16 Manfaat Daun Kenikir Untuk Ibu Hamil dan Kesehatan

Apakah Anda penyuka sayuran? Jangan pernah meremehkan manfaat dari sayuran. Tuhan menciptakan segala sesuatu di dunia ini dengan perannya masing-masing. Entah itu besar atau kecil, peran suatu makhluk tidak dapat dianggap remeh. Seperti yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini yaitu tentang manfaat daun kenikir untuk kesehatan tubuh dan juga ibu hamil.

Pernahkah Anda melihat daun kenikir? Bagi sebagian orang yang gemar mengkonsumsi sayuran, urap-urap, dan vegetarian, daun kenikir mungkin sudah tidak asing lagi. Namun, bagi sebagian lain, nama daun kenikir masih terdengar abstrak di telinga. Baiklah, sebelum menuju inti pembahasan, penulis akan terlebih dahulu mendeskripsikan daun kenikir.

Manfaat Daun Kenikir (Foto : Tribunnews)

Manfaat Daun Kenikir (Foto : Tribunnews)

Daun kenikir berbentuk indah dengan beberapa anak daun pada setiap tangkai daunnya. Warnanya hijau dan jika Anda meremas daunnya, akan muncul aroma khas yang agak sedikit tajam. Bunganya berwarna merah muda dengan benang sari berwarna kuning. Tanaman ini sangat mudah untuk ditemukan bahkan biasanya tumbuh secara liar. Cara perkembangbiakannya sangat mudah yaitu dengan menyebar benang sari yang telah kering di atas kelopak bunga pada area tanah yang gembur. Tidak membutuhkan waktu lama bagi tanaman ini untuk tumbuh dan menampakkan tunasnya.

Selain bagus untuk dijadikan sebagai hiasan, kenikir ternyata menyimpan sejuta manfaat bagi kesehatan dan ibu hamil. Seperti yang kita ketahui jika ibu hamil membutuhkan nutrisi lebih karena selain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dirinya sendiri, ibu hamil juga bertanggung jawab atas kesehatan sang bayi di dalam rahim. Untuk itu, penting kiranya bagi ibu hamil untuk mengetahui berbagai makanan yang bermanfaat untuk mendampinginya selama proses kehamilan. Simak ulasan beberapa manfaat daun kenikir untuk ibu hamil dan kesehatan yang telah penulis rangkum dari beberapa sumber dan literatur.

Daftar Isi Artikel

BACA JUGA  17 Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Manfaat Daun Kenikir Untuk Ibu Hamil

  1. Menambah Nafsu Makan

Ibu yang sedang hamil kadang merasa malas dan bahkan mual untuk mengkonsumsi makanan. Padahal mendapatkan asupan nutrisi yang cukup sangat dibutuhkan oleh tubuh mengingat ibu harus memberikan nutrisi juga pada si bayi di dalam perut. Nah, salah satunya bisa disiasati dengan mengkonsumsi daun kenikir tiga kali seminggu. Anda bisa mengkreasikan daun ini sebagai urap atau olahan lain sesuai selera. Biarkan kandungan kuersetin pada daun ini meningkatkan nafsu makan Anda.

  1. Menguatkan Tulang

Bayi di dalam perut ibu hamil tentu akan menambah berat badan total ibu. Untuk itu, seorang ibu hamil penting untuk memperhatikan kesehatan tulangnya. Kini Anda dapat memanfaatkan daun kenikir untuk menguatkan tulang. Kandungan kalsium, mineral, dan magnesium selain berguna menguatkan tulang si ibu, juga akan membantu pembentukan tulang dan gigi bayi.

  1. Mengobati Pembengkakan

Sudah tidak dapat dipungkiri jika proses kehamilan akan mempengaruhi produksi hormon dalam tubuh. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menggunakan daun kenikir yang sudah dibakar hingga layu, kemudian mengusapkannya pada bagian yang membengkak. Lakukan tiga kali sehari untuk hasil yang optimal.

  1. Melancarkan ASI

Ibu hamil tentu harus mempersiapkan segala sesuatunya termasuk masalah ASI. Jangan sampai begitu bayi keluar, ASI dari payudara malah tidak berproduksi dengan baik. Nah, Anda tidak perlu bingung dengan masalah ini. Selain mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang dan kaya folat, cobalah untuk rutin mengkonsumsi daun kenikir. Pilihlah daun yang tidak berbunga lalu haluskan secukupnya. Tempelkan pada area payudara Anda seraya memberi pijatan yang menenangkan.

Baca Juga : 15 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan dan Menurunkan Berat Badan

BACA JUGA  26 Manfaat Daun Sirih Untuk Wajah, Mata, dan Jerawat

Manfaat Daun Kenikir Untuk Kesehatan

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Curahan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E dalam daun kenikir mampu memperbaiki sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan proses metabolisme tubuh.

  1. Mengatasi Bau Mulut

Bau mulut memang menjengkelkan karena akan membatasi komunikasi langsung dengan orang lain. Bau mulut dapat diakibatkan karena aktivitas bakteri dan kumat dengan air liur yang kemudian menjadi gas. Cobalah untuk mengunyah daun kenikir yang telah dicuci bersih selama 30 detik. Kandungan koniferil alkohol di dalamnya akan membunuh kumat dan bakteri penyebab bau mulut Anda.

  1. Membersihkan Darah

Siapa sangka daun kenikir menyimpan khasiat untuk menetrlkan racun dalam darah. Tentu hal ini sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Adalah vitamin E, flavonoid, dan antioksidan yang berbicara dibalik manfaat yang menggembirakan ini. Rutinlah mengkonsumsi daun kenikir agar darah Anda bebas dari racun.

  1. Mengatasi Gondongan

Pernahkah Anda mendengar atau mengalami penyakit gondongan? Gondongan adalah sebuah pembengkakan yang terjadi pada area leher yang sekilas seperti gondok. Namun gondongan akan cepat sembuh jika ditangani dengan benar, salah satunya dengan daun kenikir. Anda bisa mencoba mengoleskan daun kenikir yang telah ditumbuk halus tiga kali sehari. Biarkan senyawa polifenol dan tokoferolnya meredakan peradangan pada gondongan.

  1. Melawan Kanker

Kanker memang masih menjadi mimpi buruk bagi setiap orang karena siapapun bisa terkena penyakit ini. Senyawa terpenoid, saponin, antioksidan, dan flavonoid di dalam daun kenikir bekerja efektif untuk melawan sel kanker khususnya kanker hati, kanker lambung, dan kanker payudara. Jadi, biasakan untuk mengkonsumsi daun kenikir untuk mengurangi resiko terkena kanker.

  1. Mengobati Lemah Jantung

Dapatkan manfaat flavonoid dan antioksidan melalui konsumsi rutin daun kenikir secara rutin. Kedua senyawa ini efektif untuk memperkuat otot jantung serta pembuluh darah yang akan menyehatkan jantung. Caranya yaitu dengan meminum air rebusan dun kenikir dua kali dalam sehari.

  1. Menyembuhkan Maag

Maag datang menyiksa? Lawan dengan daun kenikir! Kandungan polifenol, hidroksieugenol, dan tokoferolnya mampu menetralkan asam lambung. Ketiga zat tersebut juga berguna untuk menguatkan otot sphingter pad lambung untuk membantu organ ini menerima berbagai asupan makanan tanpa menimbulkan bahaya pada lambung. Rebus daun kenikir lalu tambahkan. Saring dan minum airnya selagi hangat. Anda juga bisa mengkonsumsinya sebagai urap atau lalap.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Vitamin E dan antioksidan pada daun kenikir akan sangat dirasakan manfaatnya bagi kulit. Selain membuat kulit lebih sehat, kedua nutrisi penting ini mampu mencegah kulit untuk terlihat lebih tua dari umur yang sebenarnya. Tidak ada salahnya memilih daun kenikir dalam menu harian Anda.

  1. Melancarkan BAB

Daun-daunan kaya akan serat alami, begitu juga pada daun kenikir. Untuk Anda yang mengalami masalah pada buang air besar, konsumsilah daun kenikir sesuai selera secara rutin untuk mendapatkan manfaat seratnya.

  1. Meningkatkan Daya Ingat

Daun kenikir akan menjaga dan memperbaiki sel-sel pada otak. Hasilnya tentu bisa Anda rasakan pada meningkatnya daya ingat.

  1. Menambah Stamina

Meminum air rebusan daun kenikir dipercaya mampu menjaga stamina tubuh tetap fit. Anda juga bisa mengkonsumsi daunnya sebagai lalap atau sayur.

  1. Menyehatkan Mata

Tidak ada yang menyangka jika daun kenikir mampu mengambil perannya dalam menjaga kesehatan mata. Usahakan untuk mengkonsumsi daun kenikir setidaknya tiga kali seminggu untuk mendapatkan mata yang sehat.

BACA JUGA  20 Penyebab serta Obat Diare Alami untuk Anak, Bayi dan Ibu Hamil

Itulah 16 manfaat daun kenikir untuk ibu hamil dan kesehatan. Masih banyak manfaat daun kenikir yang belum terkuak karena kandungan nutrisi dan senyawanya yang beragam. Mulai sekarang pertimbangkan untuk menanam tanaman ini pada kebun rumah Anda agar bisa menggunakannya sewaktu-waktu. Cobalah untuk mengaplikasikannya sekarang dan beri tahu teman-teman Anda bagaimana daun kenikir membantu hidup Anda. Sehat tidak harus mahal an….!

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *