44 Manfaat Madu Untuk Wajah, Ibu Hamil dan Kesehatan

Apakah Anda takut pada lebah? Banyak sekali orang yang menaruh rasa takut pada serangga yang satu ini. Selain karena sengatannya yang sakit, lebah dianggap menakutkan karena bentuk tubuhnya yang menyeramkan. Padahal faktanya, lebah khususnya lebah madu mempunyai khasiat untuk terapi melalui sengatannya, membantu penyerbukan, dan menghasilkan madu. Berbicara tentang madu, kebetulan sekali penulis pada kesempatan kali ini akan membicarakan seputar madu, khususnya bagaimana madu terbentuk, apa kandungan di dalamnya, dan manfaat madu untuk wajah, ibu hamil, dan kesehatan.

Tahukah Anda jika tidak semua lebah bisa menghasilkan madu? Hanya lebah madulah yang mampu menghasilkan madu, khususnya lebah spesies Apis dorsata. Lebah jenis ini membuat sarangnya pada tempat yang mereka anggap nyaman dan terlindung dari musuh. Ukurannya bisa mencapai 2 x 2 meter tergantung jumlah koloni yang hidup di dalamnya. Lebah madu jenis Apis dorsata bisa dengan mudah ditemukan di negara-negara subtropis seperti Filipina, Nepal, Indonesia, India, dan lainnya. Di Indonesia sendiri, lebah ini dapat dengan mudah ditemukan di Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, NTT, dan NTB.

khasiat-madu

Jika Anda salah satu penggemar madu, tahukah Anda bagaimana madu terbentuk? Proses pembentukan madu dimulai ketika lebah mulai mengubah sakarida menjadi madu. Lebah akan mengunyah sakarida berulang kali sampai menjadi setengah tercerna. Setelah melewati proses ini, kandungan air dalam sakarida masih cukup tinggi, oleh karena itu diperlukan penguapan untuk mengeluarkan air. Sebenarnya madu adalah cadangan makanan bagi lebah. Mereka mengambilnya sebagai makanan saat makanan di lingkungannya langka.

Setelah mengetahui bagaimana madu terbentuk, kini saatnya untuk mengulas lebih mendalam mengenai apa saja kandungan madu dan mengapa banyak sekali orang di luaran sana yang berburu madu murni. Menurut Wikipedia, dalam 100 gram madu setidaknya terdapat energi, karbohidrat, gula, serat pangan, protein, air, riboflavin, niasin, asam pantotenat, vitamin B6, folat, vitamin C, kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, zink, dan lainnya. Selain itu, kandungan gulanya bermacam-macam mulai dari fruktosa yang terbanyak, glukosa, maltosa, sukrosa, gula, dan abu. Madu murni 36% lebih kental dari air.

Madu digunakan sebagai salah satu campuran bahan pangan dan pengobatan sejak dahulu kala. Bahkan Al Quran dan hadits pun sempat menyinggung masalah madu di dalamnya. Seperti yang tertulis pada QS. An Nahl ayat 68 dan 69, “Dan Rabbmu mewahyukan kepada lebah, ‘Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibuat manusia. Kemudian makanlah dari tiap-tiap buah-buahan dan tempuhlah jalan Rabbmu yang telah dimudahkan. Dari perut lebah itu keluar minuman yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda kebesaran Allah bagi orang-orang yang bersyukur”. Rasanya sudah cukup untuk menggambarkan manfaat madu untuk kesehatan Anda. Tetapi untuk lebih lengkapnya, berikut manfaat madu untuk wajah, ibu hamil dan kesehatanyang penulis rangkum dari berbagai sumber.

Daftar Isi Artikel

BACA JUGA  24 Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Manfaat Madu Untuk Wajah

  1. Mencerahkan Kulit

Kandungan vitamin C pada madu akan berbicara banyak dalam mencerahkan kulit Anda. Cobalah aplikasikan madu sebagai masker kulit wajah. Diamkan sampai mengering dan bilas dengan air bersih.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Keriput dan kulit kusam terjadi karena sering terkena paparan matahari langsung dan polusi. Untuk masalah ini, Anda bisa mengandalkan kadungan anti oksidan pada madu. Selain rajin mengkonsumsi madu, Anda bisa secara rutin mengoleskan madu tipis-tipis pada kulit wajah Anda.

  1. Menyembuhkan Luka

Ketika kulit wajah Anda terluka, maka perawatannya akan sedikit berbeda dengan luka di bagian tubuh lain. Cobalah untuk menutup luka dengan madu dan biarkan kandungan anti mikrobanya bekerja untuk membunuh kuman di dalam luka sehingga luka akan cepat sembuh.

  1. Mempercepat Regenerasi Kulit

Sel kulit mati yang tidak segera diregenerasi akan menghalangi terpancarnya aura kecantikan Anda. Rasakan manfaat kalsium, potassium, dan magnesium dalam percepatan regenerasi kulit sehingga akan tercipta kulit yang indah dan sehat.

  1. Menyembuhkan Jerawat

Penyebab jerawat yang paling umum adalah ketidakseimbangang hormon, bakteri, debu, ataupun alergi. Apapun itu, Anda bisa megatasinya dengan madu. Kandungan anti bakterialnya akan efektif membunuh bakteri penyebab jerawat serta mengurangi peradangan.

  1. Melembabkan Kulit

Kulit yang lembab dan elastis adalah dambaan setiap orang. Tidak perlu melakukan perawatan mahal karena Anda bisa mendapatkannya dengan madu. Oleskan madu pada seluruh kulit wajah lalu berilah pijatan lembut. Lakukan selama 15 menit lalu bilas.

  1. Mencegah Keriput

Keriup bukan hanya indikator menuanya seseorang tetapi juga karena menurunnya kekenyalan dan kekencangan kulit. Cobalah  untuk rutin menggunakan masker berbahan madu tiga kali seminggu dan rasakan kulit yang lebih kencang.

  1. Mengusir Bibir Pecah-pecah

Bibir pecah-pecah timbul karena berkurangnya kelembapan pada bibir. Tidak perlu khawatir karena dengan mengoleskan madu pada bibir tiga kali sehari maka kelembapan bibir akan kembali seperti semula.

Manfaat Madu Untuk Kesehatan

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Madu kaya akan anti oksidan yang telah terbukti mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga Anda tidak mudah terserang penyakit.

  1. Sumber Kalori Yang Baik

Jika Anda ingin kenyang lebih lama, cobalah untuk mengkonsumsi madu pada setiap akhir menu makanan Anda. Kandungan kalori yang baik di dalamnya akan memberikan energi untuk menunjang aktivitas Anda.

  1. Menjaga Sistem Pencernaan

Antiseptik pada madu akan mengurangi level keasaman pada perut dan saluran pencernaan. Hal ini tentu merupakan kabar baik bagi Anda yang mengalami masalah pencernaan ataupun maag.

  1. Mengatasi Peradangan Pada Tenggorokan

Tenggorokan yang bermasalah cenderung akan mengganggu proses pernafasan. Anda bisa mencampurkan madu murni dengan secangkir air hangat. Minumlah dan biarkan kandungan anti radangnya bekerja untuk menormalkan fungsi tenggorokan Anda.

  1. Meningkatkan Proses Detoksifikasi

Siapa sangka jika madu juga dapat membantu membuang racun keluar dari tubuh yang tentu membuat Anda jauh lebih sehat. Campurkan madu dan perasan jeruk lemon dan minumlah secara teratur.

  1. Madu Sebagai Antibiotik

Bakteri yang tumbuh dan berkembang dalam tubuh mampu memicu berbagai macam gangguan kesehatan. Tetapi Anda kini bisa melawannya dengan menciptakan suatu anti biotik dengan rutin mengkonsumsi madu murni.

  1. Mengobati Luka Diabetes

Diabetes kerap membuat kulit penderitanya melepuh dan bahkan harus diamputasi. RS Universitas Winconsin Amerika pernah mencobakan madu untuk mengobati luka akibat diabetes dan hasilnya efektif untk menyembuhkannya.

  1. Mengurangi Gejala Alergi

Gatal dan bintik merah pada kulit akibat alergi kini bukanlah masalah besar. Segera minum madu serta mengoleskannya pada bagian yang terkena dampak alergi.

  1. Mengatasi Dampak Asma

Jika Anda memiliki penyakti asma, konsumsi madu secara rutin. Biarkan kandungan anti inflamasinya bekerja untuk mengurangi dampak gejala asma Anda.

  1. Mencegah Perkembangan Bakteri

Bakteri dalam tubuh atau kulit akan menimbulkan masalah kesehatan yang baru bagi Anda. Manfaatkan kandungan anti bakteri di dalam madu untuk mengatasi hal ini.

  1. Menurunkan Berat Badan

Berat badan yang tidak terkontrol akan menyebabkan obesitas dan masalah kesehatan lain. Untuk masalah ini, madu bekerja efektif untuk menurunkan dan mengontrol berat badan berkat mineral, vitamin, dan asam aminonya.

  1. Menyehatkan Saluran Cerna

Madu melalui khasiat anti bakterialnya mampu membunuh bakteri penyebab gangguan saluran pencernaan. Campurkan madu pada makanan penutup Anda dan rasakan manfaatnya.

  1. Cara Enak Untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes tentu harus menghindari makanan yang manis, namun tidak untukuk madu. Kandungan gula dalam madu tidak membutuhkan insulin untuk mengubahnya menjadi energi.

  1. Mengurangi Kerusakan Usus Besar

Pernah seekor tikus diberi madu lalu diamati perubahannya. Ternyata resiko tikus untuk mengalami kerusakan usus besar menurun secara drastis.

  1. Mengurangi Bau Badan

Bau badan membuat Anda kehilangan kepercayaan diri? Percayakan pada madu murni. Seringlah melakukan lulur madu pada tubuh Anda dan dijamin bau badan tidak akan singgah kembali.

  1. Mengatasi Bengkak

Bengkak terjadi karena berbagai hal seperti radang, bakteri, maupun aktivitas hormon. Dalam hal ini, madu sangat penting dikonsumsi untuk mengempeskan bengkak dari dalam atau mengoleskannya untuk penyembuhan dari luar

  1. Membersihkan Darah

Kandungan dalam madu akan melakukan detoksifikasi pada banyak bagian tubuh, tidak terkecuali darah. Mengetahui hal ini, tentu jika Anda rajin mengkonsumsi madu akan membuat darah menjadi sehat dan bebas racun.

  1. Mengobati Luka Bakar

Luka bakar, terkena knalpot, ataupun kecelakaan kerja dapat terjadi pada siapapun. Madu hadir untuk memberikan kandungan anti oksidannya untuk mempercepat penyembuhan luka bakar.

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka Pasca Bedah

Jika Anda mendapatkan luka pasca operasi, mungkin Anda bisa membantu mempercepat penyembuhannya dengan rutin mengkonsumsi madu. Madu juga akan mencegah terjadinya infeksi pada luka pasca bedah.

  1. Mengatasi Perut Sensitif

Sebagian orang memiliki jenis perut sensitif dimana akan memberikan gejala penolakan terhadap makanan atau zat tertentu. Tapi ini tidak berlaku pada madu. Oleh karena itu, madu merupakan pilihan yang baik untuk perut sensitif.

  1. Meringankan Kerja Ginjal

Ginjal bekerja keras setiap hari untuk menguraikan kandungan urea dalam tubuh. Anda bisa membantu meringankannya dengan rutin mengkonsumsi madu.

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Nafsu makan yang rendah terutama pada anak-anak akan berimbas pada tumbuh kembangnya. Cobalah untuk menyuapi satu sendok madu tiga kali sehari pada anak Anda dan lihat perbedaan nafsu makannya.

  1. Menjaga Kesehatan Mulut

Kondisi asam pada mulut merupakan tempat terbaik bagi bakteri untuk berkembang biak. Akibatnya muncul bau pada mulut, sariawan, serta gusi berdarah. Madu mampu mengurangi produksi asam pada mulut secara optimal.

  1. Pilihan Manis Untuk Diet

Mungkin ini terdengar kurang realistis karena kebanyakan program diet akan melarang pesertanya untuk makan yang manis-manis. Tetapi tidak untuk madu, kandungan lemak yang rendah serta jenis gula yang mudah diserap tubuh membuat madu cocok untuk mendukung program diet Anda.

  1. Membantu Proses Penyembuhan

Untuk penyembuhan pasca sakit, madu sangat cocok dipilih sebagai pendamping obat yang Anda konsumsi.

  1. Mengobati Sakit Perut

Ketika sakit perut melanda, segera ambil satu sendok madu yang ditambah dengan air lemon, lalu minumlah.

  1. Mencegah Diare

Madu membantu menjaga kesehatan pencernaan, sehingga resiko terkena diare akan rendah.

  1. Menjaga Stamina Tubuh

Dengan nutrisi yang lengkap, madu dapat menjadi bodyguard ampuh agar tubuh Anda selalu bugar setiap saat.

  1. Menyelesaikan Masalah Sembelit

Sembelit memang menyiksa dan membuat begah. Madu akan memberikan efek positif dengan membantu melancarkan BAB sehingga perut terasa longgar.

  1. Memeliara Kesehatan Rambut

Madu kaya akan anti bakteri yang jika diaplikasikan pada rambut akan membunuh kuman penyebab ketombe sekaligus menguatkannya.

  1. Menyembuhkan Kurap

Kurap timbul karena jamur. Maka segeralah ambil madu dan mengoleskannya. Biarkan kandungan anti mikrobanya bekerja pada kurap Anda.

  1. Melembutkan Kulit Tubuh

Bukan hanya ampuh untuk menjaga kesehatan organ dalam, madu juga efektif dalam menjaga kelembutan kulit. Sering-seringlah mengaplikasikan madu sebagai scrub pada keseluruhan kulit Anda.

  1. Meningkatkan Produksi Sperma

Campuran susu dan madu yang dikonsumsi secara teratur diyakini akan meningkatkan produksi sperma dan kesuburan pria. Langkah ini patut dicoba untuk Anda yang sedang dalam program memiliki momongan.

BACA JUGA  14 Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Kering Secara Alami

Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil

  1. Mencerdaskan bayi

Kandungan folat yang cukup tinggi pada madu akan mendukung proses perakitan DNA bayi sekaligus meningkatkan kinerja otaknya. Tentu ini merupakan suatu kabar gembira karena setelah lahir nanti, bayi akan memiliki resiko yang kecil untuk terlahir cacat.

  1. Mengatasi Anemia

Anemia pada ibu hamil biasanya akan cenderung meningkat. Selain lemas, letih, dan lesu, anemia juga akan dirasakan dampaknya pada si bayi. Menjadikan madu sebagai camilan sehat adalah langkah yang brilian untuk mengatasi anemia Anda.

  1. Mengatasi Insomnia

Insomnia pada ibu hamil kerap terjadi. Cobalah untuk mencampur madu bersama secangkir air hangat. Aduk, lalu minum.

Itulah 44 manfaat madu untuk wajah, ibu hamil dan kesehatan. Tidak ada suatu keraguanpun untuk memilih madu dalam menjaga kesehatan tubuh Anda. Namun, pilihlah hanya madu murni karena khasiat dan kandungannya masih terjaga tanpa tambahan kimia apapun.

kelebihan madu u tuk perut sensitif,obat tradidional kesuburan
Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *