah kurma sebagai buah yang luar bisa dan wajib untuk menjadi menu harian Anda.

buah kurma bisa kah menurun kan tekanan ibu hamil,ngemil kurma malam hari,www apakah makan buah kurma dapat menurunkan tensi saat hamil com
Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *