21 Manfaat Buah dan Daun Ciplukan Bagi Kesehatan

Buah ciplukan kerap dianggap sebelah mata oleh sebagian orang. Selain karena biasanya hidup disemak-semak, rasanya pun kurang familiar pada kebanyakan lidah orang Indonesia. Namun, saat buah ciplukan sudah matang yang ditandai dengan warna kulit buahnya yang kuning kemerahan disertai dengan tekstur buah yang lembut, buah ini akan terasa manis dan sensasi kenyal yang berbeda. Tanaman ciplukan biasanya tumbuh secara sendiri pada suatu bidang tanah. Mungkin agak susah untuk ditemukan di area perkotaan.

Untuk Anda yang belum pernah melihat secara langsung tanaman ciplukan, penulis sudah mencantumkan gambarnya di bawah judul utama. Pohonnya hanya bisa mencapai satu meter (kadang ada yang lebih) dengan umur tanaman maksimal satu tahun. Batangnya berwarna hijau dengan banyak cabang disekelilingnya. Daunnya berwarna hijau tipis dengan gerigi yang jarang di ujung-ujungnya. Ketika berbuah, buah ciplukan akan dibungkus oleh semacam kantong tipis menggembung berwarna hijau. Lambat laun kantong ini akan berubah warna menyerupai warna buah ciplukan di dalamnya. Jadi, untuk menentukan apakah buah ciplukan sudah matang atau belum, Anda tidak perlu membukanya satu persatu. Cukup dengan melihat warna kantog buah, maka Anda sudah bisa menebak tingkat kematangannya.buah cipukan

Namun, walaupun kerap dianggap sebagai buah yang nomer kesekian ternyata buah ciplukan menyimpan rahasia tentang kegunannya bagi kesehatan manusia. Nah, pada kesempatan kali ini, penulis sudah menyiapkan sebuah rangkuman tentang manfaat buah ciplukan bagi kesehatan yang penulis rangkum dari berbagai sumber terpercaya. Simak ulasannya sebagai berikut.

Manfaat Buah Ciplukan Bagi Kesehatan

  1. Mengobati Penyakit Epilepsi

Penyakit ayan dapat dengan mudah ditandai dengan hilangnya kesadaran seseorang yang kemudian diikuti oleh kejang-kejang dan keluarnya buih dari mulut. Penyakit ini dikenal juga dengan sawan babi atau istilah kerennya epilepsi. Bagi orang yang mengidap penyakit ayan, kadang mereka merasa malu ketika sindrom ini menerpa karena tidak diketahui kapan waktunya. Untuk mengatasi hal ini, buah ciplukan dapat digunakan sebagai obat. Tetapi, ada baiknya jika Anda tetap berkonsultasi dengan dokter terkait dan pengobatan dengan buah ciplukan ini hanya sebagai pendamping dalam percepatan penyembuhan penyakit ayan Anda. Konsumsi 10 butih buah ciplukan secara rutin setiap hari dan rasakan manfaatnya.

  1. Mengatasi Sariawan

Sariawan dapat diartikan sebagai penyakit pada gusi, mulut bagian dalam, maupun lidah yang ditandai dengan munculnya bintik merah dan putih. Pengidap sariawan biasanya akan mengeluhkan rasa sakit dan perih apalagi ketika digunakan untuk makan dan minum. Belum lagi ditambah dengan munculnya bau mulut akibat aktivitas bakteri di mulut. Kini Anda tidak perlu khawatir karena kandungan vitamin C pada buah ciplukan mampu mencegah dan mengobati sariawan. Caranya sangat mudah yaitu dengan mengkonsumsi 10 butir buah ciplukan setiap hari secara langsung atau dibuat jus.

  1. Menurunkan Darah Tinggi

Darah tinggi merupakan suatu kondisi dimana tekanan darah melebihi batas sewajarnya. Hal ini tentu akan berakibat fatal jika terus-terusan dibiarkan. Buatlah ramuan dengan merebus lima butir buah ciplukan pada 100 ml air. Rebus selama 5 menit agar kandungan nutrisinya tidak hilang dan menguap. Saring air rebusan dan minum ketika sudah berubah menjadi sedikit hangat secara rutin dua kali sehari. Anda dapat mengecek perbedaan tekanan darah sebelum dan sesudah mengkonsumsi ramuan ini.

Baca Juga : 17 Gejala Dan Cara Menurunkan Darah Tinggi Dengan Cepat

  1. Menyembuhkan Vertigo

Vertigo dikenal juga sebagai sakit paru-paru. Ketika ada sesuatu yang tidak beres dengan paru-paru Anda, hal ini kana berakibat pada kemampuannya sebagai organ pernapasan. Napas Anda tidak akan seoptimal dulu. Untuk itu, Anda harus mengatasinya sedini mungkin sebelum menjadi lebih parah. Kali ini Anda tidak hanya membutuhkan buahnya saja melainkan semua bagian tanaman ciplukan sepertiĀ  daun, batang, dan akar. Rebus kesemuanya dalam air secukupnya sampai mendidih. Saring ramun untuk memisahkan ampasnya. Minum ramuan selagi hangat tiga kali dalam sehari secara teratur.

  1. Mengobati Bisul

Jangan sampai level ketampanan atau kecantikan Anda turun drastis karena munculnya bisul di kulit. Selain menurunkan kepercayaan diri, bisul tentu akan memberikan rasa tidak nyaman bagi penderitanya. Blenderlah beberapa butir buah ciplukan sampai halus. Kemudian oleskan pada bagian kulit yang berbisul. Biarkan sampai mengering lalu bilas dengan air. Ulangi langkah ini tiga kali sehari sampai bisul sudah benar-benar mengempes.

BACA JUGA  21 Manfaat Kolang Kaling Untuk Lutut, Asam Urat, Kecantikan dan Tulang
  1. Meluruhkan Air Seni

Air kencing yang ditahan akan beresiko membentuk batu ginjal. Tentu hal pertama yang harus dilakukan sebelum pengobatan adalah memperbaiki kebiasaan Anda. Ketika timbul hasrat untuk buang air kecil, maka bersegeralah ke toilet untuk mengeluarkannya. Namun, jika Anda susah buang air kecil karena sebab tertentu, cobalah untuk membuat ramuan dengan merebus 10 butir buah ciplukan dalam satu gelas air. didihkan hingga air tersisa setengah gelasnya. Minum selagi hangat dan lakukan secara teratur tiga kali sehari.

  1. Membantu Penetralan Racun

Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak sekali makanan yang Anda konsumsi setiap harinya. Tetapi kadang kala karena ketidak hati-hatian, kita memakan makanan yang sudah kadaluarsa ataupun makanan yang sebetulnya tidak boleh dimakan, malah termakan dan masuk ke dalam perut. Akibatnya tubuh akan mengalami keracunan dalam level tertentu. Selain menggunakan susu murni, kini Anda dapat memanfaatkan buah ciplukan untuk mengatasi masalah ini. Makanlah buah ciplukan sebanyak-banyaknya disertai dengan air putih untuk membantu menetralkan racun.

  1. Memberikan Cadangan Energi

Rasa manis pada buah ciplukan mengindikasikan adanya kandungan gula di dalamnya. Hal ini tentu akan bagus untuk menopang aktivitas Anda sehari-hari, apalagi Anda adalah seorang yang pekerja keras. Kandungan gula dalam ciplukan mampu memberi energi pada tubuh Anda. Rajinlah mengkonsumsi buah ciplukan yang sudah matang setiap hari.

  1. Meredakan Batuk

Siapa sangka buah kecil ini juga mampu meredakan batuk. Caranya adalah dengan merebus 5 butir buah ciplukan dalam satu gelas air. Rebus hingga mendidih lalu tambahkan sedikit perasan jeruk nipis. Aduk lalu minum selagi hangat. Selain berfungsi meredakan batuk membandel, ramuan ini juga bagus untuk dikonsumsi bagi Anda yang memiliki masalah pada tenggorokan.

  1. Obat Penyakit Flu / Pilek

Karena cimplukan kaya akan vitamin C, maka buah satu ini dapat menyembuhkan orang yang terkena flu. Caranya potong beberapa lembar daun cimpukan kemudian rebus. Ambil air rebusan tadi lalu minumkan ke orang yang flu.

  1. Obat Alami Radang Tenggorokan

Erat kaitanya flu dengan radang tenggorokan, oleh karenanya buah ini juga bisa untuk radang tenggorokan. Caranya sama persis yaitu merebus daun cipukan lalu diminum.

Baca Juga : 18 Obat Radang Tenggorokan Anak yang Alami dan Paling Ampuh

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Karena dalam daun ciplukan mengandung banyak klorofil, maka dapat juga untuk mempercepat pengeringan pada luka baru. Caranya cukup dengan menumbuk daun ciplukan lalu oleskan pada luka.

  1. Menyembuhkan dan Meredakan Penyakit Kelenjar Getah Bening

Bagi anda penderita pembengkakan pada kelenjar getah benging maka sangat disarankan untuk mengkonsumsi air rebusan dari daun ciplukan ini.

  1. Mengobati Penyakit Asma

Penakit asma juga dapat diobati dengan ciplukan, caranya cukup rebus daun beserta batang cipukan kemudian airnya diminum.

  1. Mengobati Penyakit Jantung

Tidak banyak orang mengetahui kalau tanaman satu ini dapat mengobati penyakit gangguan pada jantung. Caranya kita tumbuk 40 helai daun ciplukan hingga halus atau seperti jus, kemudian langsung dikomsumsi tanpa menggunakan campuran air putih.

  1. Menurunkan Panas / Demam

Panas demam terutama pada anak dapat teratasi hanya dengan mengkonsumsi buah ciplukan ini.

  1. Menyembuhkan Kanker Payudara

Ciplukan merupakan obat tradisional untuk mengatasi kanker terutama kanker payudara. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menyiapkan 4 helai pucuk daun ciplukan, 4 biji beras, dan tunas kunyit. Tumbuk halus ke tiga bahan tersebut kemudian lumuri payudara dengan tumbukan tersebut.

  1. Mengobati Stroke

Mengkosumsi buahnya secara rutin dapat membatu penderita stroke untuk memulihkan sel syaraf.

  1. Mengobati Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes dapa teratasi dengan buah ajaib satu ini, caranya dengan merebus batang serta akar ciplukan kemudian diminum secara berkala, yaitu 3 kali dalam sehari

  1. Mengatasi Nyeri Sendi

Nyeri sendi dan rematik dapat teratasi dengan cara campur atau tumbuk daun cipukan bersama kapur sirih lalu tempelkan ke sendi anda yang bermasalah.

  1. Sebagai Camilan Sehat

Apa camilan favorit Anda? Banyak sekali produk camilan di luar sana yang belum tentu bagus kandungan nutrisinya. Kini Anda bisa menjadikan buah ciplukan sebagai alternatif camilan sehat setiap hari.

BACA JUGA  21 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan dan Untuk Ibu Hamil

Itulah 21 manfaat buah dan daun ciplukan bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Mengingat pentingnya tanaman ini, ada baiknya jika Anda menanamnya di halaman rumah. Anda mungkin akan membutuhkannya suatu saat. Kini saatnya bagi Anda untuk mencoba berbagai resep ramuan di atas untuk mengatasi berbagai macam masalah yang berkaitan dengan kesehatan Anda. Bagikan pengalaman Anda setelah rutin mengkonsumsi buah ciplukan agar semakin banyak yang terbantu. Selamat mencoba!

manfaat buah ciplukan,Ciplukan,manfaat ciplukan,Daun ciplukan,manfaat daun ciplukan,buah ciplukan,khasiat buah ciplukan,khasiat ciplukan,khasiat daun ciplukan,gambar daun ciplukan
Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *