13 Penyebab Sakit Pinggang Terutama Pada Wanita

Pernahkah Anda merasakan sakit pada pinggang? Jika iya, artikel ini akan sangat bermanfaat sekali karena akan menggaris bawahi tentang apa penyebab sakit pinggang terutama pada wanita. Ada sebuah peribahas terkenal mengatakan bahwa mencegah lebih baik dari mengobati. Sebenarnya peribahasa ini sudah cukup jelas menjelaskan betapa pentingnya menjaga kesehatan sebelum timbul penyakit. Bukan karena apa-apa, biasanya ketika penyakit sudah timbul, Anda akan dituntut untuk menjalani pengobatan yang tentu saja akan menyita waktu, tenaga, dan dana. Juga, setelah penyakit muncul pada tubuh, Anda tentu akan merasa menyesal mengapa tidak menerapkan pola hidup sehat sedari dulu.

Berbicara tentang penyakit, sebenarnya sebuah penyakit muncul dengan didahului oleh beberapa gejala dan tanda-tanda. Seperti misalnya pada penyakit mata katarak, maka akan didahului dengan kaburnya pandangan dan sebagainya. Bisa juga gangguan kesehatan merupakan suatu gejala dari suatu penyakit yang lebih serius. Misalnya ketika Anda kerap merasa pusing, bisa jadi ada gangguan pada syaraf kepala Anda. Nah, pada artikel kali ini, penulis akan berfokus pada sakit pinggang pada wanita serta kemungkinan penyebabnya.sakit pinggang pada wanita

Sakit pinggang dapat didefinisikan dengan datangnya rasa nyeri, ngilu, atau bahkan sakit pada area pinggul dan bawah pusar sebelah kanan maupun kiri. Tahukah Anda jika sakit pinggang lebih banyak terjadi pada wanita dibandingkan pada pria? Sakit pinggang pun ada beberapa macam, seperti sakit pinggang pada satu titik tertentu, sakit pinggang menyeluruh, sakit pinggang sebentar, sakit pinggang berkelanjutan, sakit pinggang ringan, dan sakit pinggang berat. Untuk kasus sakit pinggang menyeluruh atau menyebar, makan pusat sakit tetap berada pada pinggang, namun kemudian merembet ke bagian bokong, paha, sampai punggung bawah.

Mengidap sakit pinggang tentulah akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Akan timbul sedikit kekacauan dalam aktivitas sehari-hari, mengingat tubuh akan terasa seperti terikat tali yang kencang di bagian pinggang. Sekarang Anda sudah mengetahui macam-macam sakit pinggang, kini saatnya penulis akan mengulas satu persatu penyebab sakit pada pinggang.

BACA JUGA  28 Cara Menghilangkan Keputihan Secara Alami Dan Cepat

Daftar Isi Artikel

Penyebab Sakit Pinggang Pada Wanita

  1. Posisi Duduk atau Tidur Yang Salah

Jika ditelisik dari hal yang paling sederhana, posisi duduk dan tidur yang salah jelas akan berdampak pada persendian termasuk pinggang. Duduklah dengan tegap, jangan terlalu condong ke depan atau condong ke belakang. Saat tidur, disarankan untuk miring ke kanan sesuai sunah Nabi Muhammad SAW. Juga, jangan duduk dan tidur terlalu lama karena bisa membuat saraf kaku.

  1. Kelelahan

Aktivitas sehari-hari yang padat, apalagi Anda adalah seorang wanita yang aktif, dapat meningkatkan resiko terjadinya pegal-pegal maupun sakit pinggang. Sebaiknya, atur waktu untuk bekerja dan beristirahat dengan konsisten agar tidak timbul gangguan kesehatan seperti sakit pinggang.

  1. Apendisitis

Apendisitis adalah bahasa kerennya atau istilah kedokteran dari usus buntu. Seperti yang kita ketahui bahwa usus buntu merupakan kantong besar yang terhubung langsung dengan usus besar. Jika terjadi pembengkakan pada usus buntu, maka akan timbul rasa sakit dan nyeri pada area perut bagian bawah tepatnya sebelah kanan. Jika ditekan akan sakit, tetapi jika dilepaskan maka rasa sakitnya akan cenderung bertambah.

  1. Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih bukan hanya membuat pinggang Anda menjadi sakit, tetapi juga akan meningkatkan intensitas buang air kecil Anda. Pada kasus infeksi saluran kemih, muncul rasa perih atau bahkan sakit saat buang air kecil. Jadi waspadalah.

  1. Radang Panggul Akut

Penyebab sakit pinggang pada wanita yang selanjutnya adalah radang panggul akut. Adanya infeksi pada organ reproduksi wanita seperti rahim, uterus, ovarium, maupun tuba falopi. Infeksi timbul ketika penyakit menular seksual menyebar dan meluas melalui vagina menuju organ reproduksi tertentu. Tentu hal ini juga dapat dirasakan dengan hadirnya sakit pada pinggang.

  1. Kram Usus

Jangan salah, kram bukan hanya bisa terjadi pada anggota gerak Anda, ususpun juga bisa mengalami kram. Kram usus atau konstipasi muncul akibat penggunaan obat-obatan, gangguan pencernaan, dan lainnya.

  1. Endometriosis

Endometriosis adalah suatu fenomena kelainan pada siste reproduksi wanita dimana jaringan lapisan dinding rahim tumbuh dan berkembang di luar rahim. Kondisi abnormal ini sudah jelas akan menyebabkan sakit yang luar biasa saat menstruasi sehingga berakibat pada sakit pada pinggang.

  1. Gangguan Fungsi Ginjal

Jika organ ginjal dalam kondisi yang tidak optimal, maka biasanya juga akan menimbulkan rasa sakit pada area pinggang.

  1. Rahim Kendur

Pergerakan rahim yang bergerak turun dari posisi sebelumnya atau posisi normal juga akan menyebabkan rasa sakit pada pinggang.

  1. Kista Ovarium

Kista memang mirip dengan kanker, yaitu suatu sel yang tumbuh diluar kendali. Kista biasanya dinamakan sesuai dengan lokasi tumbuhnya. Misalnya, kista yang tumbuh di ovarium kemudian dinamakan kista ovarium. Kista ovarium memang suatu masalah kesehatan yang sangat serius karenanya disarankan untuk segera melakukan prosedur pengangkatan. Timbulnya kista pada ovarium juga menjadi salah satu penyebab sakit pinggang.

  1. Hamil

Ketika seorang wanita hamil, maka akan terjadi perubahan hormon di dalam tubuh. Saat pelepasan hormon terjadi, ligamen pada daerah panggul menjadi sedikit melunak sehingga sendi menjadi longgar. Proses mengendurnya ligamen dan pelonggaran sendi mampu mempengaruhi kinerja tulang belakang sehingga timbullah rasa sakit pada pinggang. Pada saat kehamilan, terjadi juga penambahan berat badan dan perubahan pusat gravitasi pada tubuh. Tubuh ibu hamil cenderung akan meningkat drastis. Ketika hal ini dihubungkan dengan pusat gravitasi yang makin bergerak maju, maka akan terjadi perubahan postur tubuh yang akan menyebabkan rasa sakit pada pinggang selama proses kehamilan. Namun, sakit pinggang ini tidaklah setiap hari dirasakan oleh semua ibu hamil.

  1. Kurang Olahraga

Saat tubuh Anda tidak pernah atau jarang digunakan untuk aktivitas fisik, maka sekalinya digunakan untuk sesuatu hal yang cukup berat seperti olahraga akan timbul rasa nyeri atau sakit pada beberapa bagian tubuh seperti pinggang. Untuk itu, lakukan olahraga secara rutin yang melibatkan persendian dan kelenturan agar pinggang Anda terbiasa dengan berbagai kondisi.

  1. Cedera Otot

Cedera otot biasanya timbul ketika melakukan sesuatu yang terlalu berat atau dalam posisi tubuh yang tidak benar. Untuk penyebab sakit pinggang yang satu ini, Anda bisa menyembuhkannya dengan beristirahat dengan cukup serta memberikan pijatan lembut pada area pinggang.

BACA JUGA  28 Cara Menghilangkan Keputihan Secara Alami Dan Cepat

Itulah 13 penyebab sakit pinggang pada wanita yang telah penulis himpun dari berbagai sumber dan literatur terpercaya. Kini Anda harus meningkatkan kewaspadaan diri. Jangan menganggap remeh sakit pada pinggang karena bisa jadi itu adalah suatu indikasi bahwa ada yang tidak beres dengan tubuh Anda. Melakukan pemeriksan secara berkala adalah langkah yang sangat bijaksana. Salam sehat..

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *