21 Manfaat Kolang Kaling Untuk Lutut, Asam Urat, Kecantikan dan Tulang

Apa makanan yang sangat populer saat Ramadhan? Ada yang menjawab kolak, cendol, kurma, blewah, timun suri, dan lainnya. Namun Anda melupakan untuk menyebutkan kolang kaling. Bahan makanan dengan rasa asam manis dan daging yang kenyal ini digilai oleh banyak orang pada hari biasa dan mencapai puncaknya saat Ramadhan dan hari raya.

Berbagai jenis makanan dapat dengan mudah dibuat dengan campuran kolang kaling, misalnya sate kolang kaling, es buah, kolak, cendol, dan masih banyak lagi. Namun tahukah Anda darimana kolang kaling berasal? Apa saja kandungan di dalamnya? Dan apa manfaat yang didapat dari konsumsi kolang kaling secara rutin? Semua pertanyaan tersebut akan terjawab dan terangkum dalam manfaat kolang kaling untuk kesehatan Anda

Kolang kaling berasal dari tanaman aren (Arenga pinnata). Batang pohon aren memang mirip dengan pohn kelapa jika dilihat sekilas. Namun jika Anda memperhatikan detail batangnya, pohon aren ditumbuhi oleh ijuk pada batangnya sengan buah yang kecil menjuntai. Tidak heran jika batang tanaman aren juga menjadi rumah yang nyaman bagi paku-pakuan. Daunnya menyirip dan berbentuk majemuk seperti daun kelapa. Tangkainya mampu mencapai 1.6 meter dengan helai daun yang panjang. Buah aren tersimpan dalam sebuah tempurung kecil berwarna warni. Ciri buah yang sudah matang akan mengeras dengan warna daging tidak terlalu bening. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah jangan makan kolang kaling secara langsung karena getahnya akan menimbulkan sensasi gatal.Manfaat Kolang Kaling

Tahukah Anda jika kolang kaling membutuhkan waktu panjang untuk menjadi kolang kaling seperti yang dijual di pasar? Semua itu dimulai dari pemilihan buah yang berkualitas. Buah kolang kaling berkualitas tinggi hendaknya yang tidak terlalu muda ataupun terlalu tua. Tahap kedua adalah perebusan. Perebusan tujuan utamanya adalah untuk menghilangkan getah pada buah kolang kaling sehingga tidak akan gatal ketika dimakan. Setelah proses perebusan selesai, kulit buah kemudian dikupas dan dipisahkan dari dagingnya. Selanjutnya adalah proses penggepengan. Kolang kaling akan digeprek untuk membuatnya gepeng. Tahap terakhir adalah fermentasi. Fermentasi kolang kaling dilakukan dengan cara yang sederhana yaitu dengan merendamnya dalam larutan kapur sirih. Selain akan membuat daging menjadi lembut, air kapur sirih juga akan membuat kolang kaling benar-benar bebas dari zat korosif berbahaya.

Itulah proses panjang pengolahan kolang kaling menjadi kolang kaling siap jual. Bukan rahasia lagi jika kolang kaling memiliki nilai jual yang cukup tinggi mengingat proses dan sumber bahan bakunya yang membutuhkan perjuangan. Kini mari kita kupas apa saja kandungan yang ada dalam kolang kaling. Daging buah kolang kaling mengandung air, serat, vitamin A, vitamin B, potasium, zat besi, kalsium, dan lain-lain. Lalu, adakah manfaat kolang kaling untuk kesehatan lutut, asam urat, tulang dan kecantikan ? Simak ulasannya berikut.

BACA JUGA  44 Manfaat Madu Untuk Wajah, Ibu Hamil dan Kesehatan

Daftar Isi Artikel

Manfaat Kolang Kaling Untuk Lutut

  1. Mencegah Radang Sendi

Lutut merupakan sendi yang penting bagi kehidupan manusia. Hal ini dikarenakan lutut menjadian kaki lebih leluasa untuk bergerak dan menekuk. Namun radang sendi kadang datang menerpa dan membatasi aktivitas Anda. Tidak perlu khawatir karena kolang kaling mampu mencegah gangguan ini. Kandungan galaktomanan pada daging buahnya akan bekerja efektif dalam pencegahan radang sendi. Jadikan kolang kaling sebagai camilan sehat dengan merebusnya tanpa pewarna dan tanpa tambahan gula.

  1. Mengobati Peradangan Pada Sendi

Selain efektif untuk pencegahan, kolang kaling juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk pengobatan radang sendi. Pasalnya kandungan galalktoman di dalamnya bersifat analgesik yang mampu mengatasi radang sendi dengan baik.

  1. Mengatasi Nyeri Lutut

Resiko untuk terkena nyeri lutut meningkat bagi mereka yang bekerja terlalu keras ataupun yang jarang melakukan aktivitas fisik. Memilih buah ini sebagai solusi alami bagi nyeri lutut merupakan langkah yang bijak.

  1. Menambah Stamina

Kolang kaling menyimpan kandungan glukosa di dalamnya yang berkhasiat dalam mencegah kelelahan ekstrim khususnya saat Anda melakukan aktivitas naik tangga atau turun gunung. Kedua aktivitas ini berfokus pada penggunaan sendi kaki dan lutut yang jika tidak diperhatikan kesehatannya akan menimbulkan suatu masalah yang cukup serius.

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Berolahraga merupakan aktivitas fisik yang menyenangkan. Tetapi kadang resiko untuk terjatuh atau terlukadatang menghampiri. Tidak perlu takut ketika lutut Anda terluka karena kandungan kalsium dalam buah duku mampu mempertahankan kekuatan tulang sekaligus mempercepat penyembuhan luka.

Manfaat Kolang Kaling Untuk Asam Urat

  1. Mengatasi Asam Urat

Bukan rahasia lagi jika asam urat merupakan salah satu gangguang kesehatan yang cukup populer di kalangan masyarakat. Asam urat timbul karena tumpukan zat purin yang mengendap dalam persendian Anda. Akibatnya Anda akan mengalami kesulitan dalam menggerakkan anggota persendian tertentu. Zat purin timbul akibat dari sisa-sisa pengolahan protein. Tentu bagi orang yang sehat, zat purin akan dibuang melalui urin atau tinja, namun pada orang yang terkena asam urat, zat purin akan mengendap dan membangkitkan asam urat. Untuk masalah ini, kolang kaling akan berperan penting dalam menjaga persendian sekaligus mencegah terjadinya peradangan akibat pembengkakan sendi. Manfaat ini dapat Anda peroleh sekaligus dengan rajin mengkonsumsi kolang kaling.

BACA JUGA  16 Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Pada Wanita
  1. Mengurangi Zat Purin

Kandungan air dalam kolang kaling sedikit banyak akan mengurangi intensitas zat purin dalam persendian. Ini tentu akan bagus untuk mengurangi gejala asam urat Anda.

Baca Juga : 16 Gejala Dan Obat Tradisional Asam Urat

Manfaat Kolang Kaling Untuk Tulang

  1. Menjaga Kekuatan Tulang

Tulang yang terjaga kekuatannya tidak akan mudah keropos. Tentu ini merupakan suatu kunci utama bagi Anda yang tidak ingin terkena berbagai macam penyakit tulang. Kolang kaling mampu berbicara banyak dalam perawatan kesehatan tulang Anda mengingat kandungan kalsiumnya yang melimpah di dalamnya. Bahkan ada yang mengatakan bahwa kadar kalsiumnya setara dengan kalsium pada daging sapi. Mengkonsumsi olahan kolang kaling adalah cara paling mudah yang dapat Anda aplikasikan sehari-hari.

  1. Mendukung Pertumbuhan

Pertumbuhan erat kaitannya dengan pertambahan panjang dan ukuran tulang. Pertumbuhan yang sempurna akan menjadikan postur seseorang cenderung tinggi dan proporsional. Namun apa jadinya jika kandungan kalsium dalam tubuh tidak memenuhi syarat untuk mendukung proses pertumbuhan tulang? Nah, untuk anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, seringlah memberikan tambahan asupan berupa kolang kaling agar kandungan kalsium di dalamnya bekerja dan membantu pertumbuhan tulang anak.

  1. Mengobati Sakit Pinggang

Tulang pada area pinggang rentan untuk terkena masalah karena kita sering sekali mengandalkan bagian tubuh ini dalam aktivitas sehari-hari. Tidak perlu khawatir karena kolang kaling mampu mencegah masalah ini. Dengan rajin mengkonsumsi kolang kaling minimal 100 gram setiap hari, resiko untuk terkena sakit pinggang akan berkurang secara drastis.

  1. Mencegah Osteoporosis

Mempunyai tulang kuat kini dan nanti merupakan impian semua orang. Selain olahraga teratur, Anda dapat mendukungnya dengan kandungan kalsium pada kolang kaling. Pilihlah bahan makanan ini sebagai makanan pendamping sehari-hari, namun olahlah dengan bijak agar tidak menimbulkan diabetes.

  1. Meningkatkan Energi

Memiliki cadangan energi yang besar dalam tubuh merupakan suatu keuntungan bahwa Anda tidak akan mudah merasa lelah. Kolang kaling bekerja maksimal untuk masalah ini karena mengandung karbohidrat yang baik sebagai sumber energi bagi tubuh yang juga dapat dirasakan dalam kemudahan menggerakkan tulang.

  1. Membentuk Tulang Bayi

Khususnya bagi ibu hamil, kolang kaling bisa menjadi salah satu camilan sehat. Pasalnya, buah ini mengandung kalsium yang cukup tinggi yang berdampak positif pada pertumbuhan tulang dan gigi si buah hati.

  1. Mengatasi Pegal Berlebih Pasca Aktivitas

Pegal pasca melakukan aktivitas memang kadang tidak dapat dihindari. Namun Anda bisa mencegahnya sebelum gangguan kesehatan ini mengganggu Anda. Menjadikan buah kolang kaling sebagai makanan pendamping merupakan langkah yang tepat untuk diterapkan.

  1. Penyembuhan Pasca Luka

Luka atau benturan pada tulang cenderung membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat disembuhkan. Segera ambil kolang kaling untuk mempercepat penyembuhan luka pasca keselakaan atau benturan pada tulang. Konsumsi dengan cara yang Anda suka namun tetap sehat.

  1. Pendukung Pembentukan Badan Atletis

Memiliki tulang dan otot yang kuat bukan hanya impian pria, namun wanita juga banyak yang menginginkannya. Kolang kaling cocok dipilih sebagai makanan pendamping aktivitas pembentukan fisik seperti fitness karena mengandung kalsium yang akan menguatkan tulang yang akan dapat dilihat hasilnya dalam badan yang lebih atletis dari sebelumnya.

BACA JUGA  20 Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Kesehatan Dan Ibu Hamil

Manfaat Kolang Kaling Untuk Kecantikan

  1. Membantu Diet

Terlihat lebih cantik dengan tubuh yang lebih ramping kini bukanlah hal yang tidak mungkin. Anda bisa mendapatkannya dengan rutin mengkonsumsi kolang kaling. Kandungan karbohidratnya mudah diserap tubuh sehingga tidak menumpuk menjadi lemak.

  1. Menyehatkan Kulit

Kulit sehat adalah ciri kecantikan yang alami. Vitamin B dalam kolang kaling menjaga kesehatan kulit kini dan nanti sehingga kecantikan Anda tidak akan pudar oleh masa.

  1. Menjaga Keremajaan Kulit

Selain menjaga kesehatan kulit, siapa sangka jika kolang kaling efektif menjaga keremajaan kulit Anda. Pasalnya, di dalam buah ini terkandung senyawa gelatin yang dapat Anda rasakan manfaatnya pada kulit, kuku, dan rambut Anda.

  1. Memperlancar Metabolisme

Kelancaran metabolisme erat hubungannya dengan kecantikan yang terpancar dari kulit Anda. Tubuh yang penuh racun bisa membuat kulit menjadi kusam. Mengkonsumsi kolang kaling secara teratur dapat memperlancar metabolisme tubuh yang secara tidak langsung akan menjaga kecantikan alami Anda.

  1. Mengatasi Gatal

Gatal bisa saja muncul dimana saja termasuk pada kulit wajah. Hanya dengan mengkonsumsi kolang kaling secara rutin maka rasa gatal dan peradangan kulit dapat

Itulah 21 manfaat kolang kaling untuk lutut, asam urat, tulang dan kecantikan. Masih banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kolang kaling, namun pada kesempatan kali ini, penulis hanya berfokus pada tiga hal di atas yaitu kesehatan lutu, asam urat, dan tulang. Semoga bermanfaat.

 

manfaat kolang kaling,khasiat kolang kaling,manfaat buah kolang kaling,manfaat kolang kaling untuk kecantikan,kolang kaling,manfaat kolang kaling untuk sendi lutut,kolang kaling obat asam urat,manfaat kolang,kasiat kolang kaling,manfaat kol
Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *