22 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Wajah

Orang Indonesia sejak dahulu memang sudah memanfaatkan produk dari alam untuk menopang kehidupan mereka. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab tanah Indonesia kaya akan berbagai tanaman yang mempunyai beragam manfaat. Bisa dilihat pada cara memasak kebanyakan orang Indonesia yang sangat suka dengan makanan yang kaya bumbu dan rempah. Selain makanan, minuman dan berbagai ramuanpun juga tak luput dari campuran rempah-rempah.

Berbicara mengenai rempah-rempah, dayat tarik rempah Indonesia bahkan sudah terdengar gaungnya. Faktor ini pulalah yang mendorong Belanda untuk memonopoli perdagangan. Pada artikel kali ini, penulis tidak akan berbicara mengenai monopoli perdagangan melainkan manfaat temulawak untuk kesehatan dan kecantikan wajah.

Salah satu rempah yang terkenal adalah temulawak. Mungkin bagi beberapa orang di daerah menyebut temu lawak dengan berbagai nama seperti temulawak di Sumatera, koneng gede di jawa, temo labak di Madura, dan lainnya. Temu lawak memiliki nama latin Curcuma xanthorriza. Rempah ini tergolong pada kingdom Plantae, divisi Spermatophyta, sub divisi Angiospermae, kelas Monocotyledonae, ordo Zingiberales, famili zingiberaceae, genus Curcuma, dan spesies Curcuma xanthorriza.khasiat-temulawak

Temu lawak tumbuh merata di Pulau Jawa dan biasanya tumbuh pada tempat dengan ketinggian 5 meter sampai 1500 meter di atas permukaan laut. Batangnya semu dengan habitusnya yang mencapai 2,5 meter. Daunnya berbetuk lebar dan panjang. Panjangnya bisa mencapai 55 cm dengan lebar 20 cm. Tanaman temulawak mampu berbunga sepanjang tahun dengan warna kuning tua dan ungu pada pangkal bunganya. Rimpangnya berbentuk agak bulat dengan rimpang cabang yang memanjang. Jika Anda belah, warna daging rimpangnya oranye tua, berbau tajam, dan memiliki keharuman yang khas.

Penelitian megatakan bahwa temulawak mengandung banyak sekali nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan utama temulawak adalah tepung. Semakin tinggi tempat tumbuh temulawak, maka tepungnya akan semakin rendah. Terdapat juga kandungan seperti karbohidrat, lemak, protein, kalium, natrium, magnesium, zat besi, mangan, kadmium, kurkumin, minyak atsiri, kurkuminoid, dan mineral lainnya.

Itulah sekilas tentang morfologi temulawak beserta kandungan-kandungan yang ada di dalamnya. Sekarang, mari kita kupas manfaat temulawak untuk kesehatan dan kecantikan wajah yang telah penulis rangkum dari berbagai literatur dan sumber terpercaya.

Daftar Isi Artikel

BACA JUGA  19 Cara Memutihkan Wajah Dengan Cepat Secara Alami

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

  1. Menurunkan Lemak Darah

Lemak dalam darah jika dibiarkan akan mengganggu peredaran darah dalam tubuh. Tentu resiko untuk terkena berbagai penyakit akan meningkat. Kandungan kurkuminoid di dalamnya akan bekerja secara efektif untuk menurunkan lemak dan kolesterol di dalam darah.

  1. Menjaga Kesehatan Hati

Hati manusia bekerja cukup berat karena harus menetralkan racun dalam tubuh. Jika Anda rutin mengkonsumsi ramuan berbahan temulawak atau mencampurkannya pada menu makanan, maka kandungan katagoga dari temulawak akan masuk ke dalam tubuh. Nah, kandungan inilah yang memainkan kunci terproduksinya empedu lebih banyak serta memberikan hati rangsangan agar mengosongkan empedu di dalamnya.

  1. Menambah Nafsu Makan

Kegunaan temulawak yang paling terkenal adalah untuk menambah nafsu makan. Coba saja cek di mesin pencari favorit Anda tentang suplemen penambah nafsu makan, pasti kebanyakan akan menggunakan bahan temulawak. Bukan tanpa alasan memang karena temulawak mengandung minyak atsiri yang berperan dalam penambahan nafsu makan. Campurkan temulawak 25 gram dengan 10 gram asam jawa dan gula merah. Rebus dalam 600 cc air putih hingga airnya tersisa setengahnya. Saring dan minum selagi hangat.

  1. Sebagai Anti Oksidan Yang Ampuh

Kandungan kurkumin pada temulawak telah terbukti ampuh sebagai antioksidan. Hal ini tentu merupakan suatu keuntungan tersendiri karena dengan bantuan temulawak, berbagai macam radikal bebas akan terhalang untuk masuk ke dalam tubuh. Caranya mudah sekali yaitu dengan merebus temulawak lalu meminum airnya tiga kali sehari.

  1. Mengurangi Radang Persendian

Sendi yang terjaga kesehatannya akan leluasa untuk digerakkan. Untuk itu, menjaga kesehatan sendi amatlah penting. Mengandalkan kandungan kurkumin pada temulawak untuk hal ini adalah salah satu langkah yang tepat.

  1. Memperbaiki Pencernaan

Pencernaan yang sehat adalah kunci dari terserapnya nutrisi dalam tubuh. Mengkonsumsi temulawak setiap hari adalah cara paling mudah yang dapat Anda lakukan.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung menempati salah satu organ yang paling krusial. Ketika pasokan darah dari jantung berhenti, maka hampir dipastikan bahwa manusia kehilangan kehidupannya. Menjaga kesehatan jantung berarti menjaga hidup Anda. Anda bisa memanfaatkan  nutrisi pada temulawak untuk hal ini yaitu dengan cara meminum rebusan temulawak secara rutin.

  1. Mencegah Kerusakan Gigi

Selain menggosok gigi secara teratur, Anda juga bisa menggunakan temulawak sebagai obat kumur. Rebuslah irisan-irisan temulawak sampai mendidih. Saring airnya dan diamkan sampai dingin. Gunakan sebagai obat kumur dengan melarutkannya pada air secukupnya.

  1. Meningkatkan Kualitas ASI

Bagi ibu menyusui, kualitas dan kuantitas ASI sangatlah mempengaruhi pertumbuhan bayi. Memang bisa diakali dengan memberikan susu formula, namun ASI tetaplah makanan dan minuman terbaik bagi si kecil.

  1. Mengobati Masuk Angin

Masuk angin, perut kembung, dan mual bisa terjadi karena kelelahan, cuaca, dan faktor imunitas tubuh yang rendah. Anda bisa mencoba untuk mendidihkan temulawak bersama gula jawa secukupnya. Minumlah selagi hangat dan rasakan perbedaannya pada tubuh Anda.

  1. Menyembuhkan Batuk dan Radang Saluran Pernapasan

Ketika saluran pernapasan terganggu atau bahkan mengalami peradangan, kemampuan bernafas Anda tentu mengalami penurunan. Selain mengambil tindakan medis, Anda bisa mempercepat penyembuhan dengan menggunakan air rebusan temulawak. Campurkan sedikit madu untuk menghilangkan rasa getir dan minum selagi hangat.

  1. Mengatasi Kanker Prostat

Sebuah jurnal ilmiah berjudul The Prostate menyatakan bahwa temulawak mengandung curcumin yang mampu mengatasi kanker prostat.

  1. Menyembuhkan Sakit Limfa

Untuk Anda yang mengalami gangguan pada limfa, cobalah untuk memarut lengkuas dan temulawak lalu merebusnya sampai mendidih. Minum satu kali sehari secara rutin.

  1. Mengurangi Sakit Pinggang

Sakit pinggang bukan lagi suatu masalah karena Anda bisa meminimalisirnya dengan temulawak. Caranya dengan merebus temulawak, kunyit, dan daun kumis kucing bersama sampai mendidih. Saring lalu minum selagi hangat.

Baca Juga : 15 Manfaat Kunyit Putih Untuk Kecantikan, Kesehatan dan Kanker

  1. Mencegah Anemia

Siapa sangka temulawak juga efektif untuk mencegah anemia. Yaitu dengan cara meningkatkan produksi eritrosit dalam darah.

  1. Membunuh Bakteri Dalam Tubuh

Bakteri yang masuk ke dalam tubuh harus segera diatasi karena akan berkembang seiring waktu. Minumlah air rebusan temulawak secara berkala dan biarkan kandungan anti mikrobanya bekerja.

  1. Mengempeskan Sariawan

Sariawan membuat makan dan minum tidak enak. Atasi segera dengan berkumur menggunakan rebusan temulawak. Lakukan tiga kali sehari untuk hasil yang optimal.

  1. Mengatasi Sembelit

Sembelit dapat terjadi kepada siapa saja. Selain menambah asupan serat dan air, bantulah dengan ramuan asam jawa, gula merah, dan temulawak. Minum selagi hangat tiga kali sehari atau selama sembelit belum teratasi.

  1. Mengurangi Nyeri Saat Haid

Campuran gula merah, temulawak, dan asam jawa mampu mengurangi nyeri saat haid. Minum ketika waktu haid akan tiba, sehingga ketika masa puncak haid, Anda tidak terlalu merasakan nyeri yang seperti biasanya.

BACA JUGA  21 Manfaat Kunyit Putih Untuk Kecantikan, Kesehatan dan Kanker

Manfaat Temulawak Untuk Kecantikan Wajah

  1. Mengatasi Jerawat

Jerawat kini bukanlah masalah yang serius karena sudah banyak sekali perawatan wajah yang dapat diambil baik secara alami maupun kimiawi. Melalui cara alami, Anda bisa memilih bahan temulawak. Haluskan temulawak lalu peras untuk mengambil sarinya. Tambahkan sedikit air agar tidak terlalu pekat. Celupkan kapas kedalamnya lalu dengan segera, oleskan kapas tersebut pada bagian kulit yang berjerawat. Lakukan secara rutin untuk penyembuhan jerawat lebih cepat.

  1. Mengobati Alergi

Alergi biasanya muncul karena penolakan tubuh akan zat yang masuk ke dalam tubuh. Alergi bisa juga diakibatkan karena debu dan cuaca. Campurkan satu genggam kumis kucing, dua jari temulawak, satu genggam daun meniran, dan daun sambiloto setengah genggam. Didihkan semua bahan tersebut dalam dua gelas air putih. Diamkan hingga dingin lalu saring airnya. Minumlah air rebusan ini dua kali sehari untuk hasil yang optimal.

  1. Menyembuhkan Cacar Air

Kini cacar air dapat dengan cepat disembuhkan dengan bantuan temulawak. Rebus satu liter air bersama rimpang temulawak secukupnya. Tambahkan asam jawa secukupnya untuk menghilangkan getir. Saring lalu minum air rebusan ketika sudah dingin.

Itulah 22 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Wajah yang penulis harapkan mampu menambah wawasan para pembaca sekalian. Cobalah untuk menanam tanaman temulawak pada pekarangan atau taman rumah Anda. Selain beberapa manfaat yang telah disebutkan, tanaman temulawak memiliki fungsi penting sebagai penghias taman rumah. Selamat mencoba dan beritahu teman Anda jika cara-cara tersebut bekerja pada Anda.

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *