15 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan dan Menurunkan Berat Badan

Daun salam memang sangat terkenal akan fungsinya dalam menyedapkan makanan. Baunya yang harum mampu menaikkan nafsu makan yang tentunya akan membuat semangat untuk menyantapnya. Entah mengapa dinamakan daun salam, namun bentuknya tidak berbentuk menjari. Anda dengan mudah dapat membedakan daun ini dari tanaman lain yaitu dengan melihat daunnya yang cukup lebar berwarna hijau. Batangnya berwarna hijau kecoklatan dan tentu jika Anda meremas daunnya, akan timbul aroma khas daun salam.khasiat daun salam

Tahukah Anda jika daun salam sudah digunakan sejak zaman dahulu khususnya bagi nenek moyang orang Yunani. Kemudian kemasyhurannya mulai menyebar ke benua Eropa, Amerika, dan Asia. Masing-masing negara memiliki cara yang berbeda dalam memanfaatkan daun salam. Seperti contohnya di Indonesia yang sebagian masyarakatnya mencampurkan daun salam pada makanan. Lain halnya dengan masyarakat Pakistan dan India yang menggunakannya sebagai campuran untuk membuat parfume atau minyak wangi. Nah, pada kesempatan kali ini, penulis akan memberikan informasi mengenai manfaat daun salam untuk kesehatan dan menurunkan berat badan yang telah penulis sadur dari berbagai literatur dan sumber terpercaya. Langsung saja, simak ulasannya sebagai berikut.

Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan :

  1. Mengatasi Diare

Diare muncul akibat aktivitas bakteri dalam sistem pencernaan. Gangguan kesehatan ini memang sangat mengganggu aktivitas sehrari-hari Anda karena menguras tenaga untuk bolak-balik kamar mandi. Namun Anda tidak usah khawatir karena kandungan etanol dalam daun salam mampu membunuh bakteri yang menyebabkan diare. Rebus 3 lembar dun salam dalam segelas penuh air. Didihkan hingga air tersisa setengah gelas. Tunggu hingga agak dingin lalu minum dua kali sehari.

  1. Mengobati Cacingan

Cacing dalam tubuh akan mencuri nutrisi –nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Tentu hal ini akan mengakibatkan tidak optimalnya pertumbuhan, perkembangan, dan kecerdasan pada anak. Anda harus sesegera mungkin mengatasi hal ini agar efeknya tidak merembet. Cara mengobatinya adalah dengan merebus satu gelas air dengan tiga lembar daun salam sedang (tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua). Minum selagi hangat dan biarkan kandungan metanolnya bekerja untuk membunuh cacing-cacing di perut.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Siapa sangak daun ini mampu membantu memenuhi kebutuhan vitamin C dan vitamin B kompleks Anda. Seperti yang kita ketahui jika vitamin C mampu meningkatkan produktivitas imun sehingga sistem pertahanan tubuh semakin kuat. Dengan menguatnya sistem kekebalan tubuh, maka kita tidak akan mudah terserang penyakit. Rebus daun salam dan minum secara teratur setiap hari.

  1. Menyembuhkan Jerawat

Bakteri yang berkembang dalam wajah serta tidak seimbangnya produksi hormon mampu mengantarkan kondisi kulit Anda pada jerawat. Jerawat memang tidak dapat dianggap sepele karena akan membuat tingkat kepercayaan diri menurun dan sensasi tidak nyaman pada wajah. Daun salam hadir untuk membantu mengatasi masalah jerawat dengan kandungan zat anti-bakterinya yang melimpah. Dengan membubuhkan daun salam yang ditumbuk pada permukaan kulit yang berjerawat, maka akan mengurangi peradangannya.

  1. Mengobati Panu dan Kudis

Jamur pada permukaan kulit akan menimbulkan panu dan kudis. Memiliki kulit dengan kedua penyakit ini bisa jadi akan membuat orang beranggapan bahwa Anda kurang menjaga kebersihan diri. Kini Anda dapat mengatasinya dengan memanfaatkan zat anti bakteri pada daun salam. Tumbuk beberapa lembar daun salam sampai halus. Gosokkan secara lembut pada bagian kulit yang ditumbuhi panu dan kudis. Lakukan sampai penyakit kulit Anda menghilang.

BACA JUGA  16 Manfaat Daun Kenikir Untuk Ibu Hamil dan Kesehatan
  1. Mengobati dan Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi pada daun salam ternyata mampu mengendalikan dan mencegah sel kanker untuk berkembang. Namun ini bukan berarti Anda hanya mengendalikan pengobatan dari daun salam karena jika beberapa pengobatan dilakukan bersama maka efeknya akan lebih baik (atas ijin dokter). Rajin meminum air rebusan daun salam adalah cara yang paling mudah untuk dilakukan. Atau Anda bisa menambahkan daun ini pada makanan yang Anda konsumsi setiap hari.

Baca Juga : 21 Manfaat Buah dan Daun Ciplukan Bagi Kesehatan

  1. Menyembuhkan Asam Urat

Asam urat timbul akibat terlalu banyaknya kandungan purin pada sendi Anda. Memiliki penyakit asam urat tentu akan membatasi aktivitas Anda karena timbulnya rasa nyeri pada persendian. Minumlah satu gelas air rebusan daun salam setiap hari dan rasakan perbedaannya.

  1. Mencegah Diabetes

Kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi bisa menaikkan resiko terkena penyakit diabetes. Dengan kandungan mineral dan kalium, daun salam mampu menurunkan kadar gula dalam darah sehingga akan mengurangi resiko untuk terkena penyakit diabetes.

  1. Menghilangkan Kutu Rambut

Kutu yang bersarang pada rambut tentu akan menimbulkan sensasi gatal dan membuat rambut terkesan kotor. Bukan tidak mungkin jika kutu ini bisa menular pada rambut lain. Untuk mengusirnya, Anda bisa mengaplikasikan air rebusan daun salam pada bulasan terakhir keramas Anda. Lakukan setiap hari untuk hasil yang optimal.

  1. Meminimalisir Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan terjadi karena berbagai faktor seperti bakteri maupun infeksi. Tentu Anda akan dibuat tidak nyaman dengan keadaan ini. Namun Anda tidak perlu panik karena dengan zat anti inflamasi di dalamnya, daun salam mampu mengatasinya dengan baik. Minum rebusan air daun salam yang sudah tidak terlalu panas merupakan salah satu cara paling sederhana yang dapat Anda lakukan.

  1. Memutihkan Gigi

Orang jaman dahulu sering menggunakan bubuk kulit daun salam yang dicampur dengan bubuk kulit jeruk sebagai pasta gigi. Kini Anda dapat mencobanya sendiri (Berhentilah bila timbul rasa ngilu).

  1. Meredakan Mata Merah

Mata merah bisa terjadi akibat paparan debu, peradangan, iritasi, maupun terlalu lama menatap gadget. Basuhkan air rebusan daun salam yang telah dingin ke area mata. Ulangi tiga kali sehari untuk hasil optimal.

  1. Mengatasi Mabuk Alkohol

Tumbuk beberapa lembar daun salam lalu peras untuk mengambil sarinya. Minumkan pada orang yang mabuk alkohol agar mabuknya cepat hilang.

  1. Mengobati Maag

Jika maag akut melanda, minumlah air rebusan daun salam setiap hari. Anda bisa menambahka gula aren secukupnya untuk memberikan sedikit rasa manis.

BACA JUGA  35 Manfaat Daun Binahong Untuk Wajah Dan Kesehatan

Manfaat Daun Salam Untuk Menurunkan Berat Badan

Pada dasarnya, kolesterol dalam tubuh manusia dibagi menjadi dua jenis yaitu kolesterol baik atau HDL dan kolesterol jaha atau LDL. Jika dalam tubuh manusia terlau banyak terkandung kolesterol jahat, maka tubuh akan cenderung gemuk dengan resiko stroke, penyakit jantung, dan hipertensi yang tinggi. Untuk Anda yang menginginkan badan yang lebih langsing, cobalah untuk membuat air rebusan yang berbahan 3 lembar daun salam dan segelas air putih. Rebus hingga mendidih lalu saring ampasnya. Minum selagi hangat dua kali sehari untuk menurunkan berat badan secara optimal.

Itulah 15 manfaat daun salam untuk kesehatan dan menurunkan berat badan. Kini Anda dapat lebih sering mengaplikasikan daun salam mengingat manfaatnya yang sangat membantu dalam bidang kesehatan.

daun salam,seminggu berapa kali cara menurunkan badan pakai daun salam,kasiat daun salam untuk nafsu makan,khasiat daun salam untuk menurunkan berat badan,Hasil yg di rasakan stlhminum air rebusan daun salam,Daun salam tuk rasa dingin di badan,daun salam penahan lapar,daun salam manfaat,daun alam untuk mengobati cacingan pada anak,Berapa lembar daun salam untuk segelas air?
Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *