22 Penyebab Dan Obat Sesak Nafas Tradisional Yang Ampuh

Pernahkah Anda mengalami sesak nafas? Jika iya, maka rasanya pasti sangatlah tidak nyaman disertai dengan jantung berdebar kencang dan badan yang melemas. Sesak nafas pada umumnya terjadi ketika ada sesuatu hal yang menghambat oksigen untuk masuk ke dalam paru-paru. Gangguan kesehatan ini dibagi dalam tahap-tahap tertentu dan tahukah Anda sesak nafas akut bahkan bisa mengakibatkan penderitanya meninggal dunia? Lalu apa penyebab dan obat sesak nafas tradisional yang ampuh? Simak penjelasannya berikut ini.

Sesak NafasPenyebab Sesak Nafas

  1. Ketinggian

Tidak perlu berpikir terlalu jauh ketika Anda sesak nafas. Mungkin sekarang Anda berada pada ketinggian tertentu. Semakin tinggi permukaan tanah, maka semakin sedikit oksigen yang tersedia. Jadi tidak dapat dipungkiri jika Anda akan mengalami kesusahan dalam bernafas.

  1. Suhu Ekstrim

Pada masa peralihan seperti ini, pergantian suhu dari panas menjadi dingin atau sebaliknya juga mampu memicu sesak nafas.

  1. Obesitas

Menumpuknya lemak pada area perut dan dada bukan tidak mungkin akan mengganggu dan menekan organ paru-paru. Tentu Anda akan mengalami masalah seperti sesak nafas saat paru-paru terampas ruangnya.

  1. Aktivitas Berat

Untuk Anda yang yang jarang beraktivitas berat cenderung akan kesusahan untuk bernafas saat dihadapkan pada aktivitas yang berat.

  1. Grogi

Terlalu grogi dalam menghadapi sesuatu juga bisa memicu sesak nafas walaupun dengan intensitas yang rendah.

  1. Asma

Asma terjadi karena penyempitan pada saluran nafas yang disertai dengan munculnya dahak dan batuk. Asma menimbulkan sensasi seperti terikat tali pada area dada dan itu cukup mengganggu.

  1. Pilek

Ya, penyebab sesak nafas yang satu ini sudah bukan barang baru. Pilek akan menimbulkan lendir pada rongga hidung yang akan menghalangi oksigen untuk masuk ke dalam paru-paru.

  1. Tekanan Darah Rendah

Coba periksa tekanan darah Anda ketika sesak nafas kerap muncul.

  1. Radang Paru-paru

Infeksi pada paru-paru akan memicu suatu peradangan yang disebut engan penumonia. Bisa dibayangkan jika fungsi organ pernafasan terganggu, sudah barang tentu fungsinya juga akan menurun.

  1. Serangan Jantung

Satu-satunya pertanda bahwa Anda mengalami serangan jantung adalah munculnya sesak nafas. Sesak nafas biasanya akan diikuti oleh nyeri pada dada dengan rasa cemas berlebih.

  1. Keracunan CO

Jangan sekali-kali memanasi mesin mobil atau motor dalam ruangan tertutup sedangkan Anda masih berada di dalamnya. Gas yang keluar dari knalpot kendaraan ini penuh dengan kandungan karbon monoksida yang sangat berbahaya bagi pernafasan Anda.

BACA JUGA  14 Cara Menghilangkan Mata Ikan Di Telapak Kaki
  1. Patah Tulang Rusuk

Jika Anda pernah mengalami kecelakan atau benturan, mungkin penyebab sesak nafas yang kerap dialami adalah tulang rusuk yang patah.

  1. Tersedak

Siapa sangka tersedak juga mampu menghalangi masuknya oksigen menuju paru-paru. Butiran makanan yang cukup besar yang masuk dalam saluran udara akan menyebabkan sesak nafas.

Itulah beberapa faktor penyebab sesak nafas yang bisa jadi salah satunya bisa ditemukan pada diri Anda. Lalu, bagaimana cara mengobati sesak nafas secara tradisional yang ampuh? Simak ulasannya berikut ini!

Obat Sesak Nafas Tradisional Yang Ampuh

  1. Menjauhi Debu dan Asap

Sebelum memulai pengobatan, baiknya Anda menghindari debu dan asap. Kedua jenis benda halus ini akan susah untuk disaring dalamparu-paru sehingga akan menyebabkan sesak nafas.

  1. Kopi Hitam

Kandungan kafein dalam kopi hitam mampu mencegah kelelahan otot pernafasan. Tidak hanya memberikan sensasi rileks, kopi hitam hangat juga bagus dikonsumsi oleh penderita asma asalkan dalam porsi yang seimbang.

  1. Akar Buah Bit

Tidak hanya buahnya yang ampuh untuk berbagai obat, akar buah bit juga efektif dalam mengusir sesak nafas. Haluskan akar buah bit bersama bayam, ubi jalar, dan wortel. Tambahkan madu, lalu minum dua kali sehari. Kandungan zat besi di dalamnya akan berbicara banyak dalam mengatasi masalah ini.

  1. Jahe

Tidak dapat dipungkiri jika jahe memberikan sensasi hangat yang juga akan melegakan pernafasan. Geprek satu ruas jahe lalu masukkan dalam cangkir. Tuang air panas secukupnya lalu minum ketika sudah hangat.

  1. Minyak kayu Putih

Teteskan minyak kayu putih dalam air mendidih. Dekatkan hidung Anda ke muka panci lalu hiruplah perlahan aromanya. Dijamin saluran pernafasan akan menjadi lebih lega dari biasanya.

  1. Madu

Kandungan anti inflamasi dan antioksidan dalam madu mampu melawan berbagai macam penyakit pada saluran pernafasan dan paru-paru. Anda bisa mengkonsumsinya dengan mencampurkan madu pada teh hangat. Minum tiga kali sehari untuk hasil yang optimal.

  1. Lemon

Tidak diragukan lagi jika lemon mengandung banyak vitamin C yang selain melegakan saluran pernafasan, juga akan mengurangi gejala asma. Anda bisa mengkonsumsinya melalui jus ataupun minuman hangat.

  1. Cengkeh

Aroma wangi dan menyegarkan pada cengkeh akan membuka saluran pernafasan Anda yang tertutup oleh lendir. Caranya sangat sederhana yaitu dengan menumbuk beberapa bunga cengkeh lalu menghirupnya secara langsung.

  1. Kayu Manis

Jika Anda tidak mampu mengkonsumsi kayu manis secara langsung, Anda bisa mencampurkannya dalam minuman hangat atau es buah. Biarkan manfaat anti jamur, antivirus, antiseptik, dan antibakterinya bekerja melawan sesak nafas Anda.

BACA JUGA  23 Gejala, Obat Dan Penyebab Pembengkakan Jantung

Itulah 22 penyebab dan obat sesak nafas tradisional yang ampuh. Jangan pernah meremehkan sesak nafas walaupun intensitasnya belum terlalu sering. Segera cegah dengan bahan-bahan alami di atas disertai dengan olahraga rutin dan lakukan pemeriksaan secara berkala. Semoga artikel ini membantu.

 

manfaat kayu manis dan cengkeh untuk sesak nafas,Obat ampuh untuk paru paru yang sulit menghirup oksigen dan jantung derdebar kencang
Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *