14 Penyebab Dan Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Masa kehamilan adalah masa yang penting bagi seorang wanita. Apalagi untuk mereka yang baru pertama kali mengalaminya. Banyak hal baru yang terjadi dan sedikit banyak membutuhkan ilmu pengetahuan untuk memahaminya. Pada ibu hamil, keseimbangan hormon agak sedikit terganggu dan akibatnya ada beberapa perubahan pada fisik maupun mental ibu. Salah satu gangguan yang kerap terjadi adalah pembengkakan pada kaki. Lalu apa penyebabnya? Dan bagaimana Anda bisa mengatasinya dengan mudah? Temukan selengkapnya pada artikel ini yang akan membahas penyebab dan cara mengatasi kaki bengkak saat hamil yang dirangkum dari berbagai sumber.Kaki Bengkak Saat Hamil

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil

  1. Penumpukan Cairan

Pada umumnya, kaki bengkak saat hamil terjadi karena menumpuknya cairan secara berlebih pada kaki ibu. Tubuh akan cenderung mengumpulkan dan menahan cairan lebih banyak daripada sebelumnya. Akibatnya, kaki akan terlihat lebih bengkak appalagi ketika digunakan untuk beraktivitas terlalu berat.

  1. Usia Kehamilan

Bertambahnya usia kehamilan, bertambah besar pula janin dalam perut ibu. Tentu ini merupakan kabar yang menggembirakan. Namun, efek sampingnya adalah pembuluh darak balik akan sedikit terhambat sehingga cairan akan berkumpul pada area kaki.

  1. Eclampsia

Eclampsia dapat diartikan sebagai usaha ibu untuk melawan plasenta dalam kandungan. Eclampsia merupakan sebuah penyakit yang terjadi pada ibu yang baru pertama kali hamil atau yang sudah empat kali hamil.

  1. Terlalu Banyak Aktivitas

Kelelahan karena terlalu banyak melakukan aktivitas bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kaki bengkak.

BACA JUGA  44 Manfaat Madu Untuk Wajah, Ibu Hamil dan Kesehatan

Setelah mengetahui beberapa penyebab utama kaki bengkak pada ibu hamil, sekarang simak beberapa cara mengatasinya dengan mudah dan efektif seperti di bawah ini.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

  1. Posisikan Kaki Lebih Tinggi

Ketika Anda duduk atau rebahan, usahakan agar posisi kaki lebih tinggi daripada tubuh Anda. Langkah ini bertujuan agar sirkulasi darah lebih sempurna menuju jantung.

  1. Olahraga Ringan

Olahraga ringan seperti berjalan kaki, berenang, menyirami bunga akan membantu melancarkan sirkulasi darah. Tentu cara ini juga bisa membuat badan lebih sehat.

  1. Hindari Duduk dan Berdiri Terlalu Lama

Atur waktu duduk dan berdiri Anda agar cairan tidak menumpuk pada area kaki. Cobalah untuk beranjak sejenak dan melakukan aktivitas lain.

  1. Hindari Suhu Panas

Sebisa mungkin kurangi mandi dengan air panas atau terpapar sinar matahari yang terlalu lama. Namun beda halnya ketika Anda merasa kedinginan, maka disarankan untuk memakai baju hangat.

  1. Jangan Terlalu Kecapekan

Terlalu lelah bukan hanya akan berakibat pada pembengkakan kaki, namun juga akan mengganggu kualitas janin. Kondisikan tubuh Anda pada aktivitas yang seimbang dengan disertai istirahat.

  1. Kurangi Garam

Jangan sampai kaki bengkak Anda semakin menjadi dengan asupan garam berlebih. Ada baiknya untuk mengurangi pemberian garam atau penyedap rasa selama kehamilan.

  1. Jauhi Sepatu Bertali

Sepatu bertali jelas akan menghalangi dan menghambat peredaran darah dan cairan. Pilih sepatu dengan ukuran yang longgar adalah langkah yang tepat.

  1. Mengkompres Kaki

Selain merelaksasi, mengkompres kaki dengan air dingin juga akan mengusir pembengkakan. Anda bisa mencelupkan handuk kedalam air dingin lalu mengaplikasikannya pada kaki Anda.

  1. Pemijatan

Tidak ada yang lebih menenangkan selain melakukan pemijatan. Selain mencegah kaki bengkak, pemijatan pada kaki akan melancarkan sirkulasi darah dan memperbaiki syaraf.

  1. Tidur Miring Ke Kiri

Cobalah untuk memiringkan tubuh Anda ke arah kiri saat tidur. Hal ini bertujuan untuk meghindarkan pembuluh darah balik dari tekanan yang berdampak positif bagi kelancaran aliran darah. Tentu ini harus disesuaikan dengan kenyamanan janin Anda.

  1. Berjalan di Kolam Renang

Untuk yang hobi berenang, tidak ada salahnya untuk berjalan-jalan di dalam kolam. Mintalah bantuan orang lain sebagai pegangan untuk menghindari diri dari terpeleset atau hal-hal yang tidak diinginkan.

BACA JUGA  16 Manfaat Daun Kenikir Untuk Ibu Hamil dan Kesehatan

Itulah 14 penyebab dan cara mengatasi kaki begkak saat hamil yang harus Anda ketahui. Tidak susah untuk diterapkan tetapi dengan hasil yang optimal. Selamat mencoba.

apakah air es bisa menyebabkan bengkak pada kaki ibu hamil,apakah terlalu banyak berjalan membuat kaki bengkak pada wanita hamil,cara mengatasi kaki bengkak penyebab mudik terlalu lama,jangan sampai kaki bengkak saat hamil,mengatasi kaki yang bengkak,pembengkakan pada kaki ibu hamil ketika terlalu banyak aktivitas
Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *