16 Obat Dan Penyebab Sakit Kepala Belakang

Sakit kepala mungkin bisa dikatakan sebagai suatu gangguan kesehatan paling umum yang banyak orang rasakan. Namun, Anda jangan pernah menganggap enteng suatu gangguan kesehatan karena bisa jadi akan bertambah parah atau bahkan merupakan suatu sinyal bahwa ada sesuatu yang tidak beres di dalam tubuh Anda. Ada beberapa jenis sakit kepala, salah satunya adalah cephalgia atau sakit kepala belakang. Sakit kepala belakang adalah suatu rasa nyeri yang dirasakan pada area mata dan telinga, area atas kepala, bahkan sampai bagian belakang kepala sampai leher atas. Hal ini tentu akan sangat mengganggu aktivitas dan pekerjaan Anda. Untuk itu, artikel ini akan mengulas obat dan penyebab sakit kepala belakang baik secara alami maupun dengan obat.sakit-kepala-belakang

Sebelum menuju kepada cara penyembuhan sakit kepala belakang, ada baiknya Anda mengetahui penyebabnya. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa menentukan jenis pengobatan apa yang akan diambil.

Penyebab Sakit Kepala Belakang

  1. Perasaan Tegang

Penyebab kepala tegang adalah stres, kurang tidur dan istirahat, lapar, dan tentunya perasaan tegang dan was-was. Hal ini sering terjadi di kehidupan manusia yang dinamis. Sakit kepala belakang yang disebabkan oleh perasaan tegang biasanya akan terjadi selama 30 menit setiap hari dan bisa terulang untuk beberapa hari kedepan.

  1. Cedera Leher dan Kelelahan

Tidak jarang aktivitas atau pekerjaan menuntut kita untuk selalu terjaga menatap komputer untuk waktu yang lama. Hal ini tentu akan menimbulkan kelelahan pada leher yang bisa membuat bagian belakang leher menegang.

  1. Aktivitas Fisik

Ada beberapa aktivitas fisik yang mampu menghantarkan Anda pada kondisi sakit kepala belakang. Aktivitas seperti berlari, mengerjakan suatu pekerjaan berat, batuk, bahkan berhubungan badanpun bisa memicu terjadinya sakit kepala belakang. Namun, kasus sakit kepala belakang akbat aktivitas fisik cukup jarang terjadi ketika tubuh dalam kondisi yang prima.

  1. Gangguan Saraf Oksipital

Saraf oksipital adalah suatu saraf yang terletak pada saraf tulang belakang dari pangkal leher sampai kepala. Saraf oksipital yang terjept, radag, ataupun cedera akan memicu rasa sakit pada kepala dan leher. Rasanya cukup berbeda dengan sakit kepala biasa karena akan timbul perasaan seperti disengat listrik maupun ditusuk benda tajam. Banyak orang menganggapnya migrain karena efek dan gejalanya yang hampir sama.

  1. Gangguan Arteri Basilar

Apabila arteri basilar Anda terganggu, maka akan timbul sakit kepala yang dinamakan migrain basilar yang akan menyerang bagian belakang kepala. Sakit kepala jenis ini diawali dengan pandangan kabur, pusing, gangguan mendengar dan berbicara, bahkan kebutaan sementara. Pada kasus tertentu, migrain basilar sering dikaitkan dengan penyakit serius seperti stroke.

  1. Es

Ya, bagi sebagian orang, mengkonsumsi es, jus dingin, atau minuman dingin lain akan secara langsung memicu sakit kepala pada bagian depan dan ada pula yang merasakannya pada kepala bagian belakang. Hal ini karena es memiliki suhu yang sangat rendah dan memang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari dalam jumlah yang banyak.

BACA JUGA  17 Gejala Dan Cara Menurunkan Darah Tinggi Dengan Cepat

Itulah 6 penyebab sakit kepala belakang yang perlu Anda ketahui. Masing-masing dari kita memiliki penyebab sakit kepala belakang yang berbeda-beda tergantung pada kondisi fisik, sistem saraf, maupun kondisi psikis. Setelah mengetahui berbagai penyebabnya, kini ada beberapa obat yang efektif untuk menyembuhkan sakit kepala belakang, seperti berikut ini”:

Obat Sakit Kepala Belakang :

  1. Fisioterapi

Fisioterapi sangat dianjurkan bagi Anda yang mengidap sakit kepala kronis harian. Dengan dikombinasikan bersama obat antidepresan, Anda bisa merasakan sendiri manfaat fisioterapi.

  1. Istirahat Cukup

Sudah bukan rahasia lagi jika badan terlalu lelah dan tidak mendapat waktu yang cukup untuk istirahat, maka akibatnya akan nampak pada kesehatan Anda. Manusia bukanlah robot yang bisa bekerja asalkan ada sumber tenaganya. Untuk itu, istirahatkanlah badan Anda minimal 8 jam sehari semalam untuk mencegah dan menghilangkan sakit kepala belakang.

  1. Jauhi Stres

Stres tidak memberikan apapun melainkan setumpuk penyakit. Tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan, jadi jika Anda memiliki permasalahan, sesegera mungkin untuk menyelesaikannya agar tidak mengendap kemudian menjadikan stres. Dengan menjauhi stres, maka saraf tidak akan tegang, dan sakit kepala belakang Anda bisa segera sembuh.

  1. Perbanyak Air Putih

Selain menghilangkan dahaga, memperbanyak konsumsi air putih juga akan mengoptimalkan kinerja organ-organ tubuh. Tahukah Anda jika kehausan dapat memicu sakit kepala depan maupun sakit kepala belakang? Oleh karena itu, rutinlah minum air putih minimal 8 gelas per hari.

  1. Pijat

Memberikan pijatan-pijatan lembut pada area kepala belakang mampu mengurangi sakit kepala belakang. Hal ini karena pemijatan mampu merelaksasi saraf yang tegang dan sensasi menenangkan. Mintalah orang terdekat Anda atau jasa pijat untuk memijat area kepala belakang Anda.

  1. Kopi

Ya, kopi panas memang sangat cocok diminum di saat sakit keapala melanda. Tahukah Anda jika kopi kaya akan zat kafei yang mampu meringankan rasa sakit kepala belakang serta membuat tubuh merasa jauh lebih baik. Namun, Anda tidak dibenarkan untuk meengkonsumsi kopi secara berlebihan karena akan mengganggu kinerja ginjal.

  1. Mandi Air Panas

Saat sakit kepala, mungkin Anda cenderung akan malas mandi. Namun, mandi atau berendam menggunakan air hangat ternyata mampu mengurangi bahkan menghilangkan sakit kepala belakang lho. Untuk itu, segera penuhi bathub Anda dengan air hangat. Anda juga bisa menambahkan aroma terapi untuk membantu menenangkan pikiran sembari mandi.

  1. Memadamkan Lampu

Berada di ruangan yang terlalu terang bisa memicu terjadinya sakit kepala karena mata menjadi tegang. Untuk itu, hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi sakit kepala belakang adalah mematikan lampu dan coba baringkan tubuh Anda sambil memejamkan mata.

  1. Jauhi Gadget

Gadget memancarkan sinar ultraviolet dan radiasi yang bisa memicu sakit kepala depan maupun sakit kepala belakang. Untuk dapat menghilangkan sakit kepala, cobalah untuk menonaktifkan semua gadget yang kamu miliki untuk sementara, atau minimal jauhkanlah dari jangkauan kepala Anda. Cara ini cukup efektif karena selain mengurangi radiasi, Anda juga bisa beristirahat tanpa memikirkan apa yang terjadi dengan gadget Anda.

  1. Akupuntur

Tidak perlu takut membayangkan kulit Anda ditusuk-tusuk jarum. Selama dilakukan oleh ahlinya, akupuntur memberikan banyak manfaat bagi kesehatan contohnya melancarkan aliran energi dan darah. Jika darah tersalurkan dengan baik, maka sakit kepala belakang akan segera teratasi.

BACA JUGA  25 Ciri-Ciri , Obat, dan Penyebab Penyakit Vertigo

Itulah 16 obat dan penyebab sakit kepala belakang yang bisa membanu mencerahkan problematika sakit kepala belakang Anda. Tidak perlu buru-buru meminum obat karena dengan cara-cara sederhana dan alami Andda ternyata bisa mengatasi sakit kepala belakang secara efektif bahkan tidak kalah efektifnya dengan pemberian obat-obatan. Cobalah praktikan sendiri dimanapun Anda berada, ketika sakit kepala belakang melanda, segera lakukan tips-tips penyembuhan seperti di atas. Sehat tidak harus mahal kan…

leher tegang oksipital,sakit kepala belakang
Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *