15 Penyebab dan Cara Mengatasi Mimisan Pada Anak

Berbagai cara dilakukan orang tua untuk mengatasi mimisan terlebih lagi pada anak yang masih kecil. Mimisan biasa terjadi pada anak – anak terlebih pada usia 3 – 10 tahun. Kebanyakan orang tua akan panik ketika menjumpai anak sedang misisan. Akan tetapi orang tua tidak perlu panik ketika anak Anda mimisan karena mimisan dapat diatasi dengan berbagai cara mudah dan ampuh. mengatasi-mimisan-pada-anak

Penyebab mimisanpun juga beraneka ragam. Apa sih mimisan itu? Untuk yang belum tahu, mimisan merupakan kondisi dimana darah keluar dari rongga hidung yang diakibat karena robeknya selaput lendir tipis yang ada pada rongga hidung sehingga mengalami pendarahan. Biasanya para orang tua cukup panik dengan kondisi anak yang tiba – tiba mengalami mimisan mendadak, tetapi mimisan tidak tergolong penyakit serius bila tidak disertai dengan demam. Okee…kali ini kami akan memberikan langkah jitu mengatasi mimisan pada anak sekaligus penyebabnya :

Inilah 10 Faktor Penyebab Mimisan Pada Anak :

  1. Kebiasaan dalam mengeluarkan ingus dari hidung yang terlalu keras.
  1. Kebiasaan buruk mengorek hidung / mengupil yang terlalu keras dengan kuku yang panjang, pasti anak akan berusaha untuk mengeluarkan kerang di dalam hidung yang mengering, hal itu dapat merobek mukosa hidung yang menyebakan pendarahan.
  2. Keadan udara / polusi udara yang dihirup oleh anak seperti asap kendaraan bermotor ataupun asap rokok dapat membuat iritasi selaput lendir pada hidung anak, padahal selaput lendir hidung anak masih tipis dan sangat rentan.
  3. Perubahan temperature udara yang mendadak seperti cuaca yang sangat panas akibat dari terik matahari atau udara yang sangat dingin akibat dari AC dapat pula menyebabkan selaput lendir hidung menjadi kering dan pecah.
  4. Adanya kelainan pada anak, tapi biasanya semakin umur anak bertambah kelainan mimisan ini akan hilang dengan sendirinya.
  5. Ada benda asing yang masuk ke dalam hidung anak atau anak memasukkan benda ke dalam hidungnya yang menyebabkan robeknya lendir mukosa hidung. Oleh sebab itu orang tua wajib mengawasi anak dibawah umur dalam bermain.
  6. Trauma yang dialami anak pada hidung dapat terjadi ketika anak terbentur pada bagian hidungnya, terpukul benda atau yang lainnya. Hal itu dapat dihindari yaitu orang tua harus memberikan arahan, pengawasan dan pengertian tentang bahaya benda disekitarnya.
  7. Penggunaan obat – obatan seperti obat jenis steroid yang berfungsi untuk mengobati melegakan hidung mampet dapat menjadi pemicu mimisan karena obat jenis ini belum tentu cocok untuk kondisi anak. Lebih baik orang tua berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu jika menggunakan obat – obatan untuk anak.
  8. Menghirup bahan – bahan kimia secara terus menerus seperti bensin, thinner, asam sulfat, ammonia dan obat pelega hidung mampet secara berlebihan juga menjadi penyebab hidung mimisan pada anak.
  9. Infeksi serta peradangan pada hidung juga dapat menyabkan mimisan, misalnya akibat dari demam berdarah (kurangnya trombosit), darah sukar membeku (hemophilia), hipertensi, dan influenza.
BACA JUGA  16 Obat Dan Penyebab Sakit Kepala Belakang

5 Langkah Jitu dan Ampuh Untuk Mengatasi Mimisan Pada Anak :

  1. Mintalah anak untuk duduk dengan posisi tegak

Orang tua harus sigap dalam hal mengambil tindakan awal ini, kemudian gunakan jempol dan telunjuk Anda untuk menutup lubang hidung anak dan memijatnya selama 2 – 5 menit. Ingatkanlah anak Anda untuk bernafas lewat mulut.

  1. Jangan menengadahkan kepala Anak

Mintalah anak Anda untuk sedikit menunduk atau membungkuk. Jangan malah menegadahkan kepala anak Anda, hal itu dilakukan agar darah tidak mengalir ke kerongkongan dan lambung karena dapat menyebabkan darah tertelan dan mengakibatkan muntah.

  1. Manfaatkanlah daun sirih

Ambillah selembar daun sirih yang masih muda dan jangan lupa cuci terlebih dahulu, kemudian remas dan  gulung daun sirih, sumpalkanlah pada lubang hidung anak selama 15-20 menit sambil sedikit menengadahkan kepala anak. Daun sirih ini berfungsi untuk mengecilkan pembuluh darah.

  1. Gunakanlah Es Batu

Anda dapat mengatasi mimisan pada anak dengan cara mengompres hidung dengan handuk yang dibahasi dengan air es. Es memiliki fungsi untuk membekukan darah yang mengalir serta mengecilkan pembuluh darah sehingga pendarahan akan cepat berhenti.

  1. Segera Bawa Anak ke Dokter

Apabila mimisan pada anak tak kunjung berhenti, disertai dengan panas/ demam dan secara terus menerus mengalami pendarahan pada hidung makan langkah terakhir adalah membawa anak ke dokter. Biarkanlah dokter yang menangani dan mencari tahu sumber atau  penyebab pendarahan dan doketer akan memberikan pengobatan secara medis pada anak Anda.

Jangan panik jika menemui kondisi anak seperti mimisan ini, lebih baik ketahui langakah – langkah mengatasinya dan apa saja penyebabnya. Jadilah orang tua yang cerdas, siap, dan sigap untuk si Buah Hati. Demikian informasi tentang penyebab dan cara mengatasi mimisan pada anak. Semoga bermaanfaat !

BACA JUGA  28 Cara Menghilangkan Keputihan Secara Alami Dan Cepat
Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *