Jenis Penyakit Kista Pada Wanita dan Pria Serta Pengobatannya

Bisakah Anda membedakan penyakit kista dan kusta? Sekilas banyak yang salah dalam mengartikan kedua penyakit ini dikarenakan perbedaan hurufnya yang sedikit. Tapi Anda tidak perlu bingung karena intinya penyakit kista adalah tumbuhnya suatu tumor jinak dalam jaringan. Banyak orang yang berpikiran bahwa kista hanya tumbuh di area organ kewanitaan. Namun pada faktanya kista bisa tumbuh dimana saja sesuai dengan asal sel tumornya. Kista pada umumnya dinamakan berdasarkan lokasi tumbuhnya sel. Bisakah kista menjangkiti pria? Temukan jawabannya pada artikel kali ini yang akan membahas tuntas mengenai penyakit kista pada pria dan wanita serta pengobatannya.

penyakit kista

Penyakit Kista Pada Wanita

Kista memang sangat rawan terjadi pada wanita. Hal ini disebabkan karena perubahan hormon pada wanita lebih mudah berubah daripada pria. Kista pada wanita biasanya menyerang bagian rahim atau ovarium. Seperti yang diketahui bahwa kedua organ ini sangat penting fungsinya bagi wanita untuk menjadikannya sebagai wanita yang sesungguhnya. Berikut adalah beberapa kista yang beresiko menjangkiti wanita.

  1. Kista Payudara

Seperti namanya, kista payudara muncul pada area payudara wanita. Kista payudara muncul akibat tumbuhnya sel tumor dalam payudara yang biasanya akan menimbulkan rasa nyeri, perubahan warna payudara, keluarnya air pada puting susu, pembengkakan payudara, munculnya rasa panas pada payudara, dan lainnya. Tentu ini akan mengganggu aktivitas sehari-hari, serta akan menurunkan produktivitas ASI.

  1. Kista Endometrium

Kista endometrium muncul pada ovarium wanita. Kista jenis ini berisi darah berwarna coklat dengan ukuran maksimal 20 cm. Akan timbul rasa sakit yang luar biasa terutama saat haid.

  1. Kista Corpus Luteum

Kista corpus luteum merupakan penyebab utama terlilitnya batang ovarium. Tentu ini akan mengerikan bagi laju sel telur menuju ovarium. Rasa sakit yang ditimbulkan tentu akan sangat dirasakan terutama saat kista jenis ini sudah mulai membesar.

  1. Kista Heorrhagic

Kista heorrhagic timbul karena pendarahan dalam kista fungsional. Ketika kista ini muncul akan timbul sensasi kram pada perut. Namun tidak semua kram bisa dihubungkan dengan munculnya kista jenis ini.

  1. Kista Dermoid

Masih dalam area kewanitaan, jenis kista lainnya yang harus diwaspadai adalah kista dermoid. Kista ini berisi lemak, jaringan tulang rawan, dan bahkan rambut. Kista dermoid muncul pada area tuba fallopi dan biasanya menyerang wanita dengan usia yang cenderung muda.

  1. Kista Denoma

Fakta mengejutkan bahwa kista denoma mampu mencapai ukuran maksimal 30 cm. Tentu ini akan mengubah penampilan fisik Anda. Kista ini munul pada wanita saat terjadi gangguan pada hormon endokrin.

  1. Kista Folikuler

Bisa dikatakan bahwa kista folikuler menempati posisi teratas dalam kasus penyakit kista. Kista jenis ini muncul akibat sel telur tidak dilepaskan saat terjadi ovulasi. Kabar baiknya adalah kista folikuler tidak menimbulkan rasa nyeri berlebihan dan akan mengempes selang beberapa bulan.

  1. Kista Ovarium

Sesuai dengan namanya, kista ovarium akan menyerang pada organ ovarium wanita. Dalam kondisi yang sudah parah, kista ovarium akan mengganggu kesuburan seorang wanita dan akan meningkatkan resiko kemandulan.

BACA JUGA  21 Obat Gusi Bengkak Alami Tradisional Paling Ampuh

Penyakit Kista Pada Pria

  1. Kista Skrotum

Munculnya kista skrotum pada pria beriko lebih tinggi pada mereka yang berusia 40 tahun keatas. Kista pada skrotum akan terdeteksi saat diraba, dan akan mudah dilihat saat ukurannya sudah membesar. Kista skrotum berisi cairan jernih yang tidak berwarna, dengan disertai rasa nyeri saat sudah tumbuh besar.

  1. Kista Ginjal

Pria cenderung lebih acuh terhadap pola makan dan pola hidup. Tentu akibatnya mungkin tidak akan dirasakan seketika, melainkan akan muncul saat semuanya sudah berada pada titik puncak. Kista ginjal adalah salah satu resiko penyakit yang dapat muncul ditandai dengan munculnya benjolan pada area ginjal. Ada baiknya Anda tidak membiarkan kista ini sampai menjadi besar karena mungkin akibatnya akan berbahaya.

  1. Kista Saluran Kemih

Kista saluran kemih atau dalam istilah kedokteran disebut dengan ureteritis cystica adalah sebuah peradangan pada area saluran kemih. Biasanya, kasus kista ini muncul akibat batu ginjal, infeksi saluran kemih, dan diabetes melitus. Gejala yang muncul saat Anda terkena penyakit ini adalah nyeri saat berkemih, munculnya darah pada urin, dan nyeri pinggang.

Itulah beberapa jenis penyakit kista pada pria dan wanita. Tentu setelah mengetahui bagaimana dia terbentuk dan efeknya bagi kesehatan, kista tidak boleh dianggap remeh. Lalu pengobatan apa yang bisa diterapkan untuk memerangi kista?

Pengobatan Kista

  1. Operasi

Jalan paling mudah untuk mengangkat kista adalah dengan operasi. Namun sebelum melakukan prosedur operasi, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi demi lancarnya proses operasi. Segera konsultasikan dengan dokter spesialis Anda untuk mendapat informasi yang kebih detail.

  1. Menjaga Berat Badan

Jangan sampai lemak dalam tubuh mengganggu proses ovuasi yang berakibat pada muncunya kista.

  1. Memilih Makanan Organik

Kandungan pestisida dan bahan kimia dalam makanan mampu meningkatkan resiko munculnya penyakit kista. Sebisa mungkin mengurangi konsumsi makanan berbahan kimia tinggi dan menggantinya dengan makanan organik.

  1. Memperbaiki Pola Makan

Cukupi asupan vitamin E, B, dan C bagi tubuh demi terjaganya keseimbangan hormon. Juga, kurangi asupan lemak dan gula agar terhindar dari diabetes melitus yang bisa menjadi salah satu faktor penyebab kista.

  1. Kurangi Stres

Beban pikiran dan pekerjaan kadang membuat kita menjadi stres. Luapkan dengan olahraga, istirahat, dan rekreasi. Kondisi stres mampu mengantarkan Anda pada ketidakseimbangan hormon yang tentu saja akan meningkatkan resiko munculnya kista.

  1. Kunyit

Kunyit asam merupakan salah satu jamu yang populer terutama untuk kalangan wanita. Kini Anda dapat memanfaatkannya sebagai salah satu obat kista. Pasalnya, ramuan tradisional ini ampuh memperbaiki kinerja organ reproduksi wanita.

  1. Perbanyak Antioksidan

Antioksidan terkenal ampuh melawan sel kanker dan tumor. Ini berarti bahwa antioksidan juga mampu menjegal tumbuhnya sel penyebab kista. Antioksidan alami banyak terdapat pada madu, jeruk lemon, dan minyak zaitun.

BACA JUGA  16 Obat Gatal Alergi Kulit Tradisional Alami Paling Ampuh

Itulah 18 penyakit kista pada pria dan wanita serta pengobatannya. Segera bertindak sebelum semuanya terlambat. Salam hidup sehat.

kista 1 6,perbedaan penyakit kusta dan kista,segumpaldarahdirahim apakah namanya kista
Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *