20 Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Daun pepaya memiliki ciri khas yaitu apabila dimakan rasanya pahit, namun dibalik kepahitan tersebut ternyata banyak khasiat daun pepaya khususnya untuk kesehatan dan ibu hamil. Pepaya tak hanya buahnya saja yang bermanfaat, daunnya pun dapat digunakan misalnya untuk masker wajah, menghilangkan jerawat, sebagai jamu, dan lain sebagainya.daun-pepaya

Nah, artikel kali ini kami akan membahas mengenail manfaat daun pepaya muda untuk kesehatan. Pepaya merupakan buah yang familiar bagi orang Indonesia. Semua bagian pepaya dari batang, daun, daun, dan buahnya memilki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Menjaga kesehatan lebih baik menggunakan bahan alami, karena efek sampingnya tidak terlalu berat. Inilah manfaat dari daun pepaya bagi kesehatan.

Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

  1. Mengurangi Nyeri Haid

Bagi wanita pasti pernah mengalami nyeri pada waktu datang bulan atau haid. Nyeri tersebut sangat mengganggu aktivitas sehari – hari. Konsumsilah atau minumlah jus daun pepaya yang berguna mengurangi nyeri sewaktu datang bulan. Caranya rebus dalam air mendidih : selembar daun pepaya, segelas air, asam jawa dan garam. Saring dan minum ramuan tersebut

  1. Mengatasi Demam Berdarah

Demam berdarah diakibatkan nyamuk Aedes sehingga turunnya tromobosit. Daun pepaya mengandung enzim papain yang berguna meningkatkan trombosit . Caranya mencampur 3 gelas air dengan 3 lembar daun pepaya, lalu rebus hingga tersisa satu gelas, dan minum secara berkala.

  1. Penambah Nafsu Makan

Sudah terkenal jika daun pepaya berguna unuk penambah nafsu makan. Caranya campurkan daun pepaya, air hangat, dan sedikit garam. Tumbuk bahan  – bahan tersebut sampai halus, saring airnya dan minumlah secara teratur dan berkala. Daun pepaya muda ini dikhususkan untuk kalian yang kurang nafsu makan.

  1. Mengobati Masuk Angin

Masuk angin dapat menyerang siapa saja dan kapan saja terlebih lagijika kondisi cuaca dan udara tidak bersahabat. Campuran daun pepaya, sembung, sereh, jinten, dan gula jawa direbus hingga mendidih dan airnya digunakan sebagai obat masuk angin.

  1. Mengatasi Sakit Perut pada Balita

Sakit perut dapat terjadi kapan saja dan oleh siapa saja terlebih pada balita. Namun bila si kecil mengalami sakit perut, Anda dapat menggunakan daun pepaya muda  2 lembar, 3 daun dada serep, dan kapur sirih tumbuklah ke semua bahan hingga tekstur halus. Oleskanlah pada perut yang sakit.

  1. Membantu Penyakit Prostat

Jika Anda mengalami permasalahan yaitu pembesaran prostat jinak. Daun pepaya dapat menjadi alternatif solusi untuk mengobati penyakit prostat

  1. Mengatasi Jerawat

Daun pepaya ternyata dapat mengobati jerawat yang membandel. Caranya Keringkan daun pepaya muda, Blender dengan air yang cukup sampai terlihat seperti pasta. Pasta tersebut dijadikan masker 10 menit – 30 menit. Setelah 30 menit cuci dan bilas bersih.

  1. Sifat Anti Kanker

Ekstrak daun pepaya direkomendasikan untuk kemoterapi. Ekstrak ini mampu meningkatkan respon sistem kekebalan tubuh terhadap kanker. Menurut penelitian daun yan terasa pahit, banyak zat anti kankernya.

  1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Jus daun pepaya juga memiliki kemampuan luar biasa untuk melawan infeksi dan virus contohnya seperti virus flu biasa. Daun pepaya akan meregenerasi sel darah putih dan trombosit yangmengandung vitamin A,C,E untuk sistem kekebalan tubuh.

  1. Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Daun pepaya mengandung senyawa karpain yang menghambat pertumbuhan mikroorganisme (jamur, cacing, bakteri, dll).Oleh karena itu daun pepaya daat dijadikan obat herbal untuk cacingan karena mengandung tannin yang melindungi usus dari infeksi sehingga cacing tidak menempel, dengan demikian terhindar dari tifus.

BACA JUGA  20 Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Wajah, Kecantikan, & Kesehatan
  1. Meningkatkan Trombosit

Sudah banyak diketahui bahwa daun pepaya ini mampu meningkatkan jumlah trombosit. Jadi bagi Anda yang mempunyai trombosit rendah, rajinlah mengkonsumsi daun pepaya. Penelitian menunjukkan daun pahit lebih efektif untuk meningkatkan jumlah trombosit. Misalnya dalam kasus, demam berdarah, kurang vitamin, kemoterapi.

  1. Mencegah Katarak

Daun pepaya muda juga dapat mencegah Anda terkena penyakit katarak karena daun pepaya mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Rutinlah mengkonsumsi daun pepaya mentah atau direbus.

  1. Mencegah Emfisema

Tahukah Anda selain vitamin A,C, E, daun pepaya juga mengandung vitamin D yang dapat mencegah emfisema yang berhubungan dengan paru – paru. Walaupun penyaki ini jarang diderita namun, tetap menggangu karena berhubungan dengna organ vital paru – paru.

  1. Memperkuat Tulang dan Gigi

Kandungan vitamin D pada daun pepaya dapat pula memperkuat tulang dan gigi Anda.

  1. Melancarkan Pencernaan

Banyak orang yang jika terjadi masalah perncernaan  mengkonsumsi rebusan daun ini ataupun dengan cara diolah menjadi tumis maupun sayur. Jika Anda mendapat gangguan pecernaan maka makan rebusan daun pepaya muda menjadi salah satu alternatifnya.

Manfaat Daun Pepaya untuk Ibu Hamil

  1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Perubahan hormonal akan terjadi pada ibu hamil, hal ini akan mempengaruhi gerak peristaltik otot – otot pada usus yang berdampak sembelit pada ibu hamil. Saat mengganggu apabila disaat hamil terjadi masalah pencernaan, seperti sembelit. Daun pepaya dapat mengatasinya, membantu usus dalam mencerna lemak serta protein untuk menghindari sembelit. Konsumsilah daun pepaya baik sebagai lalapan mau dijadikan sayur / tumisan. Daun pepaya mengandung serat yang membantu melancarkan sistem pencernaan. Konsumsilah dengan teratur.

  1. Mencegah Anemia

Selain membantu dalam menaikkan jumlah trombosit, daun pepaya juga mengandung zat besi yang banyak, kandungan tersebut berguna membantu proses pembentukan Hb (Hemoglobin) dalam darah. Mengkonsumsi daun pepaya secara teratur akan menghindarkan ibu hami dari penyakit anemia atau kekurangan darah. Pada waktu hamil wanita biasaya kadar hemeglobinnya akan rendah. Selain itu daun pepaya juga akan membantu mencegah kekurangan sel darah merah pada saat persalinan.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Daun pepaya mengandung vitamin C yang berguna sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas dan pastinya akan meningkatkan sistem imun tubuh pada waktu menjalani kehamilan. Kesehatan dan kekebalan tubuh ibu hamil harus selalu dijaga karena akan berdampak pada perkembangan si jabang bayi.

  1. Menambah Nafsu Makan

Daun pepaya memilki rasa yang pahit, namun hal itulah yang membuat nafsu makan semakin meningkat. Daun pepaya memiliki banyak kandungan nutri yang baik bagi ibu hamil dan bayi yang dikandungnya. Dalam daun pepaya terdapat banyak nutrisi seperti vitamin B1, vitamin C, karbohidrat, kalsium, serta , dan mineral. Daun pepaya juga dapat menjadi obat cacing.

  1. Memperkuat Kandungan Atau Janin

Berbagai macam vitamin ada di daun pepaya, kandungan lainnya yaitu vitamin E yang ada dalam daun pepaya ini akan mengkal radikal bebas penyebab kanker, karena vitamin E sebagai antioksidan bagi ibu hamil dalam menjaga kesehatan dari serangan radikal bebas.

BACA JUGA  18 Khasiat dan Manfaat Kumis Kucing Untuk Kesehatan

Itulah berbagai macam manfaat daun pepaya untuk kesehatan dan ibu hamil. Konsumsilah daun pepaya dengan teratur dan jumlah yang wajar karena apapun yang berlebihan tidak baik dan malah dapat membahayakan. Cobalah bahan – bahan alami  untuk mengobati dan menjaga kesehatan karena dengan yang alami, tidak membahayakan tubuh dan tidak menimbulkan efek samping berlebihan. Sehat tak harus mahal. Semoga bermanfaat.

manfaat daun pepaya untuk ibu hamil,daun pepaya untuk ibu hamil,bolehkah ibu hamil makan daun pepaya,bolehkah ibu hamil minum air rebusan daun pepaya,jus daun pepaya untuk ibu hamil,Jus daun Pepaya untuk Hb,faun pepaya tuk,Daun pepaya apa bisa tuk tambah hb,apakah ibu hamil boleh minum air rebusan daun pepaya,Rebusan daun pepaya
Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *