21 Manfaat Daun Seledri Untuk Ginjal, Rambut dan Kesehatan

Apa yang terbayang dalam benak Anda ketika mendengar nama seledri? Pasti sudah bisa dibayangkan bagaimana sedapnya aroma makanan yang ditambah dengan daun seledri. Daun berwarna hijau tua dengan ujung bergerigi ini hampir bisa dipastikan ada dalam setiap menu makanan Indonesia mulai dari soto, sop, lontong sayur, dan lainnya. Ada beberapa kandungan penting dalam daun seledri yang harus Anda ketahui seperti protein, lemak, kalori, hidrat arang, fosfor, kalsium, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan lainnya. Tentu dengan kandungan sebanyak itu, daun seledri memiliki khasiat yang luar biasa dari hanya sekedar menyedapkan makanan. Lalu apa saja manfaat daun seledri untuk ginjal, rambut, dan kesehatan? Simak ulasannya berikut ini.manfaat daun seledri

Manfaat Daun Seledri Untuk Ginjal

  1. Mempunyai Sifat Deuretik

Kandungan kalium dan sodium dalam daun seledri akan mengatur keseimbangan tubuh dan merangsang produksi urine secara optimal. Ketika urine terbentuk dengan sempurna kemudian dikeluarkan dari dalam tubuh, maka racun dalam ginjal akan semakin berkurang.

  1. Mencegah Kerusakan Ginjal

Dalam mencegah kerusakan pada ginjal, daun seledri akan membantu menetralisir racun dalam tubuh sehingga kinerja organ ginjal tidak terlalu berat. Anda bisa mengkonsumsi daun seledri yang sudah direbus secara rutin untuk mendapatkan manfaat ini.

BACA JUGA  20 Ciri-Ciri Gejala dan Penyebab Penyakit Gagal Ginjal

Manfaat Daun Seledri Untuk Rambut

  1. Menghitamkan dan Melebatkan Rambut

Sudah bukan rahasia lagi bahwa daun seledri mampu menjadi bahan alami yang mampu menghitamkan dan membuat rambut menjadi lebat. Bahkan ada suatu produk shampo yang menggunakan ekstrak daun seledri sebagai bahan pendukungnya. Anda bisa menumbuk segenggam daun seleri kemudian menggunakannya sebagai masker rambut.

BACA JUGA  17 Cara Memanjangkan Rambut Dengan Cepat Secara Alami

Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan

  1. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Kalsium dalam daun seledri mampu menjadi solusi bagi kesehatan tulang dan gigi. Zat ini akan mempertahankan kerapatan tulang dan gigi sehingga Anda akan terhindar dari osteoporosis dan kerusakan pada gigi kini dan nanti.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Studi membuktikan bahwa senyawa Phthalide dalam daun seledri mampu menurunkan level kolesterol jahat dalam tubuh. Tentu ini akan memberikan dampak positif bagi kesehatan dimana kolesterol tidak akan mengganggu kelancaran peredaran darah Anda.

  1. Mencegah Kanker

Senyawa Phthalide dalam seledri juga mampu berbicara banyak dalam pencegahan serta penanganan kanker. Pasalnya senyawa ini mampu mendetoksifikasi zat-zat yang menjadi pemicu kanker.

  1. Menurunkan Panas

Mengoleskan jus daun seledri pada dahi atau ubun-ubun anak dipercaya mampu menurunkan panas. Resep ini bahkan sudah ada sejak dahulu, jadi tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencobanya sendiri.

  1. Menyembuhkan Stroke

Untuk Anda yang mengidap stroke, jangan khawatir. Pasalnya daun seledri memiliki kemampuan untuk menurunkan kerusakan pada syaraf sehingga stroke akan semakin mudah untuk ditanggulangi.

  1. Menyembuhkan Parkinson

Samal halnya dengan masalah stroke, parkinson timbul karea kerusakan syaraf tertentu pada tubuh. Dalam hal ini daun seledri berperan sebagai pencegah kerusakan pada sel syaraf agar tidak semakin buruk setiap harinya.

  1. Menurunkan Hipertensi

Jangan remehkan tekanan darah tinggi Anda karena bisa memicu berbagai macam penyakit serius seperti serangan jantung, stroke, gagal jantung, dan lainnya. Mengkonsumsi daun seledri secara teratur akan menurunkan dan menormalkan tekanan darah Anda.

  1. Perawatan Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh kerusakan sel pada otak sehingga akan cenderung mengalami kesusahan dalam mengingat maupun berkonsentrasi. Daun seledri mampu melindungi sel pada otak sehingga menurunkan resiko untuk terkena Alzheimer.

  1. Menghilangkan Stres

Manfaat luar biasa selanjutnya dari daun seledri adalah menghilangkan stres. Adalah kandungan magnesium yang berperan penting dalam mencegah dan menghilangkan stres berlebih dalam tubuh.

  1. Mencegah Peradangan Otak

Luteloin, suatu zat dalam daun seledri yang mampu melindungi kesehatan sel otak maupun ingatan di dalamnya. Konsumsi daun seledri secara rutin merupakan cara paling mudah untuk mendapatkan manfaat ini.

  1. Mencegah Kanker

Daun seledri diperkaya akan psoralen, suatu senyawa kimia yang memili kemampuan luar biasa dalam menghancurkan berbagai pemicu kanker. Tentu ini merupakan suatu khasiat yang luar biasa dari daun seledri.

  1. Mengatasi Insomnia

Jangan sampai kekurangan waktu untuk tidur mengganggu aktivitas harian Anda. Atasi insomnia segera dengan daun seledri. Kandungan alkali pada daun ini memberi manfaat khususnya dalam mengatasi gangguan susah tidur.

  1. Mengembalikan Keseimbangan Tubuh

Keseimbangan tubuh akan terjaga ketika semua asupan nutrisi, cairan, maupun elektrolit terjaga dengan baik. Dalam hal ini, daun seledri memberikan kandungan elektrolitnya yang tinggi sehingga bermanfaat juga dalam pencegahan diare.

  1. Mengobati Rematik

Asam urat yang menumpuk dan mengkristal menjadi penyebab utama dari rematik. Gangguan kesehatan ini membuat Anda susah untuk bergerak dan menjalankan aktivitas sehari-hari. Konsumsi daun seledri sebagai menu pendamping sangat dianjurkan untuk penyembuhan rematik secara optimal.

  1. Mengobati Anemia

Daun seledri menjadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan produksi trombosit dalam darah. Dampak positifnya adalah terjaganya produksi sel darah merah dalam jumlah cukup sehingga Anda akan terhindar dari anemia.

  1. Mengatasi Mata Kering

Mata kering tentu akan mengurangi pandangan dan visual Anda. Selain menggunakan obat tetes mata yang tepat, Anda bisa mengatasinya dari dalam. Daun seledri mengandung vitamin A yang mampu mengatasi permasalahan mata kering dari dalam.

  1. Meningkatkan Imunitas

Vitamin C yang cukup tinggi dalam daun seledri menjadi kabar gembira bagi Anda yang mudah sakit. Pasalnya dengan konsumsi daun seledri secara teratur, maka sistem imunitas dalam tubuh akan menguat yang akan diikuti dengan sulitnya virus atau bakteri untuk berbuat ulah dalam tubuh Anda.

  1. Melancarkan BAB

Daun seledri kaya akan serat pangan yang baik untuk memperlancar buang air besar. Anda bisa memperkecil resiko terkena sembelit dengan mencampurkan daun seledri pada menu makanan Anda.

BACA JUGA  15 Penyebab, Obat, dan Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar

Itulah 21 manfaat dan khasiat daun seledri untuk ginjal, rambut, dan kesehatan yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda. Mengingat berharganya manfaat daun seledri, ada baiknya untuk senantiasa mencampurkannya pada menu makanan sehari-hari Anda.

manfaat daun seledri untuk ginjal,manfaat daun seledri,manfaat seledri untuk ginjal,daun seledri untuk ginjal,seledri untuk ginjal,khasiat daun seledri untuk ginjal,cara racik daun seledri untuk ginjal,teh seledri,caranya menurunkan resiko pada otak memakai seledri,daun sledri
Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *