29 Manfaat Jahe Untuk Diet, Wajah dan Kesehatan

Bersyukurlah kita sebagai orang Indonesia yang memiliki tanah subur, laut yang kaya, dan simpanan sumber daya alam yang melimpah ruah. Karena memiliki tanah yang subur, banyak sekali jenis tanaman yang mampu tumbuh baik di negara tercinta kita ini. Pada kesempatan kali ini, penulis akan membahasa mengenai salah satu tanaman favorit keluarga Indonesia yaitu jahe, khususnya manfaat jahe untuk kesehatan, diet dan wajah.

Lihatlah bagaimana keluarga Indonesia mencintai rempah ini. Hampir pada setiap masakan pasti hampir bisa ditemukan kandungan jahe. Pada minuman, banyak sekali pedagang yang menawarkan minuman berbahan jahe murni maupun modifikasi untuk menciptakan taste yang lebih internasional. Jika Anda sering mengkonsumsi jahe, tahukah Anda apa sebenarnya jahe itu?khasiat jahe

Jahe masuk dalam kingdom Plantae, sub kingdom Viridiplantae, divisi Tracehophyta, sub divisi Spermatophyta, kelas Magnoliopsida, ordo Zingiberales, famili Zingiberaceae, genus Zingiber Mill, dan spesies Zingiber officinale. Dalam bahasa Inggris, jahe disebut ginger, sedangkan bahasa ilimiahnya adalah Zingiber officinale. Batang tanaman jahe mengalami pertumbuhan secara tegak lurus dengan bentuk batang yang bulat pipih. Daun jahe dapat dengan mudah dikenali karena bentuknya panjang dengan ujung yang runcing. Rimpang jah berukuran variatif tergantung pada nutrisi dalam tanah dan curah hujan yang didapat. Untuk pertumbuhan optimal, jahe membutuhkan sekitar 2.500 sampai 4.000 milimeter per tahun.

Itulah sekilas tentang penampilan fisik tanaman jahe. Sekarang kita telisik lebih lanjut mengenai apa saja kandungan di dalamnya. Menurut penelitian, setiap rimpang jahe memiliki kandungan vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, karbohidrat, serat, lemak, kalsium, zat besi, sodium, fosfor, protein, niasin, dan lainnya. Bagi kebanyakan orang, jahe dipilih hanya karena mampu menghangatkan badan dan menambah aroma sedap pada makanan. Namun, tahukah Anda manfaat lain yang terkandung dalam jahe? Berikut beberapa manfaat jahe untuk diet, kesehatan, dan wajah yang telah penulis rangkum dari berbagai sumber terpercaya.

Daftar Isi Artikel

BACA JUGA  14 Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Kering Secara Alami

Manfaat Jahe Untuk Diet

  1. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol dalam tubuh bukan hanya akan menghambat peredaran darah, namun juga akan meningkatkan resiko obesitas. Siapa sangka jika jahe mampu menekan kolesterol dalam tubuh sehingga akan mendukung diet Anda.

  1. Memberikan Pasokan Karbohidrat

Jahe juga mengandung karbohidrat walaupun tidak dalam level yang tinggi. Ini bisa Anda manfaatkan untuk memberikan tambahan karbohidrat tetapi rendah lemak.

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

  1. Menghangatkan Tubuh

Jahe apalagi jahe merah mampu memberikan efek hangat pada tubuh. Tentu hal ini akan sangat bermanfaat untuk dikonsumsi saat cuaca dingin.

  1. Mengobati Batuk

Batuk mengganggu tidur Anda? Serahkan pada jahe. Kandungan gingerol di dalamnya mampu bekerja secara efektif melawan batuk. Cara yang paling mudah adalah dengan merebus beberapa iris jahe dalam segelas air. Minum selagi hangat dan rasakan manfaatnya.

  1. Menyehatkan Pencernaan

Pencernaan yang sehat adalah kunci penyerapan nutrisi yang berhasil. Rajin mengkonsumsi minuman berbahan jahe akan membantu membersihkan usus besar, meningkatkan produksi cairan dalam sistem pencernaa, dan mengurangi intensitas gas dalam perut.

  1. Mengatasi Diare

Diare adalah salah satu penyakit yang paling banyak dibenci karena selain menguras tenaga, juga akan membatasi aktivitas Anda. Segera ambil satu ruas jahe, geprek sampai gepeng, lalu masukkan dalam secangkir air panas. Campurkan dengan madu lalu minum selagi hangat.

  1. Mengurangi Pembengkakan

Pembengkakan kerap terjadi akibat beberapa faktor. Anda bisa mempercepat proses pengempesannya dengan rutin minum jahe hangat. Kandungan anti inflamasi di dalamnya akan mengurangi pembengkakan serta mengurangi rasa sakit.

  1. Meredakan Migrain

Migrain memang gangguan kesehatan yang kerap terjadi. Apalagi untuk Anda yang memiliki gangguan pada syaraf. Siapa sangka jika jahe mampu melawan prostaglandin yang menjadi penyebab utama migrain.

  1. Mencegah Kanker

Anda bisa mengambil jahe sebagai salah satu tanaman untuk mencegah dan mengatasi kanker. Adalah zat anti oksidan pada jahe yang akan bekerja untuk mencegah sel kanker untuk menyebar dalam tubuh Anda.

  1. Menyembuhkan Sakit Gigi

Sakit gigi kini bisa diminimalisir dengan mengunyah jahe mentah secara langsung. Dapatkan manfaat anti bakterialnya yang akan bekerja melawan bakteri penyebab sakit gigi Anda.

  1. Menghilangkan Bau Mulut

Bau mulut dapat menurunkan kadar kepercayaan diri seseorang. Penyebabnya juga beragam seperti gigi berlubang, sariawan, maupun gangguan pada saluran pencernaan. Nah, Anda dapat meminimalisirnya dengan rajin berkumur dengan air rebusan jahe setiap hari.

Baca Juga : 25 Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan Pria dan Wanita

  1. Menyehatkan Mata

Seperti yang sudah tertera pada ulasan sebelumnya bahwa jahe juga cukup kaya akan vitamin A. Selain wortel, Anda juga bisa memilih jahe untuk menjaga kesehatan mata.

BACA JUGA  22 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Wajah

Rajinlah untuk mencampur umbi ini pada menu makanan Anda.

  1. Menurunkan Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa diminimalisir dengan jahe. Umbi ini akan memperlebar pembuluh darah. Jadi, resiko untuk terkena komplikasi penyakit lain bisa diturunkan.

  1. Meredam Emosi

Ketika emosi meluap-luap, ingatlah akan secangkir jahe hangat. Jahe mampu meningkatkan pelepasan hormon adrenalin yang akan membuat Anda menjadi lebih relaks sehingga amarahpun bisa teredam.

  1. Mencegah Mabuk Perjalanan

Tidak perlu takut mabuk perjalanan ketika Anda sudah minum air rebusan jahe. Kandungan dalam jahe bekerja efektif untuk menjegal serotonin yang menyebabkan kontraksi pada perut.

  1. Meringankan Rematik

Ketika rematik melanda, aktivitas Anda tentu akan berkurang. Selain berkonsultasi dengan dokter, Anda bisa mengambil jahe sebagai bagian pengobatan. Rutinlah minum air rebusan jahe untuk penyembuhan optimal.

  1. Mengatasi Gigitan Serangga

Serangga seperti nyamuk, lebah, dan semut bisa menyebabkan pembengkakan pada kulit. Segera tumbuk jahe sampai halus dan oleskan pada bagian yang bengkak.

  1. Mengobati Gigitan Ular

Wow, gigitan ular beracun memang sangat berbahaya. Sesaat setelah terkena bisa, campur garam dan madu pada tumbukan jahe lalu bubuhkan pada bekas gigitan. Tutup dengan kain dan ikat dengan kuat. Kemudian pergilah ke dokter terdekat untuk mendapat perawatan lebih lanjut.

  1. Mencegah Kanker

Jahe kaya akan anti oksidan yang berperan penting dalam pencegahan kanker. Namun Anda tidak boleh merasa aman ketika sudah rutin mengkonsumsi jahe, karena sifatnya hanya memperkecil resiko kanker.

  1. Mencegah Penggumpalan Darah

Penggumpalan darah bisa meningkatkan resiko terkena serangan jantung, stroke, dan lainnya. Juga akan menghalangi proses tranfusi darah. Percayakan pada zat gingerol pada jahe yang akan mencegah terjadinya penggumpalan darah.

  1. Membuang Racun Dalam Tubuh

Racun dalam tubuh jika tidak segera dikeluarkan maka akan mencemari tubuh Anda. Rendamlah tubuh Anda dalam bathub yang sudah dicampur dengan jahe bubuk dan madu.

  1. Menghilangkan Sakit Kepala

Jahe kaya akan antihistamin yang berfungsi sebagai anti inflamasi. Cobalah untuk rutin meminum wedang jahe sepulang ngantor untuk mencegah sakit kepala.

  1. Meningkatkan Imun Tubuh

Sistem imun yang kuat akan menjadi tameng dalam menjegal berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit. Rutinlah mencampur jahe dalam menu makanan kesukaan Anda.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Kalsium dalam jahe mampu menjaga kesehatan tulang dan gigi Anda. Anda bisa memilih berbagai macam cara konsumsi jahe sesuai dengan selera Anda.

BACA JUGA  27 Manfaat Teh Hijau Untuk Diet, Kesehatan, dan Wajah

Manfaat Jahe Untuk Wajah

  1. Mengatasi Jerawat

Zat anti bakterial pada jahe mampu mengatasi jerawat dengan efektif. Caranya sangat mudah yaitu dengan menghaluskan beberapa ruas jahe bersama sedikit air. Peras untuk mendapatkan sarinya. Celupkan kapas pada sari jahe kemudian oleskan pada bagian kulit yang berjerawat.

  1. Menyembuhkan Kudis

Penyebab kudis secara umum adalah perkembangan jamur pada permukaan kulit. Jika terus dibiarkan, kudis akan memberikan sensasi gatal sekaligus bekas noda. Segera tumbuk jahe sampai halus. Bubuhkan pada kulit yang berkudis lalu tutup dengan kain kassa. Biarkan zat anti jamurnya bekerja melawan kudis.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Jahe kaya akan anti oksidan yang mampu menangkal pengaruh radikal bebas. Jadi Anda tidak perlu untuk terlihat lebih tua dengan keriput dan kulit kusam. Rajinlah membasuh muka dengan air rebusan jahe yang telah diencerkan.

  1. Mengatasi Minyak Berlebih

Seringlah mengaplikasikan masker berbahan jahe dan madu atau jeruk nipis. Tunggu hingga 15 menit dan biarkan sampai mengering. Bilaslah dengan air bersih dan ulangi tiga kali seminggu.

  1. Mengangkat Sel Kulit Mati

Tumbuk jahe sampai halus lalu oleskan pada kulit wajah Anda. Pijatlah secara perlahan. Selain untuk melancarkan peredaran darah, langkah ini berhasil untuk mengangkat sel kulit mati.

Itulah 29 manfaat jahe untuk diet, kesehatan,dan wajah yang penulis harapkan mampu menambah khasanah pengetahuan Anda. Mulailah dengan menanam jahe sebagai salah satu apotik hidup di lingkungan rumah karena jika sewaktu-waktu Anda membutuhkannya, Anda bisa langsung mendapatkannya. Setelah mengetahui berbagai manfaat dalam jahe, maka seringlah mengkonsumsi berbagai produk berbahan jahe atau Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Selamat mencoba.

konsumsi jahe untuk rasakan manfaatnya pada kulit wajah,bagaimana jahe bekerja di dalam tubuh,cerita fiksi tanaman herbal dan manfaatnya,karanganan fiksi tentang jahe,khasiat jahe untuk wajah,manfaat menguyah jahe emprit
Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *