15 Resep Menu Makanan Bayi 6 Bulan Pertama

Memiliki bayi merupakan masa-masa paling indah, namun agak sedikit repot. Apalagi bagi mereka yang baru pertama kali mengalaminya. Berbagai hal sepertinya harus dipelajari oleh orang tua baru dengan banyak membaca literasi terkait, berkonsultasi dengan orang tua yang sudah berpengalaman, maupun mengikuti semacam seminar smart parenting. Hal ini dimaksudakan agar orangtua baru tidak kaget dalam menghadapi berbagai kenyataan dalam mengurus bayi. Bayi yang sudah memasuki masa 6 bulan pertama sudah dapat diberi makanan pendamping ASI. Terlebih untuk ibu yang produksi ASI nya menipis bahkan tidak keluar. Berikut beberapa resep menu makanan bayi 6 bulan pertama yang dijamin bergizi dan mendukung tumbuh kembang si buah hati. Simak ulasannya berikut.Resep Menu Makanan Bayi 6 Bulan Pertama

Resep Menu Makanan Bayi 6 Bulan Pertama

  1. Bubur Susu

Dalam membuat bubur susu, Anda akan membutuhkan 10 gram tepung beras dan 20 sendok makan ASI. Masak tepung dalam air secukupnya dan aduk sampai benar-benar matang. Setelah dingin, tambahkan ASI dan aduk sampai rata.

  1. Kacang Hijau

Giling segenggam biji kacang hijau sampai menjadi bubuk yang halus. Masak dalm air dan jangan terlalu encer atau lembek. Angkat bubur lalu diamkan sampai benar-benar dingin. Tambahkan 20 sendok makan ASI atau secukupnya dan aduk sampai rata.

  1. Beras Merah

Tidaklah sulit untuk membuat bubur beras merah. Pertama haluskan beras merah secukupnya lalu masak dalam air. pastikan bubur yang Anda masak sudah matang sempurna untuk menghindari bakteri. Tambahkan ASI secukupnya sebagai tambahan nutrisi.

  1. Alpukat

Potong daging buah alpukat secukupnya lalu haluskan dengan blender. Tuang dalam mangkok lalu tambahkan tiga sendok makan ASI. Aduk dengan merata lalu berikan pada bayi dengan segera.

  1. Pisang

Pisang kaya akan serat, kalsium, dan potassium yang berguna sekali untuk mendukung tumbuh kembang bayi. Caranya dengan memotong pisang ambon secukupnya dan menghaluskannya dalam blender. Tambahkan sedikit ASI dan berikan pada si buah hati.

  1. Pepaya

Vitamin C, vitamin A, vitamin E, dan serat, dan berbagai nutrisi lain banyak terdapat dalam buah pepaya. Tentu Anda tidak ingin melewatkan kesempatan luar biasa ini sebagai makanan pendamping ASI bagi bayi 6 bulan. Haluskan buah pepaya secukupnya dalam blender. Tuang dalam mangkok lalu tambahkan ASI secukupnya.

BACA JUGA  26 Gejala Dan Obat Masuk Angin Alami Untuk Anak
  1. Pir

Buah pir diperkaya akan serat, air, dan vitamin yang bagus untuk memenuhi nutrisi bagi si buah hati. Potong buah pir, cuci bersih, lalu haluskan pada blender. Saring untuk membuang ampasnya. Tambahkan sekitar 3 sendok makan ASI dan sesegera mungkin berikan pada si buah hati.

  1. Apel

Potong buah apel menjadi kecil-kecil lalu kukus sampai empuk. Hancurkan kukusan apel sampai halus dalam blender. Saring untuk mencegah serat kasar masuk dalam perut bayi. Tambahkan tiga sendok makan ASI lalu berikan pada bayi.

  1. Ikan Teri

Kandungan protein pada ikan teri memang sudah tidak diragukan lagi. Cuci ikan teri sampai bersih lalu sangrai hingga menjadi kering dan kecoklatan. Haluskan dalam blender sampai menjadi tepung. Campur dengan bubuk beras dan air. masak hingga matang dan berikan pada bayi ketika sudah dingin.

  1. Bubur Wortel

Kupas wortel lalu potong-potong menjadi bagian kecil. Cuci hingga bersih untuk mencegah bakteri masuk dalam perut bayi. Haluskan dalam blender sampai menjadi bubur wortel yang halus. Saring jus wortel lalu didihkan sampai matang. Setelah dingin, tambahkan beberapa sendok ASI lalu berikan pada si kecil.

  1. Kentang

Kupas kentang secukupnya lalu potong kecil-kecil. Cuci potongan-potongan kentang hingga bersih dengan air mengalir. Kukus kentang sampai matang lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan 5 sendok ASI kemudian aduk sampai halus. Saring hingga tersisa bagian yang halus dan inilah yang bisa Anda berikan untuk si bayi.

  1. Jagung Manis

Pipil jagung manis secukupnya lalu cuci hingga bersih. Masukkan dalam kukusan dan kukus sampai benar-benar matang. Haluskan dalam blender lalu saring untuk diambil pure nya. Aduk bersama 3 sendok makan ASI lalu berikan dengan segera.

  1. Ubi Ungu

Kupas ubi ungu lalu potong kecil-kecil. Cuci hingga bersih dan pastikan tidak ada getah yang tersisa. Kukus hingga matang lalu haluskan pada blender setelah ditambah beberapa sendok makan ASI. Saring untuk mengambil sarinya lalu buang ampasnya karena belum sesuai dengan kemampuan pencernaan bayi.

  1. Kacang Merah

Kacang merah akan memberikan berbagai manfaat dan nutrisi yang terbilang lengkap bagi si buah hati. Cuci kacang merah secukupnya lalu rebus sampai empuk. Haluskan dalam blender kemudian saring untuk mengambil purenya. Tambahkan sedikit ASI lalu berikan pada si kecil.

  1. Labu Kuning

Labu kuning memiliki tekstur yang halus sehingga cocok untuk pencernaan bayi. Potong labu kuning secukupnya lalu kukus sampai matang. Bila perlu, Anda bisa mencampurnya dengan kukusan daging ayam. Tumbuk sampai halus lalu saring untuk memisahkan pure dengan ampasnya. Tambahkan 50 ml ASI untuk nutrisi yang sempurna.

BACA JUGA  22 Kumpulan Menu Resep Makanan Bayi 7 Bulan

Itulah 15 resep menu makanan bayi 6 bulan pertama yang bisa menjadi inspirasi menu makanan pendamping ASI bagi bayi Anda. Bijaklah dalam memberi makanan pendamping ASI agar bayi tetap bisa mendapatkan ASI eksklusif dengan memberikan porsi makanan yang seimbang dan sesuai dengan kebutuhan nutrisi bayi. Perhatikan kebersihan alat masak dan tingkat kematangan makanan agar tidak terjadi diare. Selamat mencoba.

makanan bayi pendaping asi yg sehat com,bagaimana memasak bubur susu hingga matang sempurna,makanan pertama bayi 6 bulan
Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *